Tips Menghasilkan Foto Produk yang Ciamik buat Jualan Online Saat Ini

foto produk

Saat kamu belanja online pasti melihat banyaknya aneka foto produk yang ciamik. Nah, foto produk merupakan salah satu faktor menunjang agar barang dagangan laku keras. 

Gak heran nih sekarang banyak banget online shop yang berlomba-lomba buat menghasilkan foto produk terkesan profesional dan ciamik banget! Benar gak? Kamu sebagai salah satu pelanggan online shop pasti sering banget dimanjakan dengan gambar-gambar hasil jepretan fotografer di laman lapak belanjaan favoritnya. 

Atau kamu salah satu orang yang menjalankan bisnis online? Dan bisa dibilang sangat peduli dengan estetika penampilan laman berjualan kamu? Ya, pasti kamu sangat concern banget ya gimana para konsumen datang ke halaman mu buat klik dan belanja produk-produk yang dipajang di akun Instagram lapak jualan mu. 

Seperti dikutip dari Jurnal.id, Senin, (2/9/2019), banyak orang yang beranggapan kalau sebuah foto produk dihasilkan dari peralatan serba mahal dan canggih! Namun semua itu ternyata gak semuanya benar lho dan bukan salah satu caranya!

Jika kamu tengah menggeluti sebuah bisnis dan memiliki dana cukup terbatas, rasanya agak berat ya buat membeli kamera profesional. Bayangkan aja, buat satu unit kamera profesional itu harganya bisa bikin geleng kepala lho. 

Apalagi kalau kamu masih merintis sebuah bisnis baik online maupun offline, rasanya agak pikir dua kali ya buat membeli kamera profesional demi ‘jeprat-jepret’ foto produk. Buat menghasilkan foto produk yang profesional dan hasilnya enak dilihat, banyak cara lho salah satunya dengan menggunakan smartphone

Apa iya bisa? Bisa banget kok! Di sini kita bakal kumpas tuntas nih gimana caranya menghasilkan foto-foto barang jualan mu agar terlihat profesional dan keren banget! Yuk, kita intip aja di bawah ini:

Baca juga: Hartanya Triliunan, Yuk Telusuri Sumber Uang 7 Orang Terkaya Indonesia saat Ini!

1. Usahakan menggunakan resolusi semaksimal mungkin

foto produk
Gunakan resolusi yang pas ya saat jepret barang jualan kamu dengan menggunakan smartphone, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kualitas sebuah kamera smartphone saat ini emang gak kalah dengan kamera profesional pada umumnya. Banyak smartphone yang saat ini dibekali dengan kamera layaknya fotografer pro! 

Saat ini banyak banget kamera smartphone yang udah dibekali dengan resolusi di atas 5 megapixel. Dengan resolusi segitu kamu mampu banget menghasilkan hasil foto yang ciamik banget. 

Tipsnya kali ini adalah kamu mesti maksimalkan resolusi yang ada di smartphone mu. Lakukan pengaturan pada resolusi udah gitu jangan lupa buat ISO juga pilih yang tepat. Paling penting juga white balance yang sesuai dan lain sebagainya. 

Baca juga: Bisa Dimulai Tanpa Modal! Ini 7 Produk Jualan Online yang Selalu Laris Manis

2. Hindari penggunaan zoom yang berlebihan

foto produk
Hindari penggunaan zoom yang berlebihan saat jepret barang jualan kamu dengan smartphone, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketika kamu tengah membuat sebuah foto buat barang jualan atau produk usakan jangan menggunakan zoom yang berlebihan. Jika objek yang mau diambil dengan jarak jauh, kamu usahakan gak menggunaka zoom ya. 

Perbesaran dengan menggunakan fitur zoom cuma bikin gambar yang dihasilkan bakal pecah nih. Usahakan kamu gak menggunakn fitur zoom saat menciptakan sebuah foto barang jualan atau produk. 

Biar hasil foto sangat memukau dan ciamik, kamu mesti mengambilnya dengan jarak dekat. 

Baca juga: Paling Top di Dunia, Ini 7 Fakta Philips Morris yang Jadi Induk HM Sampoerna

3. Gunakan background yang keren dan sesuai

foto produk
Usahakan menggunakan background yang sesuai ya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Poin ini juga sangat penting nih saat menciptakan sebuah foto produk yang profesional. Gunakan background yang sesuai dengan barang jualan kamu atau online shop mu. 

Kamu bisa menggunakan background polos atau senada sesuai dengan barang-barang yang kamu jual. Pilih background yang gak terlalu tabrakan ya karena bakal bikin orang malas melihatnya. 

4. Manfaatkan pencahayaan yang bagus

foto produk
Manfaatkan cahaya natural dan maksimal ya saat jepret foto barang-barang kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pencahayaan juga sangat mempengaruhi hasil jepretan foto kamu lho. Usahakan maksimalkan pencahayaan saat tengah berfoto-foto produk kamu. 

Jika dirasa pencahayaan kamu kurang terang, manfaatkan cahaya lampu duduk yang bisa digunakan agar komposisi foto sangat keren. Lebih bagus lagi kamu memanfaatkan cahaya matahari lho agar hasilnya lebih natural. 

5. Pandai dan manfaatkan semaksimal mungkin fitur editing

foto produk
Manfaatkan fitur editing ya saat mengedit foto jualan kamu agar hasilnya makin ciamik dan banyak dilirik oleh konsumen, (Ilustrasi/Shutterstock).

Banyak selebgram maupun influencer memanfaatkan fitur editing saat berencana mengunggah foto di laman Instagram miliknya. Begitu pula dengan kamu yang memiliki jiwa bisnis dan pengin mendapatkan hasil foto barang jualan dengan tampilan menarik. 

Manfaatkan fitur editing yang terdapat di Apps Store maupun Google Play Store. Di sana kamu bakal menemukan ribuah aplikasi buat mengedit foto dengan hasil yang beragam. 

Apalagi kalau kamu memiliki smartphone yang udah terbaru pasti bakal mudah banget nih mengedit dan jepret foto barang jualan dengan hasil maksimal. Nah, itu dia beberapa tips agar kamu bisa menghasilkan foto produk yang profesional dan ciamik! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).