Standar Gaji Supervisor Sesuai dengan Bidang Pekerjaannya

Gaji Pensiunan PNS

Dalam dunia kerja, banyak orang berlomba-lomba untuk bisa menjadi seorang supervisor atau pengawas. Terlepas dari gajinya yang dianggap tinggi, di dalam hierarki perusahaan pun posisi ini cukup dipandang karena memiliki tanggung jawab yang cukup penting. 

Supervisor memiliki tugas untuk mengatur dan memimpin kinerja pekerja pada taraf operasional. Menariknya, supervisor memiliki hubungan kerja kepada dua kelompok, yaitu kelompok manajer dan rekan kerja di bawahnya. 

Umumnya, hierakri perusahaan dapat dibedakan berdasarkan urutannya, yaitu staf, supervisor, manager, general manager, dan direktur. 

Lalu, berapa sih standar gaji seorang supervisor? Berikut Lifepal coba merangkum jenis-jenisnya berdasarkan lingkup kerjanya. 

Gaji Supervisor di Supermarket 

gaji supervisor Indomaret

Perusahaan supermarket besar umumnya telah memiliki hierarki yang jelas dan terorganisasi dengan baik. Nah, salah satu posisi yang wajib dimiliki oleh perusahaan supermarket adalah supervisor. 

Supervisor di supermarket bertugas mengawasi karyawan untuk bekerja sesuai ekspektasi perusahaan dan memastikan mereka memberikan pelayan terbaik kepada pelanggan. 

Selain mengawasi karyawan, seorang supervisor juga harus mampu mencapai target penjualan toko yang umumnya ditetapkan setiap bulannya dan memastikan stok barang sesuai dengan permintaan konsumen. Di akhir bulannya, supervisor juga wajib membuat laporan pengeluaran dan pemasukan supermarket untuk kemudian ditandatangani oleh manajer supermarket. 

Gaji seorang supervisor supermarket pun beragam, tergantung dengan perusahaan yang dilamar. Sebagai contoh, gaji supervisor di Indomaret adalah sekitar Rp5 juta per bulan. 

Gaji Supervisor di Perusahaan Pemerintah 

 

Tidak jauh berbeda dengan tugas seorang supervisor di supermarket, di perusahaan pemerintah supervisor juga bertugas sebagai penjembatan antara level di atasnya dengan rekan-rekan kerja di bawahnya. 

Misalnya, menyampaikan kebijakan-kebijakan kantor kepada seluruh karyawan, memberikan kelas training dan tugas kepada karyawan lainnya. Nah, salah satu perusahaan pemerintah yang paling banyak dicari orang adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN). Mengingat gaji supervisor PLN bisa mencapai Rp12 juta per bulan.

Meski begitu, umumnya untuk bisa menjadi seorang supervisor di PLN harus memiliki pengalaman selama beberapa tahun di bidang yang sama terlebih dahulu. Artinya, bukan untuk fresh graduate atau pekerja yang masih minim pengalaman.

Gaji Supervisor di Industri Perhotelan

gaji supervisor hotel

Pada umumnya untuk bisa menjadi seorang supervisor, kita harus menjadi senior staf terlebih dahulu. Namun, beda halnya dengan industri perhotelan yang mana untuk menjadi supervisor, seseorang harus menjalani program magang supervisor terlebih dahulu. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Hal ini dikarenakan seorang supervisor akan dihadapkan pada tuntutan baik dari karyawan hingga manajemen yang lebih tinggi. Selain itu, supervisor hotel juga harus mampu menyikapi tekanan lain yang juga datang dari pengunjung hotel. Itu sebabnya, seorang supervisor hotel harus melewati tahapan pelatihan yang cukup panjang. 

Untuk gaji seorang supervisor pun tergantung tingkatan hotel yang dilamar. Untuk hotel sekelas bintang satu, umumnya akan memberikan standar gaji sekitar Rp3 juta, sedangkan sekelas bintang 3 memberikan standar gaji sekitar Rp7 juta. 

Gaji Supervisor di Pasar Swalayan 

Umumnya pasar swalayan juga mencari supervisor yang dapat membantu mengatur jalannya mobilitas kerja suatu pertokoan. Sama halnya dengan kedua bidang industri di atas, supervisor di pasar swalayan juga bertugas mengawasi kerja para karyawan dan memastikan mereka dapat memberikan pelayanan terbaik. 

Supervisor di industri pasar swalayan juga harus membuat laporan atas setiap produk yang masuk dan keluar setiap akhir bulan. Nah, salah satu pekerjaan supervisor pasar swalayan yang paling banyak dicari orang adalah perusahaan ritel Matahari. Umumnya standar gaji sebagai supervisor di Matahari adalah sekitar Rp5 juta sampai Rp7 juta. 

Persyaratan Menjadi Supervisor

gaji supervior dan syarat

Sebenarnya tidak ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi seorang supervisor. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan memiliki standar persyaratan yang berbeda-beda. Namun, untuk bisa menjadi seorang supervisor sukses, kita harus memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dengan cepat. 

Selain itu, yang terpenting adalah memiliki sikap tegas dan jiwa kepemimpinan yang tinggi. Mengingat kita harus mampu bersinergi dengan kelompok manajer dan rekan kerja di bawah kita. Untuk itu, seorang supervisor harus menjaga kepercayaan yang telah diberikan kepadanya. 

Itulah tadi beberapa informasi seputar tanggung jawab dan gaji supervisor yang dapat kita jadikan acuan. Perlu diketahu kembali bahwa standar gaji di Indonesia disesuaikan dengan ketentuan pemerintah provinsi atau kota dan kebijakan perusahaan yang dilamar.

Sebagian perusahaan swasta pun turut memberikan tunjangan bagi karyawannya. Meski begitu, jenis dan besarannya akan dibedakan sesuai masa kerja dan jabatan yang diemban.

Untuk mendapatkan inpirasi dalam berbisnis dan tips-tips bermanfaat terkait manajemen keuangan pribadi, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal. Selain itu, jika kita sedang mencari-cari asuransi yang tepat untuk diri sendiri dan keluarga, coba klik aja Lifepal, ya!

Semoga informasi di atas bermanfaat!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →