Gak Punya Slip Gaji? Ajukan Pinjaman di 6 Tempat Ini

Gak sedikit jasa pinjaman perbankan yang mewajibkan bukti gaji sebagai persyaratan. Makanya slip gaji sering jadi senjata andalan saat butuh dana cepat atau pinjaman.

Slip gaji ini berfungsi sebagai jaminan kelayakan peminjam, serta penentu jumlah dan tenor pinjaman yang sesuai dengan bujet peminjam.

Sayangnya, gak semua jenis pekerjaan menerima atau memiliki bukti gaji. Contohnya, pekerja mandiri seperti wiraswasta, supir ojek online, dan pekerja lepas.

Terus gimana dong kalau gak punya slip gaji karyawan tapi butuh dana mendesak?

Tenang aja, saat ini banyak kok penyedia layanan pinjaman yang tidak menjadikan bukti gaji sebagai persyaratannya. Nih, 6 alternatif pinjaman tanpa slip gaji yang bisa jadi referensimu.

1. Tunaiku.com

Slip Gaji
Tunaiku, Pinjaman Online Tanpa Jaminan (Swara Tunaiku)

Tunaiku merupakan salah satu penyedia kredit tanpa agunan (KTA) online dari institusi finansial Bank Amar Indonesia yang bisa memberi pinjaman online tanpa slip gaji. Kamu dapat mengajukan KTA di sini mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 20 juta dengan tenor 6-20 bulan dan suku bunga 3 persen flat per bulan.

Siapkan saja fotokopi KTP, kartu keluarga atau keterangan telah menikah (bila sudah menikah), dan fotokopi buku tabungan atau rekening bank. Setelah pengajuan pinjaman disetujui, uang tunai akan langsung ditransfer ke rekeningmu.

Untuk simulasi dan info lebih lengkap, kamu dapat menuju website resminya.

2. Rupiah Plus

Slip Gaji
Platform kredit Rupiah Plus (YouTube Rupiah Plus)

Jika butuh pinjaman cepat yang bisa langsung kamu akses lewat smartphone, Rupiah Plus bisa jadi pilihanmu. Proses pengajuannya terbilang sangat cepat dan mudah hanya dengan melengkapi dokumen identitas yang diperlukan melalui aplikasi Rupiah Plus.

Tak ada peraturan khusus selain telah mencapai usia 18 tahun, memiliki pendapatan, dan nomor ponsel yang tetap.

Rupiah Plus menawarkan plafon pinjaman hingga Rp 1,5 juta dengan tenor pinjaman hingga 14 hari dan suku bunga 1 persen per hari.

Proses pengembalian pinjaman dapat dilakukan melalui transfer ATM, e-banking, mobile banking, atau melalui gerai-gerai Alfamart terdekat.

3. Pinjam WinWin

Salah satu keunggulan penyedia pinjaman ini adalah tidak adanya biaya admin yang perlu dibayarkan. Pinjaman yang ditawarkan mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta dengan tenor 30 hari. Adapun suku bunganya adalah 0,99 persen per hari, dihitung secara akumulatif dari total.

Kamu bisa melakukan simulasi perhitungan pinjaman langsung di websitenya.

Lama pengajuan pinjaman maksimal 4 jam untuk pelanggan yang pernah melakukan pinjaman sebelumnya dan paling lambat 7 hari untuk pelanggan baru.

[Baca: Slip Gaji Harusnya Udah Bukan Rahasia Lagi Antar Rekan Kerja, Setuju?]

4. TunaiKita

Slip gaji
Aplikasi pinjam uang TunaiKita (Jalan Tikus)

Seperti Rupiah Plus, kamu dapat mengajukan pinjaman di TunaiKita melalui aplikasi. Kamu akan diminta melengkapi data pengguna untuk mengetahui skor kredit yang sesuai denganmu.

TunaiKita menawarkan pinjaman dari Rp 1-20 juta dengan tenor 3-6 bulan dan suku bunga 6-10 persen per bulan. Adapun biaya layanannya sebesar 3-8 persen per bulan. Nantinya, rincian biaya pinjaman bisa kamu pantau di aplikasi dengan mudah.

Biar lebih jelas, kamu dapat melakukan simulasi perhitungan pinjaman di websitenya.

[Baca: Slip Gaji Senjata Pamungkas Ciptakan Kredit Bank yang Baik]

5. DanaCepat

Slip gaji
Aplikasi DanaCepat (Media Info Net)

DanaCepat adalah platform layanan finansial yang menginduk pada perusahaan di Hong Kong, Hadoop Fintech. Proses peminjaman di DanaCepat dapat dilakukan dalam waktu 15 menit saja. DanaCepat menawarkan pinjaman dari Rp 500 ribu-Rp 1 juta dengan tenor 7-30 hari.

Selain bunga sebesar 0,7 persen per hari, kamu juga perlu membayar biaya layanan, biaya ketetapan risiko, biaya administrasi, biaya penagihan, dan biaya proses data dan penilaian risiko saat mengajukan pinjaman.

6. AwanTunai

Slip gaji
Aplikasi Kredit AwanTunai (TechInAsia)

Nih, layanan penyedia kredit lainnya yang berbasis aplikasi, AwanTunai. Kamu hanya membutuhkan e-ktp dan foto selfie atau KTP jika belum memiliki e-KTP untuk mengajukan pinjaman.

Limit pinjaman yang diberikan AwanTunai hingga Rp 5 juta dengan tenor 3-9 bulan. Fasilitas pinjaman AwanTunai dapat kamu gunakan di toko atau agen yang telah bekerja sama.

[Baca: Yakin Mau Pinjaman Online Langsung Cair? Udah Tau Risiko Ini Belum?]

Itulah 6 jasa penyedia pinjaman online tanpa slip gaji. Gimana, mulai tertarik untuk mengajukan pinjaman?

Gak usah khawatir, semua alternatif di atas telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia, sehingga keamanan data nasabah sudah terjamin. Hal ini nih yang perlu kamu pastikan saat memilih jasa penyedia pinjaman.

Selain itu, pertimbangkan juga soal tenor dan bunganya. Pinjaman online umumnya mempunyai tenor pinjaman yang pendek dengan bunga yang tinggi. Maka, sebisa mungkin hindari penggunaan pinjaman ini dan memilih pinjaman perbankan.

Tapi, terkadang ada saja kebutuhan mendesak yang datang tiba-tiba. Kalau sudah begini, mau tak mau pinjaman tanpa syarat slip gaji pun dilakoni. Yang penting tetap hati-hati dan sesuaikan dengan kemampuan yah.