Mahal dan Langka, Ini 9 Material yang Harganya Bikin Melongo

Bicara soal barang termahal pasti udah sering. Atau, gosipin soal rumah termahal juga pasti udah mahfum banget. Nah, gimana kalau material termahal?

Material yang sering kali jadi bahan baku buat alat-alat tertentu berikut ini dibanderol dengan harga mahal dan langka pula. Material apa aja sih? Emas termasuk gak? Atau logam mulai lain? Yuk, lihat daftar berikut ini. Salut deh buat kamu kalau udah pernah dengar paling tidak 5 diantaranya.

1. Painite

material termahal
(wikipedia)

Painite adalah material semacam bongkahan yang cuma bisa ditemukan di wilayah Myanmar. Bongkahan mineral tersebut terdiri atas vanadium dan chromium. Material ini dibanderol sekitar US$ 8500 per gram.

2. Red Beryl

benda termahal di alam semesta
(wikipedia)

Red Beryl adalah semacam bebatuan mirip berlian berwarna merah yang pertama kali diidentifikasi pada tahun 1904. Bebatuan ini sangat jarang ditemukan. Salah satu wilayah yang memiliki bebatuan ini adalah Utah dan New Mexico di Amerika Serikat

Bebatuan mirip berlian ini emang bisa dijadikan sebagai berlian namun teksturnya lebih halus sehingga jarang digunakan. Harganya pun sangat mahal, yaitu mencapai $US 9.000 per gram.

3. Taaffeite

benda termahal di bumi
(wikipedia)

Dibanderol US$ 20 ribu per gram, Taaffeite adalah batu langka yang jadi salah satu material termahal yang ditemukan oleh Richard Taaffe.

Pertama kali ditemukan, bebatuan ini punya kadar 1.419 karat namun saat dijadikan permata cuma jadi 0,55 karat aja. Duh, jadi makin menurun gitu kadarnya ya! Pantes aja mahal.

4. Tritium

Tritium adalah salah satu material termahal yang dibanderol sampai dengan US$ 30 ribu per gram. Material ini terbentuk karena interaksi atmosfer dengan sinar kosmik.

Material tersebut termasuk zat radioaktif yang mana buat menciptakan satu pon-nya aja atau sekitar 453 gram butuh dana US$ 15 juta. Material ini digunakan dalam alat yang dipakai untuk memeriksa sirkulasi laut. Harganya aja udah mahal, biaya pembuatannya pun luar biasa mahal.

5. Berlian

material termahal di dunia
(wikipedia)

Siapa sih gak kenal sama bongkahan satu ini? Yap! Berlian punya harga pasaran US$ 50 ribu per gram.

Tahukah kamu, selain digunakan sebagai perhiasan, ternyata berlian punya kegunaan lain yang gak kalah penting. Bongkahan kecil berlian bisa digunakan buat melubangi batu dan memotong kaca. Bahkan, elektroda yang ada dalam berlian dapat dimasukkan ke dalam retina mata yang bikin orang buta mampu melihat lagi.

6. Californium

material paling mahal di dunia
(wikipedia)

Californium masuk dalam daftar kedua material paling langka dan paling mahal di dunia. Material radioaktif ini dibuat dengan menggunakan reaktor nuklir. Satu mikro-gram Californium dapat melepas 170 juta partikel neutron.

Harga per gram material termahal ini mencapai US$ 20 juta, lho!

7. Buckminsterfullerene

10 benda terlangka dan termahal di dunia
(wikipedia)

Namanya njlimet ya? Buckminsterfullerene atau sering disebut sebagai Bucky Ball adalah material yang memiliki kandungan 60 atom karbon dengan atom nitrogen di dalam partikelnya.

Salah satu kegunaan material ini adalah untuk membuat jam atom kecil yang digunakan buat navigasi GPS. Harga material ini mencapai US$ 150 juta!

8. Antimateri

antimatter
(wikipedia)

Ini dia material termahal seantero dunia, yaitu Antimateri. Perkiraan NASA, harga Antimateri mencapai US$ 62,5 triliun. Konversikan aja deh tuh ke rupiah.

Material ini, bila bertemu dengan partikel yang menghasilkan energi besar bisa menghancurkan apapun. Hmm…

Nah, mana nih di antara material termahal di atas yang pernah kamu dengar?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →