Jangan Coba-Coba Jadi Pilot Pesawat Kalau 5 Sifat Ini Masih Ada Dalam Diri Kamu!

Banyak orang pengin menjadi pilot pesawat hanya karena gaji yang besar (Shutterstock).

Sebagian dari kamu pasti memiliki teman yang memiliki cita-cita sebagai pilot pesawat terbang, atau bisa jadi impian tersebut dialami oleh kamu sendiri? Hal tersebut sangat umum terjadi karena profesi yang satu ini identik dengan kesan mewah dan eksklusif.

Meningkatnya mobilitas masyarakat dunia yang menggunakan transportasi udara yang satu ini emang gak bisa dipungkiri lagi. Selain lebih efisien dari sisi waktu, menggunakan pesawat juga terbilang lebih nyaman dibandingkan transportasi lainnya. Apalagi untuk yang bepergian jarak jauh.

Keadaan itu juga membuat pilot menjadi pekerjaan yang paling dicari di dunia oleh maskapai penerbangan. Sebab gak sembarang orang bisa melakukan tugas berat yang satu ini.

Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak yuk langsung sifat yang harus kamu singkirkan jika pengin menjadi pilot pesawat yang handal berikut ini:

1. Pengin jadi pilot pesawat karena gajinya besar

Pilot pesawat
Slip gaji (Ilustrasi by SHutterstock).

Melansir dari The Balance Career, alasan paling umum kenapa banyak orang pengin menjadi seorang pilot adalah karena gajinya yang besar. Hal itu emang bener sih kalau dibandingkan dengan profesi lainnya, tapi upah sebanyak itu juga menimbulkan rasa tanggung jawab yang besar lho!

Bayangin aja kamu harus membawa ratusan orang dalam satu kali penerbangan. Kalau mental kamu hanya sebatas uang aja pasti akan sulit untuk berkembang.

Selain itu bayaran yang besar juga kadang menimbulkan gaya hidup yang mahal. Jadi kalau kamu Cuma mengincar uangnya aja, bisa sangat mudah habis karena tergiur gaya hidupnya yang mahal juga.

2. Bisa sekalian jalan-jalan ke luar negeri

Pilot pesawat
Peta perjalanan (Shutterstock).

Menjadi seorang pilot pesawat emang memungkinkan kamu untuk pergi ke luar negeri jika pengalaman yang dimiliki udah banyak. Tapi bukan serta merta kamu bisa traveling dan liburan.

Selama bertugas ke luar negeri kamu juga dituntut untuk siap dengan jadwal penerbangan yang padat. Jadi kesempatan untuk pergi ke lokasi-lokasi ikonik di suatu negara mungkin hanya impian belaka.

Belum lagi ongkos yang mahal, bayangin aja berapa uang yang harus kamu keluarkan untuk belanja kalau seminggu kamu bisa ke luar negeri sebanyak 2 atau 3 kali.

3. Gampang cari pasangan hidup

Pilot pesawat
Sepasang kekasih (Shutterstock).

Nah poin ketiga ini bisa jadi jebakan Batman kalau kamu berhasrat menjadi pilot pesawat terbang. Pekerjaan yang satu ini harus diakui dikelilingi oleh para pramugari cantik yang setiap hari bisa kamu temui, namun bukan serta merta kamu bisa dengan mudahnya menebar pesona punya banyak gebetan nih.

Kadang hal ini justru bisa menjerumuskan kamu ke hal negatif dan berdampak pada karir kamu sebagai pilot. Gak sedikit cerita dimana seorang pilot kariernya hancur karena wanita. Jadi kamu harus hati-hati dan berpikir lebih matang lagi.

4. Tradisi keluarga

Pilot pesawat
Keluarga harmonis (Shutterstock).

Cerita tentang seorang anak yang bekerja sebagai dokter karena mengikuti jejak orang tuanya pasti pernah kamu dengar beberapa kali. Begitu juga dengan pilot pesawat terbang, tingkat prestisius yang tinggi karena orang tuanya yang berprofesi menjadi pilot kadang membuat kamu terpaksa mengikuti jejak mereka.

Padahal hal itu gak harus kamu lakukan, apalagi jika kamu emang gak punya passion menjalaninya nanti.

5. Lingkungan kerja yang dirasa nyaman

Pilot pesawat
Pilot pesawat perempuan (Shutterstock).

Hal terakhir yang harus kamu buang jauh-jauh jika pengin menjadi pilot pesawat adalah lingkungan kerja yang dirasa bakal nyaman. Justru menjadi seorang pilot memiliki tekanan dan beban tugas yang berat, seperti yang udah dijelaskan di atas seperti bertanggung jawab atas ratusan nyawa penumpang.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Belum lagi tuntutan kondisi fisik yang harus prima setiap kali terbang pulang-pergi ke suatu tempat. Menjadi pilot memiliki kesulitan tersendiri dibandingkan dengan profesi lainnya.

Nah itulah 5 sifat yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan pengin menjadi seorang pilot. Apakah ada salah satu yang masih ada dalam diri kamu, nih? (Editor: Winda Destiana Putri)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →