7 Profesi yang Sering Ditemukan dan Kebanjiran Rezeki Pas Idul Adha

jenis profesi idul adha

Wah, dalam hitungan hari saja, kita bakal ngerayain Hari Raya Idul Adha nih. Sebelumnya, kita sudah pernah bahas soal bisnis-bisnis yang diprediksi booming di hari raya ini. Tapi, kita belum pernah bahas sih soal jenis profesi yang bakal kebanjiran rezeki saat Idul Adha.

Profesi yang dimaksud tentunya bukan cuma profesi dadakan ya. Melainkan juga profesi tetap yang sudah dijalani seseorang dalam waktu lama.

Penghasilan yang mereka dapatkan juga bervariasi. Rata-rata profesi ini memang menawarkan sebuah jasa.

Daftar 7 Jenis Profesi yang banyak dicari menjelang Idul Adha

Ingin tahu apa saja jenis profesi-profesi yang dimaksud? Yuk simak di bawah ini.

  1. SPG hewan qurban
  2. Dokter hewan
  3. Terapis kambing
  4. Tukang pijat sapi
  5. Ustaz
  6. Tukang jagal dadakan
  7. Sopir kendaraan

Untuk lebih jelasnya bisa melihat ulasan singkatnya berikut ini.

1. SPG hewan kurban

Gak cuma otomotif saja yang identik dengan SPG cantik, hewan kurban pun dijajakan oleh SPG cantik.

Mall Hewan Qurban Haji Doni yang berbasis di Depok, Jawa Barat, kerap mempekerjakan para SPG cantik untuk berjualan. Malahan, mereka berdandan total ala Cowgirl di “showroom” hewan kurban itu.

Tentu saja, pembeli sapi bisa dengan mudah tergoda buat membeli karena SPG-SPG ini pinter jualannya. Kalau sapinya laris banyak, bisa-bisa mereka dapat bonus gede ya.

2. Dokter hewan

Gak semua hewan seperti sapi atau kambing yang dijual jelang Idul Adha layak dikurbankan. Hal itu disebabkan karena faktor kondisi kesehatan mereka juga.

Nah untuk mengetahui apakah sapi atau kambing itu layak, tentunya butuh jasa dokter hewan dong. Jenis profesi ini pun bakal dibutuhkan.

Kabarnya, di tahun 2018 IPB saja sudah mengerahkan kurang lebih 50 tenaga dokter untuk membantu pengecekan kesehatan hewan kurban lho.

3. Terapis kambing

Bukan cuma manusia yang bisa menikmati jasa perawatan di salon. Hewan kurban juga. Nah lho!

Perawatan yang ditawarkan di salon kambing cukup beragam, mulai dari pemotongan kuku, tanduk, cukur bulu, rebonding, ada creambath juga. Tergantung permintaan pelanggan deh pokoknya.

Tarifnya berkisar antara Rp 20 hingga Rp 100 ribuan. Tujuannya gak lain adalah untuk membuat kambing-kambing terlihat lebih gagah, bersih, dan sehat. So, bisa cepat laku terjual kan.

4. Tukang pijat sapi

Kalau kambing masuk salon, nah kalau sapi dipijat. Tukang pijat sapi juga jadi salah satu jenis profesi yang mudah mengais rezeki saat Idul Adha.

Tujuan sapi-sapi itu dipijat adalah biar mereka gak stres jelang proses kurban dan tentunya biar sehat juga.

Mijat sapi itu bukan perkara mudah lho. Kalau tiba-tiba mereka gak nyaman, malah bisa ngamuk.

5. Ustaz

Jenis profesi ini sudah pasti sangat dibutuhkan di Hari Raya Idul Adha. Hal itu disebabkan karena mereka bisa memimpin jalannya ibadah salat Ied dan memberikan ceramah, serta memimpin do’anya.

6. Tukang jagal dadakan

Di hari-hari biasa, mereka tentunya punya profesi lain, tapi menjelang Idul Adha, mereka mampu dan siap jadi tukang jagal.

Memanggil tukang daging buat jadi tukang jagal saat hari raya berlangsung tentu gak efisien. Alhasil, jasa yang satu ini kerap ditawarkan menjelang hari raya berlangsung.

Bayaran untuk jenis profesi ini juga bervariasi, dan tentunya sesuai dengan hewannya. Jika sapi biasanya Rp 500 ribu, sementara itu kambing Rp 200 ribu.

7. Sopir kendaraan

Jenis profesi terakhir yang bisa dicoba adalah menjadi sopir kendaraan. Seperti yang kita ketahui, saat menjelang hari raya Idul Adha banyak orang yang ingin berqurban. Untuk mengantarkan hewan dari penjual ke tempat pemotongan diperlukan jasa pengantar.

Terutama untuk hewan yang bobotnya besar seperti sapi. Gak aneh mangkanya pekerjaan yang satu ini banyak dicari menjelang hari raya tersebut.

Itulah tujuh jenis profesi yang umum ditemukan saat Idul Adha. Kira-kira tertarik nyobain salah satu di antaranya? Khusus nomor dua, kamu harus punya pendidikan formalnya lho ya.