Kalkulator Bunga Flat untuk Hitung Angsuran Bulanan Tetap

Kalkulator bunga flat adalah perangkat untuk memudahkanmu mengetahui berapa kisaran angsuran tetap yang kamu perlu keluarkan tiap bulan.

Sistem pembayaran dengan angsuran bulanan tetap ini umumnya diterapkan pada beberapa produk keuangan berikut.

Apakah kamu sedang berencana mengajukan pinjaman tunai atau mengangsur kendaraan? Mari kita coba kalkulasikan berapa angsuran tetap yang kamu perlu keluarkan tiap bulan dengan kalkulator bunga flat berikut.

Penerapan bunga flat ini sendiri dianggap sebagai metode pembayaran yang memudahkan debitur dalam mengatur pengeluaran bulanan pribadi. Hal ini dikarenakan jumlahnya tetap hingga akhir masa pelunasan atau periode yang disepakati.

Prinsip dasar penerapan bunga flat

Prinsip dalam menerapkan cara menghitung bunga flat atau bunga tetap berpatokan pada pokok pinjaman tunai atau harga jual produk yang ditentukan oleh pihak penjual. 

Pada dasarnya, jumlah pinjaman atau harga jual tersebut kemudian akan dibagi dengan tenor (jumlah bulan) kemudian ditambahkan dengan perhitungan bunga flat yang dikenakan dari kreditur (pemberi pinjaman atau pembiayaan).

Jumlah bunga yang perlu dibayarkan didapat dari mengalikan persentase bunga dengan pinjaman/harga jual produk dan dibagi tenor.

Sebagian besar bank atau instansi keuangan yang menawarkan pinjaman tunai

Membandingkan dengan bunga efektif

Dibandingkan dengan pembayaran bunga flat yang mana berjumlah tetap tiap bulan, pembayaran dengan metode bunga efektif dinilai lebih meringankan bagi debitur. 

Hal ini disebabkan pengenaan bunga bukan pada pinjaman tunai atau pembiayaan awal, melainkan pada sisa saldo pinjaman. Seiring waktu, pembayaran angsuran bulanan akan berkurang dikarenakan sisa saldo pinjaman berkurang juga.

Perhitungan bunga efektif memang lebih rumit, namun sebagaimana pembayaran bunga menurun tiap bulannya, maka metode ini lebih disukai oleh debitur.

Membandingkan dengan bunga anuitas

Bunga anuitas dan bunga efektif menggunakan prinsip perhitungan yang hampir sama. Kesamaan keduanya terletak di pengenaan bunga pada sisa saldo pinjaman atau pembiayaan. 

Meski jumlah angsuran bulanannya menurun, namun realisasi pembayaran tetap disamakan tiap bulan. Hal ini dikarenakan jumlah yang perlu dibayarkan dari bulan pertama hingga akhir akan dijumlahkan terlebih dahulu, kemudian dibagi rata selama periode pembayaran.

Jadi bisa dibilang secara kasat mata, metode bunga anuitas adalah gabungan dari penerapan bunga flat dan bunga efektif.

Pertanyaan seputar kalkulator bunga flat

Penerapan metode bunga flat berpegangan pada penentuan angsuran bulanan dan pengenaan bunga yang sama tiap bulan sampai lunas.

Untuk mendapatkan berapa jumlah angsuran pokok, kamu terlebih dahulu harus mengalikan nilai pokok pinjaman atau harga barang dengan tenor (bulan).

Kemudian untuk mendapatkan bunga angsuran, coba kalikan pokok pinjaman dengan persentase bunga, lalu hasilnya dibagi 12.

Terakhir untuk mengetahui angsuran per bulan yang kamu perlu bayar adalah dengan menjumlahkan angsuran pokok dengan bunga angsuran.

Penerapan bunga flat mengharuskan debitur untuk melunasi angsuran selama periode yang disepakati dengan jumlah pembayaran yang sama. Pada satu sisi, metode ini memudahkan debitur untuk mengatur keuangan pribadinya yang mana tentu menjadi poin keunggulan.

Namun jika menjumlahkan keseluruhan angsuran yang dibayarkan hingga lunas, bunga flat bisa jadi memberatkan. Hal ini disebabkan penentuan bunga yang harus dibayarkan berlandaskan kepada pokok pinjaman awal. Padahal, seiring waktu pembayaran angsuran, utang debitur kian berkurang.

Penghitungan bunga yang lebih meringankan bisa didapatkan dari penghitungan kredit bunga efektif yang mana penentuan bunga angsuran diambil dari sisa pokok pinjaman.

Penggunaan kalkulator bunga flat ini hanya bersifat sebagai perkiraan sebagaimana tiap instansi penyedia pinjaman memiliki ketentuan administrasi dan kebijakan yang berbeda-beda.

Tips dari Lifepal, kamu boleh memanfaatkan layanan pinjaman tunai atau pembiayaan yang mana bersifat darurat saja, jadi hindari jika tidak termasuk ke dalam kebutuhan pokokmu ya. 

Jika ingin menggunakannya untuk kebutuhan yang bersifat bukan darurat, pastikan bahwa angsuran yang kamu harus bayar tiap bulan tidak memberatkan keuanganmu ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →