Kalkulator Kredit Mobil Bunga Flat

kalkulator kredit mobil

Kalkulator kredit mobil memberikan simulasi terhadap pembelian kendaraan khususnya mobil dengan cara mencicil pembayarannya.

Dengan adanya kalkulator kredit mobil kamu jadi punya perkiraan dana yang dibutuhkan serta yang dikeluarkan untuk membeli sebuah mobil impian. Kamu bisa coba gunakan kalkulator kredit mobil bunga flat di bawah ini:

Tidak hanya mobil baru, perhitungan kalkulator kredit mobil bekas juga bisa dilakukan. Karena baik mobil baru maupun bekas, sistem kreditnya sama saja di beberapa platform Bank atau leasing mobil.

Apa itu kredit mobil?

Sebelum membahas mengenai kalkulator kredit mobil, mari pahami dahulu apa itu kredit mobil.

Kredit mobil merupakan cara membeli mobil dengan metode pembayaran diangsur atau dicicil.

Metode kredit ini bisa berlaku bagi pembelian mobil baru maupun bekas dengan bantuan lembaga pembiayaan, seperti leasing dan perbankan.

Metode ini pun merupakan pilihan lain jika kamu ingin membeli mobil namun belum memiliki dana yang cukup atau tidak memiliki uang cash sejumlah harga satu unit mobil.

Sistem kredit mobil di Indonesia

Seperti dijelaskan sebelumnya dalam sistem kredit mobil di Indonesia, pembayarannya bisa dilakukan dari dua Lembaga yaitu leasing dan perbankan.

Keduanya memiliki konsep dan peran yang sama untuk menyediakan dana talangan saat kamu ingin memiliki mobil namun tidak memiliki dana yang cukup.

Jadi sistemnya, pihak Bank atau leasing akan akan membayarkan dahulu sebagian dari harga mobil yang diinginkan.

Kemudian secara berkala kamu akan mengganti dana talangan tersebut secara periode misalnya selama 5 tahun dan disetorkan setiap bulan.

Selain cara kerja yang sama seperti yang disebutkan sebelumnya, persamaan kredit antara bank dan leasing adalah sama-sama mensyaratkan DP minimal 30% dari harga jual mobil yang sudah disepakati antara penjual dan pembeli.

Ketentuan ini sendiri telah diatur oleh Bank Indonesia yang tercantum dalam Surat Edaran Ekstern Nomor 14/10/DPNP yang menetapkan uang muka minimal 30% untuk pembelian kendaraan bermotor roda empat non produktif

Perbedaan kredit mobil di Bank atau leasing

Lembaga yang memberi talangan pada kredit mobil paling umum adalah dari Bank dan leasing.

Keduanya dianggap mampu membantu masyarakat yang sangat menginginkan mobil namun dengan dana yang kurang.

Untuk lebih jelasnya mengenai simulasi kredit dari bank dan leasing, berikut simulasi dari keduanya.

1. Kredit mobil baru dan bekas lewat Bank

Setelah tadi dijelaskan mengenai kalkulator simulasi kredit mobil, maka berikut ini adalah sebuah simulasi kredit mobil baru dan bekas melalui bank.

Kredit di bank memiliki beberapa keuntungan, salah satunya adalah kamu akan menerima suku bunga yang lebih rendah dibanding kredit di leasing.

Tentu saja, ini sesuai dengan keinginan mereka yang mau kredit mobil murah namun dengan uang muka yang ringan.

Kredit di Bank bahkan, jika kamu memiliki uang tunai lebih, maka kamu bisa melunasi sebagian utang pokok dalam waktu tertentu, ini bisa mengurangi beban angsuran setiap bulannya.

Sedangkan kekurangan kredit melalui bank adalah jika dibandingkan dengan leasing, proses kredit di Bank sedikit lebih rumit dan memakan waktu lebih lama.

Selain itu, kamu juga harus mengurus semua dokumen yang disyaratkan seperti slip gaji, surat keterangan domisili, akta kelahiran, kartu keluarga, dan lainnya.

Tidak sampai situ, jika dokumen lengkap pihak Bank akan melakukan survey ke alamatmu guna menilai status layak atau tidak calon konsumen mendapatkan kredit.

Selanjutnya pihak Bank akan detail menanyakan perihal tagihanmu, mulai dari tagihan kartu kredit, PDAM bahkan sampai tagihan listrik.

2. Kredit mobil baru dan bekas lewat leasing

Seperti dijelaskan sebelumnya, kredit di leasing memiliki kelebihan berupa kredit dengan lebih cepat dan mudah.

Bahkan tidak jarang, kamu akan dilakukan sangat istimewa ketika mau mengambil kredit di leasing.

Bukannya kurang mendata secara detail, proses pengajuan cepat kredit di leasing dikarenakan staf mereka membantu kamu dalam seluruh prosesnya.

Jadi kamu tidak perlu bolak-balik dealer untuk mengurus semua persyaratan.

Sayangnya, seperti diketahui bersama bahwa kredit di leasing suku bunganya sangat besar, bahkan jauh lebih tinggi dari yang ditawarkan Bank.

Kemudian di leasing juga ada biaya tambahan lainnya, seperti biaya fidusia, biaya asuransi dan juga biaya provisi.

Kemudian ada biaya asuransi ini memang akan bersifat wajib karena pihak leasing berkepentingan dengan mobil yang kita miliki untuk menghindari risiko seperti hilang atau rusak karena kecelakaan.

Dengan adanya asuransi, maka pihak asuransi akan mengganti nilai mobil yang hilang atau rusak tersebut ke pihak leasing dahulu, baru ke konsumen bila nilai itu ada sisanya.

Simulasi kredit mobil lewat Bank dan leasing

Untuk lebih memberikan pemahaman kalian mengenai kredit mobil di Bank dan leasing, berikut ini simulasi di salah satu Bank dan leasing.

Berikut adalah simulasi dengan kalkulator kredit mobil BCA dan leasing OTO finance.

Dengan kondisi kamu mau membeli Toyota Agya varian 1.0 G M/T dengan harga OTR Rp131.500.000.

Uang muka yang kamu bayarkan sebesar 30% dan sanggup melunasi dalam 2 tahun atau 24 bulan.

Maka berikut kalkulator kredit mobil BCA Finance dan Leasing (Simulasi OTO Finance)

1. Hasil Simulasi BCA Finance

  • Uang Muka: Rp 39.450.000
  • Angsuran per bulan: Rp 4.133.100
  • Total Pembayaran pertama: Rp 43.583.100

2. Hasil simulasi OTO Finance

  • Uang Muka: Rp 39.450.000
  • Total Asuransi: Rp 7.195.680
  • Angsuran per bulan: Rp 4.631.465
  • Total Pembayaran pertama : Rp 51.277.145

Untuk total pembayaran terjadi perbedaan karena adanya perbedaan antara biaya proses pembiayaan, biaya asuransi (biasanya leasing hanya TLO, sedangkan bank bisa comprehensive dan TLO), biaya polis, dan proteksi kredit juga biaya lainnya.

Tips dari Lifepal! Kalkulator kredit mobil memberikan simulasi terhadap pembelian kendaraan khususnya mobil dengan cara mencicil pembayarannya.

Dengan adanya kalkulator kredit mobil kamu jadi punya perkiraan dana yang kamu butuhkan serta yang kamu keluarkan untuk membeli sebuah mobil impian.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Pertanyaan seputar kalkulator kredit mobil