7 Bisnis Diprediksi Bakal Bermunculan Saat Mobil Listrik Menjamur di Indonesia

7-Bisnis-Diprediksi-Bakal-Bermunculan-Saat-Mobil-Listrik-Menjamur-di-Indonesia

Keberadaan kendaraan listrik terutama mobil, ternyata bisa mengancam eksistensi beberapa industri atau bisnis yang sudah ada. Tapi jangan salah bakal ada potensi bisnis baru yang juga muncul lho dengan menjamurnya mobil listrik maupun motor. 

Belum lama ini, mobil listrik memang jadi bahan perbincangan. Terutama setelah Presiden Joko Widodo meneken peraturan mengenai kendaraan yang satu ini. 

Gak lama kemudian Astra langsung membahas hal-hal yang berkaitan dengan asuransi mobil listrik, biaya produksi mobil listrik BYD, hingga uji tabrakan sebuah mobil listrik.

Balik lagi ke pokok pembahasan awal. Kira-kira bisnis baru apa saja ya yang bakal muncul jika ada kendaraan listrik? Mari simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

1. Stasiun pengisian daya kendaraan listrik

Kendaraan listrik
Bisnis pengisian daya listrik bakal menjamur, (Ilustrasi/Pixabay).

Mobil ataupun motor listrik gak perlu bensin atau solar, mereka membutuhkan “listrik” sebagai bahan bakar. Hal itu tentu bakal memaksa SPBU mengubah lini bisnisnya dari jualan bahan bakar jadi tempat pengisian daya mobil listrik.

Dengan adanya stasiun charging mobil atau motor listrik, maka gak nutup kemungkinan juga lahir stasiun pengisian daya mini layaknya sebuah pom bensin mini atau penjual BBM eceran.

Baca juga: 10 Model Mobil Keluarga yang Disuntik Mati di Indonesia, Minat Membelinya?

2. Bengkel umum kendaraan listrik

kendaraan listrik
Bengkel umum kendaraan listrik bakal menjamur juga nih seiring pertumbuhan mobil listrik, (Ilustrasi/Pixabay).

Bengkel umum tentu gak akan mau kalah dengan bengkel resmi soal servis kendaraan. Saat ini, bisa dibilang belum ada bengkel umum yang bisa menangani mobil listrik karena populasi mobilnya juga belum begitu banyak dibandingkan kendaraan konvensional. 

Paling gak, mobil-mobil listrik bakal diservis di bengkel resmi milik Agen Pemegang Mereknya. Dengan menjamurnya mobil listrik, tentu saja hal ini bisa jadi peluang baru bagi para pengusaha otomotif. 

Baca juga: Pengin Beli Mobil Baru dengan Kredit? Begini Syaratnya, Makin Mudah Lho

3. Tempat cuci mobil listrik

kendaraan listrik
Tempat cucian mobil bakal banyak nih dengan menjamurnya mobil listrik, (Ilustrasi/Pixabay).

Lah! Kenapa tempat cuci mobil listrik beda sama mobil biasa? Buat yang punya mobil, pasti tahu dong kalau gak semua tempat cuci mobil bisa mencuci mobil dengan benar. Apa kabar ketika mereka harus mencuci mobil listrik ya? 

Komponen-komponen mobil listrik tentu gak sama dengan mobil konvensional. Mereka yang punya pengalaman dalam bisnis ini dan paham soal struktur mobil listrik pasti berani untuk membuka usaha ini.

4. Baterai aftermarket mobil atau motor listrik

kendaraan listrik
Menjamurnya mobil listrik bakal banyak penjualan baterainya, (Ilustrasi/Pixabay).

Kendaraan-kendaraan listrik ini memang gak pakai mesin layaknya kendaraan konvensional. Mereka menggunakan teknologi baterai yang untuk saat ini harganya masih cukup mahal.

Ketika populasi kendaraan ini makin banyak di Indonesia, maka makin banyak pula pemain-pemain baru yang bergerak di bidang baterai kendaraan listrik. 

5. Alat pengisian daya kendaraan listrik di rumah

kendaraan listrik
Yang menjual alat pengisian daya listrik mobil ini juga bakal banyak nih, (Ilustrasi/Pixabay).

Mobil atau motor listrik memang praktis dalam pengisian daya kendaraan ini gak perlu jalan ke SPBU pun bisa, asalkan ada listrik pasti dia bisa jalan. Agar gak memakan banyak lahan hijau, ada baiknya pemerintah atau pengusaha menyediakan fasilitas pengisian daya di rumah-rumah. 

Dengan adanya kepraktisan ini, alat pengisian daya pun bakal dijual dan bisa dipasang di rumah bagi mereka yang gak mau ribet.

6. Power bank khusus mobil atau motor listrik

kendaraan listrik
Bisnis menjual power ban juga bisa dilirik nih sebagai salah satu bisnis, (Ilustrasi/Pixabay).

Bukan cuma ponsel saja yang perlu cas, mobil atau motor listrik juga harus di cas dong lantaran bahan bakarnya juga menggunakan listrik. 

Kiranya bakal ada, tentunya ukuran dari power bank itu jelas lebih besar ketimbang power bank ponsel ya.

7. Stiker baru

kendaraan listrik
Yang negjual sticker juga bisa nih sebagai salah satu bisnis yang bakal muncul, (Ilustrasi/Pixabay).

Lah apa pengaruhnya stiker sama mobil listrik? Coba perhatikan fenomena di Indonesia. “Real man use three pedals,” “Rich man use two pedals,” “Real man smells like Diesel,” atau “Who cares about the pedals, i’m Fly.” 

Jargon-jargon kocak itu seringkali dijadikan stiker dan ditempel di belakang mobil. Buat beberapa kalangan, stiker ini memang bisa jadi kebanggaan tersendiri. 

Nah, apa jadinya ketika ada mobil listrik tersebar di Indonesia? Para pembuat stiker pasti bakal punya ide kreatif buat menciptakan stiker baru yang bakal ditargetkan ke para pengguna mobil listrik.

Walaupun bisnis ini punya skala lebih kecil dibanding enam bisnis lainnya, tapi tetap saja potensi larisnya bakal tinggi. Itulah deretan bisnis baru yang berpotensi muncul saat kendaraan listrik menjamur di Indonesia. Bisa jadi bakal ada bisnis baru lainnya lho yang bakal muncul selain dari ketujuh bisnis di atas. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →