Mengenal Arti Sukses dan Cara Jitu Untuk Mencapainya

kesuksesan

Meraih kesuksesan telah menjadi tujuan semua orang dalam berkarya atau berkarier. Kesuksesan identik dengan kondisi seseorang makmur, berada dalam posisi yang stabil serta memiliki kekuasaan. Semua orang selalu terobsesi dan ingin meraih posisi ini. 

Kesuksesan pun dijadikan tolak ukur dari keberhasilan perjalanan hidup manusia. Walaupun tentu tolak ukur kesuksesan setiap orang berbeda-beda. Sehingga memaknai dan mengartikan kesuksesan itu tidak sama.

Pengertian kesuksesan

Dalam pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kesuksesan berarti keberhasilan dan keberuntungan. KBBI menyebut kesuksesan adalah kondisi dimana orang lain senang mempelajari dan meniru kondisi tersebut. 

Sehingga dapat diartikan kesuksesan adalah kondisi sejahtera dalam kehidupan, dan selalu ingin dicapai banyak orang. 

Kunci sukses

Untuk mencapai posisi sukses, jalan yang harus dilalui tidaklah mudah. Orang selalu menghadapi hambatan dan godaan berbuat curang untuk mencapai posisi tersebut. 

Kita pun perlu menyadari, kesuksesan bukan selalu tentang uang dan posisi tapi juga tentang hubungan, pencapaian, mimpi, kemajuan dalam sebuah bidang.

Lantas bagaimana meraih kesuksesan? Pertanyaan ini kerap muncul dan menjadi pencarian banyak orang. Sebenarnya tidak sulit asalkan kita mengetahui kunci untuk meraih kesuksesan. Apa saja kunci sukses? Berikut rinciannya 

1. Tekad

Dibutuhkan kemauan yang kuat dan niat yang besar untuk mencapai titik tertinggi dalam pencapaian hidup seseorang. Adanya kemauan yang kuat untuk bekerja tanpa henti, sekalipun mengalami kegagalan, hambatan, kesulitan di sepanjang jalan. 

Butuh waktu lama untuk mencapai kesuksesan maka kita membutuhkan tekad untuk fokus meraihnya. Bahkan sekalipun kita telah meraih kesuksesan, tekad tersebut harus tetap hidup untuk menjaga kesuksesan yang kita raih. 

Tekad yang sejati bertahan lama tidak hanya dua tiga tahun, tapi berpuluh-puluh tahun. Bahkan menjadi seumur hidup. Inilah yang diperlukan untuk mencapai posisi terbaik dalam hidup seseorang. 

2. Keterampilan 

Keterampilan selalu berjalan bersama dengan tekad. Tidak ada keterampilan yang muncul secara instan tanpa melewati hal-hal buruk. Sebab dengan melewati ujian atau cobaan kita akan semakin terasah dan mudah beradaptasi dalam kondisi apapun. 

Keterampilan seperti: komunikasi, manajemen, evaluasi, tampil di depan orang dan bernegosiasi didapat dengan kemampuan yang terus diasah. Apalagi persaingan semakin ketat, sehingga keterampilan perlu dibaharui dan dikembangkan agar mampu bersaing. 

Semakin orang memiliki keterampilan yang banyak mak peluang untuk meraih sukses juga semakin terbuka. 

3. Passion 

Tidak semua orang punya keinginan mengejar passion dalam berkarier atau membangun usahanya. Passion atau hasrat lah yang membuat kita ingin terus mendapatkan hasil yang maksimal. Bahkan passion mampu menjaga rencana, tujuan dan motivasi kita untuk meraih kesuksesan. 

Dengan passion kita mampu bertahan, sekalipun menghadapi persoalan atau hambatan dalam meraih kesuksesan. Maka, kunci kesuksesan adalah memiliki passion agar tidak mudah menyerah dalam kondisi apapun. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

4. Disiplin 

Salah satu kunci kesuksesan lainnya adalah disiplin. Disiplin membentuk karakter pribadi seseorang untuk bekerja secara sistem dan mematuhi peraturan yang berlaku. Bila kita terbiasa dengan disiplin, maka kita tidak akan mudah menunda-nunda pekerjaan. Ini sangat penting untuk mempercepat kita mencapai kesuksesan. 

Apabila kita terbiasa disiplin, otomatis manajemen waktu kita juga sangat baik. Perlu diingat, waktu adalah hal paling berharga, kita mungkin bisa membeli apapun tapi tidak dengan waktu. Jadi, kesuksesan yang kita raih sangat ditentukan dengan apa yang kita kerjakan saat ini. 

5. Kegigihan 

Kegagalan yang kita dapatkan saat sedang mengejar kesuksesan tidak akan membuat kita berhenti. Kondisi inilah yang disebut dengan kegigihan, tahan banting dan tidak mudah menyerah. Banyak orang yang gagal karena tidak menyelesaikan apa yang telah dimulainya. 

Untuk itulah kita perlu kegigihan untuk tetap mengejar hal yang ingin diraih. Untuk memiliki kegigihan ini, kita harus berani untuk berjuang dan bekerja keras. Sebab hampir tidak mungkin kegigihan diraih tanpa ada latihan yang keras. 

Faktor mencapai kesuksesan

Di dunia saat ini banyak orang sukses yang  lahir dari berbagai macam latar belakang. Tidak harus berasal dari keluarga yang kaya, mengenyam pendidikan yang tinggi atau memiliki modal besar saat memulai usaha. Itulah yang membuat definisi sukses orang berbeda-beda dengan yang lain. 

Meski begitu pada umumnya, mereka yang mencapai tingkat kesuksesan dalam berbagai ukuran atau pencapaian adalah yang berusaha dan bekerja keras dibandingkan yang lain. Sejumlah faktor turut memengaruhi kesuksesan seseorang. 

Sangat baik jika faktor-faktor yang memengaruhi ini bisa dimiliki pribadi-pribadi yang mendambakan kesuksesan. Apa saja yang harus dimiliki? Berikut rinciannya: 

1. Jadi diri sendiri 

Citra memang penting tapi jadi diri sendiri harus jadi prioritas. Kita jangan sampai terjebak ingin disukai banyak orang tapi sebenarnya kita  bukan tersebut. Jadilah diri sendiri dan manfaatkan kekuatan kita sendiri untuk mencapai kesuksesan. 

2. Terbuka

Ada banyak perubahan, terutama di zaman sekarang ini. Jika kita tidak terbuka untuk perubahan atau hal baru, kita tidak bisa ambil bagian pada satu hal. Terbuka untuk hal baru adalah sebuah keuntungan Anda.

3. Dukungan

Dalam situasi sulit, dukungan dari lingkungan sosial membantu kita mengatasi kegagalan dan menguasai tantangan. Ketahui kita tidak akan dibiarkan sendirian, bahkan jika kita gagal dapat menemukan jalan menuju kesuksesan dengan jauh lebih baik. 

4. Mau belajar 

Jika kita merasa kurang terampil, sebenarnya kita bisa mendapatkannya dengan belajar. Terus belajar dan menerima saran dari orang lain akan membuat kita terus berkembang.

5. Kemampuan berorganisasi

Agar tujuan dapat tercapai dan bermanfaat bersama-sama. Maka, kemampuan kita adalah harus bisa mengidentifikasi orang-orang yang terlibat untuk satu tujuan. Selanjutnya kita bisa menetapkan rencana bagaimana dan kapan dapat dilaksanakan.

Ciri orang sukses vs orang gagal 

Tentu sangat membanggakan menyandang predikat sebagai orang sukses. Sebab orang sukses atau berhasil kerap dijadikan role model atau sumber pengetahuan baru oleh banyak orang untuk bisa ditiru. 

Ada kebiasaan yang melekat pada orang sukses dan tidak dimiliki oleh orang yang dikategorikan tidak sukses yakni gagal. Apa saja perbedaan antara orang sukses dan orang gagal? Berikut rinciannya: 

Orang sukses 

Selalu memiliki banyak teman dan pergaulannya luas, sebab banyak orang yang ingin belajar darinya yang telah meraih sukses. Orang sukses tidak pernah berhenti pada satu pencapaian, ia cenderung haus untuk meraih lebih banyak pencapaian. 

Kesuksesan yang diraih pasti dilewati dengan jalan panjang penuh rintangan dan waktu yang tidak sebentar. Sehingga membentuk karakter yang kuat dalam diri mereka. Apa saja ciri-ciri orang sukses: 

  • Optimis
  • Kreatif
  • Tangguh 
  • Mampu mengontrol diri 
  • Mampu mengontrol emosi 
  • Dikenal supel dan memiliki banyak relasi 
  • Pekerja keras 
  • Krisis dianggap sebagai peluang   

Orang gagal 

Ciri yang mudah terlihat dari orang gagal adalah tidak dapat beradaptasi pada hal baru. Mereka kerap menolak perubahan dan mempertahankan strategi lama yang telah ketinggalan. Sering kali orang gagal mudah menyalahkan kondisi tanpa mau mengevaluasi diri. 

Orang gagal kerap dikelilingi dengan hal-hal yang negatif. Ini wajar terjadi sebab mereka kerap kali menjadikan kegagalan sebagai hal yang sial atau tidak beruntung. Bukan sebagai pelajaran hidup yang ke depan harus dihindari. 

Berikut ciri-ciri orang gagal: 

  • Tidak menyukai gagasan 
  • Melewatkan kesempatan untuk hidup lebih baik 
  • Kerap merongrong orang lain 
  • Tidak mau meminta maaf 
  • Memandang hidup sebagai kompetisi dan berkeinginan untuk hidup selalu menang
  • Bersikap dan berpikir negatif

Mereka yang sukses dan kutipan terkenalnya 

Ada banyak orang sukses saat ini baik yang telah dikenal di dalam negeri maupun telah mendunia. Ketika kita membicarakan tentang ‘orang-orang sukses’ maka pikiran kita mereka yang memiliki uang hingga miliaran, tokoh terkenal, pemimpin dunia, politikus dan usaha yang berada di banyak dunia. 

Berikut orang-orang yang telah dikenal sukses dan kutipan kesuksesan mereka yang bisa kita jadikan pelajaran. 

1. Warren Buffet  

Dijuluki sebagai investor kawakan, Warren Buffet malang melintang di dunia investasi. Ia bahkan memiliki berbagai jenis investasi di pelbagai sektor usaha. Kutipan kesuksesan Buffet dalam berinvestasi adalah “Jangan meletakkan telur dalam satu keranjang” yang artinya tidak mengandalkan satu investasi saja. 

Buffet mulai berinvestasi sejak berusia 11 tahun dan berbagai macam krisis ekonomi telah dirasakan. Sehingga ia piawai dalam menempatkan investasinya untuk meraih cuan. Oya, Buffet pernah bekerja di toko kelontongan lho semasa kecil. Itulah yang membuat ia tidak ragu berinvestasi di sektor retail. 

2. Barack Obama 

Sebelum menjadi Presiden Amerika Serikat (AS), Obama pernah bekerja di lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum. Selanjutnya, Obama pernah bekerja sebagai karyawan biasa di sebuah perusahaan, jaksa, penulis dan hingga akhirnya terjun ke dunia politik. 

Obama meniti karier politiknya dari anggota senat dan mencalonkan diri sebagai presiden AS ke-44. Kutipannya kesuksesan dari Obama yang terkenal adalah “Karena jika kita mau bekerja, berjuang dan percaya pada hal itu, maka saya sangat yakin, bahwa beberapa generasi saat ini, kita akan melihat balik dan menceritakan pada anak kita, bahwa inilah saatnya ketika kita mulai merawat orang yang sakit”. 

3. Jeff Bezos

Siapa yang tidak tahu Amazon? Amazon adalah salah satu platform belanja online terkenal di dunia. Amazon bahkan berhasil mengubah cara berbelanja masyarakat saat ini dari harus datang ke toko menjadi belanja di mana saja dan kapan saja. 

Bezos tidak dengan mudah meraih kesuksesan. Jatuh bangun karier Bezos di bisnis internet mulai dari kalang saing dengan pesaingnya hingga salah berinvestasi yang membuatnya rugi besar. Meski begitu, Bezos tahan banting dan mendulang kesuksesan berkat kerja kerasnya. Salah satu kutipan Bezos yang terkenal adalah “Jika kamu memikirkan jangka panjang, kamu dapat menghasilkan keputusan yang sangat baik yang tidak akan kamu sesali”. 

4. Nadiem Makarim 

Menteri Pendidikan Indonesia ini sebelumnya dikenal sebagai bos transportasi online yakni Gojek. Nadiem memulai kariernya sebagai karyawan biasa di perusahaan konsultan lalu memutuskan untuk menjadi pengusaha. Ia mendirikan platform fashion online yakni Zalora Indonesia. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Sejak itu ia rajin mendirikan start up seperti: Kartuku lalu Gojek. Hingga kemudian menjadi Menteri Pendidikan. Namanya makin dikenal setelah Gojek booming di Indonesia dengan usia relatif masih muda. Salah satu kutipan kesuksesan Nadiem yang dikenal adalah lingkungan menentukan kesuksesan. Begini kutipannya: “Dikelilingi banyak orang dengan cara pandang yang berbeda denganmu sangatlah bermanfaat”. 

5. William Tanuwijaya 

Siapa yang tidak tahu Tokopedia? Tokopedia adalah paltform belanja online populer di Indonesia yang didirikan oleh anak muda yang awalnya bekerja di warung internet. Usai lulus kuliah, ia bekerja di sejumlah perusahaan perangkat lunak hingga akhirnya ia mendirikan Tokopedia. 

Awalnya, Tokopedia dibangun tanpa modal awal dan William sempat keliling untuk mencari pemodal Tokopedia. Proposalnya berkali-kali ditolak meski akhirnya ia mendapat pemodal dan merekrut anak-anak muda untuk bergabung di Tokopedia. Salah satu kutipan kesukesannya yang terkenal adalah “Kesuksesan hanya dapat diraih dengan cara membuat orang lain sukses”. 

Arti sukses untuk diri sendiri

Setelah memahami definisi kesuksesan selanjutnya kita akan bertanya apakah kondisi kita saat ini sudah terbilang sukses? 

Apabila kamu belum dapat mengetahui apakah posisi mu sekarang ini dalam kondisi sukses, pertanyaan berikut ini bisa jadi panduan ukuran kamu telah mencapai kesuksesan belum. 

Coba dijawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini: 

  • Sudahkah kamu bisa mendiskripsikan diri mu sendiri? 
  • Apakah kamu bahagia dengan pencapaianmu saat ini? 
  • Sudah berkontribusi bagi banyak orang atau lingkungan? 
  • Memiliki semangat untuk berbuat sesuatu? 
  • Apabila sudah tidak ada di dunia ini, apa yang ingin orang kenang dari diri kita? 

Apabila kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut dan sudah sesuai dengan harapan kamu? Selamat berati kamu telah berjalan menuju arah sukses tapi jika belum tercapai, jangan khawatir dan segera susun rencana kamu kembali. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →