Kredit Mobil Baru Secara Resmi, Pahami Prosedurnya

prosedur dan syarat kredit mobil baru

Kredit mobil baru adalah sebuah layanan yang ditawarkan pihak bank atau lembaga pembiayaan kepada para debitur untuk mendapatkan unit mobil baru dengan cara mencicil. 

Dengan sistem kredit kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang yang besar untuk membelinya secara tunai. Sebagaimana, mengkredit berarti melunasi secara bertahap sehingga dengan kata lain kamu membayar mobil tersebut dengan cara diangsur setiap bulan.

Hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan diperhitungkan untuk mendapatkan kredit mobil baru. Yuk simak pembahasan berikut!

Kredit mobil baru apa yang bisa didapatkan?

Pasti kamu bertanya, jenis mobil baru apa aja sih yang bisa dibeli dengan sistem kredit? Jawabannya adalah semua jenis mobil yang dipasarkan di Indonesia. Bahkan mobil internasional atau mobil yang tidak termasuk dalam pasar Indonesia, beberapa di antaranya juga bisa dibeli dengan sistem kredit.

Beberapa merek mobil yang bisa dibeli dengan cara dicicil yakni Datsun, Honda, Nissan, Mitsubishi, Suzuki, Toyota, Mazda, Daihatsu, KIA dan masih banyak lagi lainnya.

Besaran uang muka (DP) untuk kredit mobil baru

Bank Indonesia sebagai sebuah bank sentral yang memiliki kewenangan untuk mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran di Indonesia. Dengan begitu Bank Indonesia memiliki sebuah kebijakan yang tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 17/10/PBI/2015 yang membahas mengenai rasio LTV (Loan to Value) kendaraan bermotor. 

Dalam kebijakan tersebut dijelaskan bahwa, DP yang harus dibayarkan oleh debitur ketika membeli mobil baru berkisar 20 persen hingga 25 persen. Kebijakan ini tergolong lebih ringan jika dibandingkan dengan kebijakan sebelumnya. 

Pada kebijakan yang sebelumnya, debitur diharuskan menyiapkan uang muka minimal 30 persen dari harga mobil yang akan dibeli.

Namun kamu juga perlu memahami, bahwa dana yang kamu bayarkan sebesar 20 persen hingga 25 persen ini hanya biaya untuk uang muka atau DP saja. Jadi belum termasuk biaya administrasi, asuransi, serta bunga kredit yang mana tentunya harus kamu siapkan secara terpisah sebagai biaya tambahan.

Syarat pengajuan kredit mobil baru

Tertarik membeli mobil baru dengan cara mencicil? Pastikan terlebih dahulu bahwa syarat pengajuan kredit mobil baru telah kamu penuhi. Syarat-syarat pengajuan untuk mendapat kredit mobil baru sebagai berikut.

1. Warga Negara Indonesia

Ternyata hanya Warga Negara Indonesia (WNI) sajalah yang diperbolehkan untuk melakukan pengajuan kredit mobil. Mungkin ini disebabkan karena jangka waktu kredit yang cukup lama yakni bisa sampai 5 tahun. Jadi tentu saja hal ini tidak berlaku bagi Warga Negara Asing yang hanya tinggal sementara di Indonesia. 

2. Batas usia

WNI yang diperbolehkan membeli mobil dengan sistem kredit adalah yang sudah berusia minimal 21 tahun. Dengan maksimal usia saat cicilan selesai yaitu 55 tahun.

3. Penghasilan

Demi mengambil langkah aman dalam tahap pembayaran, maka debitur diharuskan memiliki penghasilan tetap. Ini dimaksudkan agar tidak ada macet bayar saat angsuran berlangsung. 

Maka pekerjaan seperti freelance, kontributor atau pekerjaan sejenis tidak dapat mengajukan kredit mobil baru, karena penghasilan yang tidak tetap tiap bulannya.

Dokumen yang dibutuhkan

Setelah memenuhi semua syarat di atas, ada bermacam dokumen yang diperlukan untuk melakukan pengajuan kredit mobil. Ini dikarenakan pihak pembiayaan atau bank membutuhkan bukti otentik data dari calon debitur. 

Di bawah ini merupakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dan harus kamu siapkan, digolongkan berdasarkan jenis pekerjaan.

Dokumen

Jenis Pekerjaan
Karyawan Wirausaha

Profesional

Fotokopi KTP/KITAS

Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT)

X

X

Fotokopi Rekening Tabungan (3 bulan terakhir)

X

X

Fotokopi Surat Izin Profesi

X

X

NPWP

Fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP

X

X

Proses pengajuan kredit mobil baru

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan yaitu mengetahui proses pengajuan kredit mobil baru. Ini dilakukan agar pengajuan kredit mobil kamu semakin lancar tanpa kendala. Proses yang harus kamu lalui cukup singkat, di antaranya:

Pilih mobil sesuai kebutuhan

Bergaya boleh tapi harus sesuai dengan kebutuhan. Sama seperti mobil, membeli mobil juga tidak hanya berdasarkan gaya dan gengsi saja. Tapi kamu harus menyesuaikannya dengan kebutuhan, misalnya membeli mobil berdasarkan ukuran. Pilihlah mobil berukuran kecil jika kamu masih single atau sebaliknya pilih ukuran sedang atau besar jika sudah berkeluarga.

Pemilihan mobil bisa juga disesuaikan dengan budget atau faktor lainnya, intinya adalah sesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu bisa memilih mobil dengan langsung mendatangi showroom atau bisa sekedar mencarinya melalui internet.

Kunjungi dealer

Akan ada nilai plus jika kamu membeli mobil langsung dengan mengunjungi dealernya. Sebab kamu bisa berkonsultasi langsung dengan pihak dealer ketika memilih mobil. Agar mendapat mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu, ada baiknya lebih terbuka dengan pihak dealer mengenai anggaran keuangan dan jenis mobil yang ingin kamu beli.

Ajukan permohonan kredit

Proses pemilihan mobil sudah selesai dan kamu sudah menemukan mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Maka langkah selanjutnya, segera ajukan permohonan kredit pada pihak bank atau lembaga pembiayaan. Lengkapi semua dokumen yang dibutuhkan agar pihak bank dapat memproses permohonan kamu.

Setelah semua dokumen diserahkan, pihak bank akan melakukan pengecekan dan survei pada calon nasabah. Proses pengecekan data ini memerlukan waktu 3 sampai 5 hari kerja. Kamu akan dihubungi pihak bank untuk melakukan pembayaran uang muka jika pengajuan kamu disetujui.

Menunggu mobil dikirim

Pembayaran uang muka beserta dengan biaya administrasi lainnya sudah kamu lakukan. Maka saatnya pihak dealer mengirimkan mobil ke alamat kamu, pengiriman bisa memakan waktu 3-4 hari kerja. Untuk kelengkapan surat kendaraan biasanya akan dikirim setidaknya 2 minggu setelah mobil kamu terima.

Jenis suku bunga pada kredit mobil baru

Biasanya pihak bank sudah memberikan suku bunga pada masing-masing kendaraan yang dikreditkan. Jenis suku bunga yang diberikan bank, seringnya disesuaikan dengan jenis cicilan yang kamu ambil. 

Berikut tiga jenis suku bunga yang umumnya berlaku pada sistem kredit mobil baru.

  • Suku bunga fix
  • Suku bunga flat
  • Suku bunga floating

Suku bunga fix

Jenis suku bunga fix maksudnya kamu akan membayar cicilan dengan bunga bunga tetap dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Misalnya kamu membeli mobil dengan cicilan 5 tahun, maka kamu akan mendapat suku bunga tetap selama 2 tahun. Sedangkan pada tahun ketiga dan seterusnya suku bunga yang kamu bayarkan cenderung beralih ke jenis floating.

Suku bunga flat

Sesuai dengan namanya, suku bunga jenis ini akan kamu bayarkan dari awal hingga akhir cicilan dengan besaran yang sama. Maka dikatakan suku bunga flat, namun karena biayanya tetap biasanya suku bunga flat biayanya lebih tinggi dibandingkan dengan suku bunga fix.

Suku bunga floating

Bagi debitur yang mengambil tenor panjang, seringnya pihak bank menerapkan sistem floating pada suku bunganya. Floating di sini berarti besaran bunga disesuaikan dengan fluktuasi pasar.

Simulasi kredit mobil baru

Sebelum kredit mobil, kamu pasti mau tau kan gimana cara menghitung cicilan tiap bulan yang harus kamu bayarkan. Berikut ini merupakan simulasi cara menghitung kredit mobil baru.

Sebagai contoh, Maya ingin membeli mobil seharga Rp200 juta melalui sistem kredit. Kemudian dia mengambil tenor pelunasan hanya dua tahun saja. 

Ketika mengajukan kredit mobil kepada bank, Maya diminta membayar beberapa biaya berikut.

  • Uang muka sebesar 25 persen.
  • Bunga 6 persen per tahun. 
  • Biaya administrasi sebesar Rp500.000.
  • Biaya provisi 0,5 persen dari plafon yang diberikan bank. 
  • Asuransi kendaraan sebesar 5 persen dari harga mobil.
  • Polis asuransi sebesar Rp50.000. 

Sekarang waktunya menghitung berapa besar cicilan Maya per bulannya.

Rincian biaya yang harus dibayar

Harga mobil Rp200.000.000
Uang muka (25%) Rp50.000.000
Tenor pelunasan kredit 24 bulan
Bunga (Flat 6% per tahun) 0,5% per bulan
Plafon pinjaman (-uang muka) Rp200.000.000 (-Rp50.000.000)
Asuransi mobil Rp10.000.000
Biaya polis asuransi Rp50.000
Biaya provisi Rp750.000
Biaya administrasi Rp500.000

Cicilan per bulan yang harus dibayar

  • Rp 150.000.000 / 24 (bulan) = Rp6.250.000.
  • Rp 150.000.000 x 0,5% (bunga/bulan) = Rp750.000.

Jumlah cicilan per bulan adalah Rp6.250.000 + Rp750.000 = Rp7.000.000.

Total pembayaran pertama yang harus dibayar

Uang muka + cicilan pertama + asuransi + provisi + polis asuransi + administrasi

Jadi total pembayaran pertama adalah Rp 68.300.000.

Cari tahu berapa cicilan bulananmu dengan kalkulator bunga flat Lifepal

Sebagaimana pembayaran cicilan kredit mobil menggunakan bunga flat, maka jumlah yang kamu harus bayar tiap bulan pun sama. Keuntungannya dengan begitu, kamu bisa menyusun anggaran pengeluaran bulanan dengan lebih mudah, bukan?

Yuk, kita coba hitung dengan kalkulator bunga flat dari Lifepal berikut.

Nah, tentu hasil di atas adalah kisaran saja. Sebaiknya kamu tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak bank atau leasing kredit mobil baru supaya kamu bisa mendapatkan total biaya yang tepat.

Cara bayar angsuran kredit mobil baru

Debitur telah diberi kemudahan dalam sistem pembayaran oleh pihak bank atau lembaga pembiayaan. Kemudahan yang diberikan yaitu kamu bisa membayar dengan bermacam metode yang ada. Seperti transfer antar bank melalui ATM, setor langsung di bank melalui teller, memanfaatkan mobile/internet banking.

Kemudian pembayaran melalui Kantor Pos Indonesia, Alfamart, Lawson dan Indomaret juga bisa. Jadi kamu gak perlu bingung lagi atau terkendala ketika ingin melakukan pembayaran angsuran kredit mobi.

Keuntungan kredit mobil baru

Setelah mengetahui semua hal yang harus diperhatikan ketika memutuskan membeli mobil secara kredit. Tentu kamu sudah tahu apa saja keuntungan yang kamu dapat jika memilih kredit mobil baru. Untuk lebih jelasnya Lifepal akan meringkas keuntungan dari kredit mobil baru, seperti berikut ini.

  • Suku bunga yang diberikan kompetitif.
  • Kamu bisa membawa pulang mobil dengan proses yang cepat dan mudah pastinya.
  • Jangka waktu pelunasan mobil diberikan hingga 5 tahun.
  • Pembayaran mudah dan ringan
  • Mobil sudah bisa digunakan meski dalam masa angsuran berlangsung.
  • Jika kamu membeli mobil baru, kamu akan secara otomatis mendapat jaminan asuransi.
  • Bisa memilih cicilan yang sesuai dengan kondisi keuangan kamu.

Lindungi mobilmu dengan manfaat asuransi kendaraan 

Manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi mobil nyatanya vital bagi keamanan kondisi finansialmu. Hal ini untuk mengantisipasi pengeluaran yang berlebihan untuk melakukan perbaikan jika mobilmu mengalami kerusakan akibat tertabrak atau mengalami benturan di tengah kecelakaan lalu lintas.

Biaya yang seharusnya kamu keluarkan untuk melakukan perbaikan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Kamu cuma perlu mengeluarkan biaya premi asuransi yang tidak mahal dan melunasi biaya own risk per kasus klaim yang tidak seberapa untuk mencegahmu mengeluarkan biaya jutaan di bengkel.

Jenis asuransi mobil baru

Supaya kamu bisa mendapatkan produk perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan, sebaiknya terlebih dahulu kamu pahami apa saja jenis asuransi mobil yang ada

Sebagai pilihan, kamu bisa menggunakan asuransi mobil jenis All Risk atau TLO (Total Loss Only). Berikut penjelasan dari kedua jenis asuransi kendaraan tersebut.

1. Asuransi mobil all risk

Memilih jenis asuransi all risk, segala jenis kerusakan baik kecil maupun besar yang terjadi pada mobil kamu dapat diklaim oleh pihak asuransi. Selain kerusakan, kehilangan juga dapat diklaim oleh asuransi jenis ini. Karena hal tersebut asuransi All Risk biaya premi lebih mahal dibanding dengan asuransi TLO.

2. Asuransi mobil TLO (Total Loss Only)

Berbeda dengan jenis asuransi All Risk yang dapat menanggung segala jenis risiko kerusakan dan kehilangan mobil. 

Pada jenis asuransi Total Loss Only, pihak asuransi hanya bisa mengklaim jika kerusakan mencapai 75 persen atau jika kehilangan dan pencurian. Jadi jika kerusakan kendaraan kamu di bawah 75 persen, maka pihak asuransi tidak dapat memberikan ganti rugi. 

Keunggulannya, premi yang dibayarkan jauh lebih murah dibandingkan asuransi All Risk.

Untuk penjelasan lebih lanjut, kamu bisa hubungi Lifepal untuk membantu memilih asuransi kendaraan sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Itulah beberapa hal yang harus kamu pahami dan perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli mobil secara kredit.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →