Kuis Profil Resiko Investasi – Kenali Profil Risiko Anda

Berniat memulai investasi tetapi bingung untuk mulai darimana? Mengetahui profil resiko investasi mu adalah salah satu langkah paling awal yang harus kamu lakukan saat memulai berinvestasi.

Lifepal sudah menyediakan kuis singkat yang dapat kamu isi untuk membantu kamu untuk mengetahui profil investasi yang sesuai dengan kepribadian dan tujuan investasi kamu.

Dengan mengetahui profil resiko, kamu akan dapat lebih mudah menentukan produk-produk investasi yang cocok untuk kamu jalani.

Kuis ini juga berguna jika kamu berencana untuk membeli asuransi unit-link, jadi kamu paham “tipe” dan “porsi” investasi mana yang cocok untuk kamu.

Kenali 3 Tipe Profil Resiko Investasi

Tipe Konservatif

Memiliki kecenderungan untuk menghindari resiko tinggi, dan akan cenderung menyukai produk investasi yang aman dengan resiko rendah, meskipun keuntungan yang didapatkan mungkin tidak terlalu tinggi atau cepat.

Contoh produk yang tepat untuk orang dengan profil ini adalah:

Tipe Moderat

Tipe yang mencari keseimbangan antara keuntungan tinggi dan keamanan portofolio.

Mereka adalah orang yang berani mengambil resiko, namun masih sering memikirkan dampak kerugian, sehingga tidak akan mengambil resiko terlalu tinggi meski demi mendapatkan keuntungan yang besar atau cepat.

Contoh produk yang tepat untuk orang dengan profil ini adalah:

Tipe Agresif

Tipe yang mencari keuntungan setinggi-tingginya meski dengan kemungkinan kerugian besar – tipe orang yang berani mengambil resiko tinggi.

Contoh produk yang tepat untuk orang dengan profil ini adalah:

Asuransi Unit Link berdasarkan Profil Resiko Investasi

Unit link adalah produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat investasi, dua manfaat dalam satu produk.

Sebagian premi nasabah masuk ke pos investasi yang dikelola oleh unit link. Sementara itu, sisanya untuk manfaat proteksi atau asuransi.

Berikut adalah jenis unit link berdasarkan penempatan dana nasabah dalam instrumen investasi:

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Cash Fund Unit Link (Unit Link Pasar Uang)

Produk ini cocok untuk orang dengan profile resiko investasi konservatif. Soalnya, unit link pasar uang bakal menaruh semua alokasi investasi dari premi kita di instrumen pasar uang, misalnya deposito berjangka, Sertifikat Bank Indonesia (SBI) atau surat utang dengan tenor kurang dari satu tahun.

Fixed Income Unit Link (Unit Link Pendapatan Tetap)

Produk ini menawarkan risiko sedang atau moderate. Jadi, minimal 80 persen investasi ditaruh di instrumen obligasi atau surat utang dan sisanya pasar uang. Jadi, kita bisa mendapatkan keuntungan dengan bunga optimal, tapi tetap menghasilkan pendapatan stabil.

Managed Unit Link (Unit Link Pendapatan Campuran)

Juga cocok untuk profile resiko moderate, dana investasi pada managed unit link ditempatkan pada berbagai macam instrumen, yaitu saham, obligasi, pasar uang dengan perbandingan yang tidak tergolong pada kategori lain. Jenis ini cocok untuk yang mencari pendapatan tetap dengan hasil investasi jangka panjang.

Equity Unit Link (Unit Link Dana Saham)

Produk ini cocok untuk profile resiko aggressive. 80 persen uang kita bakal ditaruh di instrumen saham. Nah, produk ini risikonya sangat tinggi karena bergantung pada pergerakan saham yang tidak stabil. Makanya, unit link dana saham cocok untuk orang yang berani mengambil risiko tinggi.

Itu dia ulasan singkat mengenai profil resiko investasi dan produk-produk yang sesuai dengan tipe nya. Jangan takut untuk memulai!

Punya pertanyaan seputar investasi yang ingin kamu tanyakan ke investor berpengalaman? Tanyakan langsung ke pakarnya di Tanya Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →