10 Prospek Kerja Lulusan SMA yang Menawarkan Gaji Tinggi

promosi jabatan dan karier lulusan sma

Lulus SMA lebih pilih langsung cari pekerjaan dibanding melanjutkan pendidikan? Meski hal ini sering dipandang sebelah mata, tapi sah-sah aja kok. Faktanya banyak faktor yang bikin para lulusan SMA menunda kuliah atau bahkan gak berminat kuliah sama sekali. Salah satunya soal biaya.

Emang sih pendidikan bisa membuka banyak peluang kesuksesan di masa depan. Tapi, bukan berarti kamu yang gak kuliah gak bisa mengubah nasib jadi lebih baik.

Daftar 10 Prospek Kerja Lulusan SMA dengan Gaji Tinggi

Banyak kok pekerjaan buat lulusan SMA yang tetap bergengsi dan memberi gaji tinggi. Contohnya aja 10 pekerjaan di bawah ini.

  1. Pramugari
  2. Asisten Pilot
  3. Polisi
  4. Content Writer
  5. Sales Marketing
  6. Customer Service
  7. Petugas kabel listrik
  8. Asisten dokter gigi
  9. Guru bimbel
  10. Penguasaha

Untuk lebih jelasnya bisa melihat ulasan singkatnya pada bagian berikut.

1.  Lulusan SMA bisa jadi Pramugari

Bekerja sebagai pramugari tentu aja punyakebanggan tersendiri. Pekerjaan ini bisa bikin kamu jalan-jalan gratis.

Penghasilannya juga gak usah ditanya, bisa lebih besar dari lulusan sarjana atau malah S2. Gaji pramugari junior mulai dari Rp 5 juta, itu belum termasuk berbagai tunjangan.

Fasilitas yang didapatkan saat bekerja juga lumayan banget, misalnya minimal penginapan yang diberikan adalah hotel bintang empat.

Saat ini emang udah banyak sekolah-sekolah khusus pramugari, tapi lowongan kerjanya terbuka buat siapa aja, termasuk lulusan SMA, SMK atau MA.

2. Asisten Pilot

Beberapa maskapai penerbangan di Indonesia membuka lowongan buat asisten pilot atau bahkan pilot. Setelah lulus seleksi, kamu bakal diberikan pelatihan dan pendidikan khusus selama beberapa waktu.

Umumnya lama pendidikan buat pekerjaan yang satu ini sekitar 112-150 hari, tergantung jenis pesawat yang bakal diterbangkan.

3. Polisi

Buat jadi polisi, kamu bisa masuk akademi kepolisian. Tapi, kalau gak berminat mengikuti pendidikan lanjutan tersebut, kamu bisa kok langsung mengikuti seleksinya.

Persyaratan pendidikan jadi polisi salah satunya adalah lulusan SMA dari berbagai jurusan.

4. Content Writer

Zaman sekarang, penulis konten terutama konten digital lagi banyak dicari, lho. Biasanya gak ada standar pendidikan khusus buat pekerjaan ini. Asal kemampuan menulis mumpuni, kamu pasti diterima.

Enaknya, profesi ini dapat dilakukan secara full  time maupun sebagai pekerjaan sampingan.

Buat meningkatkan skill dan menambah portofolio, rajin-rajinlah menulis di blog pribadi atau media online berbasis UGC (User Generated Content).

5. Sales marketing

Suka ketemu orang baru dan punya skill komunikasi yang cakep? Jadi sales marketing aja. Jangan salah lho, jika performa bagus dan target tercapai, komisi yang kamu dapatkan bisa tinggi banget.

Beberapa perusahaan, terutama perusahaan perbankan, menawarkan berbagai reward buat sales yang kompeten, dari mulai uang hingga tiket jalan-jalan.

Bonusnya lagi, jadi sales bikin kamu punya jaringan yang luas. Hal ini penting buat perkembangan kariermu ke depannya.

6. Customer Service

Beberapa perusahaan menerima lulusan SMA sebagai customer service. Gaji yang didapatkan rata-rata pada batas UMP atau bahkan lebih. Umumnya pekerjaan customer service meliputi penanganan keluhan, serta menjelaskan dan menjalankan prosedur yang berkaitan dengan klien atau pelanggan.

Meski tampak sederhana, profesi ini membutuhkan pengetahuan yang mendalam mengenai produk atau layanan perusahaan serta kemampuan melayani yang baik.

7. Petugas  kabel listrik

Pekerjaan ini pas banget buat kamu lulusan SMK jurusan listrik. Tapi, jika pun bukan, gak perlu khawatir karena kamu bakal diberikan pelatihan kerja sebelum terjun di lapangan.

Pekerjaan yang satu ini menawarkan gaji pada kisaran Rp 5 jutaan per bulan.  Lumayan, kan?

8. Asisten Dokter Gigi

Bukan lulusan kedokteran tapi pengin kerja di rumah sakit? Nih, profesi yang cocok buatmu.

Umumnya syarat pendidikan yang diperlukan adalah minimal SMA sederajat atau diploma keperawatan gigi. Kamu bakal mendapatkan pelatihan sebelum mulai bekerja.

Gaji rata-rata asisten dokter mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 5 juta per bulan.

9. Guru bimbel

Punya prestasi cemerlang saat sekolah? Jangan biarkan ilmu yang kamu punya menguap gitu aja.

Pekerjaan yang cocok buat kamu adalah guru bimbel atau guru les. Kamu bisa mendaftar di bimbingan belajar atau menawarkan jasa secara pribadi.

10. Pengusaha

Gak ada batasan pendidikan buat jadi pengusaha. Mumpung masih muda, kamu punya kesempatan buat bereksplorasi sebanyak-banyaknya. Meski gitu, jangan asal buka bisnis. Jika perlu konsultasilah terlebih dulu pada para pengusaha di sekitarmu yang udah cukup berhasil.

Itulah sejumlah pekerjaan yang bisa para lulusan SMA coba. Sekali lagi, kamu gak perlu kecil hati gak bisa atau belum menempuh jenjang yang lebih tinggi. Sebab dengan kegigihan dan kerja keras, kamu bahkan bisa punya penghasilan jauh di atas sarjana.

Tips Meningkatkan Kemampuan Diri bagi Lulusan SMA

Sekalipun kamu belum memiliki kesempatan untuk menikmati bangku perkuliahan, itu bukan berarti hidup dan kariermu akan berakhir di situ saja. Sebelum memutuskan karier yang akan jalani dan tekuni, kamu patut mempertimbangkan beberapa pemikiran demi perkembangan kariermu ke depan. Berikut ini adalah beberapa tis dan cara meningkatkan kemampuan diri serta jenjang karier.

Karier ditentukan oleh skill dan cara  memanfaatkannya

Banyak orang beranggapan bahwa karier yang cemerlang saat kamu berada di posisi atau level tertentu di perusahaan atau seberapa besar perusahaan tempat kita bekerja. Atau, bahkan seberapa besar gaji yang didapatkan.

Hingga, mindset yang terbentuk adalah peningkatan karier akan berbanding lurus dengan promosi jabatan dan kenaikan gaji yang lebih tinggi.  Demi mendapatkan gaji yang lebih tinggi, biasanya kebanyakan karyawan hanya fokus pada kenaikan atau promosi jabatan. Padahal, mereka lupa bahwa hal utama yang harus diperhatikan adalah skill. Saat kamu sudah memiliki skill yang mumpuni, tentu saja promosi jabatan dan kenaikan gaji akan mengikuti setelahnya.

Tapi, melihat kenyataan yang ada di lapangan, gak jarang ditemukan bahwa orang yang minim skill malah mendapatkan promosi jabatan, sedangkan kita yang memiliki skill masih aja jadi bawahan mereka. Tenang, redam perasaan amarahmu itu. Malah, kamu nggak sepatutnya marah, lho. Sebab di sinilah kamu membuktikan bahwa skill memang dibutuhkan.

Kamu jadi gak perlu khawatir lagi untuk melamar di tempat lain karena merasa tidak nyaman bekerja di kantor yang sekarang. Jika kamu memiliki skill, kamu bisa pergi kemanapun, sejauh apapun, dan beradaptasi di manapun. Bahkan, mungkin dengan skill yang kamu miliki kamu gak perlu lagi kerja di perusahaan orang.

Ingat, perusahaan bisa sewaktu-waktu bangkrut dan kamu dipecat. Kalau kamu memiliki skill, tentu ada banyak solusi untuk menghasilkan uang dari skillmu, bukan.

Fokus pada skill, percaya diri dan menjadi ahlinya

Tidak ada orang yang tidak memiliki passion dan bakat. Passion merupakan suatu hal yang kamu cintai sedangkan bakat adalah gen yang kamu bawa sejak lahir yang bisa membuat kamu menjadi lebih cepat ahli dalam bidang tertentu dibandingkan orang lain.

Dua hal tersebut harus kamu perhatikan dan kembangkan, jangan disia-siakan, guys. Selagi masih muda, kembangkanlah, kalau tidak passion dan bakatmu bisa mati muda. Passion dan bakat akan menjadi berguna jika kamu mengasahnya. Beda cerita jika kamu tidak mengasahnya.

Bagaimana jika ternyata passion dan bakatmu sudah mati muda alias hilang begitu saja sebelum kamu menyadarinya? Gak masalah jika kamu terlambat mengetahuinya, kamu tetap bisa mengasahnya karena kamu memiliki tujuan tertentu. Penting diingat bahwa selain passion dan bakat kamu juga membutuhkan tujuan untuk menghasilkan yang terbaik untuk kariermu.

Kamu akan memiliki tujuan dan mempercayainya bahwa kamu masa depan kamu memang di bidang itu. Kamu akan lebih fokus untuk mengembangkan passion dan bakatmu. So, hilangkan deh kata, “Sudah Terlambat” dalam kamusmu.

Jangan mensia-siakan waktu

Gak harus menunggu hingga lulus sekolah, mendapatkan gelar sarjana, promosi jabatan atau pensiun dulu untuk memulai suatu gebrakan terbaru dalam kariermu. Ingatlah bahwa Bill gates memulai bisnis pertamanya di umur 17 tahun dan Mark Zuckerberg membuat CourseMatch dan Facemash saat masih di harvard lalu menciptakan Facebook saat usianya masih 19 tahun.

Memulai karier itu gak harus menunggu waktu yang tepat atau di usia yang matang. Dan, kesuksesan hadir tentunya dibarengi dengan usaha yang besar. Jika diawali dengan niat dan usaha yang baik maka hasilnya pun akan baik pula. Jadi, tidak usah deh menunggu waktu, menunggu lulus sekolah dan lulus sarjana, menunggu promosi jabatan, apalagi menunggu kaya raya. Lakukanlah sekarang dan raih penghargaan sehebat apapun yang bisa kamu capai sekarang.

Belajar mengatur keuangan sejak dini

Baik masih sekolah, kuliah, maupun sudah kerja, kemampuan yang satu ini akan sangat dibutuhkan saat kamu dewasa nanti. Pastinya kamu mau sesegera mungkin bisa merdeka secara finansial dan tidak membebani orangtua lagi, bukan? Jika ya, belajar lah untuk merencanakan keuangan sejak dini. Beberapa elemen penting dalam merencakan keuangan diantaranya adalah menabung/berhemat, menambah penghasilan dari pekerjaan sampingan, berbisnis, berinvestasi, dan memiliki asuransi.

Mengapa memiliki asuransi menjadi salah satu elemen penting dalam mengatur keuangan? Karena kita semua terpapar banyak resiko keuangan yang datang dari kehidupan kita sehari-hari. Jika tiba-tiba jatuh sakit, siapa yang akan bayar biaya pengobatan jika tidak punya asuransi kesehatan? Jika motor atau mobil kita rusak dan tidak bisa dipakai, kita sendiri juga yang rugi dan akan keluar uang untuk perbaikan jika tidak punya asuransi kendaraan. Dengan asuransi, resik0-resiko tersebut menjadi lebih ringan dan kekhawatiran kita berkurang karena kita tidak perlu repot lagi memikirkan cara membayar tunggakan rumah sakit atau reparasi kendaraan.

Sedangkan untuk menabung dan berhemat, banyak cara untuk menabung dan berhemat meski dengan penghasilan yang kecil. Coba deh, baca artikel ini kalau penasaran.

Itulah 10 prospek kerja lulusan SMA dengan gaji relatif tinggi dan tips untuk meningkatkan kemampuan diri serta jenjang karier. Dengan tekun dan bekerja keras, pasti kamu bisa meraih kesuksesan kedepannya, selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →