8 Kerja Part Time untuk Mahasiswa dengan Gaji Jutaan

kerja part time untuk mahasiswa

Susahnya mahasiswa itu ketika uang dari orang tua udah menipis. Kalau udah begini, kerja part time jadi andalan untuk menanggung biaya kebutuhan sehari-hari.

Terus-terusan kekurangan uang memang gak enak rasanya. Gak bagus juga buat kesehatan dan kecerdasan kalau dari semester satu sampai semester skripsi nanti harus makan mi instan melulu. Ih, seram!

Nah untuk mencegahnya sampai terjadi, Lifepal mau kasih kamu ide kerja part time atau paruh waktu khusus buat mahasiswa yang gajinya bisa kamu pakai untuk ongkos ke kampus, uang makan siang, dan bahkan untuk bayar uang muka kredit motor.

Penghasilan kamu juga bisa digunakan untuk bayar premi asuransi kesehatan. Jadi jangan terlalu larut dengan pekerjaan, tapi lupa merencanakan biaya berobat andai kamu harus dirawat di rumah sakit.

Pilihan kerja part time untuk kamu yang masih jadi mahasiswa

Langsung aja kita cek bareng-bareng yuk, 8 ide kerja part time yang cocok untuk mahasiswa.

1. Kerja part time sebagai web developer

Pekerjaan yang satu ini memang lagi booming nih. Pasalnya, perkembangan website lagi pesat banget di era yang serba online sekarang ini.

Untuk mahasiswa seperti kamu yang kebetulan ambil jurusan ilmu komputer, bisa nih ambil kerja part time sebagai web developer.

Biasanya banyak perusahaan apalagi startup yang menawarkan lowongan kerja part time untuk posisi ini.

Soal gaji, rata-rata perusahaan, terutama startup, bisa memberi penawaran gaji hingga Rp3 juta. Bahkan, ada yang lebih tinggi lagi seandainya kamu lagi liburan panjang semester.

Untuk dapat informasi kerja paruh waktu atau part time untuk mahasiswa sebagai web developer, kamu bisa dapatkan secara online ataupun langsung bertanya ke perusahaan bersangkutan.

2. Jadi barista di coffee shop

Coffee shop lagi menjamur banget belakangan ini dan kayaknya gak bakal ada matinya. Khususnya di perkotaan, keberadaanya didukung masyarakatnya yang menjadikan minum kopi jadi bagian dari lifestyle masyarakat.

Nama-nama coffee shop seperti Starbucks, Maxx Coffee, atau Tanamera tentunya udah familier banget di telinga kamu. Dan mereka buka cabang di beberapa wilayah, khususnya di Jakarta.

Pastinya coffee shopcoffee shop tersebut butuh barista untuk isi warung cabang mereka. Memangnya bisa ya kalau gak punya skill membuat kopi? Bisa kok.

Umumnya coffee shop menyediakan sesi training supaya calon pekerjanya bisa mengolah kopi sekaligus mengajari bagaimana cara melayani pelanggan dengan ramah.

Jadi memang kamu diuntungkan banget di sini. Uang dapat, ilmu pun bertambah pesat. Siapa tahu ke depannya kamu bisa bangun coffee shop kecil-kecilan sendiri.

Berminat mau jadi barista? Cari aja infonya di Google atau kamu bisa langsung mengunjungi website starbucks.co.id atau maxx-coffee.com.

Kamu juga bisa cek di map.co.id/careers/ untuk mencari lowongan kerja part time atau paruh waktu untuk mahasiswa di beberapa toko terkemuka di Indonesia.

3. Mengajar sebagai tutor

Sebagai mahasiswa, soal ilmu tentu udah gak perlu ditanya lagi. Dibanding dengan anak SMA, SMP, bahkan SD, sudah pasti pengetahuan dan wawasan yang kamu punya di atas mereka.

Sayang banget kalau kamu gak memanfaatkan kelebihan kamu ini untuk jadi peluang dapat uang. Dengan begitu, kamu bisa menyalurkan ilmu sekaligus dibayar dengan jadi tutor.

Terus supaya jadi tutor yang kerja part time syarat apa aja? Untuk mereka yang indeks prestasi atau IP-nya 3.++, selamat ya. Sebab kamu punya peluang lebih besar untuk jadi tutor.

Selain syarat yang satu itu, kamu setidaknya merupakan mahasiswa tingkat akhir. Terus minimal menguasai mata pelajaran diujikan dalam ujian nasional atau seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Soal jam kerja, tiap-tiap lembaga edukasi atau bimbingan belajar punya ketentuan masing-masing. Semisal Quipper.com, jam kerja tutornya dari pukul 16.00-21.00 per hari untuk tiga hari kerja selama seminggu.

Mengenai gaji, lembaga-lembaga edukasi tersebut berani kasih bayaran hingga Rp3 juta per bulan lho.

Jadi untuk kamu yang berstatus mahasiswa dan mau kerja part time sebagai tenaga tutor?

Cari aja infonya di website lowongan kerja, seperti guruonline.id, studentjob.co.id, atau id.jooble.org yang biasa menawarkan kerja sebagai tenaga pengajar online.

4. Jadi agen asuransi berpenghasilan jutaan

Kebutuhan asuransi sepertinya masih belum menjadi kebutuhan pokok orang Indonesia pada umumnya, padahal perlindungan finansial ini sangat membantu untuk menanggung pengeluaran dadakan yang terlalu mahal buat kocek pribadi.

Maka dari itu, kamu yang berstatus mahasiswa bisa memanfaatkan peluang untuk memasarkan produk ini dengan kerja part time sebagai agen asuransi.

Lifepal menawarkan solusi bergabung sebagai Mitra Lifepal. Di sini kamu akan dibimbing soal tips menjual produk asuransi secara profesional. Jaringan yang ada pun sudah luas.

Gak tanggung-tanggung nih, semakin mahir kamu memperdalam profesi ini, kamu bisa dapat Rp30 juta sebulan!

Pastinya tertarik banget, ‘kan? Yuk cari tahu cara bergabung dengan Mitra Lifepal.

Kalau kamu butuh informasi mengenai tips-tips mengelola keuangan atau rekomendasi produk asuransi yang sesuai kebutuhanmu, konsultasikan saja di Tanya Lifepal.

5. Jadi creative writer dan social media admin

Media sosial sekarang ini udah kayak kebutuhan. Memang ada dari kamu yang notabene generasi milenial yang tech savvy bisa lepas dari gadget untuk lihat-lihat media sosial sehari aja? Susah banget kan?

Kerja part time jadi creative writer dan social media admin cocok banget nih untuk kalian yang punya passion di social media.

Gak kayak pekerjaan web developer yang mesti punya skill coding dan semacamnya, kerja part time atau paruh waktu untuk mahasiswa sebagai creative writer dan social media admin bisa dilakukan asal kamu berwawasan luas dan berpikiran out of the box.

Terlebih untuk mereka yang hobi menulis, pas banget ambil ini sebagai kerja part time.

6. Kerja paruh waktu sebagai content writer SEO

Sedikit berbeda dengan copywriter, penulis content writer SEO lebih fokus pada sisi penulisan artikel berbasis kepada tren pencarian jawaban melalui telusuran Google atau platform yang sejenisnya, seperti Bing atau Yahoo.

Nah kisaran upah yang bisa didapatkan cukup menggiurkan, yaitu antara Rp50 ribu hingga Rp150 ribu per artikel. Tapi ada juga yang menawarkan satu harga untuk artikel borongan dan gaji tetap melalui kontrak bulanan.

Kerja part time atau paruh waktu sebagai content writer SEO ini sepertinya sangat pas untuk mahasiswa seperti kamu yang doyan menulis. Apalagi, kamu bisa melakukannya dengan laptop pribadi di kampus, di rumah, atau di kafe.

7. Kerja part time di event sebagai SPG atau SPB

Setiap kamu menghadiri eventevent pasti udah gak asing lagi dengan yang namanya mbak-mbak SPG dan mas-mas SPB. Setiap tahun ada aja lowongan kerja untuk posisi ini.

Nyatanya menjadi SPG dan SPB bisa dijadikan kerja part time yang pas untuk kamu yang masih jadi mahasiswa. Syaratnya tidak terlalu sulit dan biasanya beda-beda, tergantung pada event-nya.

Misalnya aja event pameran mobil macam IIMS. Wajah SPG yang mesti cantik kayaknya udah syarat mutlak. Beda lagi event pameran elektronik atau rumah, sepertinya gak menuntut mesti cantik sebagai SPG-nya.

Enaknya jadi SPG atau SPB itu selain dibayar juga dapat kenalan alias memperluas koneksi. Lumayan kan bisa jadi rekan bisnis atau jadi sumber info lowongan kerja.

Bersyukurlah untuk mahasiswa seperti kamu yang berpenampilan menarik, peluangmu lebih besar dapat kerja part time sebagai SPG atau SPB.

Tapi untuk kamu yang berpenampilan biasa aja, gak perlu berkecil hati. Tonjolkan kemampuanmu berkomunikasi dan memasarkan produk supaya bisa dapat kerja part time di posisi ini juga.

Bicara soal gaji, bayaran kerja part time sebagai SPG atau SPB cukup besar. Bahkan, sehari bisa dibayar sampai Rp1 juta. Coba bayangin deh kalau kerjanya lima hari. Kamu udah bisa kantongin Rp5 juta.

Ini sih sampai tiga bulan ke depan gak ada lagi namanya makan mi instan.

8. Ambil job translator komik online

Dulu kalau baca komik biasanya mesti beli dulu, sekarang lewat gadget kamu bisa baca secara online. Namun, baca online pun pembacanya terbagi-bagi.

Ada yang suka baca komik online versi bahasa Indonesia, ada yang suka versi bahasa Inggris. Malah ada yang bacanya versi bahasa Jepang.

Karena pembaca versi bahasa Indonesia lebih banyak, kebutuhan translator komik online pun ikut bertambah. Untuk kamu yang punya kemampuan bahasa asing yang mumpuni minimal bahasa Inggris, pas banget nih ambil job translator komik online.

Kamu bisa segera daftarkan diri di website-website yang nyediain komik online. Biasanya mereka pasang info job translator untuk yang mau kerja part time di website mereka.

Nah, udah tahu kan sekarang kerja part time apa aja yang bisa kamu lakukan walaupun masih jadi mahasiswa?

Investasikan penghasilanmu agar bertambah terus

Jangan lupa sisihkan sebagian penghasilanmu nanti untukk diinvestasikan ya. Dengan berinvestasi berarti kamu telah menjamin sebagian uangmu untuk dikembangkan untuk mendapatkan keuntungan tetap.

Lalu apa instrumen investasi yang cocok dengan minatmu? Cek di sini yuk.

Sekadar saran aja nih. Pilih pekerjaan yang sesuai dengan waktu luangmu ya. Sayang banget kalau sampai pilih pekerjaan yang singkat, tapi liburanmu masih lama, bukan?

FAQ seputar kerja part time yang cocok untuk mahasiswa

Apa kerja part time yang cocok untuk mahasiswa?

Ada 8 pilihan kerja part time yang cocok untuk mahasiswa, yaitu:

  1. Kerja part time sebagai web developer
  2. Jadi barista di coffee shop
  3. Mengajar sebagai tutor
  4. Jadi agen asuransi berpenghasilan jutaan
  5. Jadi creative writer dan social media admin
  6. Kerja paruh waktu sebagai content writer SEO
  7. Kerja part time di event sebagai SPG atau SPB
  8. Ambil job translator komik online

Berapa upah menjadi content writer SEO?

Penulis content writer SEO pada umumnya diupah per artikel atau dibayar untuk satu proyek dengan target beberapa artikel.

Rata-rata untuk satu artikel, upah yang diterima adalah Rp50 ribu hingga Rp150 ribu.

Apakah upah kerja part time untuk mahasiswa dikenai pajak penghasilan?

Salah satu syarat pengenaan pajak penghasilan adalah total pendapatan setahun hingga Rp50 juta akan dikenai pajak 5%. Lebih dari itu maka pengenaan pajak pun berbeda lagi.

Kamu juga wajib melakukan pelaporan pajak melalui SPT Tahunan, terlepas dari kamu sendiri tergolong wajib pajak atau bukan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →