Mau Punya Badan Ideal, Lebih Hemat Beli Alat Fitness Sendiri atau Ikut Membership ya?

beli alat fitness

Punya bentuk badan ideal serta stamina yang baik tentu jadi impian semua orang. Kamu juga mau kan pastinya?

Tapi dua hal itu cuma bisa kamu dapatkan kalau kamu rajin olahraga atau lebih tepatnya adalah fitness. Sudah tahu pastinya dong kalau fitness itu harus dilakukan secara rutin. Kalau gak rutin ya percuma, cuma dapat sakitnya doang.

Nah, sekarang apa jadinya kalau gak bisa rutin ke gym karena kerjaan yang padat? Percuma dong sudah bayar membership mahal-mahal, tapi gak dimaksimalkan. Belum lagi badanmu jadi gak fit.

Gimana kalau beli alat fitness saja, biar bisa rutin latihan di rumah? Hmmm, ide bagus sih tapi apa iya bakal jadi rutin?

Nge-gym di rumah memang praktis, tapi hal itu bukan perkara gampang karena gak ada instruktur yang mendampingimu. Dan pastinya gak ada waktu bersosialisasi juga, beda sama di gym.

beli alat fitness
Mau punya perut 6 pack kayak gini? Latihan rutin dong (perut 6 pack/muscle and fitness)

Kalau di gym, kamu bisa kenalan dengan member lain dan latihan bareng. Atau malah jadi gebetan? Tentu latihannya bakal jadi lebih semangat tuh.

Selain itu alat fitness gak ada yang murah. Makanya sesibuk apapun pekerjaan, gak jarang banyak ditemukan orang yang memaksakan diri untuk  rajin nge-gym.

Daripada bingung mau beli alat fitness atau ikut membership, ketahui dulu yuk mana yang lebih baik untukmu dari sisi finansial.

Ikut membership di gym kalau:

1. Lokasi gym dengan kantor gak terlalu jauh

Kalau jaraknya cuma 200 atau 500 meter dari kantormu, mending bikin membership deh. Usahakan untuk konsisten ke gym tiga kali seminggu saja dan latihan pukul 19.00 hingga 21.00.

Kalau pulang dari gym pukul 21.00, lalu lintas di jalan tentu gak terlalu padat. Bila kamu membawa kendaraan, hal ini justru bisa membuatmu hemat BBM.

2. Masih pemula dalam fitness

Bila olahraga fitness adalah hal baru bagimu, bela-belain deh bikin membership ke gym. Sebab kamu masih butuh arahan instruktur yang berpengalaman dalam hal gerakan.

Mencoba-coba sendiri tanpa arahan bisa berbahaya lho, karena fitness merupakan olahraga angkat beban. Belajar dari video-video di Youtube pun  juga gak disarankan.

beli alat fitness
Pemula tentu butuh arahan, jangan belajar sendiri, bahaya (kurus/turn around fitness)

Selain cedera, salah gerakan saat fitness bisa berakibat kelumpuhan. Gak mau kan mengalami hal ini?

3. Jam kerja gak terlalu padat

Bila jam kerjamu tergolong fleksibel dan masih bisa pulang tenggo alias tepat waktu, buat saja membership di gym terdekat. Badanmu pun bisa lebih fit dengan rajin nge-gym dengan rutin.

Gak usah terlalu memaksakan diri untuk lembur di kantor deh kalau memang gak perlu-perlu amat. Hal itu gak baik untuk kesehatanmu. Masih ada besok untuk melanjutkan pekerjaan yang belum usai.

4. Punya target untuk membentuk tubuh

Ngaku deh, beberapa di antara kamu pengen punya tubuh kekar, six-pack, padat, dan atletis kan? Kalau mau ya nge-gym saja dengan bantuan instruktur.

Untuk punya tubuh seperti itu, kamu harus melakukan latihan hypertrophy. Setiap latihan tersebut kamu harus mengangkat beban sebanyak 12 kali.

Fungsi instruktur ya untuk mengarahkan dan menjagamu bila sewaktu-waktu kamu gak kuat. Mau latihan sendiri di rumah? Bisa tapi kalau sudah berpengalaman. Kalau masih tiga atau lima bulan fitness ya lebih baik latihan di gym deh.

Beli alat fitness kalau:

1. Waktu berolahraga dalam sepekan tergolong sedikit

Bila jam kerjamu tergolong sangat ketat, dan kamu sering menghabiskan waktu hingga pukul 21.00 di kantor, maka belilah alat fitness. Dengan kondisi ini, tentu gak baik buatmu untuk memaksakan diri ke gym karena kondisi tubuhmu bisa makin gak fit.

Sebelum fitness, seseorang haruslah makan setidaknya satu jam. Jika jam 21.00 baru selesai kerja, apa kamu siap latihan pukul 22.00 hingga 24.00? Lagian, gym-nya juga udah tutup kali jam segitu.

beli alat fitness
Yakin mau beli?(gym/aspiretrust)

Dan besoknya kamu juga harus berangkat kerja jam 06.30 pagi. Waktu istirahatmu tentu gak cukup. Yang ada kamu bakal terlihat lemas di kantor.

Jika punya alat fitness di rumah, setidaknya kamu bisa olahraga pagi hari pukul 04.30 hingga 06.00 pagi. Tapi dengan catatan, kamu sudah cukup mahir dalam menggunakannya. Jika belum, bela-belain deh datang ke gym saat weekend untuk belajar.

2. Tidak ada bujet bulanan untuk ikutan membership di gym

Jika dalam perencanaan keuanganmu selama sebulan tidak ada yang namanya pos “membership gym,” maka pertimbangkan untuk beli alat fitness. Bila duitnya belum terkumpul, ya nabung dulu.

Alat fitness yang kamu beli akan jadi investasi buat kesehatanmu. Makin sering fitness di rumah, makin sehat kan badanmu. Badan sehat, cari duit pun lebih semangat.

3. Ada space di rumah buat alat-alat fitness

Kalau luas rumah dirasa cukup luas buat menyimpan alat-alat fitness, silakan saja beli. Tapi kalau gak, gak usah ngoyo. Masak mau mengorbankan kamar tidur demi alat-alat ini? Terus kamu tidur di teras gitu?

Alat fitness ukurannya gak kecil, apalagi jika kamu beli yang tipe satu set dan bisa digunakan untuk melatih otot punggung, dada, bahu, hingga kaki. Jelas kamu butuh ruangan 3×3 meter untuk menempatkan alat tersebut.

Bagaimana guys, jadi mau beli alat fitness atau ikutan membership saja nih? Oh ya kalau memang kamu berniat untuk beli alat fitness, beli saja di Ace Hardware. Di sana alatnya cukup lengkap kok dan kamu juga bisa hemat 10 persen tanpa minimum transaksi lho. Tapi pembayarannya harus pakai kartu kredit ya.

Semoga tipsnya bermanfaat, dan semoga tetap fit setiap hari ya!

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Pilih Pakaian Olahraga dengan Tepat Supaya Latihanmu Maksimal]

[Baca: Ini 5 Alasan Belajar Bela Diri Agar Dompet Terlindungi]

[Baca: Ini 6 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa. Dijamin Kerja Tetap Semangat]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →