Unik dan Efektif! Yuk, Menabung Pakai Metode Kakebo ala Orang Jepang

Menabung adalah salah satu cara terbaik dalam pengelolaan keuangan yang turut menjadi penentu kebahagiaan di masa depan. Namun, masih banyak orang merasa sulit membiasakan diri untuk menabung

Masih banyak juga yang beranggapan menabung memiliki beban tersendiri dalam melaksanakannya. 

Banyak orang tak bisa membiasakan diri menabung karena selalu saja ada pengeluaran yang harus dibayarkan setiap bulan, termasuk biaya-biaya yang tak terduga, beberapa kebutuhan juga harus dibeli di luar rencana.

Itu menyebabkan rencana menabung selalu gagal di tengah jalan. Padahal sesungguhnya jangan jadikan menabung sebuah beban, tapi jadikan kebiasaan baik yang manfaatnya akan dirasakan ke depannya.

Jika cermat mengontrol pengeluaran, menyisihkan uang di tabungan bukan hal yang sulit dilakukan. Pasalnya, kini terdapat beragam instrumen tabungan yang bisa dipilih. 

Tak hanya disimpan di bank, menabung juga bisa dilakukan dengan menyicil uang pada beragam investasi seperti emas atau membeli surat utang negara. 

Jika kurang cocok dengan instrumen di atas, kamu bisa menjadikan ajang menyisihkan uang terasa lebih ringan dan mudah dengan cara menabung mudah yang unik dan efektif seperti orang Jepang. 

Yaitu, menggunakan metode Kakebo, sudah dipopulerkan sejak tahun 1904 dan masih bertahan hingga saat ini. 

Metode kakebo 

Metode kakebo cara menabung ala orang Jepang

Masyarakat Jepang menjalani kakebo dengan tujuan untuk mengontrol pengeluaran seminimal mungkin, dan mencatat setiap pengeluaran dengan cermat untuk kemudian dievaluasi setiap minggu. Lantas, bagaimana cara kerjanya? 

Setiap awal bulan, mencatat pemasukan atau uang yang dialokasikan untuk satu bulan. Selain itu, harus juga mencatat semua pengeluaran yang sifatnya sudah pasti seperti kebutuhan harian. 

Umumnya, seseorang akan mengeluarkan uang untuk keperluan dasar seperti makanan, kebutuhan transportasi, kesehatan, kebutuhan rumah tangga, rekreasi dan keperluan darurat. 

Dengan mencatat secara detail setiap kategori di atas, kamu akan mendapati keuangan yang seimbang di akhir minggu karena sudah tahu berapa uang yang dihabiskan dan bisa disimpan. 

Menulis pemasukan dan pengeluaran dengan rinci juga bisa membantu mengatur keuangan, sehingga penting untuk menghindari masalah darurat.

Gak cuma itu saja, langkah tersebut juga akan membuat kamu jtermotivasi untuk mencapai sesuatu yang sudah lama ingin dicapai. 

Empat kategori

Empat kategori cara menabung ala orang Jepang

Dalam praktik menabung kakebo biasanya orang Jepang membagi jenis pengeluaran dalam empat kategori.

Kategori pertama adalah survival yang terdiri dari biaya sekolah, makan, transportasi, kesehatan, dan kebutuhan pokok lain. 

Kategori kedua, menuliskan kebutuhan opsional seperti belanja dan makan di luar. Untuk kategori ketiga ialah hiburan seperti internet, buku, langganan majalah, tamasya dan sebagainya. 

Sementara kategori keempat adalah pengeluaran ekstra yang merupakan pengeluaran tak terduga. 

Evaluasi di akhir minggu

Evaluasi akhir minggu cara menabung ala orang Jepang

Setelah menetapkan kategori pengeluaran, baru kamu mulai mencatat berapa uang yang tersedia, dan berapa yang akan disisihkan untuk tabungan. 

Semua itu harus ditulis di awal bulan agar mudah dalam pencatatan dan mengoreksinya. 

Setelah memiliki catatan di awal bulan tentang rencana pengeluaran, baru kamu bisa menulis detail semua pengeluaran untuk pembayaran yang dilakukan di setiap hari. 

Di akhir setiap minggu, kamu bisa melakukan evaluasi sejauh mana uang yang sudah dikeluarkan benar-benar dipakai sesuai peruntukan yang direncanakan. 

Catatan yang rapi dari waktu ke waktu memungkinkanmu bisa memiliki gambaran pengeluaran harian, mingguan, dan bulanan. 

Gambaran ini yang bisa dipakai untuk memutuskan seberapa besar uang yang bisa ditabung dan dipakai untuk pemenuhan kebutuhan lain yang sudah direncanakan jauh-jauh hari. 

Nah, untuk mendukung pengelolaan keuangan dengan metode kakebo ini kamu juga harus selalu menyimpan struk belanjaan karena akan membantu jika suatu hari lupa. 

Meski terdengar kuno, cara ini bisa kamu jalani untuk menyisihkan uang di tabungan. Awalnya memang akan terasa sulit, tapi jika dilakukan dengan sabar dan konsisten dijamin tabungan yang bisa disimpan setiap bulan akan membuat senyummu mengembang.

Jadi, selamat menabung untuk memberi masa depan yang baik!