MNC Sekuritas dan Cara Daftarnya [Plus Fee Transaksinya]

Aplikasi MNC Sekuritas

MNC Sekuritas bisa menjadi pilihan perusahaan sekuritas buat kamu yang mau berinvestasi saham. Kamu cukup melakukan pembukaan rekening efek dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu di kantor cabang mereka atau secara online

Sekilas tentang MNC Sekuritas

Sebagai informasi, perusahaan sekuritas itu jumlahnya cukup banyak di Indonesia. Salah satunya yang cukup populer di kalangan investor adalah MNC Sekuritas. Keberadaan perusahaan sekuritas ini sendiri sudah ada sejak 1989.

Dulunya perusahaan sekuritas ini bernama PT Bhakti Investama. Sejak sepenuhnya diakuisisi PT MNC Investama, Tbk., nama perusahaan pun berubah menjadi PT MNC Sekuritas atau seperti yang kamu kenal saat ini.

Perubahan kepemilikan ini menandakan bahwa perusahaan sekuritas ini termasuk ke dalam bagian unit usaha MNC Group bersama dengan MNC TV, MNC Bank, dan MNC Life.

Dengan lamanya perusahaan ini beroperasi, udah pasti MNC Sekuritas punya pengalaman yang mumpuni di pasar modal. Apalagi perusahaan ini telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Jadi, gak perlu ragu lagi deh dengan kegiatan yang dijalankannya.

Tertarik mau buka rekening efek di perusahaan sekuritas milik MNC ini? Ada baiknya cari tahu dulu kelebihan-kelebihannya buat memastikan kalau keputusan yang diambil udah tepat. Apa aja kelebihan-kelebihannya? Disimak yuk!

Kelebihan MNC Sekuritas

Sama seperti perusahaan-perusahaan sekuritas lainnya, MNC Sekuritas juga menawarkan layanan investasi atau trading saham secara online. Keberadaan layanan ini ditujukan buat memudahkan nasabah buat jual beli saham di mana pun dan kapan pun.

1. Memiliki layanan trading cepat melalui MNC Trade

Nasabah bisa menggunakan aplikasi MNC Trade sebagai layanan kegiatan jual beli saham secara online. Cukup menggunakan fasilitas tersebut, kamu bisa melakukan transaksi dengan mudah dan cepat.

Apa aja kelebihan-kelebihan yang diberikan layanan MNC Trade ini?

  • Kamu bisa lakukan transaksi dengan mudah, stabil, cepat, aman, dan nyaman.
  • Dilengkapi fitur-fitur canggih buat memantau pergerakan saham di bursa atau transaksi yang dilakukan nasabah asing, grafik, dan data fundamental yang lengkap dan baru.
  • Punya fitur Super Order yang bisa maksimalkan profit dan minimalkan kerugian.
  • Penyediaan informasi riset yang lengkap dan detail setiap hari.
  • Penyampaian notifikasi yang cepat.
  • Bisa diakses lewat desktop ataupun smartphone.

2. Memiliki layanan trading khusus produk investasi syariah MNC Trade Syariah

MNC Trade juga tersedia bagi para invstor yang ingin bertransaksi saham sesuai dengan prinsip syariat Islam, yaitu MNC Trade Syariah. Layanan online trading ini telah mendapatkan pengawasan dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. 

Bertransaksi menggunakan MNC Trade Syariah dijamin kegiatan perdaganganmu telah memenuhi prinsip syariat diantaranya bebas bunga yang dinilai mengandung unsur riba. Riba sangat dilarang oleh aturan Islam, namun sangat umum ditemukan di praktek-praktek keuangan. 

Adapun kelebihan dari MNC Trade Syariah ini di antaranya: 

  • Daftar saham yang bisa dibeli telah masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES).
  • Tidak ada dana pinjaman atau limit trading, karena layanan tersebut dinilai riba. 
  • Tidak ada margin trading, yang dinilai memunculkan riba. 

3. Telah berpengalaman puluhan tahun

Kelebihan lainnya adalah MNC Sekuritas telah menjadi perusahaan broker saham yang berpengalaman selama lebih dari 30 tahun. Pengalaman ini menjadikannya sebagai sebuah perusahaan yang terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan. 

Selain itu, perusahaan sekuritas milik MNC ini juga telah mengantongi izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan terdaftar di Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia.

Cara daftar MNC Sekuritas dan syaratnya

Sebelum bisa bertransaksi jual beli saham, kamu harus memiliki dulu rekening efek yang bisa didaftar melalui berbagai perusahaan sekuritas terpercaya seperti MNC Sekuritas. 

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Syarat buka rekening efek di MNC Sekuritas

Buka rekening efek di MNC Sekuritas itu emang gampang kok. Asalkan syarat-syarat yang diminta udah dipenuhi dan kamu ikuti prosedur-prosedur yang ada, dijamin bakal beres deh proses pembukaan rekeningnya.

Beberapa syarat berikut ini wajib kamu penuhi ketika hendak daftar rekening efek di MNC Sekuritas.

  • KTP
  • NPWP
  • Buku tabungan

Semua dokumen tersebut disediakan dalam bentuk fotokopi. Buat buku tabungan, kamu fotokopi bagian cover-nya aja.

Cara daftar secara offline

Membuka rekening efek bisa dilakukan secara offline dan online. Pembukaan secara offline bisa dilakukan dengan cara mengunjungi langsung kantor cabang MNC Sekuritas terdekat. Adapun langkah-langkahnya adalah: 

  • Mendatangi kantor MNC Sekuritas.
  • Menyampaikan tujuan untuk pembukaan rekening efek. 
  • Mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan salinan dokumen-dokumen persyaratan yang diminta. 
  • Tunggu sampai rekening efek jadi
  • Setelah rekening jadi masukkan deposito awal untuk bisa mulai bertransaksi.

Cara daftar MNC Sekuritas online

Untuk lebih simpelnya, kamu juga bisa melakukan pembukaan rekening efek secara online melalui situs resmi MNC Sekuritas. Pembukaan secara online ini bisa kamu lakukan dimanapun dan kapan saja dengan bermodalkan perangkat komputer dan jaringan internet. 

Namun, kamu juga tetap harus mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan yang diminta dalam format digital. Bagaimana langkah-langkahnya?

  • Buka www.mncsekuritas.id di browser.
  • Pilih menu Become Investor yang terletak di sisi kanan atas.
  • Isi Formulir dan Persetujuan Pembukaan Rekening Efek untuk Perorangan.
  • Setelah formulir diisi secara lengkap, cetak formulir tersebut dan bubuhkan paraf di setiap lembarannya.
  • Bubuhkan tanda tangan di atas materai di bagian yang telahi disediakan.
  • Pilih salah satu bank buat Rekening Dana Investor (RDI): Bank BRI, BCA, Mandiri, Permata, dan CIMB Niaga.
  • Terakhir kirim dokumen beserta fotokopi KTP, NPWP atau surat pernyataan gak punya NPWP, dan cover buku tabungan ke alamat MNC Financial Center, Lantai 14 Jl. Kebon Sirih No. 21 – 27, Jakarta Pusat 10340 dengan Up: Call Center

Kamu tinggal menunggu proses pembuatan Single Investor Identification atau SID dan Rekening Dana Nasabah. 

Setelah selesai dibuat, kamu bakal diinfokan MNC Sekuritas. Transaksi bisa dilakukan setelah kamu melakukan deposit awal.

Pada umumnya, proses pembuatan rekening saham secara online ini akan memakan waktu satu hingga tiga hari kerja sampai rekening keluar. Oleh karenanya, usahakan pembuatan rekening dilakukan di hari-hari kerja dan dokumen persyaratannya lengkap. 

Setoran atau deposit awal MNC Sekuritas

Setelah Rekening Dana Nasabah siap, hal selanjutnya yang kamu lakukan adalah melakukan deposit awal. Besaran deposit awal tiap-tiap perusahaan sekuritas tidak sama. 

Besaran deposit awal atau setoran awalnya sebesar: 

  • Rp 100 ribu untuk nasabah yang masih mahasiswa
  • Rp 2 juta untuk nasabah umum

Deposit awal ini nantinya bisa kamu gunakan untuk membeli saham. Artinya, proses pembukaan ini gratis alias tidak dipungut biaya. 

Biaya transaksi atau fee MNC Sekuritas

Besaran biaya atau fee transaksi yang ditetapkan juga perlu kamu ketahui nih sebelum buka rekening efek di MNC Sekuritas. Berikut ini fee transaksi yang dipatok buat jual beli saham.

  • Beli atau buy: 0,18 persen
  • Jual atau sell: 0,28 persen

Perlu diketahui biaya-biaya di atas bisa aja berubah nantinya. Karena itu, kamu perlu terus pantau berapa besaran biaya transaksi terbaru MNC Sekuritas.

Pertanyaan-pertanyaan seputar MNC Sekuritas

Berikut ini, pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan berkaitan dengan perusahaan sekuritas milik MNC, mulai dari produk perusahaan, kelebihan dan kekurangan, sampai layanan nasabah yang bisa dihubungi. 

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

MNC Trade adalah aplikasi perdagangan saham online. Para nasabah bisa melakukan kegiatan menabung, jual beli, atau sekadar memantau harga pasar modal di aplikasi ini. MNC Trade bisa dioperasikan untuk perangkat komputer ataupun smartphone.

Produk dari MNC Sekuritas sebenarnya tidak hanya produk perdagangan saham saja, tetapi juga ada Equity, Investment Banking, dan Fixed Income.

  • Online Trading: Produk aplikasi online perdagangan saham dengan kecanggihan dan kemudahan bagi nasabah individu.
  • Equity: Jasa perantara perdagangan saham untuk nasabah perorangan maupun institusi khusus dengan nilai perdagangan yang tinggi.
  • Investment Banking: Produk jasa penasihat dan konsultan keuangan yang bisa disesuaikan dengan kondisi finansial klien.
  • Fixed Income: Jasa konsultasi investasi produk-produk pendapatan tetap seperti obligasi, sukuk, dan surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan.

Deposit awal adalah Rp 100 ribu buat mahasiswa dan Rp 2 juta buat nasabah umum. Deposit awal tersebut bukanlah fee atau biaya transaksi saham, jadi setoran awal itu bisa digunakan untuk melakukan jual beli saham.

Kelebihan dari perusahaan sekuritas milik MNC ini adalah tersedianya layanan pembuatan rekening efek secara online dan layanan aplikasi perdagangan saham online MNC Trade. Kekurangannya pendaftaran online rekening efek melalui situs dan aplikasi hanya bisa untuk rekening reguler dan menggunakan rekening BCA.

Apabila kamu memiliki pertanyaan lain seputar rekening efek atau mendapati permasalahan-permasalahan selama bertransaksi saham melalui MNC Sekuritas, bisa langsung menghubungi call center di 1500899 (tekan 3) atau menghubungi mereka melalui email di [email protected]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →