Berawal dari Suka, Perempuan Ini Sukses Bangun Kerajaan Bisnis Jamu

Banyak dari kalian udah gak asing lagi dengan kedai bernama Suwe Ora Jamu yang ada di daerah Petogogan, Jakarta Selatan. Namanya saja Suwe Ora Jamu, pastinya menyuguhkan aneka ragam minuman sehat jamu khas Indonesia.

Nova Dewi, perempuan kelahiran Surabaya ini ternyata sukses membangun kerajaan bisnis minuman jamu ready to go yang diberi nama Suwe Ora Jamu. Kebayangkan dari kamu semua kalau minuman jamu itu identik dengan pahit dan rasa gak enak.

Nah, kalau yang ini beda nih dengan yang disuguhkan oleh Nova Dewi di Suwe Ora Jamu. Di tahun 2012 dirinya merintis bisnis minuman jamu Suwe Ora Jamu. Bersama rekan kerjanya yang sekarang suaminya, Uwi Mathovani, Dewi berhasil mendirikan kedai jamu ready to go.

Berawal penyuka Jamu

Salah satu produk minuman jamu seduh di Suwe Ora Jamu (Mahardian Prawira/MoneySmart.id).

Nova Dewi yang domisili di Surabaya saat itu memang rutin mengkonsumsi jamu. Saat pindah ke Jakarta, Dewi begitu sapaan akrabnya, ternyata sulit untuk mencari segelas jamu.

“Ceritanya awalnya saya aslinya orang Surabaya, jadi waktu ketika pindah ke Jakarta saya itu mau minum jamu karena kebiasaan dari kecil,” ujarnya kepada MoneySmart.id.

“Nah, minum jamu kok di Jakarta susah ya dan saya itu mulai ngobrol-ngobrol sama teman-teman saya ternyata kok udah nggak ada yang minum jamu,” tambahnya seru.

Dari jamu Nova Dewi bikin Suwe Ora Jamu

Suasana kedai Suwe Ora Jamu di Petogogan, Jakarta Selatan (Mahardian Prawira/MoneySmart.id).

Nah, melihat kesulitan menemukan minuman jamu di Jakarta, Dewi merasa kok budaya minum jamu di kota besar seperti Jakarta ini sulit. Di situ dirinya mulai tergerak buat mendirikan satu tempat bagi pecinta minuman jamu.

“Kok saya ngerasa dinamikanya di Jakarta seperti ini ya, sayang sekali kan ya. Ini kan budayanya kita ya minum jamu itu sehat. Banyak yang harus diluruskan lagi nah itu saya merasa wah lucu juga kalau bikin tempat yang bisa jadi wadah untuk bisa experienced lagi buat jamu, tahu ceritanya jamu, icip-icip produknya jamu,” kisahnya seru menggebu.

Di tahun 2012 memang saat itu belum banyak orang untuk mencoba merintis minuman sehat jamu seperti Dewi pikirkan. Berdirinya kedai-kedai kopi saat itu memang sudah mulai tercium oleh dirinya. Namun, kecintaan Dewi akan minuman jamu ia mulai tergerak buat kedai jamu Suwe Ora Jamu.

“Jadi tantangan ya pada saat itu kan mulai berlomba-lomba udah mulai buat kedai kopi – kedai kopi saya malah bikin kedai jamu,” tegasnya terbahak.

Melihat tren kedai kopi mulai naik pamornya, Dewi akhirnya memutuskan membuat minuman jamu yang dikemas begitu menarik. Kesan ready to drink memang terasa banget nih saat kamu beli minuman jamu di Suwe Ora Jamu.

“Belum-belum mulai. Waktu 6 tahun lalu masih belum banyak yah mau bikin jamu yang dikemas secara lebih ini yah untuk ready to go,” kisahnya.

“Buat anak muda dikemasnya biar gak ada kekhawatiran nanti efek sampingnya apa sih minum jamu?, bahannya gimana?, jadi memang kita lebih banyak mengedukasi juga beriringan dengan menampilkan ingredients-ingredients-nya itu pada prinsipnya biar supaya ada yang bisa akhirnya kenal lagi sama jamu,” urainya panjang lebar.

“Dan terus akhirnya sayang lagi sama jamu, dilestariin sama-sama, kan eman lho ya budaya ne gitu ceritanya mas,” pungkasnya dengan logat jawa yang begitu kental.

Berawal dari suka bisa jadi bisnis

Nah, kisah Mbak Nova Dewi ini bisa banget lho jadi inspirasi kamu yang mau jadi entrepreneur muda. Dimulai dengan melirik kegemaran kamu, cara ini bisa lho dijadikan salah satu cara kamu buat cari duit tambahan.

Nah kalau udah kepikiran mau buat bisnis apa, jangan lupa ya siapkan juga modal yang cukup. Kamu juga bisa kok ajak teman-teman kamu buat buka bisnis bareng. Semoga kisah Nova Dewi pemilik Suwe Ora Jamu ini bisa jadi inspirasi kamu dalam berbisnis. Masih penasaran dengan cerita Mbak Nova Dewi ini? Simak terus artikel lainnya hanya di MoneySmart.id!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →