PayPal Indonesia – Cara Membuat, Menggunakan, dan Biaya

PayPal Indonesia

PayPal Indonesia adalah layanan transaksi keuangan yang memungkinkan kamu membayar, mengirim uang, dan menerima pembayaran secara virtual. 

Didirikan perusahaan PayPal, layanan ini dibuat untuk memudahkan transaksi online seperti situs-situs belanja online.

Secara fungsi, PayPal memiliki kesamaan dengan akun-akun rekening bank online di Indonesia pada umumnya. Bedanya, PayPal bisa digunakan untuk transaksi beda negara.

E-commerce terkemuka di dunia, seperti eBay, Amazon, dan lain-lain biasanya menjadikan PayPal sebagai salah satu metode pembayarannya.

Selain PayPal Indonesia, layanan pembayaran online lainnya yang sangat berguna adalah BPJS Payment dari Lifepal. Lewat fitur digital Lifepal ini, kamu bisa bayar hingga cek status BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan kamu.

Nah, buat yang masih belum tahu sama sekali, berikut ini ulasan lengkap mengenai PayPal dan cara penggunaan PayPal Indonesia.

Cara membuat PayPal Indonesia

Meski penggunaanya bisa dilakukan untuk bertransaksi ke seluruh dunia, cara membuat PayPal Indonesia sangatlah mudah. 

Kamu gak perlu datang ke kantor PayPal Indonesia, tapi lewat ponsel atau perangkat komputer juga bisa, asalkan tersambung dengan jaringan internet. 

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Masuk ke website resmi PayPal

Pendaftaran bisa dilakukan langsung ke website resmi PayPal di www.paypal.com/id/home. Di situ nantinya kamu tinggal pilih ke menu daftar.

2. Pilih jenis akun

Setelah mengklik pilihan daftar PayPal Indonesia, kamu bakal diminta untuk memilih jenis akun apa yang ingin kamu buat. 

Pertama adalah untuk menerima uang dan yang kedua untuk melakukan pembayaran (ditujukan untuk mereka yang ingin belanja secara online). 

3. Isi data diri

Kemudian kamu diminta untuk mengisi data diri, seperti nama lengkap, asal negara, alamat email, alamat rumah, dan beberapa informasi yang dibutuhkan untuk pembukaan akun PayPal. 

4. Sambungkan dengan rekening

Setelah data diri dipenuhi, nanti bakal muncul permintaan untuk menyambungkan akun PayPal dengan rekening debit atau kartu kredit bank yang kamu gunakan. 

5. Konfirmasi via email

Sebelum bisa bertransaksi menggunakan PayPal Indonesia, kamu harus lakukan konfirmasi atau aktivasi akun dulu lewat tautan yang dikirimkan PayPal ke email pribadimu. 

Cara menggunakan PayPal Indonesia

Kalau kamu sudah membuat PayPal, tahap selanjutnya adalah mengetahui cara menggunakan PayPal. Gak rumit kok!

Secara sederhana, PayPal bisa digunakan buat tiga transaksi berikut:

  • Transfer
  • Tarik uang
  • Belanja

Yuk, simak ulasan cara menggunakan PayPal Indonesia berikut!

1. Menggunakan PayPal untuk transfer uang ke rekening lain

Setelah daftar PayPal Indonesia, kamu bakal mendapatkan akun untuk login yang memiliki fungsi, seperti buku rekening bank. 

Saat berhasil masuk, saldo di akunmu masih kosong. Kamu juga bisa mengisinya lewat kartu kredit ataupun kartu debit. 

Uang tersebut kemudian bisa ditransfer ke rekening bank lain atau ke akun PayPal orang lain. Berikut ini caranya yang sangat mudah:

  • Masuk ke aplikasi PayPal atau website.
  • Pastikan dulu jumlah uang di akunmu mencukupi sesuai dengan besaran uang yang ingin di transferkan. Kalau belum mencukupi, bisa diisi dengan kartu debit atau kredit.
  • Setelah masuk ke aplikasi, klik “Transfer Money”.
  • Masukkan besaran nominal uang yang mau ditransfer.
  • Lalu masukkan nama akun PayPal atau rekening yang dituju.
  • Terakhir klik “send”.

2. Menggunakan PayPal untuk menarik uang ke rekening bank kamu

Selain menggunakan PayPal untuk transfer uang ke rekening bank lain, kamu juga bisa memanfaatkan teknologi ini untuk menarik uang ke rekening bank pribadi.

Namun, sebelumnya kamu harus memastikan di dalam akun PayPal Indonesia milikmu terdapat jumlah saldo yang cukup untuk melakukan pencairan. Berikut ini panduannya:

  • Buka aplikasi PayPal. Lalu masuk ke opsi “Withdraw Funds” atau Tarik Dana.
  • Masukkan sumber dana dan bank lokal Indonesia tujuan kamu, dengan cara klik tanda panah yang ada di kolom. Lalu klik “Continue“.
  • Pilih jumlah yang ingin dicairkan. Lalu klik tombol “Continue“. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman verifikasi. Untuk menarik uang dari PayPal ke bank lokal Indonesia memang membutuhkan verifikasi.
  • Pastikan semua data benar, sebelum kamu yakin untuk benar-benar mengklik tombol “tarik”. Jika sudah, maka akan muncul notifikasi.
  • Setelah itu pihak PayPal akan mengirimkan email bahwa mereka sedang melakukan proses pengiriman uang ke rekening bank lokal Indonesia. Biasanya uang akan terkirim 1-2 hari kerja.
  • Setelah itu, kamu bisa cek saldo pada bank, apakah sudah bertambah. Selanjutnya kamu bisa menarik uang tersebut melalui bank yang kamu miliki.

3. Menggunakan PayPal Indonesia untuk berbelanja

Berbelanja barang-barang dari luar negeri menggunakan kartu kredit bagi sebagian orang dinilai mudah. Tapi, ternyata menggunakan PayPal Indonesia jauh lebih mudah.

Tinggal masuk saja ke situs perbelanjaan yang dituju misalnya eBay. Setelah memilih barang yang diinginkan, pada menu pembayaran nanti ada pilihan metode Pay with PayPal. 

Setelah itu, masukkan akun PayPal dan lakukan konfirmasi pembayaran di email pribadi yang terhubung dengan PayPal Indonesia. 

Biaya transaksi di PayPal

Berikut ini daftar biaya transaksi di PayPal Indonesia!

Jenis Transaksi Estimasi Biaya
Pembukaan akun Gratis
Pengiriman uang dengan akun PayPal Gratis
Mengirim uang dengan kartu kredit atau kartu debit 2,9% + US$0,30
Biaya pencairan (withdraw) dana atau saldo Paypal ke akun Bank di Indonesia
  • Rp16.000 (untuk penarikan dana di bawah Rp1.500.000)
  • Gratis untuk dana lebih dari Rp1.500.000.
Menerima pembayaran komersial:

1. Pembayaran Domestik

 

 

 

2. Pembayaran Internasional

  • Rate Standar: 3,9% + US$0,30
  • Rate Standar Ebay: 3,4% + US$0,30
  • Merchant Rate: Mulai 2,7% – 3,9% + US$0,30
  • Rate Merchant Ebay: Mulai 2,4% – 3,4% + US$0,30
  • Rate Standar: 4,4% + US$0,30
  • Rate Standar Ebay: 3,9% + US$0,30
  • Merchant Rate: Mulai 3,2% – 4,4% + US$0,30
  • Rate Merchant Ebay: Mulai 2,9% – 3,9% + USS0,30
Transfer otomatis antarnegara (domestik & internasional
  • Rate Standar: 4,9% + US$0,30
  • Rate Merchant: Mulai 3,9% – 4,9% + US$0,30
Menerima e-Check US$45
Menerima Micropayments untuk barang digital
  • Pembayaran domestik: 5,5% + US$0,05
  • Pembayaran internasional: 6,0% + US$0,05

Jenis layanan PayPal Indonesia

Untuk bisa menggunakannya, tentu kamu harus memiliki akun PayPal Indonesia yang telah terhubung dengan rekening tabungan pribadi, atau kartu kredit. Jika sudah terhubung, kamu bisa dengan bebas mengirimkan uang secara virtual hanya dengan memasukkan email PayPal orang lain. 

Secara umum, berikut ini layanan-layanan yang bisa digunakan dengan PayPal Indonesia: 

  • Transfer uang dari bank ke akun PayPal
  • Transfer uang dari akun PayPal kamu ke akun PayPal orang lain di berbagai negara di seluruh dunia
  • Transfer uang dari akun PayPal ke rekening bank pribadi
  • Melakukan pembelian secara online atau offline di berbagai negara.

Contohnya aja, fitur pembayaran atau transaksi dengan PayPal bisa kamu temui di situs-situs belanja online luar negeri, seperti eBay atau Amazon. Buat yang doyang belanja barang dari luar atau pedagang yang mengambil stok dari negara-negara lain, pasti udah gak asing dengan layanan yang satu ini.

Keuntungan dan kekurangan PayPal

Sebelum memutuskan untuk membuat akun PayPal Indonesia ada baiknya kamu mengetahui dulu apa saja keuntungan dan kerugiannya.

Keuntungan PayPal

  1. Kecepatan. Transfer menggunakan PayPal Indonesia ke sesama akun PayPal atau ke rekening pribadi bank di beda negara hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam. Beda jauh dengan Western Union yang harus memakan waktu lama dan biaya administrasi yang besar.
  2. Biaya administrasi per transaksinya terhitung murah. Untuk pengiriman uang antar sesama akun PayPal tidak dikenakan biaya administrasi.
  3. Keamanan terjamin. Data-data dan informasi akun pembeli maupun penjual bakal dijamin
  4. Akun PayPal bisa digunakan untuk berbelanja di situs-situs e-Commerce di berbagai belahan dunia. Jadi lebih memudahkan berbelanja antar negara.  
  5. Membeli barang dengan aman. Kalau misalnya kamu sudah melakukan pembayaran untuk produk yang dipesan, tapi pesanan tidak datang-datang, maka PayPal Indonesia bisa mengembalikkan uang yang telah kamu transferkan ke si penjual. 
  6. Bisa diakses hanya dengan ponsel pintar atau perangkat komputer. Jadi kalau mau kirim-kirim uang tinggal klik saja. 
  7. Sering memberikan diskon-diskon menarik untuk setiap pembelanjaan di beberapa merek atau e-Commerce yang bekerja sama dengan PayPal, seperti Nike, HP, Wal-Mart, dan lain-lain.

Kekurangan PayPal

  1. Rentan disalahgunakan. PayPal memungkinkan kamu bertransaksi ke berbagai negara dengan cara yang sangat mudah. Keterbukaan inilah yang menyebabkannya jadi rentan terhadap penipuan atau tindak kriminal lainnya. Orang yang tidak bertanggung jawab bisa menyalahgunakan akunmu kemudian mengeruk saldo yang ada di PayPal kamu. 
  2. Sulitnya melakukan komplain. Sayangnya, untuk PayPal Indonesia belum ada layanan aduannya. Kalau di situs yang tercantum adalah nomor PayPal di kantor Singapura. Bakal makan biaya lagi nelpon ke sananya. 
  3. PayPal belum melayani transaksi dengan beberapa mata uang penting, seperti misalnya Rupee India. Padahal India termasuk negara dengan pertumbuhan ekonomi yang besar. Salah satu industrinya yang paling maju dan dikenal di Indonesia adalah industri kain. 
  4. Transaksi dari PayPal ke rekening non-PayPal bakal dikenakan biaya administrasi sekitar 3 persen dari jumlah transaksi ditambah US$0,3. 
  5. Proses pembekuan yang berlangsung lama. Pembekuan akun dilakukan oleh PayPal apabila ditemukan indikasi penyalahgunaan. Pembekuan itu kadang berlangsung lama bahkan hingga berbulan-bulan.

Tertarik punya akun PayPal? Sebaiknya kamu pertimbangkan keuntungan dan kekurangan layanan ini sebelum membuatnya.

Jika kamu punya pertanyaan seputar keuangan, asuransi, hingga anggaran, kamu bisa mengajukannya ke Tanya Lifepal. Pertanyaan kamu bakal dijawab para ahli di bidangnya.

Daftar bank yang bekerja sama dengan PayPal

Jika kamu ingin membuka rekening PayPal, jangan khawatir terkait bank rekening kamu. Sejumlah bank besar di Indonesia sudah digandeng PayPal.

Berikut sejumlah bank yang bisa digunakan untuk PayPal kamu!

1. BCA

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) adalah salah satu bank swasta yang telah bekerja sama dengan PayPal. Kode bank ini untuk pembayaran lewat PayPal adalah 0140012.

2. BNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk alias BNI merupakan salah satu bank pelat merah alias BUMN yang telah bekerja sama dengan PayPal. Kode bank yang punya unit bisnis asuransi jiwa ini untuk pembayaran lewat PayPal adalah 0090010.

3. Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk juga telah bekerja sama dengan PayPal. Jika kamu punya rekening Mandiri, kode bank untuk PayPal adalah 0080606.

4. BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah bekerja sama dengan PayPal. Bagi kamu pemilik rekening BRI bisa bertransaksi menggunakan PayPal dengan kode bank 0020307.

Masih ada puluhan bank lain yang telah bekerja sama dengan PayPal. Biar gampang, kamu bisa cek di situs resminya atau menanyakan langsung ke bank tempat kamu menabung.

Tanya jawab seputar PayPal Indonesia

Biaya transaksi di PayPal ada yang gratis untuk transaksi tertentu dengan nominal sesuai ketentuan.

Namun, untuk transaksi yang dikenakan biaya, persentase biayanya dari 2,9 persen hingga 6 persen dari nilai transaksi.

Berikut cara membuat akun PayPal tanpa kartu kredit:

  • Akses situs resmi PayPal.
  • Isi form data dengan lengkap sesuai KTP.
  • Skip proses verifikasi kartu kredit PayPal.
  • Verifikasi email dan nomor HP di PayPal.
  • Akun PayPal kamu pun sudah jadi.

Kamu gak harus punya kartu kredit untuk memiliki PayPal. Tersedia proses pembuatan akun PayPal tanpa kartu kredit.

Secara umum, PayPal bisa kamu gunakan untuk transaksi berikut:

  • Transfer uang dari bank ke akun PayPal
  • Transfer uang dari akun PayPal kamu ke akun PayPal orang lain di berbagai negara di seluruh dunia
  • Transfer uang dari akun PayPal ke rekening bank pribadi
  • Melakukan pembelian secara online atau offline di berbagai negara.

Terdapat beberapa transaksi dan layanan yang mengenakan biaya. Namun, untuk pembayaran melalui eChecks, transfer Instan, saldo PayPal, kamu tidak dikenakan biaya alias gratis.

Berikut ini cara verifikasi PayPal dengan VCC tanpa kartu kredit:

  • Buka situs resmi PayPal dan Login
  • Klik menu Wallet
  • Masukkan detail VCC
  • Konfirmasikan VCC
  • Minta kode PayPal
  • Akun PayPal kamu pun langsung terverifikasi.

Untuk menerima pembayaran melalui PayPal, kamu tetap bisa memintanya, meski orang tersebut tidak memiliki akun PayPal. Caranya, masuk ke halaman My PayPal lalu klik Send and Request.

Setelah itu, kamu klik Request Money. Masukan alamat email orang yang membayar dan nominal uang yang kamu minta. Jangan lupa, pastikan metode pembayarannya sesuai, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →