15 Peluang Kerja Jurusan Psikologi dan Daftar Gajinya, Mana Ya yang Besar?

jurusan psikologi

Dari puluhan universitas yang ada di Indonesia, jurusan psikologi menjadi salah satu program studi (prodi) favorit pilihan generasi muda. Bisa dibilang, hampir seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta Tanah Air menyediakan jurusan satu ini.

Kebutuhan angkatan kerja yang tinggi di ilmu ini menjadi salah satu alasan mengapa para siswa yang baru lulus SMA memilih penjurusan tersebut. Selain itu, ada juga yang merasa tertarik memelajari tingkah laku manusia secara keseluruhan.

Di dunia karier, banyak perusahaan nasional dan internasional yang memanfaatkan lulusan psikologi untuk memenuhi beberapa posisi yang dianggap relevan dengan job desc yang dibutuhkan.

Nah, kalau kamu kuliah jurusan psikologi dan pengin mencari insight tentang pekerjaan-pekerjaannya, simak daftar berikut seperti dikutip dari Career in Pyschology:

1.   Human Resources Department

Jurusan psikologi
Jurusan psikologi

Pekerjaan pertama yang paling umum jurusan psikologi ada di bagian Human Resources Departement (HRD). Ini berkaitan dengan kemampuannya bisa menilai kepribadian orang lain secara lebih baik.

Umumnya, beberapa job desc yang bakal kamu lakukan bila terjun ke bidang ini adalah melakukan proses rekrutmen karyawan baru dari awal hingga akhir, mengadakan beberapa event terkait dengan team building, dan mengurus segala hal berkaitan dengan status karyawan di perusahaan.

Untuk gajinya sangat bervariatif tergantung jabatan serta perusahaannya. Namun, upahnya  rata-rata berkisar dari angka Rp 4,5 jutaan hingga Rp 8 jutaan per bulan untuk fresh graduate.

 

2.   Psikolog

Jurusan psikologi
Jurusan psikologi

Sesuai namanya, seorang mahasiswa lulusan jurusan psikologi bisa menjadi psikolog yang menangani kasus berkaitan dengan kejiwaan seseorang.

Terdapat beberapa jenis psikolog yang bisa kamu tempuh jika berminat seperti Psikolog Klinis, Psikolog Pendidikan, Psikolog Industri, atau Psikolog Forensik.

Untuk gajinya berikisar di angka Rp 5 jutaan hingga Rp 15 jutaan per bulan tergantung jenjang pendidikan yang telah diambil.

3.  Terapis anak

Jurusan psikologi
Jurusan psikologi

Kalau kamu pengin terjun di dunia medis atau kesehatan bisa mencoba menjadi seorang terapi anak berkebutuhan khusus. Tenaga kerja seperti ini terbilang masih sedikit di Indonesia, dan bisa sangat berpotensi untuk karier kamu.

Sebagai seorang terapis anak kamu gak hanya bisa mendapatkan materiil aja, di situ kamu juga bakal mendapatkan nilai moral yang banyak di bandingkan pekerjaan lainnya yang terbilang formal.

Rata-rata gaji yang didapatkan oleh terapis sangat bervariasi mulai dari Rp 4 jutaan hingga Rp 7 Jutaan.

4. Dosen

Jurusan psikologi
Jurusan psikologi

Di urutan keempat ada tenaga pengajar di tingkat perguruan tinggi, yaitu dosen. Namun, untuk kamu yang punya cita-cita tersebut harus menyelesaikan jenjang pendidikan S2 karena merupakan salah satu syarat yang dicantumkan pemerintah hari ini.

Selain bisa mengajar, kamu juga dapat menyalurkan hobi menulis ketika menjadi dosen dengan menerbitkan jurnal atau buku sambil bekerja.

Ini merupakan nilai tambah lainnya yang bisa kamu peroleh jika menekuni pekerjaan mulia tersebut.

Kalau untuk urusan gaji, gak usah ditanya lagi. Pasalnya, terbilang cukup besar. Yakni, berkisar di antara Rp 7 jutaan hingga Rp 15 jutaan per bulannya tergantung universitas mana yang membayar kamu.

5.   Konselor

Jurusan psikologi
Jurusan psikologi

Selanjutnya, buat kamu yang sekolah jurusan psikologi bisa mencoba pekerjaan sebagai konselor yang secara umum tugasnya mendengarkan masalah orang, dan coba membantu mengatasinya.

Enaknya lagi kamu gak perlu capek-capek keluar rumah, beberapa orang ada yang mengerjakan pekerjaan ini dari rumahnya langsung.

Untuk bayarannya tergantung tarif masing-masing konselor. Untuk sekali datang atau satu kasus sampai selesai, harganya bisa berkisar Rp 0 hingga Rp 5 jutaan.

6.    Management Trainee

Jurusan psikologi
Jurusan psikologi

Pekerjaan terakhir yang bisa kamu coba jika mengambil jurusan psikologi adalah Management Trainee. 

Saat ini banyak perusahaan besar yang membuka posisi tersebut setiap tahunnya untuk menemukan bakat-bakat terbaik yang gak dibatasi latar belakang pendidikan.

Untuk mencari potensi terbaik yang dimiliki seseorang, para perusahaan besar tersebut bakal menempatkan para kandidiat di beberapa posisi untuk batas waktu tertentu. 

Setelah melakukan evaluasi, dia bakal ditempatkan di posisi yang menghasilkan output terbaik. Buat gajinya berkisar dari angka Rp 4 jutaan hingga Rp 8 jutaan per bulan.

7. Guru bimbingan konseling (BK)

jurusan psikologi bisa jadi guru bk
Guru BK.

Mereka yang ambil jurusan psikologi juga berpeluang menjadi guru bimbingan konseling atau dikenal dengan nama guru BK.

Seperti yang kamu tahu, setiap sekolah pasti memiliki guru BK. Tujuan adanya guru BK adalah buat memberi pembinaan, bimbingan, hingga bantuan kepada siswa yang menghadapi masalah.

Dengan adanya bantuan dari guru BK, para siswa terhindar dari tekanan psikologis. Mereka yang menjadi guru BK berpeluang menerima gaji hingga Rp 6 juta lho per bulannya.

lulusan jurusan psikologi bisa jadi trainer Trainer[/caption]

Ilmu yang dimiliki mereka yang berkecimpung di bidang psikologi cocok dengan kebutuhan profesi trainer. Itu berarti setelah lulus kuliah di jurusan psikologi, kamu berpeluang menjadi trainer lho.

Alasannya, seorang trainer itu harus mampu memberi motivasi dan pengembangan diri buat kelompok atau organisasi. Asal tahu aja nih, seorang trainer yang bekerja sendiri mendapat bayaran mulai dari Rp 1 juta.

10. Headhunter

headhunter
Headhunter

Profesi ini menjadi salah satu profesi yang sedang hits. Sebenarnya, apa yang dikerjakan headhunter sama dengan yang dilakukan perekrut.

Headhunter dan perekrut sama-sama membantu perusahaan buat mendapatkan kandidat yang layak dipekerjakan. 

Bedanya, headhunter bekerja di organisasi yang emang menawarkan jasa pencarian kandidat. Sementara perekrut umumnya bekerja di perusahaan bidang apa pun dengan tanggung jawab sebagai mencari kandidat sesuai kebutuhan perusahaan dan permintaan atasan.

Soal gaji seorang headhunter berpengalaman bisa memperoleh gaji hingga Rp 10 juta lebih.

11. Learning and Development

Serunya dunia perkantoran saat ini dinamis dan kompetitif
Suasana kerja di kantor yang tengah meeting, (Shutterstock).

Selanjutnya, ada learning and development yang tugasnya memfasilitasi dalam peningkatan mutu karyawan dalam sebuah perusahaan.

Jadi kamu akan lebih banyak berkreasi gimana caranya menemukan metode yang tepat agar produktivitas karyawan meningkat dari sisi internal.

Beberapa contoh di antaranya, mengadakan Team Building yang dilakukan sebulan sekali atau setahun sekali demi mempererat kekeluargaan antara pegawai.

Gaji seorang staf learning and development ada di kisaran Rp 5 jutaan hingga Rp 8 jutaan per bulannya.

12. Konsultan SDM

Konsultan SDM
Konsultan (Shutterstock).

Prospek kerja jurusan psikologi selanjutnya yang bisa kamu coba adalah menjadi seorang konsultan Sumber Daya Manusia di sebuah perusahaan.

Tugas pokoknya adalah, memberi saran maupun solusi kepada korporasi yang baru mau membuka bisnisnya maupun yang sudah berjalan.

Pendapatan rata-rata yang bisa didapatkan seorang konsultan SDM mencapai Rp 10 jutaan hingga Rp 20 jutaan per bulannya.

13. Penulis

Profesi menulis
Penulis lepas

Siapa bilang lulusan psikologi gak jago dalam menulis? Buat kamu yang memiliki passion, dan minat tinggi di bidang tersebut bisa juga menjalankannya sebagai profesi kok.

Kamu bisa menulis tentang berbagai macam hal mulai dari pengalaman pribadi, kisah inspiratif hingga cerita novel. Semua itu bisa kamu lakukan sebagai pekerjaan sampingan maupun utama.

Gaji seorang penulis sangat bervariatif, namun umumnya untuk level pemula berkisar di angka Rp 5 jutaan sampai Rp 10 jutaan per bulannya.

14. Staf ahli

lowongan kerja fresh graduate staf administrasi
Ilustrasi staf ahli. (Shutterstock)

Untuk menjadi staf ahli memang bukan perkara mudah, kamu perlu jam terbang dan kemampuan khusus agar bisa duduk di posisi tersebut. Selain di perusahaan swasta, kamu juga bisa menjadi staf ahli di Kementerian lho!

Gaji seorang staf ahli berada di angka Rp 20 jutaan hingga Rp 50 jutaan per bulan tergantung berbagai faktor.

15. General Affairs

kursi dan meja kantor
Pilih kursi yang ergonomis. (Pixabay)

Prospek kerja jurusan psikologi terakhir yang bisa dicoba adalah posisi sebagai General Affairs. Beberapa tugas pokok dari posisi ini adalah menjalankan operasional sebuah perusahaan seperti pembelian peralatan kantor serta sedikit banyak membantu divisi HRD.

Untuk bayaran seorang General Affairs per bulannya sekitar Rp 5 jutaan hingga 10 jutaan per bulan.

Itulah lima belas peluang kerja yang bisa kamu coba jika mengambil jurusan psikologi. Dari keenam jabatan tersebut, mana nih yang kira-kira kamu incar posisinya? (Editor: Chaerunnisa)