Modal Rp5 Juta, Intip 20 Peluang Bisnis Saat Pandemi Corona

Telah Ditinjau: Lifepal Lifepal
peluang bisnis

Sampai kapan pun peluang bisnis bakal tetap ada mengikuti tren pasar yang dinamis. Dan setiap pergantian tahun, termasuk dalam kondisi pandemi COVID19 seperti saat ini, akan lahir peluang bisnis baru yang memang sangat menjanjikan buat kamu yang ingin serius mendapatkan cuan.

Di kondisi seperti ini, cuan ini akan sangat berguna untuk tabungan dana darurat, investasi, atau untuk membeli asuransi dengan premi murah. (Hal ini sangat penting, terutama di masa wabah seperti ini. Ingat, tanpa asuransi, biaya yang dikeluarkan jika sakit bisa melenyapkan segala jerih payah bisnis kita).

Saat wabah corona melanda Indonesia, bahkan dunia. Pemerintah meminta warganya melakukan karantina diri di rumah. 

Otomatis, banyak sektor bisnis offline yang tak beroperasi. Nah, saat seperti ini lah muncul peluang bisnis online yang bisa kamu jalankan tanpa harus keluar rumah.

Kemudian bicara soal peluang bisnis, tentu saja semuanya bakal balik lagi ke modal awal yang mesti dikeluarkan. Nah, saat ini, kita bakal membahas peluang-peluang bisnis bermodal kecil, dengan anggaran di bawah Rp5 juta, yang akan menghasilkan cuan tahun ini.

Dijamin deh beberapa di antaranya pasti ada yang sesuai dengan passion atau hobimu. Dengan modal yang tergolong kecil, tentu saja bisnis ini cocok bagi kamu yang pemula. 

Modal kecil yang dimaksud belum tentu untung ikutan kecil lho. Asalkan kamu tekun dan serius memasarkan bisnismu, cuan bakal antre masuk dompetmu! 

Seperti dikutip dari CNBC, terkait passion dalam bisnis, Pendiri Amazon Jeff Bezos pernah mengungkapkan, “Kita gak perlu mencari passion, passion-lah yang akhirnya memilih kita. Dan kita harus sadar sama passion kita sendiri.”

Ingin tahu lebih lanjut? Berikut deretan peluang usaha di bawah Rp5 juta yang pas dilakukan di tahun ini:

1. Peluang Usaha Makanan dan Minuman

Usaha kuliner barangkali menjadi bisnis paling langgeng sejak dulu kala sampai entah kapan. Selama manusia butuh makan dan minum, ya selama itu pula peluang bisnis kuliner bakal menjanjikan. 

Bisnis ini cukup menjanjikan lho, asal kamu pintar banget nih buat melihat siapa yang dituju. Apalagi, di tengah kemajuan teknologi dan tingginya angka pengguna internet di Indonesia, bisnis makanan dan minuman bisa didukung pemasaran secara online.

1. Waralaba Makanan dan Minuman

Sebagai pebisnis pemula, peluang bisnis dengan membuka waralaba makanan dan minuman bisa kamu coba. Usaha yang satu ini bahkan bisa dimulai dengan modal Rp2 jutaan saja. Waralaba juga menjadi bisnis yang pas dirintis bagi seorang pemula, mengapa demikian?

Karena selain modalnya kecil, kamu juga bisa mendapatkan training dari perusahaan yang membuka waralaba ini. Peralatan dan lainnya pun mereka sediakan. Belum lagi, kita tak perlu direpotkan untuk membangun merek dari nol. Saat kita membeli waralaba, maka kita hanya melanjutkan pemasaran yang sudah dilakukan perusahaan induk.

2. Angkringan

Peluang bisnis yang satu ini lekat sekali dengan budaya masyarakat Jawa. Siapa sih yang tak doyan nongkrong berlama-lama di angkringan sambil menyeruput secangkir kopi hitam bersama sahabat? Angkringan di era saat ini mampu bersaing dengan kafe-kafe yang mulai menjamur. 

Nah, bukan cuma pas jadi usaha sampingan di desa, angkringan juga bisa jadi peluang buat kamu menghasilkan cuan di perkotaan. Justru inilah peluangnya. Saat masyarakat kota rindu dengan nuansa desa, maka hadirkanlah angkringan. 

Di malam hari, tempat ini tentunya bisa jadi tempat tujuan bagi para karyawan kantor atau warga setempat yang tengah kelaparan. Angkringan juga bisa jadi refrensi buat mereka  mencari tempat makanan murah.

Modal angkringan itu gak mahal lho, cukup dengan Rp3 jutaan sudah bisa dijalani. Tapi, semua tergantung menu makanan yang disediakan ya. Pastinya harus ada nasi kucing, sate telur puyuh, tempe dan tahu bacem, dan susu jahe.

3. Jajanan Pasar

Nah, untuk peluang bisnis satu ini juga bisa kamu jalankan buat menghasilkan uang dari makanan yang termurah tentu saja menjual jajanan pasar. Sampai kapan pun, segaul-gaulnya anak gaul Ibu Kota pasti doyan jajanan pasar yang murah meriah.

Bermodalkan uang Rp1 jutaan, kamu tentu bisa membuat banyak jajanan pasar yang enak-enak. Dijual di kantor saat pagi hari juga bisa lho. Jangan lupa bikin akun di media sosial ya, untuk memasarkan dagangan kamu!

4. Gorengan

Mana ada yang bisa menolak gurihnya bakwan, tahu, pisang molen, atau cireng? Itu sebabnya, abang-abang gorengan yang mangkal di pinggir jalan selalu bisa mengais cuan setiap hari. Nyaris semua abang penjuang gorengan yang kita jumpai di mana saja, selalu ramai.

Kendati disebut sebagai jajanan tidak sehat, tapi berjualan gorengan bisa jadi peluang usaha makanan yang sangat menguntungkan buatmu. Karena modalnya kurang lebih Rp3,5 juta saja, itu pun jika kamu berniat buat membeli gerobak.

Dalam satu hari, keuntungan yang bisa diraup tentunya mencapai Rp150 ribuan. Sebulan saja udah bisa balik modal kalau tiap hari jualan. Menguntungkan bukan?

5. Warung  Bakso

Kuliner ini juga selalu ada di mana-mana, tak hanya di kota besar. Karena bakso juga merupakan kuliner khas Indonesia, maka wajar saja jika menjadi salah satu peluang usaha.

Kamu bisa membuka lapak bakso di garasi rumah atau berkeliling dengan gerobak. Terserah, senyamannya saja, mau sewa tempat pun bisa tapi tentunya biayanya bisa mahal.

Harga gerobak bakso gak terlalu mahal kok. Gerobak lengkap dengan roda untuk berjualan keliling saja harganya cuma Rp1,3 jutaan. 

Sementara itu, biaya untuk membeli bahan baku dan peralatan juga cukup dengan uang Rp2 jutaan, dan peralatan makan Rp700 ribuan juga cukup.

6. Bubur Ayam

Hidangan yang satu ini memang selalu diburu di pagi hari. Makanya tak sedikit pedagang bubur yang bisa kamu temukan di pinggir jalan atau berkeliling di pagi hari.

Modal usaha ini juga tidak mahal, mirip-mirip dengan bakso. Bermodalkan Rp3,8 juta kamu sudah bisa dapat dandang stainless, kompor gas, regulator, tabung, beras putih 5 kilogram, bumbu, daging ayam, serta peralatan makan.

Dengan harga seporsi Rp12 ribu saja, jika ada 30 orang pelanggan sehari kamu bisa raup omzet hingga Rp3,6 juta. Menarik, bukan?

7. Gado-gado

Mau yang lebih murah dari bakso atau bubur? Jawabannya ya gado-gado. Konsepnya juga sama, bisa jualan sambil keliling atau di satu tempat saja.

Dengan modal Rp2,8 juta, kamu sudah dapat gerobak, ulekan batu, pisau, bahan baku untuk satu hari, serta peralatan makan. Harga gado-gado juga Rp13 ribuan, perhitungannya kurang lebih mirip-mirip dengan bubur deh!

Hanya saja, hidangan ini memang lebih sering disantap saat makan siang. 

2. Peluang Usaha Baru Online

Nah, kalau yang di atas adalah peluang buat makanan, di sini kita bakal bahas peluang baru. Baru bisa diartikan sebagai bisnis yang memang jarang atau belum ada di tahun lalu, dan dipastikan booming tahun ini.

Jika kamu menjajal peluang bisnis ini, dijamin pesaingnya masih sedikit. Sementara itu, modal usahanya di bawah Rp5 jutaan juga dinilai gak mahal-mahal amat.

Mau tahu apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Jasa Perantara Jual Barang-barang Hypebeast

Tren hypebeast memang lagi menjamur di kalangan anak millenial Jakarta yang berkantong tebal. Gak sedikit dari mereka yang rela mengeluarkan uang puluhan juta rupiah hanya buat beli outfit atau sneakers!

Outfit atau sneakers bekas yang langka pun menjadi perburuan mereka. Gak heran kalau mereka berani keluar uang lebih dari Rp5 jutaan buat merek Air Jordan, Bathing Ape, Off White, Supreme, dan sebagainya.

Tentu saja, di balik gaya hidup glamor ini ada sebuah peluang usaha baru yang menjanjikan. Salah satunya dengan memanfaatkan akun Instagram atau forum jual beli, kumpulkan followers, dan bukalah jasa perantara.

Tetapkanlah tarifmu, sebut saja jika posting satu kali di Insta Story Rp200 ribu, di Feed Rp500 ribu, dan paket all in Rp600 ribu. Mantap kan?

2. Buka Kursus Online

Apa hobi dan keahlianmu? Apakah itu ada di bidang musik, marketing, bahasa asing, atau mungkin olahraga? 

Familiar dong sama yang namanya Webinar? Nah, kamu pun bisa membuka kursus online berbentuk webinar sesuai dengan keahlianmu.

Peluang bisnis online satu ini juga cocok banget dengan kebijakan working from home (WFH) yang dijalankan banyak perusahaan di tengah wabah Covid-19. Kamu dan peserta Webinar tak perlu keluar rumah untuk ikut kursus online ini.

Modalnya cuma laptop dan koneksi internet saja. Tapi tentunya kamu harus punya portofolio yang bagus juga biar calon pelangganmu bakal percaya dan tertarik mendaftar Webinar-mu.

3. Penyewaan Kamar

Mengapa sewa kamar masuk sebagai peluang usaha online? Bisnis ini kan umumnya dilakukan secara offline?

Sejatinya, bisa dua-duanya, tapi berhubung sekarang sudah ada Airbnb, Tiket.com, Airy Room, dan lain sebagainya, maka cara online bakal mempermudah kita mencari calon pelanggan, setuju tidak?

Sewa kamar memang sangat berguna jika kamu memiliki rumah yang terletak di wilayah strategis (dekat pusat bisnis), dan memiliki satu kamar kosong. Tapi jika kamu masih tinggal sama orang tua, jangan lupa minta izin ke mereka dulu ya sebelum menjalankan bisnis ini.

4. Jasa Pembayaran

Punya kartu kredit? Bantu saja teman-temanmu yang ingin melakukan pembayaran online streaming musik, video, atau membership-membership di situs luar negeri. 

Misalnya, sekarang lagi hits banget yang namanya Netflix untuk nonton film, Spotify untuk mendengarkan musik, dan platform hiburan lainnya.

Untuk menjalankan bisnis ini, tetapkan saja tarif bayar sebesar berapa persen dari biaya yang kamu tetapkan. Tapi, jangan terlalu mahal dan jangan kemurahan juga. Patok tarif sewajarnya, dan niscaya orang-orang akan menggunakan jasamu.

Oh ya, jangan lupa pasarkan jasamu di situs belanja online! Biasanya, konsumen banyak yang melakukan pencarian di internet dan merujuk ke situs-situs belanja tersebut.

5. Jasa Digital Marketing

Tak dipungkiri, seiring dengan berkembangnya teknologi, digital marketing saat ini bukan hanya jadi karier yang bayaran yang menggiurkan. Tapi juga bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan! 

Digital marketing itu sangat luas, dan hal itu meliputi jasa pembuatan website mengingat situs atau website juga tergolong sebagai aset digital yang dimiliki pengusaha. 

Selain website, tentu saja jasa iklan digital yang sering kita temukan di Google, Facebook, Instagram, YouTube, dan platform lain. 

Apa hanya itu saja? Oh ternyata tidak, masih ada lagi jasa SEO alias Search Engine Optimization. Layanan ini sangat kompleks karena tujuan dari jasa ini adalah untuk meningkatkan peringkat situs seorang pengusaha di mesin pencarian. 

Bila memang kamu menguasai teknik-teknik di atas, mengapa tak dimanfaatkan saja untuk cari cuan?

6. Jasa Pembuatan Konten

Yang satu ini juga bisa jadi peluang usaha menarik, karena setiap website dan media sosial milik sebuah perusahaan tentu butuh konten. Sementara itu, gak semua pengusaha mampu menjadi kreator konten yang menarik. 

Jasa ini pun kian dibutuhkan dan menjadi kerja sampingan dari banyak orang yang jago menulis, desain grafis, atau membuat video.

Untuk bisa menjadikan ini sebagai usaha, modal awalnya adalah portfolio. Rangkumlah portfoliomu dengan baik dan masuklah ke portal-portal pencari kerja freelance untuk melihat peluang yang ada.

7. Blogger atau Penulis Lepas

Peluang usaha yang satu ini mirip-mirip sih dengan poin di atas. Tugas utamanya adalah menulis konten usaha untuk pihak lain. Kamu bisa memanfaatkan situs pribadi kamu untuk memasarkan produk orang lain, dan mereka akan membayarmu. 

Kamu juga bisa menawarkan jasamu untuk menulis konten iklan atau konten pemasaran kepada perusahaan yang sedang butuh jasamu. Sesuai namanya, yakni penulis lepas, maka tarif yang akan kamu dapat sesuai dengan kesepakatan di awal dengan pihak yang memakai jasamu.

Tak melulu soal konten pemasaran, seorang blogger juga menulis tulisan apapun yang dia mau. Termasuk cerpen atau opini. Situs yang banyak dikunjungi tentunya berpeluang untuk mendatangkan iklan.

3. Peluang Usaha Rumahan

Baiklah, yang satu ini tentunya sangat pas buat mereka yang ingin buka usaha di rumah. Tapi tentunya yang modalnya juga tak terlalu mahal ya, di bawah Rp5 juta.

Kalau usahanya adalah usaha rumahan, dipastikan sifatnya adalah offline. Kalaupun online, tentunya online hanya berguna untuk pemasarannya saja. Berikut deretan usaha rumahan yang bisa kamu lirik tahun ini.

1. Les privat

Les privat tentu bisa jadi salah satu peluang bisnis rumahan yang bisa kamu pilih. Modalnya juga cuma Rp3 jutaan atau bahkan kurang. Modal sebesar itu juga hanya untuk papan tulis, spidol dan penghapus, plus modul belajar saja.

Selain les mata pelajaran sekolah, kursus bahasa asing, musik, atau bentuk keterampilan lainnya juga boleh. Asalkan sifatnya ya murid datang ke rumahmu buat belajar.

Usaha ini juga cukup menguntungkan dari sisi operasional. Karena kamu tak perlu menyambangi rumah murid. Tapi ingat, demi menjalankan usaha yang satu ini, kamu perlu memiliki modal berupa ketrampilan yang akan kamu ajarkan ke orang lain. 

2. Laundry Sepatu

Laundry baju jelas mahal, tapi laundry sepatu tidak mahal kok. Apalagi belakangan ini tren sneakers mahal juga lagi booming, dan tak sedikit anak gaul Ibu Kota yang memang kelewat sayang sama sepatunya, tentu saja mereka memilih laundry sepatu agar barang kesayangannya awet.

Bisnis satu ini bisa dimulai dengan modal Rp2 jutaan saja untuk membeli produk pembersih sepatu. Sudah banyak sekali kisah sukses dari pebisnis di sektor yang satu ini, My Shoes contohnya.

Mengingat sekarang teknologi juga sudah canggih, gak usah khawatir soal pengiriman. Ada Gosend atau Grab Express, praktis kan!

3. Cuci Steam Motor

Tidak sedikit lho, orang malas yang benar-benar mager (males gerak) dalam urusan cuci motor. Itu sebabnya jasa cuci steam motor masih bisa jadi peluang bisnis rumahan yang sangat menguntungkan di tahun ini.

Cukup membeli mesin seharga Rp1,5 juta, sabun, dan peralatan lain. Kalau ditotal-total kurang lebih Rp2 sampai Rp3 jutaan pun bisa.

Kalaupun butuh jasa tukang cuci, mereka bisa kamu berikan upah harian yang sesuai. Mereka juga bakal dapat tip dari pelanggan.

4. Warung Kopi

Kalau kedai kopi kekinian jelas mahal, tapi kalau warung kopi ya modal Rp3 jutaan juga bisa. Apalagi kalau di dalamnya tersedia juga menu Indomie telor dan kornet, pasti bisa makin laris.

Membuka usaha ini di rumah tentu cukup menguntungkan. Selain biayanya murah dan tak perlu sewa tempat, bahan bakunya juga sangat mudah dicari. Cara pemasarannya pun cukup mudah. Untuk tahap awal, undang teman-teman dekatmu untuk menjajal usaha barumu. 

Jangan lupa cuma bikin akun media sosial untuk memasarkan produkmu. Tidak salah kok, memasarkan produk dengan gencar meski warung kopimu berukuran kecil. Siapa tahu kalau ramai, usahamu bisa terus berkembang.

5. Warung Makan

Apa bedanya warung makan dan angkringan? Bedanya adalah angkringan buka di malam hari, sementara itu warung biasanya mulai dari pagi hari hingga siang atau sore. 

Modal mendirikan warung makan di rumah tentu merupakan ide bagus. Terutama jika rumahmu memang terletak di dekat perkantoran, mengingat banyak sekali karyawan yang kebingungan cari makan siang. 

Tak perlu mahal-mahal, dengan modal Rp4 juta saja kamu sudah bisa belanja peralatan masak, peralatan makan, serta bangku dan meja plastik dalam kondisi baru. Mau yang secondhand juga ada dan pastinya lebih murah.

Perputaran modal di usaha ini juga terbilang cepat. Sebut saja, dalam sehari orang yang makan di warung makanmu mencapai 30 orang, sementara itu, harga menu per porsi Rp15.000. Maka omzet per hari mencapai Rp450.000. 

Jika omzet ini konsisten, dalam sebulan kamu bisa meraup Rp13,5 jutaan (belum dipotong biaya operasional). Kalau sebulan aja balik modal, maka warung makan memang bisa dikatakan sebagai salah satu peluang usaha yang menjanjikan sampai kapan pun.

6. Butik Preloved

Produk fashion bekas juga kerap diburu oleh banyak orang karena harganya yang jelas lebih miring ketimbang produk baru. Aksesoris contohnya, seperti tas, jam tangan, dan lainnya. 

Tak sedikit artis-artis Tanah Air yang memandang ini sebagai peluang usaha lho

Sejatinya, yang kamu butuhkan adalah renovasi kecil-kecilan saja di rumahmu dengan modal Rp2 jutaan pun bisa. Sulaplah bagian rumahmu menjadi tempat bak walking closet ala rumah seleb.

Untuk barang-barang dagangannya, tawarkan saja teman-teman atau kenalanmu untuk titip jual. Bisnis ini tentu bisa terbantu dengan media sosial, lebih tepatnya Instagram. Jangan sungkan untuk melakukan mengiklankan butikmu via Instagram ya.

7. Sanggar Senam Mini

Jago dalam urusan olahraga? Punya sertifikasi trainer dari lembaga yang kredibel? Buka studio senam di rumah untuk usaha sambilan atau bisnis utama itu gak salah.

Membuka tempat olahraga ini tidak mahal kok, semua tergantung dari olahraganya. Jika cuma senam, zumba, atau yoga, biayanya masih terjangkau,

Kamu hanya membutuhkan, speaker, kaca besar, dan matras puzzle yang cukup untuk menampung setidaknya 20 orang. Tiga peralatan ini, bisa kamu beli di dengan modal Rp4 jutaan. Namun, itu belum termasuk matras yoga ya!

Perhitungan omzetnya juga sederhana, semua tentu tahu bahwa bisnis tempat olahraga ini sifatnya adalah membership. Satu member diharuskan membayar biaya membership sesuai dengan berapa pertemuan latihan yang ditentukan.

Sebut saja Rp200 ribu untuk empat pertemuan, maka jika ada 10 member, otomatis penghasilan kotormu sebulan sudah Rp2 juta. 

Jika mau lebih cuan, buatlah paket membership beragam, empat pertemuan, delapan pertemuan, 12 pertemuan dan unlimited. Jangan lupa juga, tentukan jadwal kelasnya dan buat sesi privat datang ke rumah untuk sambilan. Dijamin langsung cuan deh!

Itulah deretan peluang usaha menguntungkan di tahun ini, yang modal awalnya di bawah Rp5 juta. Kira-kira tertarik buka usaha yang mana gengs

Atau jangan-jangan masih bingung memilih peluang bisnis mana yang akan dijajal? Jangan khawatir. Yang kamu perlukan hanya keberanian yang sedikit lebih banyak dari biasanya. Ingat, risiko dalam berusaha akan selalu ada. Tapi kalau tidak memulainya, cuan pun tak bakal menghampiri. 

Untuk memudahkanmu dalam memantapkan pilihan, berikut ini adalah tips memilih peluang usaha terbaik:

– Kemampuan Finansial dan Minat

Dalam memulai usaha, pasti butuh modal kan. Nah, pilihlah jenis usaha yang sesuai dengan kemampuan finansial kamu. Misalnya, kamu menyiapkan modal Rp5 juta sampai Rp10 juta untuk bisnis kamu. Kamu bisa membuka warung kopi sederhana di rumah kamu. 

Opsi lainnya, modal usaha bisa saja sih didapat dengan berutang ke lembaga pembiayaan seperti bank. Boleh saja opsi itu kamu ambil. 

Kemudian, sesuaikan dengan minat. Misalnya, kamu suka masak-masak. Cocok banget tuh kalau menjajal bisnis kuliner. Atau misalnya, kamu bikin dimsum beku kemudian kamu jual secara online. Untuk menambah pangsa pasar, coba tawarkan pembelian partai besar.

– Lokasi

Penentuan lokasi usaha bisa membantumu menentukan peluang bisnis apa yang akan diambil. Misalnya, kamu tidak punya tempat lain untuk berusaha selain rumahmu sendiri. Kebetulan, kamu punya garasi yang sekarang kosong tidak diisi kendaraan. 

Ruangannya lumayan luas dan posisinya langsung menghadap halaman rumah. Bisa saja garasi ini kamu jadikan kafe kecil-kecilan. Atau, bisa juga kami sulap garasi kamu jadi ruang kelas untuk kursus menari. 

Opsi lain, kamu bisa menyewa tempat untuk menjalankan usahamu. Tentu saja menyewa tempat lain akan membuatmu merogoh kocek lebih dalam. Tapi jika sudah diperhitungkan dengan baik, kenapa tidak?

– Marketing

Pemasaran menjadi bagian tak terpisahkan dalam menjalankan bisnis atau usaha. Meski usaha yang kami jalankan masih tergolong kecil-kecilan dan sederhana. 

Jangan malu untuk memasarkannya secara gencar. Caranya, bisa dengan membuat akun khusus tentang produk yang kamu jual di media sosial. 

Misalnya, kamu mencoba berjualan kue-kue kering. Cobalah membuat kue-kue kering pilihan sebagai tester. Foto produk yang kamu jual dan unggah di media sosial. Ingat, jangan malu untuk memulai usaha dan memasarkannya!

Itulah 20 peluang bisnis yang bisa dilakukan di masa pandemi corona ini, bahkan jika wabah ini telah usai. Sebelum mulai menjalaninya, ada baiknya ketahui terlebih dahulu kondisi keuanganmu secara online di Lifepal financial checker! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →