Makna dari Pemberdayaan dan Kontribusinya bagi Masyarakat

pemberdayaan

Pemberdayaan masyarakat adalah proses mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan cara meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guna memperbaiki situasi dan kondisi keuangan diri sendiri.

Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk diri sendiri dan lingkungan, namun pemberdayaan hanya bisa terjadi bila masyarakat turut berpartisipasi. Lebih jelasnya, mari simak penjelasan yang telah Lifepal siapkan berikut ini.

Pemberdayaan Masyarakat Menurut Para Ahli

usaha kecil menengah

Untuk lebih memahami makna pemberdayaan masyarakat, mari kita coba telaah bersama-sama melalui pengertian yang diberikan para ahli.

Sumaryadi

Menurut Sumaryadi, pemberdayaan masyarakat adalah upaya mempersiapkan masyarakat agar mereka mampu mewujudkan kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan dalam suasana  adil sosial dan berkelanjutan.

Suharto

Pemberdayaan masyarakat adalah sebuah proses memperkuat masyarakat yang mengalami masalah kemiskinan dengan tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang berdaya, memiliki kekuasaan atau pengetahuan, dan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara ekonomi maupun sosial.

Fahrudin

Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk memampukan dan memandirikan masyarakat dengan upaya memperkuat potensi, mengembangkan sistem perlindungan, dan menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi masyarakat untuk berkembang.

Carlzon dan Macauley

Pemberdayaan masyarakat adalah memberikan kebebasan kepada seseorang untuk bertanggung jawab terhadap ide-ide dan tindakan-tindakannya.

Shardlow

Pemberdayaan adalah bagaimana individu, kelompok ataupun komunitas berusaha mengontrol kehidupan mereka sendiri dan mengusahakan untuk membentuk masa depan sesuai dengan keinginan mereka

Tujuan Pemberdayaan Masyarakat

perusahaan retail

Terdapat lima tujuan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat, di antaranya:

1. Perbaikan kelembagaan (better institution)

Dengan adanya pemberdayaan, maka perbaikan kelembagaan akan menjadi lebih mudah untuk didapatkan sehingga pebgembangan jaringan lebih mudah diwujudkan.

2. Perbaikan bisnis (better business)

Salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat adalah dengan perbaikan pendidikan. Dengan pendidikan yang lebih baik, maka diharapkan tercipta bisnis yang lebih maju.

3. Perbaikan pendapatan (better income)

Dengan terjadinya perbaikan bisnis, maka pendapatan yang diperoleh pun akan lebih besar sehingga kehidupan keluarga maupun karyawan akan lebih sejahtera.

4. Perbaikan lingkungan (better environment)

Dengan pendapatan yang lebih baik, maka perbaikan lingkungan akan lebih mudah tercapai. Sebab seringkali kerusakan lingkungan terjadi karena tingkat pendapatan masyarakatnya yang terbatas.

5. Perbaikan kehidupan (better living)

Dengan lingkungan hidup yang lebih baik maka diharapkan dapat memperbaiki keadaan setiap keluarga dan masyarakat yang ada di daerah tersebut.

Ide Pemberdayaan Masyarakat

Miskin (Orang yang berpenghasilan rendah)

Bagi kita yang ingin berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat dan kebetulan berniat merintis sebuah usaha, maka kita bisa menggabungkan kedua hal ini sehingga bisa bermanfaat dalam meningkatkan kualitas masyarakat sekaligus mensukseskan bisnis kita.

Berikut ini adalah tiga ide pemberdayaan masyarakat dalam dunia usaha yang bisa diterapkan.  

1. Menjadi media promosi hasil produksi

Kita sebagai pelaku usaha, biasa memanfaatkan pemberdayaan masyarakat sebagai ajang promosi penjualan, terutama saat kita ingin produk kita lebih cepat dikenal oleh masyarakat sebagai target pasar.

Misalnya, perusahaan kita menghasilkan tas dari kerajinan tangan. Nah,  kita bisa menggunakan masyarakat yang ada di lingkungan usaha kita untuk mempromosikannya dari mulut ke mulut maupun dengan bantuan media sosial. Dengan begitu usaha yang kita jalani akan semakin dikenal dan proses distribusi pun akan berjalan dengan baik.

2. Memberdayakan masyarakat sebagai Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia memang selalu menjadi faktor yang penting untuk diperhatikan ketika merintis sebuah usaha sebab hal ini akan menjadi faktor penentu sukses atau tidaknya sebuah usaha.

Maka dari itu, pemberdayaan masyarakat bisa dilakukan dengan mengadakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan wawasan. Dengan begitu, maka bukan cuma usaha saja yang akan maju, namun kita juga membantu masyarakat dari segi edukasi dan penambahan keterampilan.

Dalam proses pelatihan tentunya kita akan menghadapi beberapa kendala terlebih jika masyarakat yang dilatih memiliki pengalaman yang masih minim. Namun, dengan kegigihan dan pelatihan yang dilakukan secara konsisten, maka akan menghasilkan bibit-bibit unggul yang menguntungkan.

3. Menggerakkan aksi sosial

Selain meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya, pemberdayaan masyarakat juga bisa dilakukan untuk menggerakkan aksi sosial yang kita lakukan.

Misalnya, kita ingin melakukan sebuah aksi sosial membantu perbaikan sebuah sekolah yang rusak. Maka kita bisa memanfaatkan publikasi di media sosial.

Dengan begitu, akan banyak orang yang tahu dan me-repost atau retweet informasi yang kita bagikan. Selain itu, pemanfaatan situs pengumpulan dana seperti kitabisa.com juga bisa dilakukan utnuk menyukseskan penggalangan dana agar lebih cepat terkumpul.

Pemberdayaan masyarakat memang mampu memberikan kehidupan yang lebih baik pada masyarakatnya baik dari segi sosial maupun ekonomi. Namun untuk mencapai hasil yang diinginkan maka pemberdayaan harus dilakukan secara konsisten dengan berbagai pelatihan dan bimbingan yang tepat.

Bagi yang sedang merintis sebuah usaha, pemanfaatan pemberdayaan masyarakat yang baik tentunya akan berdampak positif pada usaha yang dirintis. Dengan begitu, kita pun akan mendapat banyak keuntungan dan masyarakat yang berada di lingkungan usaha kita pun akan memiliki peningkatan kualitas baik keterampilan maupun pendapatan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →