Bagaimana Cara Mudah Cepat Kaya? Ini Rahasianya

cara cepat kaya

Setiap orang tentu pengin punya banyak uang dan cepat kaya biar gak perlu pusing memikirkan biaya hidup yang semakin hari semakin mahal. Namun, bagaimana cara cepat kaya?

Sebenarnya, salah satu cara cepat kaya sederhana agar punya banyak uang adalah pintar mengelola keuangan dan tahu ke mana uang harus dialokasikan. Selain itu, juga memiliki produk asuransi kesehatan untuk mengantisipasi risiko di masa depan.

Kamu bisa menerapkan sistem mengelola keuangan 50/20/30. Maksudnya? Berikut ini sedikit penjelasannya:

  1. 50 persen untuk kebutuhan pokok, yaitu buat bayar cicilan kredit atau sewa rumah, belanja bulanan (beli bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga lainnya), cicilan kendaraan, pulsa dan internet serta tagihan lainnya seperti listrik, air dan lainnya.
  2.  20 persen untuk tujuan finansial yaitu buat investasi, asuransi serta menabung.
  3.  30 persen untuk gaya hidup yaitu belanja, nongkrong di kafe, jalan-jalan dan lainnya.

Sayangnya, banyak orang terlena dengan kenyamanan gaya hidup yang sebenarnya secara perlahan menjerumuskan mereka ke lubang utang yang bikin keuangan jadi amburadul.

Boro-boro buat nabung dan investasi, uang sudah habis padahal tanggal gajian masih lama. Gak cuma itu, buat ongkos sehari-hari saja kadang keteteran dan ujung-ujungnya pinjam uang teman atau minta uang sama orangtua. Duh, capek gak sih kalau setiap bulan harus hidup seperti itu?

Karena itu, kali ini Lifepal ingin memberikan beberapa tips sederhana yang bisa membantu kamu mengetahui bagaimana cara cepat kaya dan punya banyak uang seperti yang dilansir dari beberapa sumber. Berikut, enam di antaranya:

Pintar melihat peluang baru

Seiring perkembangan zaman yang kian canggih, semakin banyak pula bermunculan peluang-peluang baru yang dapat menambah saldo rekening tabunganmu.

Karena itu, mulailah pintar-pintar melihat peluang baru seperti membuka usaha kecil-kecilan. Bahkan, kamu kini bisa membuka usaha tanpa modal.

Tepis rasa malas dan buang jauh-jauh kebiasaan buruk yang bisa menjadi penghambat rezekimu. Lakukanlah dengan giat dan kerja keras karena usaha gak  akan mengkhianati hasil. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan keuntungan dan membuat uangmu cepat terkumpul.

Tahan keinginan belanja

cara cepat kaya
cara cepat kaya

Melihat barang bagus, terutama pakaian, memang sangat menggoda iman. Pengin rasanya memborong semua baju agar penampilan semakin keren.

Tapi, tahukah kamu kalau hawa nafsu belanja itu menjadi salah satu biang kerok yang bikin keuanganmu berantakan? 

Belanja boleh saja, tapi kamu perlu tahu mana yang memang benar-benar dibutuhkan dan mana yang hanya karena keinginan semata saja.

Karena itu, sebaiknya kamu jangan mudah terlena dengan barang-barang kece yang dipajang di mal atau online shop. Selain itu, jangan terkecoh membeli barang gak penting hanya karena sedang diskon atau promo.

Jika kebiasaan buruk itu gak cepat dihentikan, siap-siap aja dompetmu bakalan terus kering kerontong setiap bulan. Jadi, mulailah tahan dengan godaan belanja demi memiliki kondisi finansial yang baik di kemudian hari.

Jangan gampang pinjam uang

Kini sudah banyak sekali penyedia jasa pinjam uang hanya bermodalkan KTP dengan bunga yang sangat fantastis. Memang gak sedikit orang yang berani berutang demi memenuhi gaya hidup yang kelewat tinggi.

Kemudahan meminjam uang itu yang secara perlahan mendorong kamu ke jurang utang. Berawal dari meminjam uang ratusan ribu hingga menjadi jutaan rupiah.

Kondisi tersebut tentu saja dapat membuat kondisi finansial kamu berantakan, apalagi jika akhirnya gaji kamu habis cuma buat bayar utang. Karena itu, sebelum kejadian buruk itu terjadi diri kamu, sebaiknya setop kebiasaan ngutang yang tentunya bisa merugikan diri sendiri.

Tetapkan tujuan

Cara sederhana lainnya yang bisa membantu kamu biar cepat kaya adalah dengan menetapkan tujuan. Pasalnya, saat kamu memiliki tujuan, maka kamu akan lebih bersemangat mencari dan mengumpulkan uang agar keinginanmu itu bisa cepat tercapai.

Misalnya, di waktu dua tahun ke depan, kamu harus menikah atau menaikkan haji kedua orangtua. Jadi, carilah tujuan yang benar-benar bisa memicu kamu buat terus semangat mencari uang.

Nabung uang koin

Kamu sering dengar orang yang membeli barang dengan uang koin? Misalnya, seorang pria di China yang bisa mengumpulkan uang hingga Rp1,44 miliar hanya dari uang koin dan membeli sebuah mobil mewah.

Karena itu, mulai sekarang simpan uang koin mu di dalam celengan atau wadah. Gak perlu dihitung-hitung, tapi tahu-tahu sudah terkumpul jutaan atau ratusan juta rupiah. Seru banget kan? Meski sedikit, tapi lama-lama bisa jadi bukit.

Hidup sederhana

Meski kamu giat mencari uang tapi masih doyan foya-foya, ya sama aja bohong. Mau punya uang sebanyak apapun bakal habis-habis juga.

Karena itu gak usah gegayaan hidup glamor kalau penghasilan aja masih pas-pasan. Contoh saja, bos Facebook, Mark Zuckerberg yang dikenal dengan hidup sederhananya padahal punya kekayaan US$60,3 miliar atau yang kalau dirupiahkan mencapai Rp844 triliun menurut Forbes.

Jadi, daripada uangmu habis cuma buat senang-senang semata, lebihkan alihkan buat keperluan lain yang lebih bermanfaat seperti investasi salah satunya. 

Investasi

Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu lakukan. Mulai dari saham, obligasi, properti, valuta asing, emas dan lain-lain. 

Menurut pakar keuangan Ramit Sethi, rata-rata seorang jutawan melakukan investasi sebesar 20 persen dari pendapatan rumah tangga mereka setiap tahun. 

Buat mereka, kekayaan gak diukur dari berapa penghasilan tiap tahun, tapi berapa yang sudah ditabung dan diinvestasikan. 

Buka usaha dengan modal kecil atau tanpa modal

Mau cepat kaya tapi minim modal atau malah gak punya modal sama sekali? Jangan kecil hati dulu! Banyak lho yang bisa kamu lakukan dengan kondisi seperti ini.

Kamu bisa menjadi dropshipper, yaitu menjual barang secara online tanpa harus memiliki langsung barangnya. 

Artinya, kamu hanya membantu memasarkan barang milik supplier dan kalau ada yang beli, kamu juga hanya perlu meminta data pribadi pembeli dan pembayaran. Cukup supplier yang nanti akan mengirimkan barangnya. 

Usaha yang lain adalah kamu bisa menjadi penulis artikel lepas dengan bayaran tertentu. Selain tanpa keluar modal, kamu juga bisa menyalurkan hobi menulis kamu.

Tips sikap agar cepat kaya

Cepat kaya juga gak lepas dari pribadi kamu sendiri. Bagaimana kamu menyikapi kondisi, menyelesaikan masalah, dan seberapa keras usaha yang kamu lakukan. Nah, biar kamu bisa memantapkan diri untuk jadi orang kaya, silahkan simak tips berikut:

 Gak suka foya-foya

Kalau sedikit-sedikit pesta dan senang-senang, bagaimana kamu bisa jadi kaya? Daripada menghamburkan uang untuk kesenangan sesaat, sebaiknya kamu mengalokasikannya untuk investasi atau keperluan lain yang menghasilkan.

 Punya penghasilan lebih dari satu

Jangan pernah mengandalkan penghasilan hanya dari satu sumber saja. Kamu bisa mencontoh beberapa orang terkenal, seperti Cristiano Ronaldo yang meskipun sudah mendapatkan bayaran tinggi dari sepak bola, tapi masih berbisnis hotel.

Kamu juga bisa melakukan hal yang sama. Selain punya pekerjaan utama, kamu bisa melakukan bisnis online sebagai tambahan penghasilan.

Punya mindset kaya

Menurut Warren Buffet, yang gak kalah penting dari keinginan menjadi kaya adalah menentukan mindset diri sendiri. 

Menurut Buffet, orang menjadi miskin dan tetap miskin karena mindset-nya sering tentang kekurangan, sedangkan orang bisa jadi kaya karena punya mindset tentang kemakmuran.

Rajin investasi

Orang kaya gak akan pernah puas dengan penghasilan yang diterima. Ia akan selalu menginvestasikan lagi dana yang dimiliki untuk mendapatkan uang yang lebih banyak.

Penelitian membuktikan bahwa sekitar 20 persen orang kaya mengeluarkan 16 persen penghasilannya untuk kebutuhan investasi. Rata-rata investasi yang dipilih adalah saham, obligasi, emas, mata uang dan reksa dana. 

Pantang menyerah

Ingat kisah Kolonel Sanders sang pendiri KFC? Beliau justru menuai kesuksesan di usianya yang senja dan sempat akan melakukan bunuh diri karena frustasi dengan kondisinya yang selalu gagal dan miskin.

Namun, semangat untuk mencoba dan berusaha lagi selalu bangkit hingga akhirnya restoran cepat saji paling populer di dunia itu bisa kita nikmati seperti sekarang ini.

Hindari utang yang tak menghasilkan

Berhutang memang disebabkan banyak alasan. Tapi kalau alasannya gak penting dan kamu hanya sekadar ingin belanja saja, lebih baik jangan berhutang. Gunakan uang yang kamu pinjam dengan bijak.

Itu dia cara sederhana yang harus banget kamu lakukan dari sekarang biar cepat kaya dan punya banyak uang, gampang banget kan?

Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar keuangan, yuk tanyakan langsung ke ahlinya lewat fitur Tanya Lifepal!

(Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →