5 Tips Biar Terhindar dari Penipuan Asuransi Kesehatan

penipuan asuransi kesehatan

Penipuan asuransi kesehatan sepertinya menjadi topik yang tak pernah surut. Penipuan yang dilakukan oleh oknum agen yang mengaku-ngaku menjual produk asuransi terpercaya adalah risiko yang bisa jadi sulit dihindari.

Jangan sampai tertipu, ini bekal kita saat mau beli asuransi

Jangan terkecoh dengan penampilan seorang agen asuransi atau tampilan situs online yang menarik, kita harus cermat saat menentukan pilihan di mana mau membeli produk asuransi kesehatan yang tepat.

Yuk simak 5 tips agar terhindar dari penipuan asuransi kesehatan berikut ini. 

1. Kenali jenis penipuan asuransi kesehatan

Penipuan asuransi alias fraud pada layanan asuransi kesehatan memiliki banyak jenisnya. Berikut ini beberapa contoh penipuan asuransi kesehatan. 

  • Pemalsuan identitas yang dapat merugikan perusahaan penjamin dan dapat mendorong kenaikan premi bagi nasabah. 
  • Tidak bisa melakukan klaim karena ternyata uang premi dibawa kabur. 
  • Membengkaknya tagihan, bahkan adanya tarif jasa yang tidak pernah dilakukan alias fiktif.
  • Pemberian obat-obatan atas indikasi yang tidak jelas manfaatnya, pemeriksaan laboratorium dan diagnostik atas indikasi yang tidak tepat. Hal ini akan mengurangi limit tahunan sehingga tak bisa menggunakan asuransi kesehatan ketika benar-benar diperlukan.

2. Pahami jenis produk asuransi kesehatan yang ditawarkan

Mengingat banyaknya kasus penipuan asuransi kesehatan, calon nasabah sebaiknya lebih teliti saat mau membeli polis asuransi. 

Pastikan calon nasabah sudah mengerti jenis asuransinya terlebih dahulu agar manfaat yang diterima nantinya sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan. Belum lagi, ada uang yang ditransaksikan.

Selain itu sebagai nasabah pastikan lebih kritis saat akan membeli polis asuransi dari perusahaan tertentu. Jika perlu datangi kantor resmi mereka untuk berkonsultasi secara langsung.

3. Baca polis dengan cermat dan detail

Selanjutnya baca polis dengan cermat pastikan perlindungan apa saja yang didapatkan. Ketika membeli produk asuransi kesehatan, jangan lupa untuk menanyakan penyakit dan kondisi kesehatan yang ditanggung dalam paket asuransi tersebut. 

Apalagi, jika kamu memiliki riwayat penyakit keturunan yang kemungkinan membutuhkan perlindungan di masa depan.

Intinya, apakah pertanggungan yang ditawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan? 

Selain dari segi manfaat, pastikan untuk memahami proses pengajuan klaim saat terjadi risiko. Apakah sistem klaimnya cashless atau reimbursement? 

Jangan lupa juga untuk menanyakan soal dokumen yang harus dipenuhi ketika mengajukan klaim, teknis pengajuan klaim, serta kepada siapa dokumen tersebut akan dikirim.

4. Pastikan membeli pada agen yang berlisensi

Bagi seorang agen asuransi, lisensi merupakan hal yang amat penting. Untuk itulah, sebelum memutuskan untuk membeli asuransi, pastikan bahwa agen yang menawarkan produk tersebut sudah memiliki sertifikat resmi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Para agen yang mendapatkan lisensi sudah melakukan serangkaian pelatihan untuk pekerjaannya, mulai dari perusahaan hingga pelatihan lanjutan setelah mengambil Certified Professional Development atau CPD. Jadi, pastinya lebih bisa dipercaya. 

Nah, kalau agen tersebut tidak memiliki lisensi, biasanya dia hanya menjual produk saja. Lebih baik dihindari untuk mengantisipasi kesulitan mendapatkan informasi dan pengajuan klaim saat nanti dibutuhkan. 

5. Beli melalui broker asuransi terpercaya 

Mau cara yang lebih simpel dan dijamin terhindar dari penipuan asuransi kesehatan? Beli saja di Lifepal sebagai broker asuransi terpercaya.

Sebagai marketplace asuransi nomor satu di Indonesia, Lifepal adalah tempat terbaik untuk mendapatkan informasi perasuransian terlengkap sekaligus membantu calon nasabah mendapatkan perbandingan berbagai referensi polis asuransi terbaik secara online. 

Proses beli dan daftar asuransi online melalui Lifepal sangatlah mudah. Di sini calon nasabah bisa mencari tahu terlebih dahulu produk asuransi yang diinginkan secara online dan gratis melalui situs atau menghubungi pusat layanan.

Berikut ini adalah langkah-langkah bertransaksi asuransi online melalui situs Lifepal.

  • Langkah 1: Kunjungi situs lifepal.co.id, pilih kolom jenis asuransi yang diinginkan
  • Langkah 2: Isi formulir data diri, seperti jenis kelamin, usia, nomor telepon, dan email. Kemudian klik Tampilkan Pilihan Polis.
  • Langkah 3: Ikuti langkah-langkah selanjutnya guna melihat polis yang tersedia dan cocok untuk kamu.
  • Langkah 4: Pilih 3 polis yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, kemudian klik tombol Bandingkan pada masing-masing kolom brand.
  • Langkah 5: Klik Bandingkan Produk. Bandingkan dan pelajari manfaat polis.
  • Langkah 6: Jika sudah memutuskan polis yang ingin dibeli, klik Beli.
  • Langkah 7: Registrasi akun dengan mengisi data diri, kemudian klik Check Out.

Berikut ini adalah langkah-langkah transaksi asuransi online via sambungan telepon.

  • Langkah 1: Hubungi call center Lifepal di nomor (021) 3111 6121.
  • Langkah 2: Lakukan konsultasi untuk mengetahui kebutuhan dan anggaran.
  • Langkah 3: Tim Lifepal akan memberikan rekomendasi polis yang sesuai dengan profil nasabah.
  • Langkah 4: Proses pelengkapan dokumen dapat dilakukan via email atau dalam bentuk PDF.
  • Langkah 5: Buku polis dalam bentuk hardcopy akan dikirimkan ke rumah nasabah..

Tak perlu khawatir dengan adanya tindakan penipuan atau agen asuransi yang ternyata ketahuan penipu jika membeli asuransi kesehatan di Lifepal. 

Lifepal juga bekerja sama dengan PT Anugrah Atma Adiguna sebagai pialang asuransi yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga menjadikannya sebagai broker asuransi online yang aman dan terjamin. 

Selain asuransi kesehatan, Lifepal menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia dalam menghadirkan berbagai pilihan produk asuransi lainnya.

Di antaranya asuransi jiwa (termasuk bisa digunakan untuk asuransi pendidikan), asuransi motor, dan asuransi mobil terbaik, serta asuransi syariah. Adapun polis yang tersedia mencakup plan individu, keluarga, dan karyawan.

Agar kamu terjamin dari adanya tindak penipuan asuransi, pastikan bahwa kamu memilih perusahaan asuransi yang sudah terdaftar secara resmi di dalam Asosiasi Asuransi Umum Indonesia atau Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia.

Kalau kamu punya pertanyaan terkait manfaat asuransi lainnya sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Pertanyaan seputar manfaat asuransi

Perlindungan finansial dari asuransi penting untuk dimiliki agar kamu tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang pada akhirnya bisa menguras tabunganmu. Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu asuransi kesehatan dan asuransi jiwa Untuk mendapatkan referensi produk asuransi terlengkap, cari tahu di Lifepal.
Perusahaan asuransi yang baik bagi tiap-tiap nasabah tentu saja berbeda-beda. Misal, untuk yang berusia lanjut, tentu asuransi kesehatan terbaik adalah yang menanggung hingga usia 100 tahun. Namun, untuk yang memiliki riwayat penyakit kritis dalam keluarga, maka asuransi kesehatan terbaik adalah yang menanggung risiko penyakit kritis sekaligus. Sama halnya dalam memilih asuransi jiwa dan asuransi mobil. Kembali lagi harus disesuaikan dengan profil nasabah. Jadi, jangan hanya berfokus pada premi murah saja.
Dapatkan Promo