Pernikahan Sederhana di Bawah Rp10 Juta, Ini Tipsnya

estimasi biaya pernikahan sederhana

Perencanaan untuk menggelar acara pernikahan sederhana bukanlah sesuatu yang tabu untuk dibicarakan. 

Jangan lupa dengan esensi dari sebuah pernikahan adalah pada prosesi ijab kabulnya. Selepas itu, terserah kamu untuk menggelar konsep acara perayaan yang seperti apa sesuai dengan anggaran dana yang dimiliki. 

Bicara tentang pernikahan berkonsep minimal, namun tetap meriah, percayakah kamu bahwa Rp10 juta saja sudah cukup untuk menggelar pernikahanmu? Jawabannya mungkin dan Ini triknya!

Tidak perlu resepsi, akad saja sudah cukup

Biasanya sumber pengeluaran terbesar para pasangan yang akan menikah adalah mempersiapkan resepsi pernikahan. 

Bayangkan saja, untuk sekali menggelar resepsi pernikahanmu bisa menghabiskan bujet pernikahan minimal Rp10 juta. Belum lagi persiapan yang lama, mulai dari survei tempat, katering, sampai koordinasi bersama wedding organizer, membayangkannya saja sudah bikin lelah, ya.

Nah, untuk menghemat biaya dan waktu pernikahan, nyatanya menggelar akad pernikahan tanpa resepsi saja sudah cukup, lho. Justru pernikahan akan terkesan lebih intim karena hanya dikelilingi orang-orang terdekat yang sangat mengenalmu.

Tidak perlu gedung mewah, pilih lokasi di rumah yang gratis

Daripada harus menyewa gedung yang bisa menghabiskan banyak biaya, bagaimana kalau melangsungkan pernikahan di rumah saja? Lagipula kekhidmatan sebuah pernikahan tidak diukur dari seberapa besar dan megah venue pernikahan. Apalagi jika kamu hanya menggelar prosesi akad pernikahan saja, tentu kamu tidak terlalu membutuhkan gedung pernikahan yang terlalu besar.

Misalnya, harga sewa gedung paling murah sekitar Rp3 juta, sedangkan biaya nikah di rumah gratis. Uang yang kamu bisa hemat akan bermanfaat disimpan sebagai dana darurat.

Dibanding katering mending masak sendiri cuma Rp1,8 Juta

Meskipun menggunakan konsep pernikahan sederhana, kamu tetap harus menyiapkan hidangan untuk disajikan kepada para tamu undangan. Daripada memanfaatkan jasa katering yang mahal dan belum tentu memiliki rasa yang sesuai seleramu, mending memasak hidangan sendiri yang relatif murah. 

Dalam menyiapkan hidangan, mintalah bantuan teman, kerabat, maupun tetangga agar proses memasak jauh lebih cepat. Masih tidak yakin memasak hidangan sendiri dapat meminimalkan bujet? Yuk, simak contoh berikut ini.

Menyewa jasa katering

Harga untuk per paket buffet pernikahan dengan menu nasi, sup makaroni sosis, ayam goreng, bihun goreng, sambal, kerupuk, buah, dan air adalah Rp50 ribu. Maka biaya yang harus kamu siapkan untuk 25 tamu undangan beserta pasangan masing-masing adalah Rp50 ribu x 50 = Rp2,5 juta.

Memasak sendiri

Sedangkan bila memasak sendiri, maka kisaran harga yang akan dikeluarkan:

  • 5 kg beras: Rp50 ribu
  • Sup makaroni: Rp250 ribu
  • Ayam goreng: Rp200 ribu
  • Bihun goreng: Rp200 ribu
  • Sambal: Rp100 ribu
  • Kerupuk 3kg: Rp80 ribu
  • Buah: Rp250 ribu
  • Air 2 karton: Rp60 ribu

Jadi total biaya yang kamu keluarkan untuk makanan adalah sekitar Rp1,79 juta atau lebih murah 700 ribu dibandingkan biaya katering. Berarti kamu sudah menghemat 28 persen dari biaya menggunakan katering.

Tunda foto prewedding, foto polaroid saja Rp20 ribu

Rasanya foto prewedding sudah dianggap kewajiban oleh sebagian orang yang mau melangsungkan pernikahan. Padahal, jika kamu hanya memiliki bujet yang terbatas, foto prewedding bisa menyedot pengeluaran yang cukup besar.

Kamu dapat menggantinya dengan memajang foto momen bersama calon suami/istri di waktu lalu dalam bentuk foto polaroid. Selain memberikan kesan klasik dan sederhana, menyiapkan foto polaroid pun tidak membutuhkan bujet yang besar. Mari kita bandingkan secara simpel.

Pernikahan Sederhana di Bawah Rp10 Juta, Ini Tipsnya
Pernikahan Sederhana di Bawah Rp10 Juta, Ini Tipsnya

Dengan foto prewedding

Misalnya, harga foto prewedding termurah adalah Rp700 ribu untuk 10 gaya foto dengan durasi empat jam. Berarti untuk satu gaya foto, kamu hanya diberikan waktu 24 menit saja dengan masing-masing seharga Rp70 ribu.

Tanpa foto prewedding

Tentu sepuluh foto terasa kurang, bukan? Lebih baik kamu mencetak foto momen kebersamaan yang sudah ada di tempat cetak foto polaroid. Biasanya harga cetak foto polaroid cukup Rp200 per foto. Maka, untuk cetak 100 foto kamu hanya membutuhkan bujet Rp20 ribu saja. Lumayan, ‘kan?

Nah, mengenai konsep penyajiannya terserah kalian berdua. Mungkin bisa dengan menempelkan foto-foto tersebut di sepanjang tali pada dinding acara pernikahan untuk memberi para tamu sebuah kesan sedang menyusuri perjalanan waktu kebersamaan kalian dari awal hingga ke jenjang pernikahan.

Sewa baju pernikahan yang sudah sepaket seragam keluarga Rp5 juta

Baju pernikahan merupakan aspek vital dalam sebuah pernikahan. Setiap pengantin tentu menginginkan baju pernikahan yang indah dan megah. Sayangnya, untuk mendapatkan baju pernikahan seperti ini, kamu harus menyiapkan bujet yang cukup besar.

Jika bujet yang kamu miliki tidak besar, maka kamu bisa menyewa baju pernikahan yang sudah sepaket dengan seragam keluarga. Sekarang sudah banyak lho paket-paket sewa baju pernikahan murah. Berikut adalah contoh beberapa vendor yang bisa kamu jadikan acuan.

Zahira Wedding, Paket Rp5 juta

  • Busana pernikahan + rias
  • Seragam orang tua + rias
  • Busana penerima tamu + rias

Rumah Safa, Paket Samara (Rp5,9 juta)

  • Busana pernikahan + rias dan aksesoris
  • Busana orang tua (2 pasang) + rias dan aksesoris
  • Busana penerima tamu (4 pasang) + rias dan aksesoris

Rias sendiri atau minta bantuan teman Rp600 ribu

Apabila sewa baju pengantin yang kamu dapatkan tidak menyertakan rias pengantin, kamu tidak perlu mencari jasa Make Up Artist (MUA) untuk mengatasinya. 

Menyewa jasa MUA

Harga sewanya bisa beragama tergantung fasilitas yang didapatkan dan jam terbangnya, namun rata-rata harga jasa MUA yang beredar Rp500 ribu hingga Rp3 juta.

Tanpa jasa MUA

Nah, daripada kamu menggunakan jasa MUA, lebih baik minta bantuan teman yang jago merias. Jangan sia-siakan peluang untuk meminta harga teman guna menghemat bujet, ya.

Misalnya, teman kamu yang seorang MUA biasa memberikan tarif sekitar Rp2 juta. Karena teman dekat, kamu mendapatkan potongan harga yang besar sekitar 70 persen. Maka biaya yang harus dikeluarkan cukup Rp600 ribu.

Selain meminta potongan harga, kamu juga bisa lho meminta digratiskan dan imbalannya kamu bisa mentraktir dia dan keluarganya makan bersama.

Tidak perlu jasa fotografer, minta bantuan teman saja cukup Rp600 ribu

Tidak menggunakan jasa fotografer bukan berarti pernikahan yang kamu langsungkan tidak perlu diabadikan. Sebagai gantinya, kamu bisa meminta teman atau kerabat yang mahir membidik gambar untuk membantu sebagai juru foto selama acara berlangsung. 

Misalnya, harga sewa jasa fotografer pernikahan beserta alat-alatnya sekitar Rp2 juta untuk durasi satu hari. Nah, tentu bantuan teman atau kerabat tidak memerlukan biaya jasa sehingga kamu cukup menyiapkan perlengkapan foto, seperti lensa kamera, tripod, flash eksternal, memory card, dan baterai cadangan yang semua dapat kamu sewa dengan harga Rp300 ribu hingga Rp600 ribu.

Undang orang terdekat saja, maksimal 50 orang

Dikarenakan pernikahan yang diselenggarakan hanya akad saja, maka kamu tidak perlu mengundang terlalu banyak orang, cukup maksimal 50 tamu saja sudah beserta pasangan. 

Meskipun sulit memilih tamu yang akan diundang dari banyaknya teman yang kamu dan pasangan miliki. Lebih baik undanglah mereka yang telah berjasa atau dekat sekali dengan kamu dan pasangan. Dengan begitu pernikahan kamu pun akan jauh lebih khidmat dan intim.

Pilih bibit tanaman sebagai suvenir

Ketika bujet yang kamu miliki tidak besar, maka jangan coba-coba untuk menyiapkan barang untuk suvenir dengan harga yang mahal. Pilihlah suvenir pernikahan dengan harga yang murah namun tetap memiliki manfaat untuk tamu undangan, contohnya saja bibit tanaman.

Misalnya, kamu membeli bibit bunga matahari yang berisi 50 bibit iji dengan harga Rp10 ribu. Sementara tiap tamu undangan akan mendapatkan masing-masing 10 bibit. Maka bujet yang harus kamu keluarkan sebagai berikut.

10 bungkus bibit bunga matahari x Rp10 ribu = Rp100 ribu

Sebagai bahan pembungkus, kamu bisa menggunakan plastik mika seharga Rp20 ribu per meter. 

Maka, total pengeluaran kamu untuk memberikan suvenir pada tamu undangan adalah Rp120 ribu. Tentu hal ini akan membantu kamu dalam menghemat bujet pernikahan.

Minta teman untuk jadi Wedding Organizer dadakan

Setelah kamu menyiapkan hal-hal di atas, tentu kamu akan membutuhkan bantuan selama pernikahan dilaksanakan. Nah, daripada menggunakan wedding organizer profesional yang memiliki harga mahal, mending memanfaatkan jalinan pertemanan untuk menunjang bujet pernikahan sederhana.

Biasanya jasa wedding organizer murah berada dikisaran harga delapan jutaan. Maka dengan meminta bantuan teman, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sebesar itu. Justru pernikahan sederhana kamu akan terkesan lebih istimewa karena disiapkan bersama teman-teman.

Panggil penghulu ke rumah Rp600 ribu

Apalah artinya sudah menyiapkan segala persiapan pernikahan bila tidak ada penghulu yang akan meresmikan. Kamu cukup menyiapkan biaya Rp600 ribu untuk mengundang penghulu datang ke rumah setelah itu tidak ada lagi biaya yang harus disiapkan.

Simulasi bujet pernikahan sederhana

Dengan rincian pengeluaran untuk pernikahan di atas, maka berikut adalah total biaya yang akan kamu keluarkan.

Hal yang Harus Disiapkan Harga
Masak Sendiri Rp1,8 juta
Foto Polaroid Rp20 ribu
Sewa Baju Pernikahan Rp5 juta
Rias Pengantin Rp600 ribu
Dokumentasi Rp600 ribu
Suvenir Rp120 ribu
Panggil Penghulu Rp600 ribu
Total Rp8,740 juta

Sering kali orang merasa gengsi untuk tidak menyelenggarakan resepsi pernikahan sehingga akhirnya harus memaksakan diri padahal bujet yang dimiliki tidak besar. Namun terbukti dengan adanya rincian di atas, pernikahan dengan bujet kurang dari Rp10 juta ternyata bisa dilakukan. 

Walau demikian, sebelum kamu memutuskan untuk menggelar pernikahan sederhana, pastikan sudah membicarakannya terlebih dahulu bersama pasangan dan keluarga besar agar pernikahan tetap bisa berjalan lancar dan membahagiakan.

Manfaatkan asuransi untuk menjamin keuanganmu tetap sehat

Setelah menikah, kamu dan pasangan tentu harus mulai menyusun anggaran baru dalam membina keuangan rumah tangga yang ideal. Menjawab soal itu, tentu kamu perlu menyisihkan sebagian penghasilan sebagai anggaran kesehatan, bukan?

Pernikahan Sederhana di Bawah Rp10 Juta, Ini Tipsnya
Pernikahan Sederhana di Bawah Rp10 Juta, Ini Tipsnya

Nah dalam hal ini, pastikan kamu memiliki kondisi keuangan yang sehat berkat asuransi kesehatan. Kenapa harus punya asuransi kesehatan?

Manfaat asuransi kesehatan secara menyeluruh akan membantu kamu menyusun perencanaan keuangan yang lebih aman karena kini kamu tidak perlu khawatir lagi dengan biaya berobat ke rumah sakit yang mahal jika kamu mengalami musibah yang terjadi secara mendadak sedangkan kamu sedang tidak memiliki banyak uang untuk membayar biaya berobat.

Dengan adanya asuransi kesehatan, maka tagihan rumah sakit kamu akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Dengan cukup membayar premi asuransi yang jumlahnya kamu bisa sesuaikan, kamu akan terlindungi dari tagihan kesehatan hingga belasan dan bahkan puluhan juta.

Yuk cari tahu informasi selengkapnya tentang manfaat asuransi kesehatan dan apa saja rekomendasi perusahaan asuransi kesehatan yang kamu bisa pilih hanya di Lifepal.