10 Produk Indonesia Ini Ternyata Laris di Luar Negeri! Lihat Kalau Gak Percaya

produk indonesia

Siapa bilang produk Indonesia susah Go International? Buktinya nih, ada beberapa produk dalam negeri yang jangkauan pasarnya hingga luar negeri. Gak cuma satu atau dua produk, tapi lebih dari lima produk lho. Apa gak hebat tuh?

Adanya produk-produk yang Go International jadi fakta kalau produk dalam negeri bukan cuma bisa jadi primadona di pasar sendiri, melainkan juga bisa jadi produk Indonesia yang digemari konsumen-konsumen di luar sana. Tentu aja kita patut berbangga hati karena hal tersebut.

Maklum aja nih, sampai saat ini masih ada orang-orang yang ragu kalau produk-produk bikinan Indonesia bisa bersaing. Katanya sih produk dalam negeri itu gak mutu makanya sulit laku di negeri orang.

Seolah menjungkalkan asumsi yang merebak di tengah-tengah masyarakat, deretan produk Indonesia ini bisa sukses dan mencetak profit di negeri orang lho. Apa aja produk-produknya? Langsung dicek aja yuk.

1. Indomie

produk indonesia
Indomie ini udah mendunia lho. (Shutterstock)

Produk Indonesia yang satu ini emang jadi salah satu jawaranya mi instan di negeri sendiri. Namun, siapa sangka kalau Indomie itu juga punya penggemar di luar negeri.

Menurut data yang dihimpun perusahaan riset Kantar Worldpanel, Indomie berada di peringkat kedelapan sebagai produk yang digemari masyarakat dunia. Data 2017 ini menunjukkan Indomie bersaing dengan 50 produk lainnya dalam merebut pasar global.

Indomie merupakan salah satu brand mi instan yang diproduksi Indofood. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1990 ini dikenal sebagai salah satu perusahaan consumer goods terbesar di Indonesia.

2. Tolak Angin

produk indonesia
Tolak Angin ternyata gak cuma diminum orang Indonesia. (Instagram/@tolak_angin)

Lewat Tolak Angin, khasiat jamu Indonesia diakui banyak orang. Pengakuan ini asalnya gak cuma dari Indonesia lho, tapi juga dari negara lain.

Produk Indonesia yang satu ini diproduksi Sido Muncul dan bisa dibilang Tolak Angin menjadi produk andalannya. Menurut sejarahnya, Tolak Angin udah ada sejak 1941, berawal dari serbuk kemudian berinovasi dalam bentuk cair dan tablet.

Sejauh ini Sido Muncul telah merambah 12 negara sebagai target penjualan Tolak Angin. Negara-negara itu adalah Malaysia, Singapura, Brunei, Australia, Korea Selatan, Nigeria, Aljazair, Hong Kong, Amerika Serikat, Arab Saudi, Mongolia, hingga Rusia.

3. Kapal Api

produk indonesia
Kenikmatan kopi Kapal Api udah dicobain orang di mancanegara. (Instagram/@kapalapi_id)

Nama Kapal Api memang identik dengan merek kopi. Maklum saja, produk Indonesia yang satu ini udah kuat banget branding-nya di Indonesia.

Gak puas cuma terkenal di dalam negeri, Kapal Api juga menjajaki pasar di luar negeri. Sekitar 68 negara telah menjadi target pemasarannya.

Kapal Api Global sebagai grup bisnis yang memproduksi Kapal Api telah memulai ekspornya sejak 1985. Saat itu Arab Saudi menjadi target ekspor pertama mereka. Setelah itu, Kapal Api masuk pasar Hong Kong, Malaysia, dan Taiwan.

4. Extra Joss

produk indonesia
Extra Joss gak cuma jadi minuman energi andalan orang Indonesia. (Instagram/@extrajoss_webshop)

Minuman berenergi di Indonesia cukup banyak. Salah satunya adalah Extra Joss yang ternyata penjualannya telah menembus pasar internasional. Perjalanan ekspor produk Indonesia ini dimulai dari negara-negara Asia Tenggara kemudian berlanjut hingga Afrika.

Extra Joss telah hadir di Indonesia sejak 1994. Minuman ini diklaim memiliki manfaat menyegarkan tubuh dan menjaga kesehatan. Iklannya yang gencar, terutama di televisi bikin Extra Joss cepat dikenal orang.

Extra Joss diproduksi Bintang Toedjoe yang merupakan anak perusahaan Kalbe. Seperti diketahui, Kalbe dikenal banyak orang sebagai perusahaan yang bergerak di sektor farmasi dan penyediaan obat-obatan.

5. Sepeda produk Indonesia, Polygon

produk indonesia
Ternyata Polygon juga jadi sepeda favorit di luar negeri. (Instagram/@@polygonbikes)

Merek sepeda ini gak cuma terkenal di dalam negeri, tapi juga sampai di luar negeri. PT Insera Sena yang merupakan produsen Polygon telah melakukan ekspor ke lebih dari 30 negara.

Polygon mulai diperkenalkan sejak 1989. Tanggapan pasar yang cukup bagus bikin sepeda ini diminati banyak orang. Perusahaan yang dulunya kecil perlahan-lahan menjelma menjadi perusahaan besar.

Bahkan, permintaan sepeda ini lebih banyak berasal dari luar negeri. Seperti yang diberitakan Kontan pada tahun 2017, penjualan sepeda Polygon paling besar justru di luar negeri dan mencapai 55 persen. Dengan penjualan tersebut, gak heran kalau Polygon menaikkan ekspornya.

6. Lea Jeans

Lea Jeans salah satu produk Indonesia yang terkenal di luar negeri

Banyak yang mengira Lea Jeans adalah produk impor asal Amerika. Pasalnya, Lea Jeans menggunakan logo yang menyerupai bendera Amerika. Bahkan, iklannya pun menggunakan model asing.

Faktanya, Lea Jeans yang diproduksi sejak tahun 1976 merupakan produk lokal Indonesia yang berada di bawah naungan PT Lea Sanent.

Produk ini memang dikenal sebagai jeans berkualitas tinggi. Dengan bahan nyaman dikenakan, warna tidak mudah luntur, dan model beragam, tak heran Lea Jeans sukses mendobrak pasar dunia dan mampu bersaing dengan produk impor lainnya.

7. GT Radial

GT Radial salah satu produk Indonesia yang terkenal sampai luar negeri
(Instagram/@gtradial)

Merek ban GT Radial yang berada di bawah naungan PT Gajah Tunggal ini telah diekspor ke lebih dari delapan puluh negara di dunia, seperti Amerika, seluruh Asia kecuali China, Timur Tengah, Selandia Baru, Australia, dan Eropa.

GT Radial tercatat memiliki lebih dari 100 cabang di seluruh dunia. GT Radial pun pernah meraih penghargaan dari General Motor sebagai pemasok ban terbesar di dunia.

Maklum saja, GT Radial selalu menciptakan ban berkualitas tinggi yang didukung oleh teknisi handal di bidangnya. Hampir semua ban GT Radial memiliki akselerasi yang baik, tidak bising, dan memiliki daya cengkram sempurna.

8. Terry Palmer

Terry Palmer salah satu produk Indonesia yang terkenal sampai luar negeri

Satu lagi produk lokal yang sukses dikenal hingga mancanegara, yaitu Terry Palmer. Produk handuk dari Indonesia juga ada yang diminati oleh masyarakat luar negeri, Terry Palmer salah satunya.

Merek yang berproduksi di Tangerang ini berhasil memproduksi handuk yang diklaim sebagai handuk paling higienis. Produk handuk ini sudah dijual di pasar Jepang, Australia, hingga Amerika dan Eropa.

9. Hoka Hoka Bento

Hoka Hoka Bento salah satu produk Indonesia yang terkenal hingga luar negeri
(Instagram/@hokben_id)

Hoka-Hoka Bento alias Hokben hadir dengan konsep yang emang Jepang banget. Kebanyakan orang mengira Hokben berasal dari negeri sakura.

Sebagai restoran cepat saji yang bertema makanan Jepang, Hokben bukanlah dari Jepang, melainkan restoran atau produk asli Indonesia. Hoka Hoka Bento didirikan di Jakarta pada 18 April 1985 oleh Hendra Arifin sebagai pemilik PT Eka Bogainti.

Brand restoran cepat saji tersebut udah berdiri sejak tahun 1985 berada di bawah naungan PT Eka Bogainti. Kantor pusatnya malah berada di Jakarta.

10. Silver Queen

Cokelat Silver Queen telah lama terkenal di Indonesia. Dengan beragam jenis produk cokelatnya seperti Chunky Bar, Ceres dan sebagainya.

Diproduksi PT. Petra Foods, perusahaan yang dimiliki oleh keluarga Chuang, perusahaan ini bersaing dengan M&M’S, produsen coklat nomor satu asal Amerika.

Produk-produk Petra Foods sendiri telah merambah di 17 negara di dunia, termasuk Thailand, Jepang, Filipina, Hong Kong, Australia, dan China

Nah, itulah beberapa produk Indonesia yang gak cuma sukses di dalam negeri, tapi juga sukses di luar negeri. Pastinya, ke depan bakal banyak produk-produk Indonesia lainnya yang laris manis di kancah internasional seiring bagusnya perkembangan industri di Tanah Air. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →