Dibayar Hingga Puluhan Juta, Ini Prospek Kerja Ilmu Hukum yang Wajib Dipertimbangkan!

Selain komunikasi dan manajemen, jurusan hukum masih menjadi salah satu program studi paling favorit di beberapa Universitas Swasta (Shutterstock).

Selain komunikasi dan manajemen, jurusan hukum masih menjadi salah satu program studi paling favorit di beberapa Universitas Swasta (Shutterstock).

Selain komunikasi dan manajemen, jurusan hukum masih menjadi salah satu program studi paling favorit di beberapa Universitas Swasta maupun Negeri Tanah Air. Luasnya lapangan pekerjaan di background tersebut memungkinkan kamu bisa bekerja sesuai dengan passion.

Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan negara yang berlandaskan Pancasila dan Hukum. Hal tersebut pastinya juga membuka banyak peluang kerja bagi para lulusan baru untuk mencari pekerjaan di sektor itu.

Jadi pantes aja kalau hari ini banyak anak muda di Indonesia yang memiliki latar belakang pendidikan bidang Hukum. Meski cangkupan lapangan pekerjaannya luas, hal tersebut justru kadang membuat para lulusannya bingung saat melamar posisi yang dikira cocok untuknya. Kamu lagi mengalaminya?

Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung aja nih prospek kerja jurusan hukum yang bisa kamu coba, melansir dari Career Addict.

1. Pengacara

Jurusan hukum
Pengacara (Shutterstock).

Pekerjaan pertama yang bisa kamu coba sebagai alumni jurusan hukum adalah sebagai pengacara. Karier yang satu ini pasti udah sangat familiar bagi semua orang karena stigma yang udah menempel di masyarakat dimana lulusan ilmu hukum udah pasti menjadi pengacara, walaupun gak selalu benar.

Banyak sosok pengacara kondang sukses di Tanah Air seperti Hotman Paris dan Elza Syarief yang perjalannya bisa menjadi inspirasi bagi kamu untuk bisa sukses kedepannya. Kemampuan pendalaman materi, berbicara dan meyakinkan orang lain menjadi modal penting untuk memulai pekerjaan yang satu ini.

Untuk rata-rata gaji fresh graduate lulusan ilmu Hukum yang bekerja sebagai pengacara berada di angka Rp 10 jutaan hingga Rp 20 jutaan per bulan lho!

2. Analis kebijakan publik

Jurusan hukum
Analis Kebijakan Publik (Shutterstcok).

Profesi kedua yang bisa kamu coba sebagai lulusan jurusan hukum adalah sebagai analis kebijakan publik. Pengetahuan mayoritas masyarakat yang masih belum melek tentang Hukum menjadi salah satu celah untuk kamu meraih cuan.

Setiap waktu yang namanya kebijakan dari pemerintah pasti akan terus berubah seiring penyesuaian zaman. Oleh karena itu kamu dituntut untuk tetap up to date terhadap berita terbaru yang ada di media massa.

Kisaran gaji rata-rata seorang analis kebijakan publik untuk level junior berada di angka Rp 5 juta hingga Rp 9 jutaan per bulannya.

3. Penulis atau Editor

Jurusan hukum
Penulis (Shutterstock).

Siapa bilang yang bisa menjadi penulis atau editor hanya orang yang memiliki latar belakang pendidikan sastra ataupun jurnalistik? Nyatanya untuk kamu yang berasal dari jurusan hukum tetap bisa menjalankan profesi kreatif tersebut.

Guna mengakalinya kamu bisa menulis tentang topik-topik yang berbau hukum seperti hukum pidana atau perdata. Kamu juga bisa menulis tentang kisah inspiratif seseorang yang sukses di bidang hukum bila sedikit merasa bosan.

Kalau ngomongin pendapatan menjadi seorang penulis ataupun editor berada di kisaran Rp 4 juta hingga Rp 8 jutaan tergantung dari banyak aspek yang mempengaruhi.

4. Konsultan bisnis

Jurusan hukum
Konsultan Bisnis (Shutterstock).

Selanjutnya kamu bisa menjadi seorang konsultan bisnis yang rutinitasnya bertemu dengan klien. Perusahaan yang pengin memulai bisnisnya di Indonesia tentunya harus mengerti dulu tentang perundang-undangan dan sistem hukum yang berlaku.

Kurangnya pemahaman tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai konsultan bisnis. Enaknya lagi bila kamu sukses menyelesaikan suatu proyek besar kerap kali mendapatkan komisi tambahan sebagai uang tunjangan atas kontribusi yang udah diberikan kepada klien.

Profesi yang satu ini juga menawarkan rata-rata gaji yang lumayan menggiurkan mulai dari Rp 5 jutaan hingga Rp 10 jutaan untuk kelas junior.

5. Hakim

Jurusan hukum
Hakim (Shutterstock).

Kalau kamu berencana untuk mengambil jurusan Hukum dan bekerja di lingkungan pemerintah, pekerjaan yang satu ini bisa jadi menjadi jawaban yakni Hakim. Banyaknya kasus hukum di Indonesia membuat profesi Hakim di tingkat pengadilan menjadi incaran banyak orang.

Meskipun demikian, seorang Hakim tetap perlu memiliki beberapa prinsip yang kuat agar profesionalismenya tetap terjaga disaat kasus besar dijalankan. Oleh karena itu kamu harus siap dari sisi integritas jika bercita-cita menjadi seorang hakim.

Rata-rata gaji seorang Hakim pemula di Indonesia sendiri berada di kisaran Rp 10 jutaan hingga Rp 12 jutaan berdasarkan PP No 94/2012. Semakin senior pastinya gaji dan tunjangannya bakal semakin meningkat.

Nah itulah 5 prospek kerja jurusan hukum yang bisa kamu coba. Dari kelima pekerjaan tersebut mana nih yang paling kamu inginkan posisinya? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis