15 Prospek Kerja Manajemen dan Kisaran Gajinya!

membahas manajemen proyek

Jurusan manajemen merupakan program studi favorit yang banyak dipilih oleh siswa-siswi di Indonesia. Penyebabnya karena prospek kerja manajemen terbilang cukup luas dibandingkan ilmu lainnya yang lebih spesifik mempelajari suatu bidang akademis.

Meski demikian, dalam prosesnya program studi manajemen memberikan beberapa peminatan yang bisa dipilih mahasiswa untuk dipelajari. Berikut ini adalah 6 peminatan umum yang ada di dalam jurusan manajemen.

  •         Manajemen bisnis
  •         Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)
  •         Manajemen keuangan
  •         Manajemen operasional
  •         Manajemen perbankan
  •         Manajemen pemasaran

Dari keenam peminatan tersebut nantinya bisa kamu gunakan salah satunya di dunia kerja supaya lebih gampang memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keahlian.

Langsung aja yuk kita simak 15 prospek kerja manajemen yan bisa kamu coba beserta dengan kisaran gajinya berikut ini:

1. Business Development

Apa sih perbedaan karyawan kontrak dengan tetap? Yuk cari tahu di sini
Karyawan bisnis

Prospek kerja manajemen pertama yang bisa dicoba adalah Business Development. Sebagian besar job desc kamu akan berhubungan dengan pengembangan usaha sebuah perusahaan, bisa dari sisi internal maupun pihak eksternal.

Beberapa perusahaan di Tanah Air belakangan ini banyak yang membuka lowongan tersebut dengan syarat bisa berasal dari segala program studi, termasuk jurusan manajemen.

Kisaran gajinya berada di angka Rp 6 jutaan hingga Rp 8 jutaan per bulan untuk tingkat fresh graduate.

2. Human Resources Department (HRD)

Prospek kerja kedua, kamu bisa juga mencoba bergabung di divisi Human Resources Departement.

Untuk mempermudah me, ada baiknya kamu mengambil peminatan saat duduk di bangku kuliah yang berhubungan dengan SDM.

Tugasnya sedikit banyak tentang urusan internal perusahaan yang bersangkutan tentang kepegawaian. Untuk gajinya berada di kisaran Rp 5 jutaan hingga Rp 8 jutaan untuk pemula.

3. Marketing

Meski gak memiliki keahlian khusus yang dipelajari oleh lulusan marketing, tapi kamu tetap bisa mencoba bekerja di posisi tersebut.

Marketing sedikit banyak mengurusi tentang pengembangan lini usaha perusahaan serta meningkatkan brand awareness korporasi di mata masyarakat guna menggunakan produknya.

Gaji seorang marketer untuk level senior bisa mencapai Rp 20 jutaan hingga Rp 50 jutaan per bulannya.

4. Sales

Jika kamu membuka situs lowongan pekerjaan, pasti mayoritas loker berisi posisi sales. Ini gak mengherankan karena sales merupakan ujung tombak perusahaan dalam mencari keuntungan.

Bila kamu sukses dan selalu mencapai target yang dicanangkan oleh atasan, ada kemungkinan akan naik jabatan dengan cepat.

Gajinya berkisar di angka Rp 5 jutaan sampai Rp 9 jutaan per bulan. Kamu tertarik untuk mencobanya?

5. Management Trainee

Memilih menjadi MT juga bisa lho kamu pilih
Jadi MT bisa kamu pilih sebagai jenjang karier bagi lulusan ilmu politik, (Shutterstock).

Prospek kerja manajemen yang kelima adalah, Management Trainee (MT). Satu dekade terakhir ini posisi MT memang banyak dicari perusahaan dalam negeri maupun luar negeri guna mencari bibit-bibit pekerja yang potensial.

Secara umum di sini kamu akan mengikuti masa proses pelatihan sekaligus kerja selama satu hingga dua tahun dengan status karyawan kontrak.

Selama periode tersebut kamu akan diposisikan di beberapa divisi, setelah itu akan diadakan evaluasi dan dinilai posisi apa yang cocok dengan kemampuan kamu.

Jika lolos, maka kamu akan diikat sebagai karyawan tetap. Untuk kisaran gajinya bervariasi antarperusahaan. Namun, angkanya berada di kisaran Rp 6 jutaan hingga Rp 12 jutaan per bulannya.

6. Dosen

Kalau kamu pengin bekerja di bidang akademis, bisa melamar pekerjaan sebagai dosen. Namun, ada syaratnya. Sebelum menjadi dosen, kamu perlu mengambil jenjang pendidikan S2 sebagai syarat minimum yang ditetapkan pemerintah.

Tujuannya agar kualitas pendidikan di Indonesia semakin meningkat ke depannya. Gaji seorang dosen sekitar Rp 8 jutaan sampai Rp 20 jutaan per bulannya tergantung pengalaman dan tempat kamu mengajar.

7. Teller bank

Profesi yang satu ini cocok banget sama kamu yang suka bertatapan langsung dengan orang lain, yaitu menjadi teller bank.

Job desc utama yang kamu lakukan adalah melayani nasabah bank yang pengin menyetor atau mentransfer uang melalui kantor cabang pembantu.

Uang yang bisa kamu peroleh dalam sebulan jika menjadi teller bank sekitar Rp 5 jutaan sampai Rp 8 jutaan untuk fresh graduate.

8. Konsultan

Menjadi seorang konsultan bisa jadi opsi menarik selanjutnya untuk prospek kerja manajemen. Sebagian besar waktu kamu akan dihabiskan untuk bertemu dengan klien, dan mencarikan mereka solusi atas masalah yang sedang dihadapi.

Konsultan senior yang sudah bekerja lebih dari lima tahun bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 15 juta hingga Rp 50 jutaan per bulannya lho!

9. Staf finansial

Bisa jadi duduk di kursi divisi finansial belum pernah terpikirkan buat kamu yang mengambil jurusan manajemen.

Tapi, pada kenyataannya jabatan tersebut masih tetap terbuka buat prodi tersebut, asalkan kamu memiliki skill di bidang keuangan yang baik tentunya.

Gaji seorang fresh graduate yang duduk di divisi finansial berada di nominal Rp 5 jutaan hingga Rp 9 jutaan per bulannya.

10. Divisi operasional

Supply chain
Pengiriman Barang (Shutterstock)

Pekerjaan divisi operasional yang dimaksud adalah memiliki cakupan lumayan luas, mulai dari operasional logistik, kantor, hingga pabrik. Jadi tinggal disesuaikan saja sama kemampuan yang kamu miliki di bidang apa.

Gaji seorang staf operasional berkisar di angka Rp 6  juta sampai Rp 8 jutaan per bulan untuk level pemula.

11. Supervisor perbankan

Selain menjadi teller bank, prospek kerja manajemen yang berhubungan dengan perbankan adalah menjadi supervisor.

Jabatan ini relatif lebih tinggi dibandingkan dengan teller. Namun, tanggung jawabnya lebih besar karena bertugas mengawasi pegawai lain yang sedang melayani nasabah.

Gaji mereka yang berada di level ini berkisar antara Rp 8 jutaan per bulan hingga Rp 15 jutaan.

12. Rekruter karyawan (Headhunter)

Di urutan ke-12 ada pekerjaan yang tugasnya mencari angkatan kerja yang sesuai spesifikasi lowongan kerja tengah dibutuhkan sebuah perusahaan, namanya lebih familiar dikenal Headhunter.

Mirip dengan divisi HRD, tapi menjadi Headhunter kamu wajib aktif mencari kandidat. Bahkan, langsung mengkontaknya apabila ada kesempatan. Gaji seorang Headhunter berada di angka Rp 10 juta sampai Rp 25 jutaan per bulannya.

13. Pengusaha

Selanjutnya, kamu bisa menjadi seorang pengusaha. Hampir semua orang memiliki keinginan untuk mendirikan usaha karena bisa menghasilkan pendapatan yang lebih setiap waktunya.

Karena itu, peluang tersebut wajib kamu pertimbangkan ya!

14. Penulis

Jadi seorang penulis gak harus melulu dari lulusan jurnalistik, semua orang bisa menulis dan menceritakan kisah menariknya kepada orang lain selama memiliki minat dan keahlian yang baik di bidang tersebut.

Penulis konten di sebuah perusahaan umumnya digaji sekitar Rp 6 jutaan hingga Rp 9 jutaan per bulannya tergantung berbagai faktor.

15. Learning and Development

Tetap tenang dan segera menghubungi HRD adalah langkah awal kalau kamu berhalangan hadir pas Interview Kerja (Shutterstock).

Prospek kerja manajemen terakhir yang bisa dicoba adalah menjadi staf Learning and Development sebuah perusahaan.

Tugas pokok kamu adalah mengurusi berbagai keperluan yang berhubungan dengan pengembangan mutu karyawan secara internal.

Misalnya, mengadakan Team Building agar kekompakkan antarpegawai untuk bisa menjadi lebih erat.

Gaji staf Learning and Development pemula berada di angka Rp 6 jutaan sampai Rp 8 jutaan per bulan.

Itulah 15 prospek kerja manajemen yang berpotensi kamu jalani ke depannya. Dari ke-15 pekerjaan tersebut, mana nih yang kira-kira sesuai dengan passion kamu? Semoga sukses memilihnya ya! (Editor: Chaerunnisa)