Prospek Kerja Teknik Informatika dan Daftar Gajinya

prospek kerja teknik informatika

Prospek kerja Teknik Informatika memberikan ruang yang besar untuk kamu mencari pekerjaan. Karena itu, lowongan pekerjaan di bidang teknologi semakin hari semakin dicari banyak perusahaan di dunia.

Untuk sebagian orang, jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi seringkali tertukar karena memiliki makna kurang lebih mirip bila dibaca sekilas. Tapi, sebetulnya kedua program studi tersebut memiliki beberapa perbedaan yang mendasar dalam proses membangun sebuah platform atau aplikasi.

Karena pekerjaannya tersebut, gak heran profesi di bidang Teknik Informatika umumnya digaji besar. Sehingga, membuat banyak anak muda di Indonesia yang memiliki latar belakang pendidikan bidang Teknik Informatika mencari pekerjaan di bidang satu ini.

Dengan gaji besar, tentu saja mereka yang berprofesi di bidang ini bisa memenuhi kebutuhan hidup.  Tidak hanya menerima gaji pokok saja, tapi profesi ini juga menjanjikan banyak tunjangan lain, seperti tunjangan transportasi, bahkan tunjangan pensiun atau kesehatan dalam bentuk asuransi.

Selain menjadi pekerja di bidang Teknik Informatika dengan benefit-benefitnya, ada juga profesi-profesi lain dengan gaji yang cukup menggiurkan dan waktu kerja lebih fleksibel seperti berbisnis online, dan menjadi agen asuransi. Bahkan, beberapa bisa menghasilkan pendapatan sampai 30 juta per bulan!

Mari kita simak penjelasan singkat dan daftar prospek kerja Teknik Informatika beserta kisaran gajinya berikut ini:

Perbedaan jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Bila dilihat dari pendidikannya, Teknik Informatika bertujuan untuk menghasilkan para lulusan terampil yang mampu mengembangkan teknologi informasi berdasarkan ilmu komputer.

Topik-topik mengenai algoritma, robotika, dan aplikasi berbasis kecerdasan buatan adalah makanan sehari-hari yang biasa dikerjakan.

Sedangkan Sistem Informasi secara umum memiliki tujuan untuk menghasilkan tenaga ahli yang bisa menerapkan teknologi informasi kepada lini bisnis yang dijalankan.

Beberapa job desc yang sering ditemui oleh lulusannya yaitu mengelola sistem informasi manajemen karyawan, menyusun program kerja, serta membuat sistem yang bisa menilai pekerjaan karyawan sebuah perusahaan. Jadi kalau Teknik Informatika itu lebih cenderung ke arah teknis, maka Sistem Informasi sedikit banyak mengurusi dari sisi manajerial.

Poin selanjutnya, baru nih kita bahas tentang prospek kerja Teknik Informatika yang sedikitnya ada 10 posisi.

1. Front End Developer

Profesi pertama yang bisa dicoba oleh para lulusan Teknik Informatika adalah, Front End Developer.

Posisi ini bertugas mengembangkan sebuat web berdasarkan kode basis HTML, JavaScript dan CSS guna menghasilkan tampilan yang menarik.

Adapun gaji seorang Front End Developer berkisar di angka Rp6 jutaan hingga Rp10 jutaan untuk level pemula.

Tips Lifepal! Banyak perusahaan mencantumkan nilai gaji berupa Gaji Kotor. Ingat, gaji tersebut bukan gaji yang akan kamu bawa pulang karena masih harus dipotong pajak. Nah, untuk mengetahui dengan cepat berapa jumlah Gaji Bersih kamu setelah dihitung pajak dan take home pay bulanan, kamu bisa menghitungnya langsung dengan Kalkulator Gaji Bersih dari Lifepal!

2. Back End Developer

Selanjutnya, ada posisi Back End Developer. Mereka yang bekerja di jabatan ini akan mengurusi beragam hal yang berhubungan dengan network, server, serta database sebuah website.

Karena itu, disebut sebagai ‘Back’ yang lebih banyak menangani beragam hal di belakang layar sebuah situs.

Bayaran Back End Developer kurang lebih sama dengan Front End, yaitu berkisar di angka Rp6 jutaan hingga Rp10 jutaan per bulannya untuk status fresh graduate.

3. Konsultan IT

Prospek kerja Teknik Informatika ketiga adalah menjadi seorang konsultan IT. Job desc utama bila kamu bekerja dengan jabatan ini adalah memberikan informasi mengenai dunia IT kepada klien yang membutuhkan jasa atau pengadaan barang.

Bagi mereka yang berkepribadian ekstrovert alias suka bertemu dengan orang baru, posisi ini cukup bisa dipertimbangkan untuk dicoba.

Apalagi, kisaran gaji yang bisa didapatkan bisa mencapai Rp15 jutaan hingga Rp30 jutaan untul level manajer atau di atasnya.

4. Software Engineer

Posisi keempat adalah Software Engineer, di mana tugas pokoknya mengembangkan sebuah aplikasi yang sudah jadi maupun yang baru akan dibuat.

Keahlian karyawan yang bisa melakukan pekerjaan ini terbilang sedikit, gak aneh kalau bayarannya juga lumayan tinggi.

Untuk level pemula saja, seorang Software Engineer bisa dibayar mulai dari Rp7 jutaan sampai Rp11 jutaan per bulannya.

5. Web Designer

Prospek kerja Teknik Informatika yang kelima ini mengurusi beragam hal yang berhubungan dengan tampilan depan sebuah website. Jadi, profesi ini berhubungan langsung dengan pengalaman pengguna dalam memasuki sebuah website.

Tugas seorang Web Designer juga gak sekali selesai saja lho. Seiring banyaknya masukan dari pihak manajemen dan pelanggan, maka akan ada pembaharuan yang harus kamu kerjakan setiap harinya.

Untuk level senior, seorang Web Designer bisa dibayar sekitar Rp25 jutaan per bulannya tergantung berbagai faktor.

6. IOS Developer

Kamu salah satu pengguna smartphone iPhone? Jika ya, maka aplikasi yang berada di Appstore adalah hasil kerja keras dari IOS Developer yang bertugas mengembangkan dan menyempurnakan tampilan dalam sebuah aplikasi.

Gak semua lulusan Teknik Informatika bisa menjalani pekerjaan satu ini karena tingkat kesulitannya yang lumayan tinggi.

Upah yang diberikan untuk IOS Developer juga gak tanggung-tanggung bisa mencapai Rp7 jutaan sampai Rp12 jutaan per bulannya buat level pemula.

7. Andriod Developer

Ada iPhone, tentu ada juga Android. Pekerjaannya kurang lebih sama, yaitu mengembangkan aplikasi berbasis sistem operasi buatan raksasa internet Google.

Hanya saja karena lebih umum digunakan, maka para pekerja yang mengembangkan Android relatif lebih banyak dibandingkan iPhone.

Gaji seorang Android Developer juga gak beda jauh dengan IOS Developer yakni sekitar Rp6 jutaan hingga Rp12 jutaan untuk pemula.

8. Management Trainee

Management Trainee juga bisa dijadikan sebagai prospek kerja Teknik Informatika yang lumayan menjanjikan lho! Posisi satu ini akan mepersingkat waktu kamu untuk menjadi seorang atasan di sebuah perusahaan sesuai dengan kemampuan.

Umumnya masa pelatihan MT selama 1 hingga 2 tahun sampai kamu ditetapkan sebagai pegawai tetap. Gajinya berkisar di angka Rp6 jutaan hingga Rp10 jutaan per bulannya.

9. Cyber Security

Perkembangan teknologi memang membawa dampak baik untuk banyak orang. Di sisi lain, ada juga dampak buruk yang berpotensi muncul, yakni kejahatan pencurian data melalui internet.

Karena itu, belakangan banyak dicari tenaga ahli yang berkutik di bidang Cyber Security.

Posisi yang satu ini juga memungkinkan kamu bekerja di instansi kepolisian, karena menjadi garda penegakkan hukum terdepan di suatu negara.

Gaji yang diberikan juga lumayan besar sekitar Rp7 jutaan hingga Rp9 jutaan per bulannya bagi mereka para fresh graduate alias baru lulus.

10. Dosen

Posisi terakhir, adalah prospek kerja sebagai dosen. Jabatan ini cocok dicoba buat kamu yang pengin berkontribusi lebih di bidang akademis.

Tapi, ada syaratnya. Kamu paling gak harus punya gelar S2 guna bisa menjadi dosen di Tanah Air karena merupakan salah satu syarat yang ditetapkan pemerintah. Kisaran gajinya seorang dosen mencapai Rp15 juta hingga Rp30 juta per bulannya.

Nah, itulah daftar lengkap tentang prospek kerja Teknik Industri yang bisa dicoba dan sedikit penjelasnnya. Kunci agar kamu bisa sukses adalah terus berusaha dan konsisten mencari peluang di dunia profesional.

Ingin tahu lebih banyak tentang prospek kerja Teknik Informatika dan profesi lainnya yang memberi penghasilan tinggi? Tanyakan langsung pada ahlinya melalui Tanya Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →