2 Resep Opor Ayam Kekinian [Modal Kurang dari Rp 50 Ribu]

resep opor ayam

Lebaran tinggal besok, ngomong-ngomong udah tahu resep opor ayam belum? Sebenarnya udah banyak sih cara memasak opor ayam yang dapat dengan mudah kamu temui di internet. Tapi, yang mau MoneySmart kasih berikut ini adalah resep opor ayam yang hemat dan dijamin gak bikin kamu ribet buat memasaknya.

Ngomongin soal kuliner Lebaran, pasti bahasannya gak jauh-jauh dari opor ayam atau rendang. Soalnya, dua makanan gurih, berlemak nan lezat itu paling pas kalau disantap pakai ketupat.

Cuma sayangnya, kamu yang masih muda, biasanya cuma tahu cara makannya aja, tapi bukan cara bikinnya. Kalaupun di rumah gak masak opor ayam lebaran, kamu bisa dengan mudah mendapatkannya saat bersilaturahim ke tetangga atau rumah teman.

Mirisnya, kalau kamu masih jomblo dan tahun ini gak mudik sehingga terpaksa berlebaran di rantau. Kan sedih banget ya diem aja di kamar sambil bayangin sedapnya opor bikinan emak di kampung. Masih mending kalau punya pacar, bisa mampir silaturahmi, makan opor sembari pedekate sama ortu kekasih.

Kalau memang salah satu kondisi di atas kamu alami, jangan sedih. Soalnya, opor ayam itu ternyata gak susah-susah amat buat dimasak. Kamu yang tinggal di kost-kostan dan gak punya kompor, bisa lho masak hidangan ini. Asalkan, kamu punya modal rice cooker dan niat.

Gimana caranya? Yuk simak resep opor ayam sederhana, hemat dan gak ribet ala anak kost. Harus hemat dong, namanya juga anak kost, gak dapet THR kayak PNS. Jadi, pengeluaran harus benar-benar dikontrol. Betul gak?

Eits, selain opor ala anak kost alias anak rantau, kita juga bakal kasih resep opor mozzarella. Penasaran? Cek selengkapnya di bawah ini.

Opor Anak Rantau

resep opor ayam
Opor ayam ala anak rantau. (Shutterstock)

Bujet buat masak opor anak rantau ini gak bakalan lebih dari Rp 50 ribu. Seriusan? Iya beneran gak bakalan keluar duit banyak kok!

Nah, ini dia bahan-bahan yang harus kamu beli. Cek daftarnya di bawah ini.

Bahan-bahan Harga
1/2 Kg ayam Rp 20.000
1 Bks santan kemasan Rp   3.000
1 Bks bumbu opor ayam Rp   4.000
1 Sachet bawang goreng Rp      500
Total Rp 27.500

Tuh kan, totalnya cuma Rp 27.500 aja! Bahkan gak lebih mahal dari biaya kamu sekali makan di luar kan?

Kamu pun bisa membuatnya lebih hemat lagi dengan cara membeli bumbu opor ayam jadi yang sudah dilengkapi dengan santan. Harganya cuma Rp 6 ribuan.

Oh ya, jangan lupa saat beli ayamnya, minta sekalian dipotong-potong ya sama penjualnya. Jangan terlalu besar potongannya, biar nanti bisa mudah masuk ke rice cooker kamu.

Sampai di rumah, cuci bersih ayamnya. Terus, selanjutnya apa lagi? Yuk simak di poin selanjutnya.

Masak di rice cooker

Sebelum kamu mempraktekkan resep opor ayam hemat dan praktis ini, jangan lupa masak nasi dulu dengan rice cooker-mu. Setelah matang, pindahkan ke piring atau wadah lain.

Selanjutnya, cuci dan keringkan rice cooker kamu. Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Langkah awal, tumis bumbu jadi di dalam rice cooker dengan minyak. Tunggu sebentar lalu masukkan air  (kira-kira 500-700 ml) dan ayamnya. Untuk menumis kamu harus punya minyak goreng. Karena cuma sedikit butuhnya, bisa minta ke tetangga atau ibu kost. Tapi, kalau malas, bisa kok tanpa ditumis. Langsung aja masukin air, bumbu dan ayamnya sekaligus.

2. Tutup dan biarkan rice cooker dalam mode “cook” selama 15-30 menit, tergantung kamu ingin seempuk apa ayamnya. Semakin lama semakin tentunya.

3. Buka rice cooker lalu masukkan santan cair. Aduk-aduk sampai masakan mendidih kembali.

4. Taburkan bawang goreng, dan jadi deh!

Opor ayam kamu yang lezat pun siap disantap. Gimana, gampang banget kan diikutin resep opor ayam hemat dan praktis ini?

Resep opor ayam keju mozzarella

resep opor ayam
Makin lezat dengan lapisan keju mozzarella di atasnya. (Shutterstock)

Seperti janji MoneySmart di atas, kita bakal kasih resep opor ayam spesial mozzarella. Nah, apa pula ini?

Memang sih, namanya lebaran kita pasti pengin hidangan yang otentik, tradisional dan gak neko-neko. Tapi, gak ada salahnya kita bikin juga yang sedikit beda kaya opor ayam mozzarella ini.

Bahan-bahannya pada dasarnya adalah sama seperti di atas. Bedanya, karena resep ini diperuntukkan buat kamu yang punya kompor, jadi lengkapi bumbu kamu dengan daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas. Oh ya, siapkan juga keju mozzarella. Parut kejunya ya.

Cara membuatnya

Prosesnya pun semuanya sama seperti di atas. Cuma, bedanya, kamu masaknya di wajan di atas kompor.

Setelah opor ayam matang, ambil potongan-potongan ayamnya dan tiriskan. Lalu, panggang ayam di atas panggangan. Kalau gak punya panggangan, bisa kok pakai wajan teflon kamu.

Bolak-balik ayam jangan sampai gosong. Kalau aroma ayam bakar sudah mulai tercium, kecilkan api. Lalu, taburkan keju mozzarella parut di atas potongan ayam-ayam itu. Kemudian, tutup teflon dan biarkan sampai mozzarella meleleh.

Kamu juga bisa pakai gas torch alias alat peleleh yang pakai bahan bakar gas buat melelehkan mozzarellanya. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan ayam bertabur mozarella ke dalam microwave. Atur waktu yang pas sampai mozzarella meleleh.

Jadi deh masakannya. Gimana, mana dari dua resep opor ayam di atas yang mau kamu coba buat Lebaran besok?