6 Orang Kaya Indonesia Ini Punya Rumah di Atas Rp 100 Miliar, Siapa Saja?

rumah mewah

Rumah mewah seharga ratusan miliar Rupiah tentu gak hanya ada di Amerika Serikat. Di Indonesia pun banyak!

Harga rata-rata rumah seleb atau orang kaya Indonesia dengan kategori “mewah,” umumnya berkisar di angka puluhan miliar Rupiah. Nah kira-kira seperti apa ya yang ratusan miliar?

Sudah pasti, lokasinya gak sembarangan yaitu di pusat kota. Lalu, tanah dan bangunannya juga luas. Gak lupa pula, fasilitas di rumah itu tentunya super lengkap. 

Ingin tahu siapa saja orang kaya Indonesia yang punya rumah seharga ratusan miliar Rupiah? Mari cari tahu di bawah sini.

1. Nenek Raffi Ahmad

rumah mewah nenek raffi ahmad
Nenek Raffi Ahmad di rumahnya. (Youtube/Rans Entertainment)

Penampakan rumah Mami Popon (nenek Raffi Ahmad) sempat viral di Youtube. Konon kabarnya rumah mewah itu diklaim memiliki valuasi Rp 100 miliar di tahun 2018!

Rumah ini dibangun pada tahun 1970. Letaknya ada di tengah Kota Kembang alias dekat banget dengan Gedung Sate. Wajar kan kalau mahal.

Interiornya jauh dari kesan minimalis dan terlihat penuh dengan pernak-pernik antik serta memiliki pekarangan yang luas. Rumah ini tentunya merupakan rumah yang menyimpan kenangan bagi keluarga mereka.

2. Sandiaga Uno

rumah mewah sandiaga uno
Sandi sedang bermain laptop di sebuah ruangan di rumahnya. (Instagram/@sandiuno)

Belum lama ini, Youtuber Atta Halilintar mampir ke rumah mewah milik mantan Wagub DKI Sandiaga Uno. Rumah pengusaha top yang memiliki harta triliunan Rupiah itu, ditaksir memiliki valuasi sekitar Rp 100 miliar di tahun 2019.

Rumah tersebut didominasi dengan warna putih dan kental dengan konsep American Classic. 

Interiornya pun masih berbau klasik dan didominasi warna krem dan putih.

Tentunya, rumah ini juga punya kolam renang lho. 

3. Alshad Ahmad

rumah mewah alshad ahmad
Alshad di kandang salah satu hewan peliharaannya. (Instagram/@alshadahmad)

Nah Alshad ini adalah sepupunya Raffi Ahmad. Dia adalah pebalap muda yang punya rumah megah di Bandung.

Bukan cuma mewah dan megah, rumah seharga Rp 200 miliaran itu punya kebun binatang di dalamnya! Wow, serius tuh?

Serius dong. Alshad mengoleksi banyak fauna, beberapa di antaranya adalah rusa, burung onta, merak, hingga harimau. 

Bangunannya terbilang sangat unik, sedangkan interiornya bergaya khas Timur Tengah. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

4. Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY)

rumah mewah SBY
Kediaman SBY di Kuningan. (Tempo)

Sebagai Presiden ke-6 Indonesia, pak SBY diberikan sebuah rumah dari negara pada tahun 2016. Letak rumah itu ada di wilayah Kuningan, Jakarta Selatan.

Rumah berdesain modern ini sempat ditaksir memiliki valuasi Rp 300 miliar di tahun 2018. Kabar itu sendiri pernah dibantah sama pak SBY. Namun, kalau dihitung-hitung tetap saja nominalnya ada di angka ratusan miliar, wong lokasinya saja dekat Kedubes Qatar. Tanah di sana gak ada yang murah.

Sempat beredar kabar bahwa luas tanahnya kurang lebih 1.000 meter persegi. Nah, bisa dihitung sendiri berapa kira-kiranya karena harga tanah di kawasan Kuningan itu sendiri saja sudah Rp 95 jutaan per meter persegi.

Secara arsitektur, rumah modern ini terlihat lebih praktis dan fungsional. Pemilihan material kayu terlihat mendominasi penampilan eksterior rumah ini. Kesan modernnya pun jadi makin kelihatan. Selain itu ada jendela besar yang terlihat mencolok karena bentuknya unik.

5. Bob Sadino

rumah mewah bob sadino
Bob Sadino. (Tempo)

Almarhum Bob Sadino memiliki rumah di Lebak Bulus yang harganya tembus ratusan miliar Rupiah. Kok bisa? 

Luasnya 2 hektare, dan bangunannya 1.500 meter persegi! Bicara soal harga tanah, harga tanah di Lebak Bulus sendiri permeternya bisa Rp 15 jutaan lho. Silahkan saja dihitung kalau luasnya 2 hektare.

Soal desain, rumah ini gak semewah rumah-rumah seleb lain kok. Perabotannya juga rustic, tapi memang sudah jadi selera om Bob secara pribadi. 

6. H.M Fitno

rumah mewah hm fitno
Rumah HM Fitno. (Youtube/ Rans Entertainment)

Sosok pengusaha yang setiap hari sedekah Rp 10 miliar ini juga tinggal di rumah mewah bak istana 1001 malam. Walaupun harga rumahnya gak pernah terkuak ke publik, tapi dipastikan harganya tembus ratusan miliar Rupiah.

Sebut saja luas rumah ini sampai 2 ribu meter persegi, maka kalau harga tanah per meternya saja Rp 50 juta, harga lahannya bisa Rp 100 miliar. Belum termasuk biaya bangun rumah lho.

Kenapa? Karena rumah itu berdiri di kawasan elit Pondok Indah yang harga tanahnya per meter bisa tembus Rp 50 juta! Belum lagi, arsitektur rumah Fitno juga luar biasa mewah.

Rumah megah ini perabotannya dibeli langsung dari Turki dan beberapa negara Timur Tengah lainnya. Yang paling mengejutkan adalah ada hotel yang berada di basement rumah Fitno! Wow, mewah abis!

Itulah enam orang kaya Indonesia yang punya rumah mewah seharga ratusan miliar Rupiah. Sebenarnya sih, masih banyak orang-orang lain yang punya rumah semewah itu, tapi jarang ada kabar beredar mengenai harga atau valuasinya sekarang. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →