Rumah Sakit Awal Bros Tangerang dan Harga Kamarnya [2020]

Rumah Sakit Awal Bros Tangerang

Rumah sakit kini keberadaannya mudah dijangkau di banyak tempat di Indonesia, khususnya kota-kota besar. Tangerang misalnya, ada Rumah Sakit Awal Bros Tangerang yang bisa dijadikan tempat rekomendasi berobat kalau kamu sakit.

Rumah Sakit Awal Bros Tangerang memiliki banyak fasilitas yang mumpuni di samping keberadaan tenaga kesehatannya yang profesional dan bersertifikat.

Mau tahu lebih lengkap tentang rumah sakit ini? Yuk, ikuti ulasan Lifepal berikut:

Profil Rumah Sakit Awal Bros Tangerang

Rumah Sakit Awal Bros adalah salah satu grup rumah sakit di Indonesia yang punya 12 cabang rumah sakit dan tersebar di kota-kota besar di Indonesia, salah satunya di Tangerang dengan nama Rumah Sakit Awal Bros Tangerang yang didirikan pada tanggal 21 Agustus 2006.

Dengan kapasitas kamar mencapai 222 kamar, Rumah Sakit Awal Bros Tangerang sudah terakreditasi oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dan Joint Commission International (JCI) sejak tahun 2014. Wah, hebat banget, ya!

Berlokasi di Tangerang tepatnya di Jalan MH Thamrin Nomor 3, Kebon Nanas, Cikokol, waktu tempuh ke rumah sakit ini cuma 10 menit dari Tol Tangerang.

Jam kunjungan ke rumah sakit ini sudah ditentukan, yaitu pukul 11.00 WIB sampai 13.00 WIB dan jam 17.00 WIB sampai 19.00 WIB. Jika dalam keadaan darurat, kamu bisa menghubungi 02155749999 atau 02155758888 (Hunting).

Apakah bisa membuat jadwal konsultasi dengan dokter? Bisa banget, kamu bisa hubungi 02155758888 atau cek jadwal dokternya di website awalbros.com.

Sekadar diketahui, Rumah Sakit Awal Bros Tangerang kini sudah berganti nama menjadi Primaya Hospital Tangerang. 

Layanan-layanan medis Rumah Sakit Awal Bros Tangerang

Apa saja layanan yang ada di Rumah Sakit Awal Bros Tangerang? Kalau kamu kepo pengin mengetahuinya, Lifepal kasih informasi lengkapnya nih.

1. Layanan Kegawatdaruratan

Layanan Unit Gawat Darurat (UGD) ini dilayani oleh seorang Dokter Residen Senior yang udah ahli sama hal yang berkaitan dengan anestesiologi. Tak lupa, Dokter Konsultan Jaga atau bahasa kerennya on call juga ada lho di samping Dokter Residen Senior tadi. Keterampilan mereka berasal dari berbagai disiplin ilmu.

Selain para tenaga profesional di atas, di layanan UGD Rumah Sakit Awal Bros Tangerang ini terdapat peralatan keselamatan hidup seperti ventilator portable, defibrilator, dan masih banyak lainnya. 

Oh iya, ada ambulans dengan pelayanan 24 jam nonstop. Ini pelayanan ambulansnya:

  • Transfer Interhospital (dalam satu kawasan rumah sakit)
  • Transfer dari rumah ke rumah sakit lain
  • Pemulangan pasien
  • Pengawalan
  • Bencana, sudah termasuk tim medis dan semua kategori kasusnya

2. Rawat Inap

Ada empat jenis ruang rawat inap di Rumah Sakit Awal Bros Tangerang atau Primaya Hospital Tangerang.

  • Ruang Perawatan Umum

Ruangan ini dijamin memberikan kenyamanan apalagi didukung sama pelayanan yang super ramah. Makin lengkap, interiornya didesain dengan mewah.

  • Ruang Perawatan Bersalin

Ruangan yang menyediakan kamar perawatan untuk ibu melahirkan ini, dirancang khusus demi kenyamanan ibu, bayi dan keluarga yang mendampingi selama proses persalinan berlangsung. Jadi, gak cuma si ibu dan calon bayinya aja, keluarga pengantar pun tak luput dari perhatian.

  • Ruang Perawatan Anak

Ruang dan kamar perawatan ini dibuat spesial sebagai pelengkap proses perawatan anak di samping tetap menomorsatukan kenyamanan. Oh iya, yang masuk dalam kategori anak di sini adalah mereka yang berusia balita sampai 12 tahun, ya.

  • Ruang Perawatan Khusus

Primaya Hospital Tangerang punya kamar perawatan khusus untuk menjaga pasien dengan kondisi medis tertentu. Karena kondisinya khusus, mereka terpisah dari orang lain ketika mendapatkan tindakan medis.

3. Medical Check Up

Medical Check Up Primaya Hospital Tangerang menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat. Diagnostik ditunjang dengan fasilitas kedokteran terbaru ditambah dengan tenaga kesehatan yang profesional, akurat dalam mendiagnosis.

4. Pelayanan Penunjang

  • INTENSIVE CARE UNIT

Intensive Cardiac Care Unit (ICCU), Intensive Care Unit (ICU), Neonatal Intensive Care Unit (NICU)/Pediatric Intensive Care Unit (PICU) Rumah Sakit Awal Bros punya fasilitas berstandar Internasional, lengkap dengan peralatan terkini seperti ventilator dan patient monitor.

  • Hemodialisa

Hemodialisis Rumah Sakit Awal Bros buka 24 jam yang ditangani tim yang beranggotakan dokter umum bersertifikat HD, dokter penyakit dalam, dokter nefrologi, dan perawat terampil, mahir dan bersertifikat.

Unit Hemodialisa ini termasuk dalam pelayanan unit yang modern, menyeluruh dan terintegrasi dalam mengatasi masalah pasien dengan gangguan ginjal termal.

  • Laboratorium

Di Laboratorium Rumah Sakit Awal Bros, terdapat beragam pemeriksaan laboratorium dari hematologi lengkap, biokimia darah, hormon/endokrin, imunologi dan virus, faktor-faktor pembekuan darah, patologi anatomi, hingga mikrobiologi dan masih banyak yang lainnya. Pemeriksaan-pemeriksaan tadi tentunya didukung dengan berbagai peralatan laboratorium yang lengkap dan terkini.

  • IMC

Rumah Sakit Awal Bros memiliki Intermediate Care (IMC) untuk pasien yang membutuhkan perhatian khusus dalam penangannya tapi tidak memerlukan alat bantu ventilator.

  • Kamar Operasi

Ada tiga kamar operasi yaitu kamar operasi Bersih, kamar operasi terkontaminasi dan kamar operasi tidak bersih. Alat-alat operasi yang dipakai dilengkapi dengan teknologi tinggi seperti mesin laparoskopi, radiofrekuensi, mesin anestesi, dan C-arm.

  • Unit Rehabilitasi Medik

Di pusat layanan rehabilitasi medik di Rumah Sakit Awal Bros membantu pasien dalam mencegah cedera dan penyakit, mengembalikan fungsi dan kekuatan tubuh, serta mengurangi rasa sakit.

Tenaga ahlinya terdiri dari dokter, fisioterapis, terapis okupasi, terapis wicara, dan perawat. Perangkat teknologi modern yang sesuai untuk berbagai usia dan kondisi fisik hadir di layanan ini untuk meminimalisir kecacatan dan membantu pasien kembali ke gaya hidup yang lebih mandiri dan produktif.

Harga kamar Rumah Sakit Awal Bros Tangerang 2020

Kalau di atas kita sudah kasih tahu fasilitas pelayanan Rumah Sakit Awal Bros Tangerang, sekarang kita bahas berapa harga kamar di sana.

Ada tujuh jenis kamar di rumah sakit ini di mana harga setiap kamarnya berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Jenis kamar Harga kamar
President Suite Rp2 juta
Suite Room Rp1,4 juta
Deluxe B Rp850 ribu
Deluxe A Rp750 ribu
Kelas I Rp700 ribu
Kelas II Rp400 ribu
Kelas III Rp250 ribu

Harga di atas adalah daftar yang Lifepal himpun dari sinarmas.co.id agar kamu bisa mendapatkan referensi manakala butuh di kemudian hari.

Kamu disarankan untuk melakukan konfirmasi ke rumah sakit untuk memastikan harganya.

Daftar perusahaan asuransi yang rekanan dengan Rumah Sakit Awal Bros Tangerang

Kamu bisa juga memakai asuransi jika berobat atau melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Awal Bros Tangerang. Ini daftar perusahaan asuransi rekanannya:

1. Asuransi MAG

Dengan asuransi ini, kamu tidak perlu khawatir terganggu akibat penggantian biaya perawatan dan pengobatan rumah sakit. Melalui Magna Sehat, anggaran biaya pengobatan akan disesuaikan dengan kemampuan kamu. 

Ada lima plan yang tersedia di asuransi ini di mana masing-masing plan mempunyai manfaat yang berbeda-beda.

Kondisi polis yang berlaku di asuransi Magna Sehat ini adalah:

  • Masa tunggu polis dalam 30 hari
  • Pre Existing Condition dijamin setelah 12 bulan
  • Pemulihan faedah dalam 30 hari
  • Proses klaim dalam 7 hari kerja (dengan catatan kondisi dokumen sudah lengkap)
  • Manfaat dan premi sesuai pilihan
  • Berlaku untuk sistem cashless dan reimbursement
  • Bebas pilih rumah sakit
  • 24 jam pelayanan
  • Usia untuk peserta dewasa adalah 21 tahun sampai 55 tahun. Untuk kasus perpanjangan bisa dipertanggungkan sampai usia 70 tahun
  • Usia di atas 50 tahun maksimum hanya bisa mengambil plan C, kecuali kasus perpanjangan
  • Usia anak yang bisa dipertanggungkan adalah 15 hari sampai 25 tahun
  • Tabel premi belum termasuk dalam biaya administrasi dan meterai
  • Jika tidak terjadi klaim pada tahun berjalan, maka pada saat perpanjangan akan diberlakukan potongan 10%
  • Mengisi form aplikasi & laporan kesehatan pribadi.

2. Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas atau ASM adalah perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan grup Sinar Mas. 

Sinar Mas termasuk sebagai salah satu perusahaan asuransi yang memiliki rangkaian produk terbanyak di Indonesia, salah satunya adalah kesehatan.

Produk ini biasa disebut accident and health dan memiliki tiga kategori, yaitu:

  • Kecelakaan diri

Produk asuransi kecelakaan diri Sinar Mas punya tiga kategori salah satunya adalah Simas Personal Accident yang menjamin risiko kematian akibat kecelakaan, cacat tetap, biaya perawatan dan perluasan risiko sepeda motor.

Ada nilai pertanggungan yang bisa dipilih yaitu Rp10 juta, Rp25 juta, Rp50 juta, Rp75 juta, dan Rp100 juta. Batas usia yang dipertanggungkan adalah 18 tahun sampai 60 tahun.

  • Kesehatan

Dua produk hadir dalam kategori kesehatan ini yang berupa Simas Sehat Corporate untuk menjamin kesehatan karyawan perusahaan dan keluarganya. Lalu ada Individual untuk menjamin kesehatan perorangan.

  • Personal Accident and Health

Simas UKM adalah salah satu dari dua produk asuransi kesehatan Sinar Mas yang terakhir ini. Simas UKM adalah asuransi kecelakaan diri yang perluasan jaminannya berdasarkan risiko kegagalan pembayaran pinjaman sebagai akibat dari kematian, cacat tetap total karena kecelakaan, rawat inap jangka pendek atau panjang karena sakit atau kecelakaan.

3. Asuransi Avrist

Asuransi Avrist juga rekanan dengan Rumah Sakit Awal Bros Tangerang, lho. Jangan khawatir, banyak produk yang disediakan Avrist pada asuransi kesehatannya, dua diantaranya adalah:

  • Avrist Basic Guard

Produk ini memberikan perlindungan jika terjadi kecelakaan selama 24 jam sehari, 365 hari setahun yang hadir di seluruh dunia. Kecelakaan yang dimaksud adalah kecelakaan kerja, lalu lintas, kekerasan rumah tangga, korban perampokan, digigit binatang, aktivitas sehari hari, bencana alam, dll.

Cukup membayar premi minimal Rp1.019/hari sampai dengan Rp1,9 juta/tahun kamu sudah dapat memiliki manfaat yang beragam seperti:

  1. Manfaat kehilangan jiwa dan anggota badan karena kecelakaan
  2. Manfaat penggantian biaya medis karena kecelakaan
  3. Manfaat santunan penggantian penghasilan harian rumah sakit
  4. Manfaat pembedahan
  5. Bonus pembaharuan
  • Avrist Critical Guard

Avrist Critical Guard memberikan perlindungan jika nasabah terdiagnosa penyakit kritis. 

Perlindungannya berlangsung selama 24 jam sehari, 365 hari setahun di seluruh dunia, dengan berbagai keunggulan:

  1. Premi tetap hingga Anda berusia 60 Tahun
  2. Jumlah manfaat perlindungan yang sesuai dengan anggaran.
  3. Perlindungan asuransi terhadap 36 penyakit kritis
  4. Manfaat perlindungan s/d Rp500 Juta atau US$ 55.000 jika telat terdiagnosis penyakit kritis
  5. Bonus pembaharuan

4. Asuransi Cigna

Jaringan rumah sakit yang terafiliasi dengan Cigna mencakup lebih dari 700, satu di antaranya ialah Rumah Sakit Awal Bros.

Banyak produk yang ditawarkan oleh Cigna beberapa produk tersebut yaitu:

  • Cigna EaziHealth
  • Cigna Infinite Healthcare
  • Cigna Family Care Optima
  • Cigna Family Care
  • Cigna Premium Health Protection
  • Cigna Proteksi Sehat Optima
  • Cigna Proteksi Sehat
  • Cigna Senyum Sehat
  • Cigna Health Protection
  • Cigna Care and Save

Yuk, kita bahas salah satu dari produk di atas, Cigna Care and Save. Nah, produk yang satu ini memberikan santunan perawatan di rumah sakit dengan pengembalian premi sebagai manfaatnya, seperti:

  • Santunan perawatan rumah sakit karena penyakit dan/atau kecelakaan
  • Santunan perawatan ICU
  • Layanan bantuan
  • Layanan ambulans lokal
  • Pengembalian premi

Kalau kamu pakai asuransi ini, masa tenggang waktu yang diberikan adalah selama 31 hari kalender terhitung sejak jatuh tempo pembayaran premi. Perlu diingat, ya!

5. Asuransi Manulife

Sebagai rekanan Rumah Sakit Awal Bros Tangerang, Manulife punya asuransi kesehatan yang dinamai MiUltimate HealthCare. Manfaat yang bakal kamu rasakan adalah:

  • Pembayaran manfaat sesuai tagihan

Pembayaran manfaatnya disesuaikan dengan tagihan (as charged) dengan limit tahunan dan plan yang dipilih berdasarkan tabel manfaat perawatan rawat inap.

  • Penggantian biaya rumah sakit

Manfaat ini disesuaikan dengan yang tercantum pada tabel manfaat baik karena sakit atau kecelakaan.

  • Lima tahunan tambahan untuk penyakit kritis

Manulife memberikan tambahan limit tahunan bila tertanggung sakit kritis seperti kanker, serangan jantung atau transplantasi organ.

  • Biaya kamar di luar negeri

Kalau dirawat di luar negeri, manfaat biaya kamarnya sebesar 3 kali lipat dari plan yang dipilih. Hal ini berlaku di seluruh dunia kecuali Amerika Serikat.

Pentingnya punya asuransi

Umumnya, asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang menanggung biaya medis saat kita diharuskan pergi ke dokter atau rumah sakit. 

Beberapa manfaat asuransi kesehatan meliputi biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan medical check-up

Nah, asuransi ini juga mempunyai manfaat tambahan lho seperti melahirkan, perawatan gigi, dan mata.

Untuk menikmati manfaat di atas, nasabah perlu membayarkan premi yang besarannya variatif dan tergantung pada usia, pekerjaan, dan limit pertanggungan. 

Namun, berbeda dengan BPJS Kesehatan, kita bisa lebih fleksibel memilih premi yang diinginkan, pertanggungan, dan rumah sakit.

Cara memilih asuransi kesehatan terbaik

Di Indonesia, penyedia layanan asuransi jumlahnya ratusan. Namun, sebelum memilih mana yang cocok, kita perlu mengetahui beberapa kriteria asuransi kesehatan terbaik.

Kriteria asuransi kesehatan terbaik, yaitu:

  • Jaringan rumah sakit yang luas. Bagi yang sering ke luar negeri, pastikan penyedia menjangkau rumah sakit di luar negeri.
  • Fasilitas cashless karena praktis apalagi di saat kondisi genting. Sehingga kita cukup menggesekkan atau cukup menunjukkan kartu asuransi saja.
  • Limit pertanggungan dan premi sesuai. Tidak selalu asuransi kesehatan murah akan lebih baik, tetapi asuransi yang bagus juga tidak selalu mahal.

Dengan ratusan pilihan polis dan brand, calon nasabah perlu lebih cermat memilih manfaat asuransi kesehatan yang dibeli. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli proteksi kesehatan: 

Metode klaim cashless

Dengan sistem klaim cashless nasabah bisa datang ke rumah sakit bermodal kartu peserta asuransi kesehatan saja. 

Artinya, nasabah tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar untuk mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit rekanan. Namun, cashless tidak selalu menjadi terbaik. Ingat penjelasan sebelumnya, ya.

Contohnya adalah rekomendasi pilihan di atas yaitu Allianz, AXA Mandiri, Prudential, Manulife, BCA, BNI Life, dan Cigma semuanya memiliki manfaat asuransi cashless dan reimbursement.

Menanggung biaya rawat jalan

Biaya perawatan pra dan pasca rawat inap tidaklah murah. Untuk itu, sebaiknya pilih yang menanggung biaya rawat jalan tersebut. 

Dari rekomendasi Lifepal, Asuransi kesehatan AXA Mandiri, Cigna, dan Manulife menanggung biaya rawat jalan sebagai manfaat dasar asuransi. Calon nasabah tinggal memilih premi dan plafon yang dapat melengkapi kebutuhan serta anggaran. 

Manfaat pengembalian premi

Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi atau no claim bonus apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. 

Umumnya besaran pengembalian premi tiap polis perusahaan berbeda-beda ada yang 20 persen, 50 persen, bahkan hingga 100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.

Beberapa pilihan rekomendasinya adalah asuransi kesehatan Cigna, Prudential, dan Allianz juga memberikan manfaat no claim bonus bahkan ada yang setiap setahun. 

Limit/plafon sesuai premi

Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misalnya, uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini.

Namun, jika dibandingkan dengan biaya perawatan medis di Indonesia saat ini yang mana biaya operasi memakan biaya sekitar Rp7-Rp15 juta, tentu manfaat pertanggungan Rp20 juta sangatlah kecil

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih yang menanggung biaya medis sesuai tagihan rumah sakit (as charged), seperti Manulife, Prudential, dan BNI Life. 

Iuran premi tidak lebih 10 persen dari gaji

Meski proteksi kesehatan sangatlah penting, calon nasabah tetap harus memastikan keuangannya tetap terjaga. 

Salah satunya adalah, dengan mengikuti metode finansial 50/30/20. Di mana 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk hiburan, 10 persen investasi, dan 10 persen asuransi.

Beli melalui broker asuransi

Broker yang telah terdaftar resmi dapat membantu nasabah mengajukan klaim. Ingat, ketika sedang mengalami risiko medis, pengajuan klaim akan sangat sulit dilakukan sendiri. 

Belum lagi, jika pengajuan klaim nasabah ditolak karena alasan tertentu. Broker asuransi seperti Lifepal dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah klaim tersebut.

Keuntungan beli asuransi kesehatan online 

Ada begitu banyak manfaat yang bisa didapat dengan beli asuransi kesehatan online. Salah satunya adalah kemudahan transaksi. 

Sebab, calon nasabah hanya perlu buka situs broker asuransi Lifepal untuk membandingkan ratusan produk asuransi kesehatan terbaik dan murah. Setelah itu, pilih plafon dan premi yang sesuai kebutuhan serta anggaran. 

Selain itu, marketplace asuransi online juga biasanya menawarkan banyak diskon, sehingga premi yang didapat bisa lebih murah. Seperti Lifepal, yang saat ini menawarkan promo menarik untuk produk asuransi kesehatan.

Itulah informasi penting mengenai kolonoskopi yang meliputi pengertian, prosedur hingga biayanya. 

Semoga dengan informasi tersebut kamu jadi tahu apa sebenarnya kolonoskopi, apa sih metode operasi yang dilakukan, dan berapa besaran biaya tindakannya. Semoga informasi tadi bermanfaat! (Editor: Chaerunnisa)