Samuel Sekuritas, Cara Jadi Nasabah dan Plus Minusnya

samuel sekuritas

Apakah kamu familiar dengan PT Samuel Sekuritas Indonesia atau SSI? Perusahaan ini adalah perusahaan sekuritas di Indonesia yang cukup dikenal banyak investor.

Bagi para investor, SSI memang cukup aktif memberikan rekomendasi saham setiap harinya. 

SSI juga merupakan sister company dari PT Samuel Asset Management alias SAM. Kalau SSI adalah broker saham, SAM adalah manajer investasi yang menerbitkan produk reksadana.

Tertarik buka rekening saham di Samuel Sekuritas? Yuk kenalan dulu sama perusahaannya.

Profil PT Samuel Sekuritas Indonesia

samuel sekuritas
Gimana sih sejarahnya PT Samuel Sekuritas ini (IG Samuel)

PT SSI didirikan pada tahun 1992, di Jakarta oleh mantan eksekutif senior dari Citibank NA. Sebagai perusahaan penyedia jasa perantara pedagang efek (broker) dan penjamin emisi efek (underwriter), pelayanan yang diberikan SSI cukup luas. Mereka pun menyediakan jasa pengelolaan aset investasi bagi para kliennya.

Pemegang saham dari Samuel Sekuritas adalah PT Samuel International dengan kepemilikan saham 75 persen, dan PT Tumbuh Bersama Indonesia dengan kepemilikan saham 25 persen.

Perlu kamu ketahui, SSI merupakan salah satu perusahaan sekuritas di Indonesia yang pertama kali menyediakan fasilitas perdagangan saham secara online melalui jaringan internet dan perangkat seluler.

Perusahaan sekuritas yang satu ini sejatinya memiliki kinerja yang sangat positif. SSI sukses mencetak laba Rp 206,9 miliar atau naik 11 persen dari tahun 2017. Meski demikian, informasi mengenai laba tahunan perusahaan ini di 2019 memang belum dirilis kepada publik. 

Satu peristiwa yang membuatmu jadi familiar dengan sekuritas ini adalah suspensi yang dilakukan Bursa Efek Indonesia (BEI) terhadap SSI. Hal itu pun membuat para nasabah SSI tak bisa bertransaksi online, dan cuma bisa melakukan transaksi dengan menggunakan telepon.

Kok bisa ya?

Usut punya usut, suspensi itu terjadi karena SSI telat menyampaikan laporan keuangan tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2018 lalu. Suspensi itu terjadi di awal April, namun gak lama kemudian langsung dibuka.

Sejatinya gak ada masalah kok sama keuangan dari perusahaan ini, cuma penyampaian laporannya saja yang telat waktu itu. 

Buat kamu yang ingin membuka akun saham di perusahaan ini, yuk simak beberapa kelebihan dari PT SSI. 

Keuntungan buka akun saham di Samuel Sekuritas

samuel sekuritas
Yuk cari tahu kelebihan PT SSI (IG Samuel)

Apa saja yang jadi keunggulan SSI ketimbang sekuritas lain? Mari kita bahas di bawah sini yuk.

1. Aplikasi trading SSI cukup inovatif

Kita akan mengupas aplikasi trading SSI yang bernama STAR di poin selanjutnya. Namun beberapa hal yang harus kamu ketahui soal STAR adalah, aplikasi ini sudah bisa digunakan di berbagai platform seperti desktop, smartphone dan tablet android, serta iPhone dan iPad.

Kecepatannya teruji, demikian pula dengan sifatnya yang cukup ramah pengguna. Begitu pula dengan fiturnya yang siap menyajikan real time stock alert via SMS, analisa saham harian, dan lainnya.

Dari segi keamanan, STAR menggunakan sistem enkripsi SSL (Secured Socket Layer) protocol 256bit yang sertifikasinya dikeluarkan oleh GeoTrust, Verisign serta menggunakan CheckPoint Firewall-1 3DES untuk keamanan akses ke jaringan (Network Access Security) dan data enkripsi atas instruksi pesanan yang dikirim.

Mau order di luar jam bursa juga bisa kok, STAR punya fitur transaksinya. 

2. Fee Samuel Sekuritas cukup terjangkau

Bicara soal biaya transaksi di SSI, besarannya ternyata sama dengan akun reguler di Mirae Asset Sekuritas, yaitu 0,15 persen beli dan 0,25 persen jual. 

Namun biaya itu adalah biaya khusus untuk investor dengan rekening online trading lho ya. Investor Rekening Full Service dikenakan biaya transaksi 0,25 persen beli, dan 0,35 persen jual.

3. Rekomendasi riset analis akan dikirim ke investor

Khusus buat kamu yang gak sempat melakukan analisis saham, gak usah khawatir. Analis dari SSI akan mengirimkan hasil risetnya ke email yang kamu daftarkan.

Selain itu, kamu juga bisa membacanya di situs samuel.co.id. 

Khusus investor yang menggunakan Rekening Full Service, maka rekomendasi saham akan diberikan langsung oleh account officer. Asyik kan.

STAR, Aplikasi trading Samuel Sekuritas

Nah di bagian ini kita akan mengupas tuntas soal STAR (Samuel Trading Active Realtime) dan melihat tampilannya langsung di berbagai platform.

Selain beberapa kelebihan yang telah disebutkan di poin atas, STAR bisa menghubungkan investor satu dengan lainnya. Customer care STAR juga terbilang cukup ramah dan tanggap.

Penasaran sama tampilan aplikasi ini di berbagai platform? 

1. STAR for Desktop

samuel sekuritas
STAR for Desktop (STAR)

STAR for Desktop adalah aplikasi online trading dari SSI yang menyediakan informasi dan media transaksi di BEI secara realtime. Tentunya dapat diinstal pada komputer desktop atau notebook berbasis operasi Windows.

Spesifikasi hardware minimum untuk aplikasi ini adalah:

– Intel Pentium IV atau lebih tinggi 

– Memory 512 Mb atau lebih 

– VGA Card Memory 32 Mb

– Minimum free space 200 MB

Star for Desktop bisa digunakan untuk sistem operasi Windows 2003 hingga Windows 8.

2. STAR for Smartphone (android)

samuel sekuritas
Star for Android (Google PlayStore)

Kalau yang ini dari namanya saja sudah jelas bahwa kegunaannya adalah untuk melakukan transaksi saham lewat smartphone. Lebih tepatnya adalah smartphone tipe android.

Kamu bisa menemukan aplikasi ini di Google Play dengan menulis kata kunci Samuel Sekuritas. Di Google Play, nama aplikasi ini bukan STAR for Android melainkan STAR for Smartphone.

3. STAR for Tablet (android)

Jika nomor dua ditujukan untuk smartphone, nah yang ini adalah untuk tablet. Tentu saja tampilan aplikasinya beda dengan Smartphone.

Meski tampilannya beda, fiturnya tetap gak kalah canggih. 

4. STAR for iPhone

samuel sekuritas
STAR for iPhone (STAR)

Khusus buat investor Samuel Sekuritas yang berponsel iPhone dan ingin trading menggunakan ponselnya, maka pilihannya adalah STAR for iPhone. 

Aplikasi ini membutuhkan iOS 9.1 atau versi lebih barunya. Selain di iPhone, aplikasi ini ternyata juga bisa digunakan di platform iPad lho. 

5. STAR for iPad

samuel sekuritas
STAR for iPad (APP Store)

Meski STAR for iPhone bisa diinstall di iPad, namun tampilannya tentu gak bakal maksimal. Oleh karena itu, pengguna iPad sebaiknya mengunduh STAR for iPad.

Cara buka akun di Samuel Sekuritas

Setelah mengetahui tampilan dan fitur dari aplikasi STAR, bagaimana pendapatmu? Apakah terlihat cukup user friendly dan menarik? 

Bila jawabannya ya, dan hal itu membuatmu makin kepincut buka akun saham di SSI. Maka ketahuilah tahapan-tahapannya di bawah sini.

1. Lakukan registrasi online di register.samuel.co.id

Prosedur buka akun saham di sini bisa dilakukan secara online melalui situs resmi SSI. Unduh formulirnya, dan isi semua data-datanya dengan data valid yang update.

Setelah itu, cetak formulir pembukaan rekening efek dan rekening dana nasabah. Tandatangani bagian yang harus kamu tandatangani dan sertakan materai Rp 6 ribu.

2. Siapkan dokumen-dokumen ini

Untuk individu perorangan, dokumen yang harus dipersiapkan adalah:

  • KTP Bagi WNI atau PASPOR/KITAS/KIMS bagi WNA
  • NPWP atau surat pernyataan tidak memiliki NPWP
  • KTP Pasangan, bagi calon nasabah yang berstatus menikah atau KTP orang tua bagi calon nasabah yang berstatus pelajar
  • Halaman depan Buku Tabungan atau Rekening Koran
  • Kartu nama / Surat Pernyataan Bekerja

3. Kirim berkas-berkas itu ke kantor PT Samuel Sekuritas Indonesia

Setelah berkas-berkasnya lengkap, maka kirim ke kantor pusat PT Samuel Sekuritas Indonesia (bagian Customer Service Division). Alamatnya di Menara Imperium 21 Floor, Jl. HR Rasuna Said Kav.1 Jakarta 12980. Indonesia. 

4. Permohonan pembuatan rekening efek dan RDN kamu akan diproses, harap bersabar

Data-data yang kamu kirimkan ke kantor SSI akan segera diproses. Harap bersabar dalam menunggu ya.

Pokoknya, ketika sudah jadi, Nomor rekening RDI akan diinformasikan melalui email oleh Customer Service. Usai rekeningnya aktif, SSI akan mengirimkan Client Code, Password dan PIN Trading untuk login ke STAR melalui email.

Setelah itu kamu bisa bertransaksi saham deh! Mudah kan.

Kontak Samuel Sekuritas

Oh ya, jika ada pertanyaan lebih lanjut, hubungi saja pihak SSI di:

PT SAMUEL SEKURITAS INDONESIA

Menara Imperium 21st Floor

Jl. HR Rasuna Said Kav. 1

Jakarta 12980

Telp. +62 21 2854 8100

Fax. +62 21 8370 1610

Email: [email protected]

STAR Customer Service

Telp. +62 21 2854 8181

Email: [email protected]

Kekurangan Samuel Sekuritas

samuel sekuritas
Apa saja ya kekurangan dari sekuritas ini? (Pixabay)

Tadi kita sudah membahas fitur-fitur canggih Samuel Sekuritas nih. Gimana kalau di bagian ini kita bahas juga soal kekurangannya.

Ada beberapa hal yang patut kamu ketahui terkait fasilitas yang ditawarkan oleh SSI. Berikut ini adalah di antaranya.

1. RDN cuma bisa di 2 bank saja

Pilihan RDN alias rekening dana nasabah di sekuritas lain biasanya ada empat bank atau lebih. Namun di SSI cuma ada dua, yaitu Bank BCA dan Mandiri.

2. Biaya deposit awal agak besar

Setoran awal minimum untuk berinvestasi lewat SSI memang tergolong cukup besar buat investor berbujet minim. Jumlahnya adalah:

Rekening online: Rp 10 juta

Rekening full service: Rp 50 juta

Patut diketahui, beberapa sekuritas lain bahkan gak mematok biaya deposit awal untuk mengaktifkan rekening itu. 

Selain deposit awal yang besar, SSI juga memberlakukan biaya layanan per bulan sebesar Rp 35 ribu ke investor. Namun jika transaksi investor mencapai Rp 100 juta di bulan tersebut, maka biaya itu digratiskan.

Sementara itu untuk biaya pemindahan saham ke sekuritas lain, biaya yang dikenakan oleh SSI adalah Rp 22 ribu per emiten. 

Itulah hal-hal yang mesti kamu ketahui sebelum membuka akun saham di Samuel Sekuritas. 

Kesimpulannya adalah, sekuritas ini punya aplikasi yang sifatnya multiplatform dan cukup cepat dalam performanya, belum lagi biaya transaksinya untuk rekening online juga sangat terjangkau. Hanya saja, biaya deposit awalnya memang terbilang agak tinggi, dan pilihan bank untuk RDN cuma ada dua.

Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi!