10 Usaha Franchise Indonesia Modal di Bawah Rp20 Juta

usaha franchise indonesia

Usaha franchise atau waralaba menjadi jenis bisnis yang diminati karena memberikan kemudahan bagi seseorang untuk menjalankan bisnis. Dari segi produknya, franchise Indonesia pun semakin beragam dengan modal terjangkau.  

Mengelola franchise Indonesia berarti tidak perlu membangun bisnis dari nol karena semua sudah dipaketkan oleh franchisor. Kamu hanya perlu membeli lisensi atau izin usaha atas nama perusahaan atau merek dagang tertentu.

Tidak tanggung-tanggung, paket tersebut sudah mencakup peralatan, bahan baku, panduan strategi pemasaran, hingga termasuk pelatihan karyawan. 

Jenis franchise Indonesia sangat cocok bagi kita yang baru memulai bisnis mengingat persiapannya yang mudah dan risikonya yang kecil. 

Di tengah kondisi krisis ekonomi akibat pandemi dan lainnya saat ini di mana banyak perusahaan merumahkan karyawannya, berbisnis franchise bisa menjadi pilihan juga.

Lindungi dirimu dari dampak krisis ekonomi dan risiko kehilangan pekerjaan dengan santunan tunai dari asuransi jiwa. Santunan tunai ini bisa kamu manfaatkan untuk melunasi utang dan modal memulai usaha sendiri.

Dengan menjadi pengelola usaha franchise, kamu memiliki peluang untuk mengembangkan kemampuan berbisnis sekaligus meraih keuntungan untuk dirimu sendiri.

Butuh referensi untuk menemukan kecocokan dengan minatmu? Temukan pilihannya pada daftar usaha francise Indonesia di bawah Rp20 juta berikut.

Macam-macam bisnis franchise Indonesia yang layak dilirik

Berikut ini macam-macam bisnis franchise untuk referensi kamu.

1. Radja Cendol dengan modal Rp8 juta

Radja Cendol bisa jadi pilihan franchise Indonesia yang layak dipertimbangkan kalau kamu lagi mencari bisnis minuman. Franchisor satu ini sudah cukup berpengalaman dengan lebih dari 700 cabang dari Sabang sampai Merauke. 

Bila tertarik investasi franchise satu ini, cukup menggelontarkan Rp8 juta untuk paket indoor tanpa tenda dan Rp9,75 juta untuk paket outdoor dengan tenda ukuran 2 x 2 meter. 

Peralatan yang akan diterima adalah bahan baku plus topping dan packaging, seragam, media promosi, dan satu set meja untuk konsumen. 

Bila kamu tertarik dengan franchise ini kamu bisa kontak +628561866284 atau email ke [email protected]. Situs resmi Radja Cendol juga bisa dikunjungi di radjacendol.com

2. Galaxy Pertamini, punya pom bensin dengan Rp9 Juta

Bisnis franchise Indonesia lainnya yang terbilang menggiurkan adalah Galaxy Pertamini, karena produknya yang sangat dibutuhkan. Keberadaan pom bensin milik Pertamina yang masih jauh di sejumlah tempat menjadikan bisnis pom bensin mini laris manis. 

Galaxy Pertamini merupakan franchisor untuk pom bensin mini yang bisa dibuka di pinggir jalan dengan rumah. Dengan modal kemitraan sebesar Rp9 juta, pembeli franchisor bisa mendapatkan drum kapasitas BBM 210 liter, selang 3,5 meter dan alat ukur. 

Bentuk-bentuk pom bensin mini Galaxy Pertamini juga menarik dan terkesan profesional. Penampungan BBM nya pun bisa ditingkatkan menjadi 500 hingga 750 liter lebih. 

3. Bisnis sambil mendidik di Bintang Baca dengan modal Rp10 juta

Ternyata ada juga franchise di dunia pendidikan. Sebuah waralaba bernama Bintang Baca menawarkan kemitraan bidang pendidikan khusus anak usia 3-7 tahun. 

Berdasarkan informasi dari situs resminya, Bintang Baca fokus pada literasi anak untuk kemampuan membaca dan menulis. Kemampuan inilah yang menjadi gerbang awal bagi anak untuk menyerap ilmu pengetahuan seluas-luasnya. 

Dalam praktiknya, Bintang Baca mengembangkan alat peraga dan kurikulum khusus guna mencapai tujuan ini. 

Program kemitraan Bintang Baca bisa didapatkan dengan modal Rp10 juta. Kita akan mendapat 7 modul lengkap, training dan program bahasa Inggris dan Matematika. 

Informasi terkait seputar Bintang Baca dapat diakses melalui situs bintangbaca.com atau hubungi 081283452235.

4. Manfaatkan tren bisnis online dengan Kurir JET Express untuk Rp2 juta – Rp15 juta

Bisnis pengiriman meningkat dengan pesat seiring dengan pesatnya jual beli secara online. Berdasarkan proyeksi Kementerian Komunikasi dan Informatika, transaksi e-commerce diprediksi akan meroket hingga US$130 miliar pada tahun 2030.  

Tentu hal tersebut menjadi peluang bisnis bagus bagi outlet jasa pengiriman salah satunya JET Express. Mereka menawarkan dua paket kemitraan senilai Rp5 juta dan Rp15 juta. 

Paket Rp5 juta akan menerima neon box, pamflet, seragam, akses ke JETNET dan timbangan digital. Sementara itu, paket Rp15 juta akan mendapat tambahan laptop dan printer. 

Informasi mengenai peluang franchise Indonesia JET Express dapat dilihat di jetexpress.co.id

5. Oliv Geprek Ekspres dengan modal Rp15 juta

Ayam geprek masih jadi favorit kuliner masyarakat Indonesia. Rasa pedas dan nikmat ayam gorengnya udah jadi menu pilihan sehari-hari. 

Olive Geprek Expres adalah franchise ayam geprek yang menawarkan kemitraan dengan modal Rp15 juta saja. Nilai investasi ini masih lebih terjangkau ketimbang beberapa franchise ayam geprek lainnya. 

Dengan Rp15 juta, kamu sudah bisa membangun bisnis ayam geprek sendiri yang lengkap dengan peralatan, bahan baku dan booth khusus. Kamu juga dapat memilih paket lebih murah tanpa booth senilai Rp8 juta. 

Tertarik dengan Oliv Geprek Express? Kunjungi aja www.olivgeprek-ekspres.com

6. Bisnis Kuku Cantik dengan modal cuma Rp15 juta

Franchise ini cocok banget untuk kaum hawa yang ingin berbisnis. Franchise Kuku Cantik menawarkan jasa mencetak gambar pada kuku. 

Melalui sebuah mesin, kuku bisa digambar dengan model yang berbeda-beda. Dapat dilakukan dengan cukup cepat tidak seperti menggambar secara manual. 

Dari segi bisnis, waralaba ini cukup fleksibel dilakukan di sejumlah tempat seperti mal, maupun dibawa langsung ke tempat pelanggan. Bisa pula dijalankan dengan skema kerja sama dengan pihak wedding organizer untuk membuka booth pada acara pernikahan. 

Dengan Rp15 juta, kamu sudah bisa memulai bisnis yang unik ini. Perlengkapan yang akan diterima adalah mesin cetak kuku digital, photographic ink,  CD software, CD video tutorial cara pemakaiannya dan lain-lain. 

7. Multilink Indonesia, dengan modal Rp18,8 juta

Franchise Multilink Indonesia bergerak di bidang IT dengan fokus pada jasa pembuatan website, software, promosi online dan lain sebagainya. Multilink Indonesia menawarkan keuntungan membangun bisnis IT dengan model franchise

Beberapa keuntungan yang ditawarkan adalah pelanggan setia yang banyak, mitra kerja nasional dan global, dan kekuatan negosiasi yang lebih tinggi karena secara brand awareness Multilink Indonesia sudah kuat. 

Multilink Indonesia menawarkan kemitraan dengan modal Rp18 juta. Untuk kamu yang tertarik dengan franchise Indonesia ini, kunjungi www.waralabaku.com

8. Ayam Sabana dengan modal Rp20 juta

Franchise ayam sabana adalah bisnis kuliner yang paling praktis dan bisa dipelajari dengan cepat. Pasalnya, proses pembuatannya tidak terlalu sulit dan pengelolaanya pun cukup mudah.

Kemitraan pada salah satu franchise Indonesia paling terkenal ini bisa dimulai dengan modal Rp20 juta saja. Kamu akan mendapatkan gerobak full stainless, deep fryer, peralatan, modal bahan, survei dan pelatihan. 

Informasi lebih lanjut mengenai kemitraan dengan Ayam Sabana dapat dilihat di http://sabana.co.id/kemitraan/

9. Tahu Jeletot Taisi, modal cuma Rp20 juta

Franchise Jeletot Taisi adalah jajanan tahu pedas yang renyah. Bisnis ini cocok untuk lokasi dekat sekolah sebagai alternatif jajanan anak-anak. 

Tahu Jeletot Taisi terbilang franchise yang cukup mapan. Pasalnya, franchise ini telah memiliki lebih dari 250 cabang di seluruh Indonesia.

Dengan Rp20 juta, kamu sudah bisa bermitra dengan Tahu Jeletot Taisi. Kamu bisa membuka situs www.tahujeletot.com

10. Bisnis Martabak Mini Waka-Waka dengan modal kecil

Martabak Mini Waka-Waka bisa menjadi pilihan franchise Indonesia dengan modal kecil. Dengan modal hanya Rp3 juta, kamu sudah bisa memiliki outlet martabak mini. 

Berdiri sejak tahun 2011, franchise di bawah naungan perusahaan Zavindra Pijar Raya ini telah memiliki lebih dari 600 outlet

Lindungi keuanganmu dari biaya atas kerusakan aset berharga akibat tertimpa musibah kebakaran. Manfaatkan jaminan dari asuransi kebakaran yang berupa santunan tunai sebagai pertanggungan atas rumah dan propertimu.

Agar sukses bisnis franchise, ini tipsnya

Franchise adalah bentuk usaha yang memberikan lisensi kepada pihak lain untuk menggunakan atau memanfaatkan hak kekayaan intelektual suatu produk. 

Pihak pemberi franchise atau franchisor memberikan hak kepada individu maupun bisnis untuk memanfaatkan merek, prosedur, peralatan, dan bahan baku dalam jangka waktu tertentu.   

Secara sederhana, kita sebagai pembeli franchise tinggal menjalankan bisnisnya saja. Sebelum mengulas lebih jauh mengenai hal ini, ada beberapa tips yang sebaiknya kamu lakukan agar bisnis franchise bisa berjalan sukses.  

1. Memilih jenis usaha franchise yang sesuai dengan minat

Menjalankan suatu bisnis memang lebih menyenangkan saat sesuai dengan minat kita sendiri. Begitu pula dengan bisnis waralaba yang produknya cukup beragam. 

Kalau misalnya kamu suka ngopi, ada sejumlah franchise minuman kopi yang bisa jadi pilihan, baik skala rumahan maupun coffee shop. Bila kita enjoy melakukannya, maka bisnisnya pun akan berjalan dengan baik. 

2. Pilih franchise yang terkenal dan tentukan lokasi usahamu yang strategis

Semakin bagus reputasi merek franchise yang kamu pilih, makin tinggi pula peluang keuntunganmu. Apalagi kalau merek tersebut sering dikaitkan dengan tokoh masyarakat yang sedang populer. Pastinya akan menambah daya tarik tersendiri.

Selain itu ada faktor lokasi yang sangat krusial, terutama bagi franchise food and beverage. Lakukan survei lokasi guna mengetahui seberapa ramai tempatnya dan segmentasi pasar seperti apa yang bisa ditargetkan di sana. 

Selain itu, penting juga untuk mencari tahu lokasi kompetitor usaha jenis di tempat tersebut. Franchisor yang baik biasanya melarang pihak pembeli franchise membangun usaha di tempat yang berdekatan dengan mitra sebelumnya.

3. Cek profil dan riwayat usaha franchise pilihanmu serta cari tahu izinnya

Didukung oleh artis terkenal di ibu kota memang bisa menjadi keunikan, tapi jangan langsung percaya juga ya.

Cari tahu riwayat pemilik dan usahanya, apakah sejauh ini aman atau pernah terlibat kasus-kasus tertentu. Bakalan jadi kesalahan fatal kalau kita membeli franchise yang sudah kena blacklist oleh sebagian besar masyarakat, bukan?

Selain itu, kamu bisa

Oya cari tahu juga mengenai izin usaha mereka. Kalau bidang usahanya di seputar makanan dan minuman, pastikan mereka sudah dilegalisir oleh BPOM sebagai produk konsumsi yang aman pada sisi kesehatan.

4. Pelajari bisnis yang akan dijalani

Meski terkesan cukup mudah, bisnis franchise juga memiliki sejumlah hambatan. Dari pihak franchisor, sering kali terkendala pengiriman bahan baku sehingga menghambat operasional. Belum lagi biaya franchise fee yang setelah dihitung-hitung bisa jadi cukup memberatkan. 

Karena itu, penting banget sebagai pembeli franchise untuk mempelajari bisnis waralaba yang akan dijalani secara menyeluruh. 

5. Siapkan modal dengan menabung

Modal untuk dapat menjalankan bisnis franchise sudah cukup beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Rata-rata modal yang dibutuhkan untuk sebuah franchise dimulai dari Rp5 juta. 

Bila kamu adalah seorang karyawan yang berniat membangun usaha franchise, tidak ada salahnya mulai menabung untuk mengumpulkan modal.

6. Kembangkan dengan strategi marketing sendiri

Meski segala sesuatunya sudah direncanakan franchisor, tetap saja kesuksesan bisnis ada di tangan kamu sendiri sebagai pembeli franchise

Kamu bisa melakukan improvisasi pada bagian tertentu agar bisnis waralaba kamu lebih sukses. Membuat promo di awal-awal pendirian usaha misalnya, bisa menjadi strategi yang bisa kamu kembangkan sendiri. 

Demikianlah daftar franchise Indonesia yang bisa jadi pilihan kamu untuk memulai bisnis. Dengan modal finansial dan riset yang kuat, kamu pun bisa punya kesempatan untuk sukses dengan bisnis franchise.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang bisnis? Temukan berbagai informasi dan konsultasi populer seputar bisnis di Tanya Lifepal.

Pertanyaan seputar usaha franchise di Indonesia

Apa itu usaha franchise?

Usaha franchise atau waralaba adalah lini bisnis yang menggunakan nama merek dagang atau logo perusahaan tertentu untuk kemudahan pemasaran. Pembeli atau penyewa franchise bisa membeli izin/lisensi beserta paket lengkap menyangkut peralatan usaha sehingga dia tidak perlu merintis dari awal.

Umumnya, pembeli franchise diizinkan untuk menentukan margin keuntungan sendiri namun diwajibkan untuk membeli bahan baku dari franchisor. Sebagian franchisor lain menuntut bagi hasil atau pembayaran royalti dalam periode tertentu.

Apa keuntungan usaha franchise?

  • Perlengkapan dan lokasi bisnis sudah disiapkan oleh franchisor atau pewaralaba.
  • Senantiasa mendapatkan bimbingan dan dukungan dari franchisor.
  • Merek dagang sudah populer sehingga kamu tidak perlu melakukan pemasaran merek lagi.
  • Mendapatkan promosi gratis dari franchisor.
  • Sistem manajemen bisnis dan perusahaan yang sudah rapi, kamu tinggal terima bersih.
  • Hubungan mutualisme yang saling menguntungkan. Jika usahamu dapat profit, franchisor juga.

Apa kelemahan usaha franchise?

Sulit untuk mengembangkan kretivitas karena kamu terikat untuk mengikuti sistem pemasaran atau presentasi barang dagangan sesuai instruksi dari franchisor. Waspadai juga untuk jangan sampai salah memilih perusahaan atau merek dagang yang hanya terlihat bagus di depannya saja. Setelah kita bermitra, ada sebagian franchisor yang tidak peduli dengan nasib usaha kita. Mereka hanya sebatas menjual bahan baku dan memberikan bimbingan seminimal mungkin.