Survei: 78 Persen Traveler Pilih Wisata Alam Indah di Indonesia Lho!

2020 bakal jadi tahun yang menarik buat traveling, lho! Selain tren traveling yang makin beragam, munculnya banyak destinasi wisata baru di Indonesia akan mendorong masyarakat untuk lebih giat liburan.

Hal ini dibuktikan dari hasil survei yang dilakukan oleh Pegipegi dengan YouGov, salah satu lembaga survei internasional terpercaya. Melibatkan lebih dari 2.000 responden, Pegipegi menemukan tiga tipe preferensi traveling yang diminati oleh traveler Indonesia sepanjang 2019 yang bisa jadi acuan traveling di 2020.

Berdasarkan hasil survei Pegipegi, lebih dari 78 persen responden memilih traveling ke destinasi yang menyajikan pemandangan yang indah, 62 persen memilih untuk traveling ke destinasi dengan biaya yang terjangkau, dan 51 persen memilih untuk traveling ke destinasi yang mempunyai wisata budaya dan warisan sejarah.

Destinasi dengan pemandangan alam indah

Wisata Alam Indonesia
Diving di Raja Ampat (Shutterstock).

Destinasi dengan pemandangan alam yang indah lebih banyak diminati oleh responden berjenis kelamin perempuan. Kebanyakan dari mereka sudah berkeluarga dan bekerja full time dengan persentase hingga 82 persen.

Pada kategori ini, Raja Ampat, Gunung Bromo, Dieng, Nusa Penida dan Labuan Bajo merupakan 5 tempat wisata pemandangan alam yang paling diminati oleh responden. Responden menyebutkan tiga alasan utama mengunjungi tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah yaitu sebanyak 78 persen ingin menikmati pemandangan alam, 77 persen ingin menghilangkan stress, dan 69 persen ingin menyegarkan pikiran dari rutinitas kerja.

Destinasi dengan biaya terjangkau

Wisata Alam Indonesia
Water Palace Yogyakarta (Shutterstock).

Sebanyak 70 persen responden menyukai destinasi dengan biaya terjangkau berjenis kelamin perempuan, dan 72 persen diantaranya berusia 35 – 44 tahun. Yogyakarta, Bandung, Denpasar, Malang dan Solo merupakan lima destinasi dengan kategori budget terjangkau yang paling banyak dipilih. 

Tiga alasan utama traveler memilih mengunjungi tempat wisata dengan budget terjangkau adalah 77 persen berpendapat bahwa banyak wisata murah dan bagus untuk dikunjungi, 76 persen ingin mencicipi kuliner khas yang murah, dan 71 persen diantaranya ingin mendapatkan kemudahan akses.

Tempat wisata sejarah dan warisan budaya

Wisata Alam Indonesia
Candi Borobudur (Shutterstock).

Tempat wisata sejarah dan warisan budaya paling banyak diminati oleh responden berjenis kelamin laki-laki dengan persentase sebanyak 53 persen. Dalam survei ini, Yogyakarta menjadi lokasi favorit pilihan responden karena memiliki banyak wisata sejarah dan warisan budaya. 

Berdasarkan survei yang dilakukan, tiga besar lokasi favorit wisata sejarah dan warisan budaya yang diminati oleh traveler meliputi Candi Borobudur sebanyak 62 persen, Candi Prambanan sebanyak 56 persen, dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebanyak 51 persen.

Responden menyebutkan tiga alasan utama mereka memilih tempat wisata sejarah dan warisan budaya untuk bepergian pada tahun 2020 adalah, 81 persen ingin mengenal destinasi budaya atau sejarah secara lebih mendalam, 76 persen ingin menambah wawasan kebudayaan atau sejarah, dan 59 persen ingin mempelajari keunikan sebuah daerah.

Selain survei mengenai preferensi traveling di atas, Pegipegi juga melakukan riset untuk mengetahui kapan waktu untuk mendapatkan harga terbaik untuk melakukan pemesanan tiket pesawat dan hotel berdasarkan data pada tahun 2019. Antara lain:

  • Rute Jakarta – Bali: Januari dan Februari
  • Rute Jakarta – Surabaya: Januari, Februari dan Juli
  • Rute Jakarta – Medan: Februari, Maret, April, Juni, dan Juli
  • Rute Jakarta – Yogyakarta: Januari dan Februari
  • Rute Yogyakarta – Jakarta: Sepanjang Februari – Mei, dan Agustus – Oktober
  • Rute Surabaya – Bali: Februari
  • Rute Surabaya – Makassar: Februari, Maret dan Mei

Liburan nggak lengkap kalau belum booking hotelnya. Nah, Pegipegi juga punya data bulan periode pemesanan hotel dengan harga paling terjangkau di kota-kota favorit berdasarkan data Pegipegi. Antara lain:

  • Bali: Februari dan April. Bulan Januari bisa menjadi opsi selanjutnya
  • Bandung: Sepanjang Januari – April dan Sepanjang Agustus – Oktober
  • Bogor: Sepanjang Februari – Maret dan Sepanjang Agustus – Oktober
  • Jakarta: Sepanjang Februari – Mei dan bulan September
  • Yogyakarta: Sepanjang Januari – April dan Sepanjang Agustus – Oktober
  • Malang: Sepanjang Februari – April dan Sepanjang Juli – September
  • Medan: April
  • Semarang: Sepanjang Januari – April dan Sepanjang Agustus – Oktober
  • Solo: Sepanjang Januari – Maret, dan Sepanjang Agustus – Oktober
  • Surabaya: April

Jadi gimana, makin cinta dong sama pariwisata tanah air? Gak perlu jauh-jauh ke luar negeri kan kalau hanya ingin menghilangkan penat. Wisata alam Indonesia udah terbukti tiada duanya deh dari negara lain di dunia ini. Nah, sudah siap traveling di 2020? (Editor: Winda Destiana Putri).