Deretan Ide Bisnis Kreatif yang Cocok Saat Pandemi Covid-19

ide bisnis kreatif

Membangun bisnis sendiri memang jadi salah satu tren anak muda saat ini. Tak hanya usaha biasa, mereka mengembangkan ide bisnis kreatif yang mungkin tak terpikirkan sebelumnya. 

Misalnya, saat pandemi COVID-19 seperti saat ini banyak bermunculan masker dengan desain unik, bahkan bisa custom sesuai keinginan pelanggan. Harga masker pun jadi meningkat karena sudah memiliki nilai tambah. 

Kemudahan teknologi untuk belajar dan mempromosikan produk menjadi faktor pendorong munculnya bisnis unik ini. Kamu pun bisa juga ikut memulainya. 

Ide bisnis kreatif diperlukan saat situasi sulit seperti saat ini

Kelesuan ekonomi akibat pandemi COVID-19 memaksa orang mencari ide bisnis kreatif. Tak hanya mengeluh karena kehilangan pekerjaan atau omset usaha yang turun, kita pun bisa menciptakan peluang usaha agar bisa bertahan. 

Ide bisnis tak harus yang besar-besar. Bisnis kecil yang mampu memberi nilai tambah pada produk pun bisa jadi sumber pundi-pundi uang lumayan. Yang terpenting adalah, keberanian untuk mencoba dan terus belajar. 

Beberapa ide bisnis kreatif di bawah ini tak memerlukan modal yang besar. Modal terbesarnya justru ada pada kreativitas untuk menciptakan produk yang dibutuhkan konsumen. 

Apa saja sih ide bisnis yang bisa kamu coba?

Jenis-jenis ide bisnis kreatif

1. Anger room

Marah adalah reaksi wajar yang muncul saat seseorang stres atau kesal terhadap sesuatu. Dalam kondisi yang sangat marah orang bisa memukul, memecahkan barang atau berteriak sekencang-kencangnya. 

Perlu kamu ketahui, kemarahan perlu dilampiaskan dengan baik agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Kemarahan yang sering ditahan, dalam jangka waktu tertentu bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang tak baik. 

Dalam bisnis ada saja orang yang memanfaatkan hal ini sebagai peluang usaha. Seorang pria di Texas, Amerika Serikat menciptakan Anger Room untuk membantu orang melepaskan amarahnya. Caranya sederhana saja, dia menyiapkan barang-barang yang bisa dipecahkan sesuka hati penggunanya.

Ternyata, Anger Room semacam ini juga udah ada di Jakarta, lho. Artinya ada kesempatan buat kamu mencoba peluang bisnis ini juga untuk pasar Indonesia. 

2. Tanaman yang tumbuh dengan listrik

Bisnis tanaman hias pastinya udah biasa. Tapi bagaimana dengan tanaman yang bisa tumbuh dengan listrik? Menarik, bukan?

Sebuah stoples penumbuh tanaman diciptakan oleh perusahaan startup Click & Grow di Amerika. Tanaman herbal dan rempah-rempah dapat ditanam hanya dengan air dan sinar light emitting diode (LED) tanpa memerlukan tanah sama sekali. 

Oksigen,air, serta nutrisi yang dibutuhkan tanaman akan disuplai dengan material nanoteknologi. Bahan material inilah yang menggantikan fungsi tanah. 

Bisnis unik yang satu ini pas banget kalau dikembangkan sekarang, saat semua orang lebih sering di rumah akibat pandemi COVID-19. Apalagi satu stoples yang cuma perlu enam watt ini bisa diisi tiga tanaman.

3. Makanan duka cita

Di Indonesia, ungkapan duka cita bisa disampaikan melalui karangan bunga. Namun, ini relatif mahal dan biasanya hanya untuk kalangan tertentu saja. 

Di luar negeri, ada tradisi mengirimkan makanan sehat ke sanak keluarga atau rekan yang meninggal dunia. Di sejumlah daerah di Indonesia pun sebenarnya memiliki tradisi yang mirip seperti ini. 

Mereka biasanya mengirimkan beras atau bahan pokok untuk membantu keluarga yang berduka mengadakan doa bersama. Tradisi seperti ini bisa dikembangkan menjadi peluang bisnis yang menarik. 

Membuat bisnis makanan yang khusus dikirimkan untuk keluarga yang sedang berkabung. Bisa sebagai bisnis baru, maupun pengembangan dari produk restoran atau catering yang udah kamu jalani.

4. Hangover helpers

Seseorang terkadang pergi ke pusat hiburan seperti club malam untuk melepaskan penat usai bekerja di kantor. Mereka seringkali meminum minuman beralkohol yang memabukkan. 

Dalam kondisi parah, mereka akhirnya mengalami hangover yaitu pusing, mual, haus, meningkatnya kepekaan terhadap cahaya dan suara akibat mabuk berlebihan. 

Untuk itu, perlu ada orang yang membantu saat pulang ke rumahnya. Beruntung bila datang beramai-ramai karena pasti ada yang menjaga. 

Namun, banyak di antaranya yang datang sendiri. Kondisi itulah yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis kreatif. Menjadi hangovers helpers yang membantu orang-orang seperti ini pulang ke rumahnya masing-masing.

5. Sopir pengganti

Bisnis sopir pengganti cocok menyasar pemilik mobil yang enggan merekrut sopir tetap. Mereka biasanya tidak merekrut sopir karena nggak membutuhkannya setiap saat. 

Tetapi, kadang mereka juga memerlukan saat sedang sangat lelah atau karena kesibukan lain. Karena itulah bisnis sopir pengganti menjadi cukup potensial untuk dicoba. 

6. Jual cincin pertunangan atau pernikahan bekas

Batal nikah tentu jadi pengalaman yang nggak menyenangkan, ya. Banyak orang mengalami hal ini padahal mereka udah menyiapkan pesta pernikahan termasuk cincin kawinnya. 

Kalau udah batal terus gimana dong? Menjualnya kembali jadi opsi yang mungkin dipilih. Di luar negeri, ada loh jasa jual beli cincin bekas. Nggak harus batal nikah,tetapi juga bekas cincin akibat perceraian. 

Kalau kamu suka bisnis yang cukup nyentrik seperti, bisa lho diterapkan untuk segmen Indonesia. 

7. Pom bensin berjalan

Berapa banyak dari kita yang kesulitan mencari pom bensin saat ke luar kota? Sangat menyebalkan bukan saat mobil atau motor kita harus mogok di tengah perjalanan? 

Sebuah startup di Silicon Valley menjawab permasalahan ini dengan membuat pom bensin berjalan. Pengguna tinggal memanggil layanan via aplikasi WeFuel, lalu pom bensin pun datang ke tempat kamu. Lebih praktis dan tak perlu antri juga. 

Bisnis pom bensin berjalan sangat mungkin ditiru untuk pasar Indonesia. Jumlah kendaraan yang banyak dan bertambah tiap tahun jadi pasar yang potensial. 

8. Rental curhat

Kalau kamu adalah tipe orang yang suka mendengarkan curhat orang lain, mungkin kamu perlu mencoba ini. Bisnis rental curhat dikembangkan Takanobu Nishimoto di Jepang. 

Dia menawarkan jasa mendengarkan curhatan, melakukan pekerjaan rumah atau menawarkan nasihat hidup. Cocok banget untuk masalah anak muda perkotaan seperti di Jakarta. 

Di sana, Takanobu menawarkan jasanya dengan harga sekitar Rp134 ribu, Cukup terjangkau untuk kalangan masyarakat kota. 

9. Penyewaan ayam ternak

Ide bisnis kreatif ini sudah terbukti efektif di 17 negara di Amerika, lho. Khususnya untuk penyewaan ayam ternak. 

Ayam ternak yang disewa biasanya untuk diambil telurnya. Jadi, mereka bisa sarapan dengan telur dari ayamnya langsung. Kalau udah bosan, ayamnya bisa dikembalikan lagi. 

10. Buka kursus antigaptek

Nggak semua orang bisa mengikuti perkembangan teknologi. Faktor usia dan kesempatan mengakses membuat orang jadi gaptek. 

Kesempatan inilah yang bisa diambil dengan membuka kursus belajar hal-hal seputar teknologi. Dimulai dari program perkantoran seperti Excel sampai belajar software untuk kebutuhan desain grafis. 

11. Desain masker eksklusif 

Saat ini, masker hampir menjadi kebutuhan pokok yang wajib dibawa saat bepergian. Hampir semua tempat umum telah menerapkan protokol kesehatan yang salah satunya adalah mengenakan masker. 

Kondisi itu melahirkan ide bisnis kreatif dengan populernya masker kain eksklusif. Masker aneka warna dan desain banyak dijual dan disukai oleh pengguna. 

Mengenakan masker kain pun tidak lagi hanya untuk melindungi diri, namun sudah menjadi tren. Bila kamu memiliki kemampuan desain grafis, bisnis masker custom jadi peluang usaha yang potensial untuk saat ini. 

12. Restoran di rumah sendiri

Dari sekian banyak lini bisnis yang terdampak COVID-19, restoran jadi yang cukup parah terkena imbasnya. Banyak restoran terpaksa tutup akibat larangan dari pemerintah atau sepinya pembeli. 

Di balik kesusahan ini, selalu ada peluang yang pasti bisa dimanfaatkan. Jasa membawa restoran ke rumah pembeli sudah dilakukan oleh sejumlah resto di Jakarta. 

Mereka membawa peralatan, bahan makanan dan chef nya sekaligus ke rumah untuk sekadar menikmati santap malam seperti di restoran. 

13. Bimbel online via Zoom

Pandemi COVID-19 membuat sekolah ditutup, termasuk pusat bimbingan belajar. Ini bisa menjadi peluang bisnis tanpa modal dengan menyediakan jasa bimbingan belajar secara online

Saat ini, memang banyak platform bimbel besar seperti Ruangguru, Zenius dan sebagainya. Namun, bimbingan private dengan satu atau dua siswa saja akan membuat kegiatan belajar lebih efektif. 

Platform yang digunakan pun cukup dengan Zoom atau Google Meets. Karena pandemi ini pula semakin banyak anak dan orang tua yang familiar dengan dua aplikasi tersebut. Jadi, seharusnya tidak kesulitan untuk membuka bimbel online via Zoom. 

Jadi pengusaha otak harus selalu muter

Keterbatasan dan hambatan seharusnya tidak menghalangi seseorang untuk berbisnis. Justru karena keterbatasan itulah seseorang bisa memunculkan ide-ide kreatif. 

Banyak kisah pengusaha sukses bermula dari kesulitan mereka sehari-hari. Nadiem Makarim misalnya, yang selalu kesulitan mencari tukang ojek akhirnya menciptakan Gojek. 

Dengan sentuhan kreativitas dan teknologi, Nadiem mengubah transportasi ojek yang awalnya tidak dianggap menjadi favorit masyarakat. 

Menjadi pengusaha berarti harus siap memecahkan masalah sehari-hari secara kreatif. Karena dengan kreativitas itulah pengusaha akan terus menghasilkan profit. 

Tips menjalani ide bisnis kreatif

Menjalani bisnis yang unik, kreatif dan relatif baru memang dekat dengan kegagalan. Pada awal berdiri, siapa yang menyangka Nadiem bakal berhasil mengangkat derajat tukang ojek? 

Tidak sekadar nekat, menjalani ide bisnis kreatif juga harus dibarengi dengan riset yang cukup. Mempelajari kebutuhan konsumen dan bagaimana memberikan nilai tambah jadi kunci agar ide bisnis kreatif bisa sukses. 

Secara ringkas berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar ide bisnis kreatifmu berjalan sukses. 

  • Buat perencanaan bisnis yang matang dan disertai riset cukup
  • Tidak sekadar unik, produk juga harus benar-benar dibutuhkan konsumen
  • Jangkau konsumenmu secara tepat. Tak harus online bila target pasarmu adalah ibu-ibu atau kelompok tertentu yang belum familiar dengan internet.
  • Lakukan evaluasi dan perbaikan agar produk atau laynanan kamu semakin diterima. 

Itulah 13 ide bisnis kreatif yang semoga membantu kamu dalam membangun usaha. Kerja keras, berani mencoba dan selalu belajar, ya. Siapa tahu kamu adalah pengusaha kreatif selanjutnya. (Editor: Chaerunnisa)