5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Memiliki Lebih Dari Satu Rekening Tabungan

Semua orang pasti punya rekening tabungan (Shutterstock).

Semua orang pasti punya rekening tabungan. Karena menyimpan uang di bank terbilang lebih aman ketimbang disimpan sendiri dalam bentuk cashSeiring dengan bertambahnya kebutuhan hidup dan tujuan, maka gak mungkin kalau kita cuma punya satu rekening saja. Bisa saja sih satu rekening, tapi takutnya malah nanti gak termanajemen dengan baik. 

Misalnya saja, dana darurat sama dana pengeluaran sehari-hari. Dana darurat kan tidak boleh diotak-atik, kecuali dalam keadaan mendesak, sementara pengeluaran sehari-hari pasti ditarik setiap harinya. Kalau digabungkan, takutnya dana darurat ikutan terpakai. 

Berikut ini 5 alasan kenapa kamu harus memiliki rekening tabungan lebih dari satu. 

1. Kamu memiliki beberapa tujuan keuangan  dari membuka rekening tabungan

Setiap orang perlu tujuan hidup (Pixabay).
Setiap orang perlu tujuan hidup (Pixabay).

Setiap orang pasti memiliki tujuan keuangan yang berbeda-beda. Biasanya juga tujuan keuangan tersebut tidak cuma satu, melainkan lebih, tergantung dari kebutuhan masing-masing. 

Misalnya, membutuhkan rekening tabungan untuk membeli rumah, membeli mobil baru, sampai tabungan pendidikan anak. Nah biar tujuan tersebut cepat terkabul, gak ada salahnya untuk membuka rekening tabungan di banyak bank sesuai dengan tujuannya. Tabungan buat pendidikan anak sendiri, tabungan buat beli mobil baru sendiri, dan lain-lain. Jadi setiap tujuan sudah ada wadahnya, dan bisa kamu atur dengan baik. 

2. Kamu membutuhkan tabungan yang gak boleh diutak-atik

Tabungan itu penting untuk kelangsungan hidup (Shutterstock)
Tabungan itu penting untuk kelangsungan hidup (Shutterstock)

Dana darurat sangat penting untuk memastikan keuanganmu di saat-saat genting. Nah jadi, dana darurat itu tidak boleh digunakan kecuali hanya dalam keadaan mendesak, seperti jatuh sakit terkena penyakit parah, terkena musibah bencana alam, dan lainnya. 

Oleh karenanya lebih baik kamu memisahkan rekening untuk dana darurat, sama tabungan biasa. Kalau kamu gabungkan yang ada nanti dana daruratnya malah kepakai buat hal-hal yang lain. Idealnya dana darurat memiliki nominal 3-12 kali gaji. Tapi semakin besar tentu semakin bagus. 

3. Kamu memiliki pendapatan lebih dari satu 

Sumber penghasilan lebih dari satu (Shutterstock).
Sumber penghasilan lebih dari satu (Shutterstock).

Misalnya kamu memiliki pendapatan lebih dari satu, maka kamu bisa saja memisahkannya dengan harapan mendapatkan potongan suku bunga yang lebih rendah. Misalnya penghasilan dari pekerjaan tetap di Bank A, tapi pendapatan untuk pekerjaan sampingan di Bank B karena potongan bunganya lebih rendah dan banyak klienmu yang menggunakan bank tersebut. 

4. Memiliki usaha sendiri 

Membuka usaha sendiri (Shutterstock).
Membuka usaha sendiri (Shutterstock).

Jika kamu memiliki usaha atau bisnis sendiri, akan lebih baik kalau memisahkan rekeningnya dengan rekening pribadi. Sangat penting untuk memisahkan keduanya, karena kalau digabungkan berpotensi bank untuk bisnis bisa dipakai. 

Padahal, bank bisnis harus sebisa mungkin dipertanggungjawabkan, baik pengeluarannya maupun pemasukannya. Karena bakal berpengaruh banget untuk keberlangsungan bisnis kamu, khususnya dalam menentukan strategi ke depannya. 

5. Demi memanfaatkan penawaran menarik bank 

Kartu kredit (Shutterstock)
Kartu kredit (Shutterstock)

Biasanya masing-masing bank memberikan penawaran menarik untuk nasabahnya. Misalnya ada yang bisa menarik sampai batas saldo Rp 0, atau bebas transfer ke bank-bank manapun tanpa kena biaya administrasi. 

Tapi memiliki rekening tabungan lebih ada kerugiannya lho!  

Kartu kredit yang diterbitkan suatu bank (Shutterstock).
Kartu kredit yang diterbitkan suatu bank (Shutterstock).

Ternyata, memiliki rekening tabungan di lebih dari satu bank itu juga ada kerugiannya. Salah satunya adalah berpotensi kehilangan bunga bank. Seperti yang diketahui, perusahaan perbankan memberikan bunga kepada nasabah yang memiliki tabungan dalam jumlah yang besar. Apabila kamu memutuskan untuk membagi dua atau lebih tabunganmu, maka kemungkinan besar akan sulit mendapatkan bunga yang besar. 

Selain itu, kamu juga berpotensi membayar biaya administrasi lebih tinggi. Bank gak cuma ngasih bunga, tapi mereka juga memberlakukan biaya administrasi untuk nasabahnya. Misalnya kamu memiliki lebih dari satu rekening tabungan, berarti biaya administrasi yang harus kamu tanggung semakin besar. 

Itulah beberapa alasan mengapa kamu perlu membuka rekening tabungan lebih dari satu. Namun pastikan kalau kamu mampu mengorganisir nya dengan sangat baik. Karena kalau kamu gak pintar memanajemen, sama aja bohong dong. (Editor: Winda Destiana Putri)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →