4 Reality Show Indonesia Ini Biaya Produksinya Mahal, Tapi Tujuannya Mulia

acara televisi

Acara televisi berbentuk reality show memang terbilang cukup laris, meski gak selaris sinetron. Temanya pun beragam, mulai dari sosial, agama, misteri, hingga percintaan.

Para generasi tahun 90-an tentu paham banget sama reality show yang cukup fenomenal, karena produksinya buang-buang duit tapi sangat berguna bagi masyarakat berpenghasilan kecil.

Sayangnya, acara televisi seperti ini memang udah jarang terlihat belakangan ini. Masa-masa populernya di tahun 2000-an awal.

Ingin tahu apa saja reality show bernuansa sosial yang dimaksud? Berikut ulasannya.

Baca juga: Kehilangan Job di TV, Andre Taulany Kini Digaji YouTube! Segini Penghasilannya

1. Uang Kaget

acara televisi
Kriss Hatta sebagai Mr. Money. (Instagram/@uang_kaget_gtv)

Masih ingat acara televisi yang dipandu oleh Helmy Yahya ini? Helmy berperan sebagai Mr. Easy Money yang penampilannya mirip pesulap dengan topi nyentrik.

Dia mendekati seorang warga menengah ke bawah dan memberi uang tunai Rp 10 juta. Setelah itu, dia pun diberi waktu yang gak lama untuk membelanjakan seluruh uang tersebut.

Melihat reaksinya mendapat uang kaget, terkadang kita mungkin jadi ikutan terharu. Namun gak jarang juga kita jadi kasihan karena mereka mendadak panik ketika harus menghabiskan uang itu dalam waktu singkat.

Namanya juga warga kurang mampu, mereka belum paham seputar investasi dan lain sebagainya. Alhasil yang mereka beli adalah barang-barang seperti perabotan, makanan, pakaian, dan lain sebagainya. Padahal, mereka bisa saja beli emas dalam jumlah banyak dan menjualnya ketika acara berlangsung.

Belum lama ini Uang Kaget kembali tayang dengan menampilkan Kriss Hatta sebagai Mr. Money. Namun, setelah yang bersangkutan terjerat kasus hukum, acara tersebut tak lagi muncul.

Baca juga: Gak Cuma Kaya dari Satu Bisnis, 5 Orang Ini Juga Tajir dari Stasiun Televisi

2. Kena Deh!

acara televisi
Pandji Pragiwaksono, pernah memandu Kena Deh! (Instagram/@pandji.pragiwaksono)

Acara televisi yang disiarkan tahun 2006 ini, dibawakan oleh Pandji Pragiwaksono. Dari sinilah nama Pandji jadi makin tenar di layar kaca.

Pandji kerap menjumpai para warga sekitar yang berprofesi sebagai tukang parkir, petugas kebersihan, atau siapapun yang ditemuinya di jalan. Dan dia pun mengajukan pertanyaan yang sifatnya random, bahkan seperti “suara kuda itu kayak gimana?”

Ketika pertanyaan itu dijawab, maka Pandji bakal mengeluarkan uang dan memberikan ke orang yang dia tanyai. Besaran uang itu tentunya tergantung dari seberapa banyak jawaban yang benar ya.

Baca juga: Mau Kembangkan Bakat dan Jago Bisnis? Tonton Aja 6 Serial Televisi Ini

3. Tukar Nasib

acara televisi
Tukar Nasib. (Youtube)

Sejatinya ini bukan acara televisi yang bagi-bagi duit layaknya Kena Deh atau Uang Kaget. Reality show ini justru menjadi ajang pembelajaran seputar kehidupan bagi mereka yang sudah mapan.

Bayangin saja, di dalam acara ini, keluarga dengan status ekonomi menengah ke bawah akan bertukar rumah dan profesi dengan keluarga menengah ke atas.

Walaupun cuma satu hari, tapi tetap saja ini akan jadi pengalaman hidup yang berharga bagi mereka.

Belum tentu mereka yang mapan sanggup hidup serba terbatas. Tapi justru di sinilah mereka harus belajar walau cuma satu hari.

4. Acara televisi Bedah Rumah

acara televisi
Bedah Rumah. (Instagram/@bedahrumahgtv)

Kalau yang satu ini sebenarnya adalah reality show tahun 2004, namun sampai sekarang masih disiarkan juga lho karena peminatnya masih banyak.

Sejatinya, ini adalah salah satu acara televisi yang menyasar ke orang-orang yang kurang mampu dengan kondisi rumah yang sangat memprihatinkan. Rumah mereka pun direnovasi ulang secara gratis hingga jadi lebih layak.

Sementara rumah itu direnovasi, pemiliknya diberikan akomodasi di hotel. Mereka pun disediakan fasilitas liburan.

Kadang yang bikin haru adalah ketika mereka melihat penampakan rumah barunya yang lebih bagus.

Itulah empat acara televisi yang produksinya buang-buang duit, tapi bikin bahagia banyak orang yang gak mampu. Tentunya, dulu kamu berharap jadi salah satu orang yang beruntung masuk di salah satu reality show di atas kan? Hayo ngaku. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →