Asuransi Kerugian, Definisi, Manfaat dan Jenisnya

Asuransi Kerugian

Asuransi kerugian adalah asuransi yang memberikan perlindungan kerugian finansial pada objek yang diasuransikan akibat kejadian berbahaya.

Biasanya objek yang diasuransikan ini adalah harta-benda atau aset. Objek tersebut bisa rumah pribadi, tempat usaha, gedung, barang, hingga proyek bangunan.

Sebagai contoh sederhana, kamu punya harta benda atau aset tertentu. Bisa saja harta benda atau aset yang kamu miliki rusak atau hilang.

Nah, agar Anda tidak rugi-rugi amat apabila hal tersebut terjadi maka di sinilah peran penting asuransi kerugian.

Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada harta benda atau aset yang diasuransikan maka perusahaan asuransi akan menanggungnya. Tentu dengan kompensasi kamu membayarkan premi pada pihak asuransi.

Kerugian yang ditanggung asuransi

Menurut OJK ada beberapa kerugian yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi kerugian:

  • Kerugian objek tertanggung
  • Kerusakan objek tertanggung
  • Kehilangan keuntungan yang diharapkan
  • Tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga
  • Menjamin pemenuhan kewajiban jika tertanggung tidak bisa memenuhi kewajibannya

Perlu diketahui pula bahwa asuransi kerugian terbagi menjadi tiga kategori. Masing-masing kategori tersebut memberikan pertanggungan terhadap objek dan risiko yang berbeda-beda. Yuk, cari tahu!

Jenis asuransi kerugian

Ada tiga cabang utama jenis kerugian. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Asuransi Kebakaran
  • Asuransi Pengangkutan Barang
  • Asuransi Aneka

1. Asuransi Kebakaran

Asuransi kebakaran memberikan penggantian jika terjadi kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran. Objek yang diasuransikan bisa berupa barang atau harta benda berupa bangunan.

Jenis asuransi ini berguna untuk memberikan proteksi terhadap pelaku usaha yang memiliki aset berupa bangunan, pabrik, perkantoran, pertokoan, rumah sakit, rumah makan hingga bangunan lain yang punya nilai ekonomi tinggi.

Asuransi kebakaran juga menanggung kebakaran yang disebabkan oleh petir, ledakan, atau kejatuhan pesawat terbang. Jadi, tidak murni karena kebakaran yang ditimbulkan karena faktor internal tetapi juga faktor eksternal.

2. Asuransi Pengangkutan Barang

Asuransi pengangkutan barang memberikan perlindungan jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang dalam proses pengangkutan barang baik itu melalui jalur laut, darat maupun udara.

Umumnya asuransi pengangkutan barang juga menjamin perlindungan terhadap alat angkut yang digunakan. Sebagai contoh, jika kapal yang digunakan untuk mengangkut barang tenggelam, maka asuransi kerugian akan menanggung kerugian atas hilangnya kapal maupun barang yang diangkutnya.

Begitu juga ketika kapal menabrak kapal lain sehingga menimbulkan tuntutan ganti rugi dari kapal yang ditabrak, maka perusahaan asuransi akan mengganti sebesar tuntutan dari pihak ketiga tersebut sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di dalam polis asuransi.  

3. Asuransi Aneka

Secara sederhana, asuransi aneka adalah perlindungan yang diberikan selain yang sudah di-cover oleh asuransi kebakaran dan asuransi pengangkutan barang.

Jumlahnya memang lebih banyak karena ada berbagai jenis perlindungan dengan objek tertanggung yang berbeda beda. Berikut ini adalah rangkumannya:

Contoh perusahaan asuransi yang menanggung risiko kerugian

1. Asuransi Sinar Mas

Perusahaan asuransi ini merupakan salah satu perusahaan asuransi kerugian terbesar di Indonesia. Ada sekitar 10 produk asuransi yang ditawarkan mulai dari asuransi kebakaran hingga asuransi kendaraan bermotor.

Sebagai salah satu contoh Asuransi Sinar Mas memberikan uang pertanggungan hingga maksimal Rp100 juta untuk perlindungan kebongkaran dan pencurian.

2. Asuransi BCA

Asuransi BCA atau BCA Insurance adalah salah satu perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi kerugian selain asuransi jiwa dan kesehatan.  

Asuransi BCA memberikan perlindungan pada risiko kerugian yang tak terduga pada rumah dan properti kamu. Jaminan pokok yang diberikan mulai dari kebakaran hingga kejatuhan pesawat terbang dengan premi mulai dari Rp250 ribu per bulan.

3. Asuransi BNI

Asuransi BNI pun memiliki produk asuransi kebakaran yang melindungi dari risiko kebakaran, ledakan, petir, kejatuhan pesawat terbang, dan asap.

Uang pertanggungan yang diberikan hingga Rp15 miliar. Sedangkan tarif preminya dihitung berdasarkan uang pertanggungan dikali dengan 0.328%, sesuai dengan persentase tarif premi asuransi kebakaran BNI.

4. Asuransi MSIG

Asuransi MSIG menawarkan jaminan kerusakan harta tertanggung seperti gedung dan isinya, termasuk persediaan, peralatan, dan mesin-mesin di dalamnya.

Perluasan jaminan yang diberikan seperti perlindungan terhadap risiko kerusuhan, perbuatan jahat hingga penggantian biaya pembersihan atau pemindahan puing jika terjadi risiko kerusakan gedung.

Melihat manfaatnya, asuransi kerugian sangat cocok daerah-daerah yang rawan bencana seperti banjir, longsor, tsunami dan gempa bumi.

Dengan menggunakan asuransi kerugian, kamu bisa menekan kerugian jika sewaktu-waktu terjadi kejadian yang tidak diharapkan sebelumnya. Dengan begitu kamu tetap bisa melanjutkan usaha maupun kehidupan kamu secara normal seperti sedia kala.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →