Cara Menabung untuk Beli HP Harga Rp 4 Jutaan [Dalam 3 Bulan]

beli HP baru

Banyak orang mengabaikan cara menabung untuk beli HP ketika penghasilan yang didapatkan per bulan sekitar Rp 10 juta. Meski terdengar banyak, gaji sebanyak itu berpotensi membuat keuanganmu bocor jika membeli smartphone seharga Rp 4 jutaan tanpa perhitungan tepat.

Perkembangan teknologi yang cepat, terutama di industri smartphone dunia, membuat masyarakat Indonesia cenderung bersikap konsumtif pada gadget satu ini. Apalagi, melihat model baru yang muncul setiap tahunnya dengan segudang spesifikasi dan fitur kece yang ditawarkan kepada konsumen.

Fenomena seperti ini bukan masalah untuk petinggi manajemen yang sudah menjabat posisi direktur dengan gaji lebih dari Rp 50 juta. Selain karena mampu dari sisi materiil, ponsel mumpuni merupakan sebuah kewajiban untuk menunjang mobilitas kerja.

Tapi gak usah khawatir, buat kamu yang punya penghasilan sekitar Rp 10 juta juga bisa memiliki smartphone Rp 4 jutaan dalam tempo yang relatif singkat sekitar tiga bulanan saja.  Syaratnya, kamu harus punya startegi yang bagus untuk menabung.

Namun, sebelum menyisihkan sebagian penghasilan demi HP, jangan lupa prioritaskan dulu membeli asuransi kesehatan di Lifepal, ya! Supaya keuangan kamu gak terganggu gara-gara mendadak sakit.

Yuk, simak langsung ulasan lengkap cara menabung untuk beli HP berikut ini:

Cara menabung untuk beli HP dengan metode keuangan 50/30/20

seseorang menghitung memakai kalkulator

Langkah utama yang wajib kamu lakukan demi mewujudkan hal tersebut adalah menerapkan skema pengelolaan keuangan 50 persen untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk hiburan dan hangout, 20 persen untuk tabungan serta investasi.

Alokasi Presentase Jumlah
Kebutuhan 50 persen Rp 5 juta
Hiburan 30 persen Rp 3 juta
Investasi dan tabungan 20 persen Rp 2 juta

Jika disimulasikan dengan gaji Rp 10 juta per bulan, maka sekitar Rp 5 juta (50 persen) digunakan untuk membayar transportasi, bensin, pulsa hingga paket internet, Rp 3 juta (30 persen) untuk beli kopi kekinian, makan bareng gebetan sampai futsal sama temen, dan Rp 2 juta (20 persen) untuk investasi dan tabungan.

Lantaran dalam pembahasan di artikel ini fokus untuk menabung, maka kamu bisa mengotak-atik formula investasi dan menabung sesuai dengan kebutuhan. 

Misalkan, yang tadinya Rp 1 juta untuk investasi dan Rp 1 juta untuk menabung, bisa diubah jadi Rp 500 ribu buat investasi dan Rp 1,5 juta untuk ditabung beli HP. 

Dengan begitu kamu udah bisa mengumpulkan uang sampai Rp 4,5 juta hanya dalam waktu 3 bulan doang tanpa perlu mengorbankan alokasi dana yang lainnya.

Mudah banget, kan? Itu cuma teorinya saja, saat diterapkan tentunya kamu perlu tekad kuat dan konsistensi yang tinggi agar bisa berjalan lancar.

Kalau cara menabung untuk beli HP tersebut sudah berhasil dan uangnya di tangan, kamu tinggal perlu memilih produk ponsel yang sesuai di harga Rp 4 jutaan.

Rekomendasi HP harga Rp 4 jutaan

Beberapa orang memegang ponselnya

Berikut ini adalah daftar rekomendasi HP harga Rp 4 jutaan yang masih layak kamu beli di tahun 2020. 

1. Pocophone F1 – Rp 4,2 jutaan

Pocophone F1

Produk pertama yang bisa kamu coba untuk menerapkan cara menabung beli HP adalah Pocophone F1. 

Brand smartphone yang memiliki afiliasi dengan Xiaomi ini menawarkan HP berspesifikasi flagship dengan harga relatif terjangkau.

Pocophone F1 dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 845 yang sanggup memainkan game berat seperti PUBG dan Call of Duty dengan setting grafis high

RAM-nya punya dua variasi, yakni 6GB dan 8GB yang dipadukan dengan media penyimpanan up to 256GB.

Layarnya seluas 6,1 inchi menggunakan teknologi IPS serta resolusi seluas 1080 x 2246. Kamera belakangnya sebanyak 2 buah dan masing-masing beresolusi 12 megapiksel dan 5 megapiksel. Sistem operasinya menggunakan Android 8.1 Oreo.

2. Realme XT – Rp 4 jutaan

Realme XT

Selanjutnya, ada brand Realme yang masih satu keluarga dengan merek OPPO. Untuk segmen HP harga Rp 4 jutaan Realme menyiapkan produk Realme XT. Spesifikasi yang disematkan juga gak kalah dari Pocophone F1.

Prosesor Realme XT menggunakan Snapdragon 712 dengan fabrikasi 10nm. RAM-nya memiliki varian 4GB dan 8GB dikombinasikan media penyimpanan sebesar 128GB untuk hiburan. Kalau masih kurang ada opsi micro SD hingga 256GB.

Untuk menyajikan pengalaman menggunakan gadget yang asyik kepada pelanggannya, Realme mendesain layar seluas 6,4 inchi dengan teknologi Super AMOLED. 

Dengan 4 buah kamera belakang dilengkapi konfigurasi 64 megapiksel, 8 megapiksel, 2 megapiksel dan 2 megapiksel, sistem operasinya menggunakan Android 9.0 Pie.

3.  Vivo V17 Pro – Rp 4,5 jutaan

Vivo V17 Pro

Gak mau kalah dengan Pocophone dan Realme, brand smartphone asal China, yaitu Vivo menyiapkan produk Vivo V17 Pro yang mempunyai desain kamera depan pop-up. Padahal, pesaingnya masih menggunakan desain tear drop.

Dengan spesifikasi menggunakan prosesor Snapdragon 675 dengan fabrikasi 11 nm yang dikenal hemat energi, RAM ponsel satu ini memiliki kapasitas 8GB dan media penyimpanan 128GB tanpa ada slot tambahan untuk Micro SD.

Ukuran layar Vivo V17 Pro sebesar 6,4 inchi dengan teknologi layar Super AMOLED yang memberikan kualitas layar terbaik. Kamera belakangnya menggunakan konfigurasi 48 megapiksel, 8 megapiksel, 13 megapiksel dan 2 megapiksel. 

Sedangkan untuk kamera pop-up selifienya sebesar 32 megapiksel dan 8 megapiksel. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 9.0 Pie. 

4. Samsung Galaxy A51 – Rp 4,1 jutaan 

Samsung Galaxy A51

Baru diperkenalkan di publik pada awal 2020, merek smartphone Samsung menyiapkan Galaxy A5 untuk hp harga 4 jutaan. Kualitas kamera belakang yang kece menjadi fitur unggulan produk satu ini.

Dari sisi prosesor, Samsung menggunakan chipset Exynos 9611 dengan fabrikasi 10nm yang eksklusif dibuat Samsung. RAM-nya mempunyai kapasitas 6GB yang dipadukan dengan media penyimpanan 128GB.

Galaxy A51 mempunyai layar sebesar 6,5 inchi dengan teknologi Super AMOLED beresolusi 1080 x 2400 piksel. 

Terdapat empat unit kamera belakang yang masing-masing punya resolusi 48 megapiksel, 12 megapiksel, 5 megapiksel dan 5 megapiksel. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 10.

5.  Xiaomi Mi 8 – Rp 4,4 jutaan

Xiaomi Mi 8

Terakhir ada handphone flagship Xiaomi Mi 8 yang dirilis pertama kali pada tahun 2018 lalu. Meski sudah sekitar satu tahun lebih, tapi kemampuan dari smartphone ini bisa diadu dengan produk lainnya.

Prosesor yang digunakan adalah Snapdragon 845, sama dengan Pocophone F1. RAM-nya dibekali dengan kapasitas 6GB dan 8GB tergantung kapasitasnya, media penyimpanannya up to 256GB tanpa opsi slot micro SD tambahan.

Layar dari Xiaomi Mi 8 sebesar 6,2 inchi dengan teknologi Super AMOLED beresolusi  1080 x 2248. Kamera belakangnya ada 2 buah dengan masing-masing beresolusi 12 megapiksel. Sistem operasinya menggunakan Android 8.1 Oreo yang bisa di upgrade ke 10.

Sudah memutuskan mau beli yang mana? Supaya mudah, yuk gunakan Kalkulator Menabung Bulanan berikut biar tahu harus sisihkan berapa tiap bulannya!

Tips merawat handphone

Setelah sukses menerapkan cara menabung untuk beli HP dan produknya sudah di tangan, kamu juga perlu merawatnya dengan baik. Sebab percuma kalau penggunaanya kurang terawat, ujung-ujungnya kamu harus beli lagi.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat handphone yang benar:

  • Gunakan kaca tempered glass dan soft case
  • Install anti-virus terpercaya
  • Matikan fitur app permision untuk mencegah pencurian data
  • Jangan menggunakan widget di bagian home
  • Charge baterai minimal hingga 80 persen
  • Selalu melakukan back-up data secara rutin

Dengan melakukan 6 tips tersebut, HP kamu dijamin jadi lebih aman dan awet digunakan sehari-hari.

Itulah sedikit informasi tentang cara menabung untuk beli HP yang mudah dengan gaji sekitar Rp 10 juta per bulan. 

Kalau kamu masih memiliki uang lebih dari hasil belanja tersebut, bisa digunakan untuk keperluan lai seperti investasi agar nilai mata uangnya bisa kebal dari inflasi.

Punya pertanyaan lain seputar keuangan? Yuk tanyakan langsung ke ahlinya lewat fitur Tanya Lifepal! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →