Gak Bikin Tekor dan Demi Dana Pensiun, Beralih ke 6 Kedai Kopi Lokal Ini Aja!

Ngopi di kedai kopi lokal

Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat mensosialisasikan pentingnya dana pensiun buat kaum milenial, beberapa waktu lalu. Salah satu cara yang dia sebutkan adalah, kurangi jajan kopi di tempat ngopi.

Pasalnya, biaya buat ngopi ternyata cukup menguras kantong, sehingga lupa disisihkan buat dana pensiun. Menteri keuangan yang sempat duduk di kursi Bank Dunia itu benar banget. Menyiapkan dana pensiun itu penting, khususnya sejak muda.

Sekadar diketahui, nongkrong di tempat ngopi kayak Starbucks cukup menguras dompet. Kopi Americano di Starbucks dibanderol mulai Rp 32 ribu segelas ukuran paling kecil alias short (236 ml).

Kalau mau yang regular dan venti (591 ml atau 709 ml), kamu mesti merogoh kocek Rp 35 ribu atau Rp 37 ribu. Kalau kamu beli es kopi, kamu mesti rogoh minimal Rp 40 ribuan sampai Rp 50 ribuan.

Emang sih, nongkrong di gerai kopi asal Amerika Serikat itu keren banget! Tapi, ternyata Indonesia punya alternatif tempat ngopi yang gak kalah hits, tapi dengan harga lebih murah.  

Berikut, alternatif tempat ngopi yang harganya lebih murah plus menyajikan beragam kopi lokal:

1. Anomali Coffee

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Anomali Coffee (@anomalicoffee) on Sep 17, 2018 at 8:28pm PDT

Ini dia gerai kopi lokal yang digadang-gadang sebagai Starbucks-nya Indonesia. Anomali Coffee berada di beberapa wilayah di Jakarta, mulai dari Senopati, Kemang, Menteng, Pondok Indah, dan lokasi strategis lain.

Tempatnya Instagrammable banget! Cocok buat kamu yang pengin sedikit lebih hemat, namun tetap hits.

Di Anomali Coffee, kamu bisa mencicipi Americano dengan harga mulai Rp 27 ribu aja. Sementara itu, es kopinya seperti Cafe Mocha dibanderol mulai Rp 38 ribu.

2. Kopimana 27 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KOPIMANA27 (@kopimana27) on Aug 5, 2017 at 2:19am PDT

Sama halnya seperti kedai kopi yang hits di Instagram, Kopimana 27 hadir dengan konsep industrial dan semi-vintage.

Kopimana 27 berada di Tebet dengan gerai yang cukup kecil. Di sini kamu bisa menikmati Americano dengan harga Rp 30 ribu aja.

Pengin kopi hitam yang lebih murah? Coba kopi lokal mereka yang dibanderol Rp 25 ribu aja. Oia, Kopimana 27 pun punya kopi andalan yang diberi nama Kopi Buatan Istri. Harganya cuma Rp 20 ribu aja!

Hemat banget, kan?

3. Sabang 16

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Sabang 16 – Kopi & Srikaya (@sabang_16) on Aug 2, 2017 at 6:27pm PDT

Berada di beberapa lokasi hits Jakarta, gak bikin Sabang 16 menjual kopinya dengan harga mahal.

Sabang 16 terletak di daerah Thamrin, dan Menteng yang emang dikenal sebagai lokasi nongkrong anak Jakarta.

Tempat ngopi dengan konsep ruangan vintage tersebut menyajikan kopi dengan harga lebih murah lagi. Kamu bisa nikmati kopi hitam asli Indonesia dengan harga Rp 24 ribu aja.

Pengin es kopi kayak punya Starbucks? Kamu cukup rogoh kocek mulai dari Rp 30 ribu aja!

4. Wisang Kopi

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Wisang Kopi (@wisangkopi) on Aug 11, 2018 at 7:19am PDT

Tempat ngopi ini gak berada di lokasi hits Jakarta sih. Tapi, lokasinya gak terlalu jauh dari Kemang, yaitu di daerah Fatmawati. Gak terlalu jauh, kan?

Di Wisang Kopi, kamu bisa tebus kopi hitam ala Americano dengan harga Rp 20 ribu aja. Pengin es kopi susu? Kamu juga cukup merogoh kocek Rp 20 ribu.

5. Toko Kopi Tuku

 

View this post on Instagram

 

A post shared by TOKO KOPI TUKU (@tokokopituku) on Jun 25, 2018 at 4:31am PDT

Toko Kopi Tuku bisa dibilang salah satu gerai kopi paling fenomenal di Indonesia. Pasalnya, gerai kopi berukuran mini di daerah Cipete, Jakarta Selatan, itu sempat masuk vlog Presiden RI Jokowi.

Kedai Kopi Tuku kini jadi langganan banyak penggemar kopi di Jakarta. Bahkan, salah satu yang paling ramai dipesan di layanan GO-Food maupun Grab-Food.

Nah, buat menikmati kopi hitam di Tuku, kamu cukup mengeluarkan Rp 10 ribu aja! Pengin es kopi kayak Starbucks? Tambah Rp 8 ribu lagi alias Rp 18 ribu aja!

6. Kedai Kopi Tak Kie

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kopi Es Tak Kie (@kopiestakkieglodok) on Apr 6, 2018 at 5:17am PDT

Gerai kopi satu ini mungkin gak se-Instagramable gerai yang udah disebutkan sebelumnya. Namun, Kedai Kopi Tak Kie adalah salah satu kedai kopi legendaris yang udah lawas banget di Jakarta.

Hadir sejak tahun 1927, kedai kopi tersebut tetap ramai dikunjungi. Lokasinya berada di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Usia kedai kopi tersebut menghembuskan atmosfer tersendiri buat nongkrong di tempat ngopi tersebut.

Nah, buat ngopi di sana, kamu cukup merogoh uang Rp 17 ribu aja. Sementara itu, buat kopi susu cuma Rp 20 ribu aja. Mantap, kan!

Jadi, siapa bilang kamu gak bisa ngopi demi mengumpulkan dana pensiun buat usia tua nanti. Yang penting, tahu pilih tempat ngopi yang tepat, kamu bisa menghemat beberapa puluh ribu deh!

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →