Enak Banget Deh! Ini 5 Keuntungan Kerja di Perusahaan Besar di Indonesia

Ada banyak perusahaan besar di Indonesia. Katanya nih, demi berkembangnya karier, para fresh graduate disarankan banget buat bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut.

Saran tersebut ada benarnya lho. Asal tahu aja nih, beberapa orang kaya di Indonesia dulunya adalah mantan pekerja di perusahaan besar. Berkat kerja di perusahaan tersebut, banyak hal yang mereka pelajari dan kemudian jadi modal penting buat bikin perusahaan sendiri.

Kesuksesan sebagai mantan pekerja inilah yang dialami Theodore Rachmat. Gak ada yang menyangka kalau orang tajir dengan kekayaan US$ 1,5 miliar atau setara Rp 22 triliun dulunya adalah sales di PT Astra International.

Dari kisah singkat Theodore di atas, udah jelas dong kalau kerja di perusahaan besar itu bisa bikin sukses. Selain itu, keuntungan-keuntungan ini juga bisa kamu dapat:

1. Gaji besar

Namanya aja perusahaan besar, udah pasti berani kasih gaji yang besar pula. Beda banget sama perusahaan kecil, kemungkinan dapat gaji besar itu kecil banget.

Cuma, buat bisa berkarier di perusahaan besar, kamu bakal bersaing dengan banyak job seeker lainnya. Seleksinya pun gak main-main. Beberapa tahap mesti kamu lalui, bahkan sampai berhari-hari hingga akhirnya diterima jadi karyawan.

2. Peluang mengembangkan karier lebih baik

Enaknya kerja di perusahaan besar itu adalah kesempatan mengembangkan karier terbuka lebih lebar.

Kamu pernah dengar yang namanya jenjang karier? Keberadaan jenjang karier dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang berprestasi.

Kalau menunjukkan performa terbaik di salah satu jenjang, gak menutup kemungkinan nantinya kamu bakal dipromosikan buat naik ke jenjang berikutnya. Enak banget, kan?

Gak cuma dinaikkan ke jabatan baru, kamu juga bakal terima gaji yang lebih besar dari gaji sebelumnya.

3. Memperkaya diri dengan mengasah banyak skill

Di perusahaan besar, kamu gak cuma belajar satu skill, tetapi banyak skill lain. Kesempatan belajar ini terbuka banget buat job seeker yang baru lulus alias fresh graduate.

Lulusan fresh graduate biasanya diarahkan buat mengikuti program management trainee. Dengan mengikuti program tersebut, fresh graduate bakal ditempatkan di berbagai posisi secara bergantian.

Dari situ perusahaan bisa mengetahui kamu itu unggulnya dalam hal apa. Terus kamu pantasnya kerja di posisi apa.

4. Membangun jaringan pertemanan yang lebih luas

Memperbanyak teman itu lebih baik daripada menambah musuh. Kalau kamu punya banyak teman di kampus dulu, gak ada salahnya menambah lebih banyak lagi di tempat kerja.

Di perusahaan besar, kamu bisa berkenalan dengan banyak orang dari beragam posisi dan latar belakang. Berkenalan dengan mereka jelas bisa meluaskan jaringan pertemanan.

Jelas banget ada banyak keuntungan yang didapat dari jaringan pertemanan yang luas. Siapa tahu teman kamu nanti bisa jadi rekan bisnis, atau malah jadi klien, atau mengenalkan kamu ke pemilik modal waktu pengin buka usaha sendiri.

5. Jadi incaran banyak perusahaan

Ini keuntungan lain yang bakal kamu terima dengan bekerja di perusahaan besar: jadi incaran banyak perusahaan lain.

Kalau kamu udah merasa cukup bekerja di perusahaan yang sekarang, gak ada salahnya ambil tawaran yang datang. Kalau kondisinya gini, biasanya mereka sendiri yang menawarkan kamu gaji yang lebih besar dari apa yang didapat saat ini. Daya tawar kamu jadi lebih tinggi.

Tawaran tersebut tentunya gak datang gitu aja. Biasanya sih mereka bakal mencari di Linkedin.

Belum punya Linkedin? Buruan deh bikin sekarang. Dijamin gak rugi. Jangan lupa masukkan semua prestasi kamu, ya!

Biar diterima, siapkan modal ini

Melamar hingga akhirnya diterima bekerja di perusahaan besar bukanlah perkara yang mudah. Biar kamu dipilih dari sekian banyak job seeker, ada beberapa tips yang bisa kamu coba.

Tips pertama, bikin resume atau CV yang bikin HR terkesan.

Gak sulit kok. Kamu tinggal googling aja dengan kata kunci “bikin CV yang baik” atau sejenisnya. Nanti kamu bakal menemukan banyak template yang menarik.

Kedua, tingkatkan kemampuan berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Ini bisa jadi modal besar dalam mencari pekerjaan.

Ketiga, latih kemampuan berbicara. Tujuannya, biar saat interview nanti, kamu gak kesulitan dalam menyampaikan jawaban.

Terakhir, tingkatkan rasa percaya diri kamu, tapi jangan terlalu pede juga. Rasa percaya diri bisa bikin HR atau user yakin lho pada kemampuan kamu.

Demikian beberapa keuntungan kerja di perusahaan besar dan tips-tipsnya biar bisa diterima di sana. Semoga bermanfaat!