5 Langkah Mengurus Buku Tabungan yang Hilang

Anggaran Tabungan

Sebaiknya, buku tabungan yang hilang segera diurus di kantor cabang bank agar tidak disalahgunakan orang lain. 

Ketahuilah bahwa buku tabungan berguna untuk berbagai urusan administrasi, yaitu sebagai lampiran untuk pelaporan pajak, pengajuan pinjaman, pengajuan kredit, rekonsiliasi rekening, dan lainnya. Tidak mengherankan jika buku ini ternyata penting, ya, jadi memang harus ditindaklanjuti jika hilang. 

5 Langkah Mengurus Buku Tabungan yang Hilang

Langkah Mengurus Buku Tabungan Hilang

Sebagai seorang nasabah tabungan, Anda akan diberikan buku tabungan untuk mencetak riwayat transaksi keuangan. Bagi Anda yang mengalami kehilangan buku tabungan, segera urus dengan menempuh lima langkah berikut.

1. Menghubungi customer service bank

Untuk mendapatkan respons tercepat, Anda bisa melaporkannya kepada bank via telepon. Dengan begitu, customer service bank bisa langsung membuat langkah antisipasi jika terdapat penyalahgunaan. 

Customer service bank akan memblokir penggunaan buku tabungan agar tidak bisa diproses untuk transaksi apa pun sehingga uang Anda tetap aman dan tidak berkurang.

2. Melaporkan ke kepolisian terdekat 

Sebagai bagian dari pelaporan buku tabungan yang hilang, Anda harus melaporkannya juga ke kantor polisi. Sesampainya di kantor polisi, ceritakan kejadian yang dialami perihal buku tabungan Anda yang hilang. 

Setelah itu, kepolisian akan mengeluarkan surat keterangan yang merupakan menjadi persyaratan untuk membuat buku tabungan yang baru di bank. 

3. Datang ke kantor bank terdekat

Setelah memiliki surat keterangan dari polisi, Anda bisa mendatangi kantor bank terdekat. Namun demikian, Anda sebaiknya pergi ke cabang yang menerbitkan buku tabungan sebagaimana akan ditandatangani oleh pejabat bank yang dahulu mengesahkannya.

Selain membawa surat keterangan dari kepolisian, Anda juga harus membawa KTP/SIM dan kartu ATM. Hal ini bertujuan demi memudahkan bank menerbitkan buku tabungan yang baru. 

4. Diproses customer service

Saat tiba di bank, Anda langsung mengambil nomor antre ke customer service dan melaporkan bahwa buku tabungan hilang. Kemudian, customer service akan meminta Anda mengisi formulir terkait kehilangan buku tabungan. Formulir itu harus Anda tanda tangani di atas materai Rp6.000.

5. Proses di teller bank

Seusai diproses di customer service, teller akan memanggil Anda ke tunebank. Itu dilakukan jika Anda ingin menambah tabungan atau langsung menarik dana dari tabungan. 

Jika tidak, Anda akan dipersilahkan menandatangani buku tabungan baru di atas kertas khusus Yang bertujuan meninggalkan jejak yang bisa dilihat dengan sinar ultraviolet. Setelah itu, teller akan memberi buku tabungan yang baru.

Biaya Ganti Buku Tabungan yang Hilang

Biaya Ganti Buku Tabungan yang Hilang

Anda akan mengeluarkan biaya pada saat menggantikan buku tabungan yang hilang. Besaran biaya yang dikeluarkan tidak sama karena tiap bank memiliki kebijakan masing-masing. Ada juga beberapa bank yang tak mengenakan biaya penggantian atas buku tabungan yang hilang.

Berikut biaya ganti buku tabungan di beberapa bank tanah air.

No Bank  Biaya
1.  PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Rp25.000
2.  PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rp15.000
3.  PT Bank Central Asia Tbk  Rp5.000
4. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Rp15.000
5.  PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Rp15.000
6. PT Bank CIMB Niaga Tbk Rp25.000
7. PT Bank Danamon Indonesia Tbk Rp15.000
8. PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk Rp10.000
9. PT Bank Bukopin Rp20.000

Jadi intinya, buku tabungan yang hilang bisa diurus untuk mendapatkan penggantinya. Meski begitu, Anda juga harus melakukan tindakan pencegahan atas penyalahgunaan dengan menghubungi pihak bank secepatnya. Simpan buku tabungan Anda yang baru baik-baik, ya!