Berapa Rata-Rata Gaji Tokopedia, Bukalapak, hingga Go-Jek?

gaji tokopedia

Sebagai salah satu startup yang memiliki gelar unicorn, Tokopedia menawarkan pekerjaan dengan gaji besar buat karyawannya. Lantas, berapa sih gaji Tokopedia, termasuk Bukalapak hingga Go-Jek?

Gaji Tokopedia, Bukalapak, Traveloka hingga Go-Jek terkenal gak main-main. Pasalnya, dengan statusnya sebagai unicorn, perusahaan-perusahaan yang dulunya dikenal sebagai startup ini ternyata bisa memberi gaji dua digit bisa kamu dapatkan dengan melakukan pekerjaan tertentu.

Kelihatannya sih mereka gak serius kerja, karena penampilan karyawannya yang santai. Namun, etos kerja dan standar bayarannya masih lebih baik ketimbang korporasi di Indonesia.

Informasi gaji Tokopedia, Bukalapak, hingga Go-Jek bisa kamu dapat dengan mudah di Glassdoor, perusahaan yang menyediakan informasi gaji, wawancara, dan lowongan pekerjaan banyak perusahaan di dunia.

Rata-rata informasi yang dibeberkan terbilang lengkap. Jadi, bisa diandalkan sebagai referensi. 

Penasaran ingin mengetahui informasinya, Lifepal sudah menghimpun informasi lengkap terkait gaji tinggi di unicorn Indonesia yang bersumber dari Glassdoor:

1. Tokopedia

Gaji Tokopedia
Gaji Tokopedia (Instagram/tokopedia)

Buat kamu yang sering belanja online, pastinya sudah gak asing lagi dengan keberadaan Tokopedia. Sebagai perusahaan yang awalnya rintisan kemudian menjelma jadi raksasa e-commerce, Tokopedia dilaporkan terakhir sudah bernilai US$7 miliar atau Rp98 triliun.

Itulah alasan mengapa gelar unicorn pantas disematkan pada perusahaan ini. Tokopedia diketahui mendapat banyak suntikan dana besar dari banyak investor. Mulai dari SoftBank, Alibaba Group, Beenos Partner, CyberAgent, hingga East Ventures.

Di Tokopedia, posisi Software Engineer merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi. Besaran gajinya mencapai Rp10 jutaan. Lalu ada posisi Product Manager yang besaran gajinya Rp11 juta – Rp12 juta.

Berikut ini daftar lengkap gaji Tokopedia:

  • Technical Architec: Rp75 juta
  • IT Developer: Rp30 juta
  • Senior Software Engineer: Rp14,8 juta
  • Front End Developer: Rp12 juta
  • Senior Programmer: Rp10 juta
  • Business Development: Rp9,1 juta
  • Finance Accounting: Rp8 juta
  • UI/UX Designer: Rp8 juta
  • HR and GA: Rp6 juta
  • Quality Assurance: Rp5,9 juta
  • Marketing: Rp4,8 juta
  • Customer Care: Rp4,1 juta
  • Content Marketing: Rp4 juta
  • Data Analyst: Rp4 juta
  • Customer Service: Rp3,4 juta.

2. Go-Jek

Dengan nilai valuasi mencapai US$1 miliar lebih, Go-Jek menjadi startup yang menjelma sebagai unicorn nomor satu di Indonesia.

Kabar terakhir menyebutkan, nilai valuasi penyedia jasa transportasi online ini telah naik menjadi US$10 miliar alias Rp141 triliun.

Bukan hal yang mengejutkan kalau nilai Go-Jek bisa sebesar itu. Investor di belakang unicorn ini cukup banyak. Mulai dari Google, Tencent, JD.com, Astra, hingga Djarum memberi pendanaan yang cukup besar.

Melihat besarnya nominal investasi yang tertanam di Go-Jek, gak heran kalau perusahaan ini berani kasih gaji yang besar. Di Go-Jek, posisi Software Engineer menjadi pekerjaan dengan gaji tinggi yang besarnya dari Rp14 juta – Rp15 juta.

3. Traveloka

Selain gaji Tokopedia yang besar, perusahaan Indonesia selanjutnya yang menawarkan pekerjaan dengan gaji tinggi adalah, Traveloka. Dengan nilai valuasi yang mencapai US$4,1 miliar atau setara Rp57 triliun, perusahaan ini mendapat label sebagai unicorn.

Gak mengherankan kalau Traveloka bisa menjadi besar seperti sekarang ini. Apalagi, rencananya perusahaan penyedia jasa pemesanan tiket pesawat dan hotel ini mau ekspansi untuk memperbesar usahanya.

Usut punya usut, sejumlah investor besar berada di balik pencapaian Traveloka menjadi unicorn. Mulai dari Expedia, Sequioa, East Venture, JD.com, Hillhouse Capital, Global Founder, hingga East Ventures.

Terus berapa gaji yang ditawarkan Traveloka? Kamu bisa dapat gaji Rp15 juta kalau bekerja sebagai Software Engineer. Pekerjaan dengan gaji tinggi lainnya adalah Analyst yang gajinya dari Rp9 jutaan – Rp10 jutaan.

4. Bukalapak

Selain Tokopedia, e-commerce dalam negeri lainnya yang mendapat predikat unicorn adalah Bukalapak. Perusahaan ini nilainya telah mencapai lebih dari US$1 miliar atau setara Rp14 triliun.

Soal investor, belum diketahui pasti dari mana saja pendanaan Bukalapak berasal. Kabarnya, Emtek Group menjadi investor utama e-commerce ini.

Meski begitu, gak ada yang nyangka kalau Bukalapak sanggup kasih gaji hingga dua digit. Software Engineer di perusahaan ini disebut-sebut sebagai pekerjaan dengan gaji tinggi yang per bulannya mengantongi sekitar Rp16 juta.

Melihat gaji yang ditawarkan, Software Engineer menjadi posisi yang menjanjikan banget ya kalau pengin terima gaji besar. Itu berarti kalau kamu kuliah di bidang komputer, peluang kamu cukup besar dapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi tersebut.

Itulah informasi seputar gaji Tokopedia, Bukalapak, Traveloka dan Go-Jek yang tinggi. Untuk mendapatkan gaji sebesar di atas ada kualifikasi yang harus dipenuhi setiap karyawannya.

Misalnya, pendidikan yang harus lulusan Sarjana atau S1, keahlian yang dimiliki juga harus mumpuni dan terus mengalami peningkatan setiap waktunya serta masa kerja karyawan mulai dari 3, 5, atau 10 tahun ke atas tergantung dari posisi atau jabatannya masing-masing.

Nah, buat kamu yang gak punya background di bidang komputer, gak usah berkecil hati. Kamu bisa dapatkan penghasilan besar tiap bulannya kok. Asalkan, kamu mau melakoni pekerjaan tambahan semisal freelancer, bisalah dapat penghasilan besar.

Atau, bisa juga dengan berinvestasi. Selama melakukannya dengan sabar, niscaya kamu bisa banyak uang di masa depan. Semoga informasi tadi bermanfaat ya! (Editor: Chaerunnisa)