Berbagai Cara Cek Pajak Mobil dengan Mudah Untuk Anda

bayar dan cek pajak mobil

Pemilik mobil kini makin dimudahkan dengan layanan pajak kendaraan. Anda bisa cek pajak mobil online melalui ponsel, baik melalui sms gateway, situs e-samsat, maupun aplikasi e-samsat dengan sangat mudah.

Data-data yang dibutuhkan untuk pengecekan pajak mobil pun tidak ribet. Anda hanya perlu memasukkan data kendaraan yang tertera di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Bahkan untuk pengecekan melalui SMS hanya dibutuhkan pelat nomor mobil saja.

Jenis-Jenis Pajak Mobil

Cek Pajak Mobil dan Jenisnya

Perlu diketahui bahwa wajib pajak memiliki kewajiban untuk membayar pajak tahunan dan membayar pajak lima tahunan. 

1. Pajak tahunan mobil

Bukti atas pembayaran pajak tahunan mobil dilakukan dengan pemberian cap pada STNK yang dilakukan setiap tahun. Pembayaran pajak tahunan itu sendiri dapat dilakukan secara online maupun offline di kantor Samsat, gerai Samsat, Samsat keliling, ataupun mesin ATM milik bank yang sudah bekerjasama dengan pemerintah provinsi.

Syarat yang dibutuhkan untuk membayar pajak tahunan mobil Anda adalah:

  • KTP asli dan fotokopinya.
  • STNK asli dan fotokopinya. 
  • BPKB asli dan fotokopinya. 

Wajib diketahui, nama dan identitas pendukung pemilik kendaraan harus sama pada ketiga dokumen di atas.

2. Pajak lima tahunan mobil

Pajak lima tahunan mobil adalah pembayaran pajak yang disertai dengan penggantian pelat mobil kendaraan atau disebut juga ganti kaleng. 

Syarat yang dibutuhkan untuk membayar pajak lima tahunan sebenarnya tidak berbeda dengan pajak tahunan. Perbedaannya hanya terletak pada cek fisik kendaraan. Oleh karena itu, tidak ada layanan pembayaran pajak online terkait perihal ini.

Saat membayar pajak lima tahunan, langsung parkirkan kendaraan Anda di area cek fisik untuk dilakukan pemeriksaan. Seusai itu, lanjutkan dengan pembayaran di loket sambil menyertai bukti formulir pemeriksaan cek fisik mobil yang baru saja didapatkan. 

Tarif Pajak Mobil

Ketentuan soal ini ditentukan oleh pemerintah kota atau daerah masing-masing. Tarif Bea Balik Nama Kendaraan (BBNKB) di Jakarta sebesar 10 persen dari nilai jual kendaraan bermotor. Jika harga kendaraan Rp120 juta, artinya tarif BBNKB yang harus dibayar sebesar Rp12 juta.

Sementara di Jawa Barat, tarif BBNKB sebesar 12,5 persen dari harga kendaraan. Berikut ini adalah komponen tarif pajak yang harus dibayar untuk kendaraan baru, yaitu:

  • Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).
  • Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).
  • Penerimaan Negara Bukan Pajak Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (PNBP BPKB).
  • PNBP STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). 
  • PNBP TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor).

Sementara komponen pajak tahunan, antara lain:

  • PKB.
  • SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).

Komponen pajak lima tahunan, antara lain:

  • PKB
  • SWDKLLJ
  • Biaya ADM.STNK
  • Biaya ADM.TNKB

Cara Cek Pajak Mobil Online dengan Berbagai Cara

Cek Pajak Mobil Online

Untuk memudahkan, wajib pajak bisa melakukan pengecekan besaran pajak mobilnya secara online dengan empat pilihan cara, yaitu:

1. Cek pajak mobil melalui SMS

Layanan ini berlaku untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Anda tidak perlu membutuhkan koneksi internet. Cukup dengan mengirimkan nomor polisi kendaraan dengan format berikut ini.

  • DKI Jakarta: METRO(spasi)nomor polisi kendaraan. Kirim ke nomor 1717. 
  • Jawa Barat: INFO(spasi)Nomor Polisi Kendaraan(spasi)Warna plat kendaraan. Kirim ke nomor 0811-211-9211 (Nomor Dispenda JABAR).
  • Jawa Tengah: JATENG(spasi)Nomor polisi kendaraan. Kirim ke nomor 9600.
  • Yogyakarta: DIY(spasi)nomor polisi kendaraan. Kirim ke nomor 9600
  • Jawa Timur: JATIM(spasi)nomor polisi kendaraan. Kirim ke 7070.

2. Cek pajak mobil melalui aplikasi e-Samsat

Layanan aplikasi e-Samsat hanya dapat digunakan untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Aplikasi tersedia di Google Play Store dan hanya bisa digunakan oleh pengguna smartphone Android saja. Cara pengecekan mungkin berbeda, namun demikian secara garis besar tetap sama seperti langkah-langkah berikut ini.

Cara mengecek pajak mobil melalui aplikasi e-Samsat

  1. Unduh aplikasi e-Samsat sesuai domisili.
  2. Pilih info pajak kendaraan.
  3. Masukkan nomor polisi kendaraan.
  4. Masukkan NIK KTP (nama harus sama dengan nama pemilik kendaraan)
  5. Info pajak mobil ditampilkan beserta identitas pemiliknya.

3. Cek pajak mobil melalui situs e-Samsat

Beberapa provinsi yang sudah menyediakan layanan melalui situs e-Samsat adalah DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, dan Papua. Layanan tersebut sudah termasuk pembayaran pajak kendaraan online.

Cara mengecek pajak mobil melalui situs e-Samsat

  1. Buka situs e-Samsat sesuai domisili.
  2. Pilih menu pengecekan pajak kendaraan.
  3. Masukkan nomor polisi kendaraan.
  4. Masukkan NIK (nama harus sama dengan pemilik kendaraan di BPKB/STNK). 
  5. Info pajak mobil akan ditampilkan secara lengkap.

4. Cek pajak mobil melalui USSD

Layanan Unstructured Supplementary Service Data (USSD) dapat digunakan untuk mengecek pajak mobil Anda. Caranya ketik *368*1# dari ponsel Anda untuk mengetahui informasi tentang:

  • Ranmor (kendaraan bermotor).
  • Pajak Ranmor
  • Simling (Jadwal SIM Keliling).
  • Samling (Jadwal Samsat Keliling)
  • Pajak Reminder.

Layanan ini khusus untuk cek pajak mobil wilayah DKI Jakarta saja. Untuk cek pajak mobil Jakarta pilih Info Pajak Ranmor. Kemudian ikut petunjuk yang diminta. 

Perhitungan Keterlambatan Pajak Mobil

perhitungan pajak jual beli rumah

Perhitungan keterlambatan pajak kendaraan sebenarnya secara otomatis akan langsung ditampilkan saat pengecekan pajak mobil. Biaya keterlambatan sudah ditambahkan dengan nominal pokok pajak yang harus dibayarkan.

Cara membayar pajak mobil yang mengalami keterlambatan pun tidak berbeda jauh. Hanya saja Anda akan menerima resi khusus untuk membayar biaya denda keterlambatan terlebih dahulu baru kemudian membayar pokok pajak di loket bank yang tersedia.

Cek pajak mobil ternyata sangat mudah. Layanan yang diberikan cukup lengkap, baik menggunakan akses internet ataupun tanpa menggunakan akses internet. Kelebihannya, wajib pajak di daerah pun masih bisa cek pajak dengan menggunakan akses SMS dengan mudah.

Pastikan Anda membayar pajak mobil sebelum melewati tanggal jatuh tempo. Pasalnya denda yang harus dibayarkan cukup tinggi apalagi jika keterlambatan melebihi satu hari.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →