Lupa Bawa Kartu BPJS Saat Berobat? Tinggal Klik Mobile JKN!

jkn kis

Sejak tahun 2014 silam, BPJS memiliki produk selain Kartu BPJS Kesehatan, yaitu JKN KIS (Kartu Indonesia Sehat). Jaminan kesehatan ini dikeluarkan oleh Pemerintahan Jokowi, dan menunjuk BPJS Kesehatan sebagai operator atau lembaga yang mengelolanya. 

Saat kemunculannya, banyak yang bertanya-tanya memang apa sih bedanya Kartu BPJS Kesehatan dengan KIS? Keduanya sama-sama layanan asuransi kesehatan yang disediakan oleh pemerintah. Ternyata, bedanya terletak pada sasarannya. 

Kalau BPJS, mereka yang terdaftar sebagai anggota diharuskan untuk membayar iuran bulanan, jadi sasarannya adalah kelompok warga yang memiliki penghasilan tetap. Sementara itu, untuk KIS, lebih ditujukan untuk warga yang kurang mampu, sehingga tidak akan dibebankan iuran bulanan. 

Kesamaan keduanya lagi adalah bisa diakses di aplikasi ponsel pintar, yaitu Mobile JKN. Aplikasi yang diluncurkan di tahun 2018 silam ini bisa diunduh di perangkat Android maupun iOS. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memiliki JKN KIS dan Kartu BPJS Kesehatan secara digital. Lantas apa keistimewaannya? 

Bermanfaat buat orang yang lupa bawa kartu BPJS dan KIS  

jkn kis
Ilustrasi KIS. (Instagram/@bpjskesehatan_ri)

Aplikasi Mobile JKN memungkinkan kamu mendapatkan JKN KIS digital juga Kartu BPJS secara digital. Segala data diri, informasi premi, dan lain-lain tentang jaminan kesehatanmu tercatat dalam ponsel pintar. 

Tujuan utama dari aplikasi ini adalah dalam rangka mengikuti perkembangan zaman yang semuanya serba digital. Dengan mengunduh aplikasi ini, para peserta jaminan kesehatan milik pemerintah bisa dengan mudah menggunakannya hanya dengan satu klik. 

Selain tentang informasi diri, dikutip dari situs BPJS Kesehatan, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan perubahan data diri, mengubah fasilitas kesehatan, mengetahui riwayat penggunaan, skrining kesehatan, serta melakukan pembayaran premi tiap bulannya. 

Salah satu keistimewaan yang paling terasa adalah, Mobil JKN ini bisa digunakan untuk berobat ketika seseorang lupa membawa Kartu BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat. Ingat, salah satu syarat untuk bisa berobat menggunakan BPJS Kesehatan adalah membawa kartu fisiknya sebagai bukti kamu terdaftar sebagai peserta jaminan kesehatan. Nah apabila suatu saat kamu lupa membawa kartu fisik, kamu bisa menggantinya dengan kartu digital. Setelah menunjukkan ke resepsionis, kamu pun sudah bisa dilayani. 

Bagaimana cara daftarkan JKN KIS dan BPJS ke Mobile JKN? 

jkn kis
Salah satu pengguna Mobile JKN. (Instagram/@bpjskesehatan_ri)

Untuk bisa menikmati layanan ini, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Tapi pertama, unduh dulu aplikasi “Mobile JKN” di Play Store atau App Store. Setelah mengunduh kamu bisa melakukan pendaftaran di aplikasi tersebut dengan mempersiapkan sejumlah data diri seperti KTP dan Kartu BPJS Kesehatan atau JKN KIS. 

  1. Masukkan No. Kartu BPJS atu JKN KIS 
  2. Masukkan No. KTP/NIK 
  3. Input tanggal lahir
  4. Tulis nama Ibu Kandung
  5. Masukkan password yang akan digunakan untuk mengakses ‘Mobile JKN’
  6. Masukkan nomor ponsel
  7. Masukkan alamat email yang aktif 

Setelah tahapan-tahapan di atas kamu lalui, nantinya kode konfirmasi akan dikirimkan melalui email. Jadi pastikan kalau alamat email yang kamu sertakan benar-benar aktif. Setelah aktif, Kartu BPJS Kesehatan dan JKN KIS digital sudah bisa digunakan untuk berobat.

Selain terproteksi oleh BPJS Kesehatan, ada baiknya kamu juga memiliki asuransi kesehatan swasta. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan layanan kesehatan secara optimal. Namun, pastikan polis asuransi kesehatan yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →