Rumah Sakit Boromeus, Layanan dan Harga Kamarnya

rumah sakit boromeus

Rumah Sakit Boromeus yang berlokasi di Lebak Gede Coblong, Bandung, Jawa Barat, merupakan salah satu rumah sakit tua yang ada di Kota Kembang. Berdiri sejak 18 September 1921, Rumah Sakit Boromeus dirintis oleh enam biarawati dan Tarekat Cinta Kasih Santo Carolus Borromeus. 

Awalnya bangunan Rumah Sakit Boromeus merupakan bekas poliklinik milik dr. Merz yang ada di Jalan Dago. Klinik tersebut ditinggal hampir tak ada perabot di dalamnya. Dari sini Rumah Sakit Boromeus memulai pelayanannya dengan 17 tempat tidur untuk rawat inap, hingga 3 – 4 tahun kemudian bangunan klinik diperluas hingga mampu menampung 90 tempat tidur dan pelayanan kesehatan lainnya. 

Meski sempat mengalami masa sulit karena beroperasi saat zaman perang, tak menjadi halangan Rumah Sakit Boromeus berkembang. Bahkan, di tahun 1990-an, rumah sakit ini menambah sampai dua gedung baru dan mampu menampung sekira 370 tempat tidur dan fasilitas kesehatan baru. 

Meski rumah sakit tua, tak membuat Rumah Sakit Boromeus tertinggal dengan rumah sakit-rumah sakit baru. Di tahun 1996, rumah sakit Katolik ini mendapat rekor MURI atas keberhasilannya dalam proses persalinan bayi kembar lima yang pertama kali terjadi di Indonesia. 

Markplus Insight juga pernah menobatkan rumah sakit dengan motto Kasih dan Kepedulian Kami untuk Anda ini sebagai The Most Recommended Hospital. Dan di tahun 2018 lalu, mendapat penghargaan Green Hospital dari Kementerian Kesehatan. 

Tak hanya jejeran prestasi saja yang menjadikan rumah sakit ini banyak dituju masyarakat sekitar. Kecanggihan alat medis pendukung juga disediakan Rumah Sakit Boromeus untuk pelayanannya pada pasien. 

Layanan medis di Rumah Sakit Boromeus 

Rumah Sakit Boromeus memiliki layanan home care untuk pasiennya. Layanan ini dikhususkan untuk pasien yang telah pulang dari rawat inap. Tenaga medis yang disiapkan rumah sakit ini akan berkunjung ke rumah pasien sesuai permintaan. 

Home care Rumah Sakit Boromeus juga memberi pelayanan sewa alat medis untuk penunjang layanan home care. Fasilitas sewa alat medis seperti tempat tidur manua; dan elektrik, suction, kursi roda, threepot, nebulizer kompresor dan ultrasonic, tabung oksigen, ambu bag anak, Kruk, Infus Pump, Syringe pump, Stelece atau kursi bolong, Matras anti decubitud, Oximetry dan lainnya.

Beberapa layanan yang mencangkup home care dari Rumah Sakit Boromeus ini, antara lain: 

1. Pelayanan intensive home care dengan kondisi ringan, sedang, berat 

2. Pengkajian kesehatan oleh tenaga medis profesional (perawat dan dokter) 

3. Memberikan penyuluhan kesehatan dan perawatan 

4. Pemeriksaan dokter 

5. Pemeriksaan laboratorium 

6. Pemeriksaan EKG 

7. Tindakan perawatan 

8. Perawatan luka. 

Selain itu, Rumah Sakit Boromeus juga memiliki layanan, seperti: 

Layanan radiologi 

Pelayanan ini sebagai pendukung diagnosa penyakit atau kelainan organ tubuh manusia. Alat-alat yang digunakan di radiologi antara lain 1,5 Tesla Superconducting MRscanner (MRI = Magnetic Resonance Imaging), Spiral CT-scanner (CT-scan), Angiography dan Color Doppler Ultrasound.

Selain kecanggihan peralatannya, unit ini juga didukung oleh dokter dan teknisi profesional dan handal di bidangnya. Ini dibuktikan dengan pelatihan atau kursus yang diikuti tenaga medis Rumah Sakit Boromeus di dalam maupun luar negeri. 

Medical Gym 

Disediakan sebagai terapi mengembalikan fungsional pasien semaksimal mungkin akibat dari penyakit yang pernah atau sedang diderita. Unit ini sebagai media pemulihan pasien dari kondisi penyakit seperti ortopedi, neurologi, kasus bedah saraf, rematik atau osteoporosis, dan banyak kasus penyakit lain yang membutuhkan terapi lanjutan. 

Pelayanan saat masa pandemi di Rumah Sakit Boromeus 

Sebagai rumah sakit yang peduli dengan kenyamanan pasiennya, di masa pandemi Covid-19 ini Rumah Sakit Boromeus menerapkan protokol kesehatan pada pengunjungnya. Beberapa layanan yang disesuaikan dengan kondisi saat ini antara lain : 

  1. Konsultasi rawat jalan online dokter umum dan spesialis 
  2. Home laboratory service atau layanan pemeriksaan laboratorium ke rumah dengan hasil yang cepat dan akurat. 
  3. Pharmacy delivery services yaitu pesan antar untuk pembelian obat-obatan atau vitamin
  4. Drive Thru Laboratory yang melayani pasien untuk rapid test dan swab melalui drive thru. Tarif yang dikenakan untuk rapid test sebesar Rp148 ribu dan swab sebesar Rp1.780.000. 

Harga kamar di Rumah Sakit Boromeus

Berangkat dari awal yang sangat sederhana, membuat Rumah Sakit Borromeus diterima masyarakat Bandung dengan antusiasme yang tinggi. Dan demi pelayanan yang baik untuk pasiennya, rumah sakit ini pun memberikan pelayanan rawat inap yang bisa memberi kenyamanan. 

Rumah Sakit Borromeus membagi layanan rawat inapnya menjadi empat kategori, yaitu 

  1. Internis dan bedah 
  2. Anak 
  3. Intensive 
  4. Kebidanan dan kandungan. 

Empat kategori tersebut memiliki tarif kamar dan fasilitas kamar yang berbeda pula. Berikut tarif kamar di Rumah Sakit Boromeus. 

1. Kelas Executive: Rp1.785.000 per malam 

Di kelas ini fasilitas yang tersedia antara lain kamar mandi dalam, AAC, televisi, lemari es, sofa bed, dispenser, lemari dan credenza

2. Kelas 2B: Rp425 ribu – Rp450 ribu per malam 

Fasilitas yang didapat pasien antara lain, 4 – 5 tempat tidur dalam satu ruangan, toilet dalam, AC, TV, lemari.

3. ISO A: Rp750 ribu per malam 

Kamar dengan satu tempat tidur ini dilengkapi dengan kamar mandi, AC, sofa panjang, lemari dan credenza

4. Kelas IIIB: Rp210 ribu per malam 

Satu ruangan berisi tujuh tempat tidur pasien dengan kamar mandi, AC, lemari dan credenza

5. Kelas 1B: Rp605 ribu per malam 

Di jenis kamar ini dalam satu ruangan terdiri dari dua tempat tidur pasien, kamar mandi dalam, AC, TV, sofa panjang, lemari dan credenza

6. VIP B: Rp1.050.000 per malam 

Kelas VIP ini hanya berisi satu tempat tidur pasien yang dilengkapi toilet dalam, AC, TV, lemari es, telepon, sofa panjang, lemari dan credenza

7. Deluxe: Rp1,4 juta – Rp1.595.000 per malam 

Dengan fasilitas satu tempat tidur pasien, kamar mandi, meja makan, AC, TV, lemari es, telepon, sofa panjang, sofa single, sofa bed, lemari dan credenza.

8. Penthouse: Rp4,3 juta per malam 

Sudah jelas untuk kelas ini paling lengkap fasilitasnya. Selain fasilitas dari kamar deluxe ditambah lagi dengan ketersediaan 2 kamar mandi, tempat tidur penunggu, meja makan, dua sarapan penunggu pasien, microwave, dispenser.

9. Royal Suite: Rp3,9 juta 

Fasilitas yang tersedia hampir sama dengan Penthouse. 

10. Atrium: Rp2,9 juta 

Fasilitas yang tersedia antara lain kamar mandi dalam, meja makan, dua sarapan untuk penunggu pasien , AC, TV, lemari es, telepon, sofa, sofa single, sofa bed, dispenser, lemari dan credenza

11. Premier: Rp2 juta 

Fasilitas yang tersedia antara lain kamar mandi dalam, meja makan, satu sarapan untuk penunggu pasien , AC, TV, lemari es, telepon, sofa, sofa single, sofa bed, dispenser, lemari dan credenza. 

Selain kelas kamar, Rumah Sakit Boromeus juga menyediakan kamar ICU dengan tarif per malam sebesar Rp800 ribu – Rp1,1 juta. Sebagai catatan, tarif kamar di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Agar lebih jelas, kamu bisa langsung hubungi Rumah Sakit Boromeus, Bandung. 

Asuransi rekanan 

Sehat itu mahal. Dan untuk mendapat perawatan dan kenyamanan yang maksimal pun gak murah. Tapi, untuk menjawab itu kamu bisa memanfaatkan asuransi kesehatan di Rumah Sakit Borromeus. 

Beberapa asuransi rekanan di rumah ini antara lain : 

1. Manulife 

Rumah Sakit Boromeus memiliki rekanan asuransi Manulife. Meski Manulife dikenal sebagai perusahaan asuransi jiwa, tapi ada juga produk asuransi kesehatan Manulife. Bahkan, untuk seluruh anggota keluarga. 

Manfaat yang diperoleh nasabah adalah pertanggungan rawat inap rumah sakit di Indonesia dan Malaysia dengan tarif Rp500 ribu, Rp1 juta, Rp2 juta dan Rp3 juta. Sedangkan untuk rawat inap di luar dua negara tadi sebesar Rp3 juta, Rp6 juta, dan Rp9 juta. Manulife juga memberi manfaat untuk biaya kamar ICU, kunjungan dokter, pembedahan, biaya akomodasi pendamping dan penyuluhan psikologis. 

2. Allianz

Dikenal sebagai brand asuransi jiwa dari PT Asuransi Allianz Life, ada beberapa produk yang ditawarkan perusahaan asuransi ini. Antara lain asuransi jiwa, asuransi kesehatan, unit link, asuransi kumpulan dan juga asuransi syariah. 

Allianz juga dikenal dengan perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan kesehatan di seluruh dunia dengan pertanggungan tinggi. Bahkan, ada layanan khusus yang sangat menarik yaitu Allianz Hospital Assistant, untuk mempermudah nasabah melakukan klaim di rumah sakit. Pertanggungan biaya medisnya pun sangat luas, karena ada polis untuk meng-cover biaya perawatan akibat HIV/AIDS dan kemoterapi. 

3. Asuransi Sinarmas 

Perusahaan asuransi ini punya produk asuransi kesehatan yaitu SMiLe Medical. Di produk ini nasabah akan mendapat perlindungan kesehatan sesuai tagihan hingga usia tertanggung 75 tahun. 

Manfaat yang didapat tertanggung dari polis individu ini antara lain cover biaya kamar hingga Rp1 juta per malam, kamar ICU/ICCU hingga Rp2 juta per malam, biaya cover operasi atau pembedahan sesuai tagihan. Klaim per tahun dari produk asuransi kesehatan ini mulai dari Rp150 juta hingga Rp900 juta. 

4. AIA 

Asuransi kesehatan AIA menjamin biaya perawatan di rumah sakit. Perusahaan asuransi ini merupakan anak perusahaan AIA Group Hong Kong yang bergerak dalam sektor finansial. 

Pertanggungan untuk asuransi kesehatan AIA meliputi penggantian biaya rawat inap dan rawat jalan dengan pembayaran secara cashless. Keunggulan AIA sebagai perusahaan asuransi adalah pertanggungan biaya perawatan bisa diterima di seluruh dunia. 

5. Avrist 

Melalui produk Avrist Critical Guard, nasabah dilindungi jika didiagnosa penyakit kritis. Bahkan proteksinya terhadap 36 penyakit kritis. Keunggulan dari asuransi jenis ini adalah nilai premi yang tetap hingga nasabah berusia 60 tahun. 

Gak hanya itu, nasabah juga mendapat perlindungan sampai dengan Rp500 juta jika telat terdiagnosa penyakit kritis. Plus manfaat bonus penambahan uang pertanggungan (UP) setiap ulang tahun polis maksimal lima kali sebesar 5 persen. 

Pentingnya punya asuransi kesehatan 

Jika ingin mendapat pelayanan yang maksimal, pastinya pasien akan memilih rawat inap dengan kelas kamar yang lengkap fasilitasnya. Hanya saja, kelengkapan fasilitas pastinya dibarengi dengan harga yang menjulang tinggi.

Itu pun dihitung per malam hanya untuk kamar dan fasilitas di dalamnya. Belum dihitung biaya pengobatan dan kunjungan dokter. Bisa dibayangkan, untuk mendapat kenyamanan pasien harus merogoh kocek dalam-dalam. 

Tapi, saat ini kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi kesehatan pun makin tinggi. Terlebih jika mengingat inflasi biaya rumah sakit yang bisa mencapai angka 11 persen. Artinya biaya kesehatan rawat inap selalu akan naik di tahun selanjutnya. 

Jadi, asuransi kesehatan sangat perlu untuk dimiliki. Karena melalui asuransi kamu bisa meminimalisir risiko kerugian finansial saat jatuh sakit, apalagi jika kamu memilih rumah sakit yang bonafid dengan layanan kelas internasional. Bisa dibayangkan kalau gak punya asuransi kesehatan. 

Tips memilih asuransi kesehatan terbaik 

Saat ini perusahaan asuransi banyak memberi pilihan polis asuransi kesehatan dengan manfaat yang maksimal. Tapi, perlu diingat, ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelum membeli proteksi atau asuransi kesehatan. Beberapa di antaranya: 

1. Metode klaim cashless

Dengan sistem klaim cashless nasabah bisa datang ke rumah sakit bermodal kartu peserta asuransi kesehatan saja. Artinya, nasabah tidak perlu mengeluarkan dana terlebih dahulu untuk mendapatkan perawatan medis. 

Contohnya adalah rekomendasi pilihan di atas yaitu Manulife yang memiliki manfaat asuransi cashless dan reimbursement.

2. Menanggung biaya rawat jalan

Biaya perawatan pra dan pascarawat inap tidaklah murah. Untuk itu, sebaiknya pilih yang menanggung biaya rawat jalan tersebut. Dari rekomendasi Lifepal, Asuransi kesehatan Cigna dan Manulife menanggung biaya rawat jalan sebagai manfaat dasar asuransi. 

3. Manfaat pengembalian premi

Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi atau no claim bonus apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. Umumnya 20-100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.

4. Manfaat Coordination of Benefit (CoB) 

Dengan manfaat Coordination of Benefit (CoB), jika asuransi BPJS tidak mencakup semua biaya perawatan, maka kita bisa mengajukan kekurangannya pada asuransi swasta.

Saat ini, ada 11 perusahaan asuransi swasta yang bersedia jalankan koordinasi klaim dengan BPJS, yaitu asuransi kesehatan Avrist, Arthagraha General Insurance, Astra Buana, Mega, CAR, Takaful Keluarga, Bina Dana Arta, Sinarmas MSIG, Generali Indonesia, Tugu Pratama, dan Multi Artha Guna (MAG). 

5. Manfaat Pertanggungan Pre-Existing Condition 

Pre-existing condition adalah kondisi di mana calon nasabah sudah menderita penyakit tertentu saat mendaftar asuransi. Sebagian besar produk mengecualikan hal ini dalam klaim, tetapi ada yang tidak mengecualikannya dengan atau tanpa syarat. 

6. Limit/plafon sesuai premi

Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misal uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini. Namun, di tahun-tahun mendatang dengan kenaikan biaya medis 7-15 persen, nilai pertanggungan tersebut akan berkurang.

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih yang menanggung biaya medis sesuai tagihan rumah sakit (as charged), seperti contoh di atas salah satunya adalah Manulife.

7. Iuran premi sesuai dengan penghasilan

Meski proteksi kesehatan sangatlah penting, calon nasabah tetap harus memastikan keuangannya tetap terjaga. Oleh karena itu, pastikan premi tidak kemahalan apalagi melebihi kemampuan. Standarnya alokasi asuransi minimal sekitar 3-5 persen dari penghasilan.

8. Beli melalui broker asuransi

Broker yang telah terdaftar resmi dapat membantu nasabah mengajukan klaim. Ingat, ketika sedang mengalami risiko medis, pengajuan klaim bisa saja sulit dilakukan sendiri. Belum lagi jika pengajuan klaim nasabah ditolak karena alasan tertentu. 

Broker asuransi seperti Lifepal dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah klaim tersebut.

Pertanyaan seputar Rumah Sakit Boromeus

Rumah Sakit Boromeus merupakan rumah sakit tipe B.
Fasilitas medis yang tersedia di rumah sakit ini antara lain IGD, ICU, NICU, PICU, Radiologi, Laboratorium, Apotek, Medical Check Up (MCU).
Ya, rumah sakit swasta ini menerima layanan menggunakan BPJS dengan syarat pasien memiliki surat rujukan dari faskes pertama untuk dapat berobat di RS Borromeus.
SMS Plan Program atau Smart Mom Saving Plan adalah program tabungan atau simpanan dana oleh peserta ibu hamil yang akan dimanfaatkan untuk biaya persalinan di Rumah Sakit Boromeus.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →