Asuransi Kecelakaan Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan produk asuransi kecelakaan dari ratusan brand ternama dengan harga terjangkau!

Pengertian Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan adalah jenis asuransi yang mampu memberikan perlindungan atau jaminan proteksi finansial dari berbagai risiko kecelakaan baik itu kecelakaan kerja, kecelakaan berkendara, maupun kecelakaan pada saat perjalanan.

Cakupan pertanggungan yang diberikan pada asuransi kecelakaan di antaranya seperti pemberian santunan terhadap risiko kematian, cacat total, penggantian biaya perawatan maupun pengobatan, dan memberikan rasa aman untuk keluarga apabila terjadi risiko kecelakaan serta meringankan beban finansial.

Untuk bisa mendapatkan asuransi kecelakaan, nasabah harus membayarkan premi yang dibayarkan secara berkala, mulai dari per bulan hingga per tahun. Dengan angka premi bergantung pada perusahaan asuransi maupun produk yang dipilih. Besaran premi yang dibebankan pun bergantung pada riwayat kesehatan, risiko pekerjaan, serta manfaat dan juga ketentuan lain yang diberlakukan oleh perusahaan asuransi.

Kenapa Harus Punya Asuransi Kecelakaan?

Mengapa asuransi dibutuhkan? Karena manfaat asuransi kecelakaan akan sangat membantu menggantikan risiko finansial yang diakibatkan oleh kecelakaan yang dapat terjadi kapan dan di mana saja. Berikut fungsi dan manfaat asuransi kecelakaan secara umum yang bisa menjadi pertimbangan penting bagi calon nasabah:

  • Melindungi dari risiko kecelakaan yang bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Jika Anda memiliki pekerjaan atau aktivitas yang memiliki risiko kecelakaan tinggi, Anda bisa mengantisipasinya dengan membeli asuransi kecelakaan. Dengan demikian, apabila kecelakaan terjadi maka pihak asuransi akan memberikan sejumlah dana yang telah disepakati sebelumnya.
  • Mengurangi risiko kerugian finansial karena biaya pengobatan dan perawatan baik di rumah sakit maupun rawat jalan tidaklah murah. Maka perusahaan asuransi akan menyediakan penggantian biaya untuk mengurangi beban kerugian finansial tersebut.
  • Premi asuransi kecelakaan sebenarnya cukup terjangkau. Jika dibandingkan dengan risiko kecelakaan dan biaya yang harus disiapkan untuk pengobatan maupun perbaikan tentu tidak sebanding dengan harga premi asuransi kecelakaan yang terjangkau.
  • Tidak merepotkan orang lain, baik keluarga maupun orang asing. Sebab, Anda telah memiliki jaminan dari perusahaan asuransi apabila secara tiba-tiba harus dibawa ke rumah sakit.
  • Membantu Anda mengatur keuangan atau cash-flow menjadi lebih teratur Karena pengeluaran bulanan yang sudah diatur tidak akan berantakan akibat biaya rumah sakit atau rawat jalan yang terjadi karena kecelakaan.

Setelah memperhatikan fungsi dan manfaat asuransi kecelakaan yang disebutkan di atas, kini ada baiknya perhatikan jenis produk asuransi kecelakaan terbaik dan berbagai prosedurnya.

Cakupan Pertanggungan dan Pilihan Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan memberikan uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia atau mengalami cacat tetap total yang disebabkan kecelakaan. Uang pertanggungan yang akan diberikan kepada ahli waris ataupun tertanggung memiliki besaran yang cukup beragam mulai dari Rp20 juta, Rp50 juta hingga miliaran rupiah.

Selain pemberian santunan, terdapat juga penggantian biaya perawatan dan pengobatan. Pertanggungan ini biasanya mencakup biaya rawat inap di kamar rumah sakit, tindakan pembedahan, seperti pembedahan reseksi, amputasi, atau rekonstruktif.

Seperti halnya produk asuransi lain seperti asuransi kesehatan dan asuransi pendidikan, terdapat beberapa jenis produk asuransi kecelakaan. Adapun jenis produk asuransi kecelakaan terbagi berdasarkan kriteria tertentu yang akan dijabarkan sebagai berikut:

1. Asuransi kecelakaan diri

Asuransi kecelakaan diri adalah jenis asuransi kecelakaan yang paling banyak memiliki peminat. Asuransi ini memiliki fungsi memberikan perlindungan dari berbagai bahaya yang bisa menimpa Anda dan mengakibatkan kematian, cacat total, cacat sementara, maupun perawatan di rumah sakit.  Jenis asuransi kecelakaan diri terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

  • Asuransi kecelakaan diri individu, asuransi ini hanya akan menanggung satu individu atau satu orang tertanggung saja.
  • Asuransi kecelakaan diri kelompok, asuransi ini ditujukan untuk grup atau sekelompok orang dengan maksimal peserta sebanyak 25 orang atau tergantung kebijakan perusahaan asuransi.
  • Asuransi kecelakaan diri keluarga, asuransi ini ditujukan untuk menanggung seluruh anggota keluarga, mulai dari ayah, ibu, dan anak. Dengan rincian, tertanggung sebesar 100%, pasangan tertanggung 50%, dan anak tertanggung sebesar 10%.
  • Asuransi kecelakaan diri perjalanan, asuransi ini ditujukan bagi Anda yang sering melakukan perjalanan. Biasanya periode jaminan yang diberikan tergantung seberapa lama perjalanan yang dijalankan.

2. Asuransi kecelakaan kerja

Asuransi kecelakaan kerja adalah asuransi yang sangat dibutuhkan jika pekerjaan yang dimiliki memiliki risiko kecelakaan yang tinggi. Pada umumnya setiap pekerjaan memiliki risiko kecelakaan, maka dari itu asuransi kecelakaan kerja diperlukan untuk menangani hal tersebut.

Salah satu contoh asuransi kecelakaan kerja adalah Jaminan Kecelakaan Kerja yang merupakan program pemerintah yang diwajibkan bagi seluruh karyawan suatu perusahaan.Dengan besaran iuran yang ditanggung oleh pemberi kerja atau perusahaan.

3. Asuransi kecelakaan lalu lintas

Asuransi kecelakaan lalu lintas adalah asuransi yang mampu memberikan perlindungan dan jaminan proteksi dari risiko kecelakaan lalu lintas yang bisa terjadi kapan dan di mana saja.

Salah satu bentuk pertanggungan asuransi kecelakaan lalu lintas ialah pemberian santunan. Ada dua jenis pemberian santunan yang dapat diberikan, yaitu:

  • Penumpang angkutan umum, baik itu angkutan darat, sungai, danau, feri, penyeberangan, laut, maupun udara.
  • Mereka yang tertabrak angkutan umum atau kendaraan pribadi.

4. Asuransi kecelakaan pesawat

Asuransi kecelakaan pesawat adalah asuransi yang mampu memberikan perlindungan bagi Anda yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat.

Walaupun pesawat termasuk kendaraan yang aman, namun berbagai faktor bisa menjadi penyebab kecelakaan terjadi, mulai dari faktor internal seperti kelalaian maskapai, hingga faktor eksternal seperti cuaca yang tidak mendukung untuk melanjutkan penerbangan.

Dengan adanya asuransi ini, maka apabila tertanggung menjadi salah satu korban kecelakaan pesawat, maka keluarga korban akan mendapatkan santunan untuk meringankan beban finansialnya.

Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Diperhatikan

Memiliki asuransi kecelakaan menghadirkan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini adalah beberapa kelebihan maupun kekurangan mendaftar asuransi kecelakaan.

Kelebihan memiliki asuransi kecelakaan

  • Memberikan rasa aman kepada tertanggung maupun keluarga.
  • Meringankan biaya perawatan atau pengobatan setelah kecelakaan terjadi, sehingga Anda tidak perlu dipusingkan akan masalah finansial kembali.
  • Bisa dijadikan jaminan hari tua.
  • Memberikan perlindungan terhadap keluarga tertanggung apabila tertanggung mengalami kecelakaan.

Kekurangan memiliki asuransi kecelakaan

Apabila risiko kecelakaan tidak terjadi selama masa pertanggungan, maka premi yang dimiliki akan menjadi hangus dan Anda tidak bisa meminta pengembalian uang pertanggungan. Oleh sebab itu, ketahui terlebih dahulu apa saja yang dapat dijamin dan dikecualikan oleh asuransi kecelakaan yang dimiliki perusahaan asuransi tersebut.

Kriteria yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan yang bagus mengacu pada poin-poin berikut yang bisa menjadi pertimbangan:

1. Terdapat pilihan metode penggantian dan pembayaran yang diinginkan

Untuk mendapatkan asuransi kecelakaan yang bagus, sebaiknya pilih yang menyediakan metode penggantian klaim dan pembayaran yang diinginkan, yaitu reimbursement dan cashless. Kemudian, untuk pembayaran premi, mulai dari transfer, autodebet, sampai pembayaran secara online. Dengan demikian, mempermudah Anda untuk memperpanjang asuransi dan melakukan klaim.

2. Plafon dan premi sebanding dan sesuai dengan kebutuhan

Pastikan pula plafon dan premi yang ditawarkan sebanding. Yaitu pilih asuransi yang memberikan plafon atau benefit yang lengkap dengan premi yang terjangkau.

3. Jaringan rumah sakit luas

Tanyakan apakah jaringan rumah sakit rekanan dari perusahaan asuransi kecelakaan tersebut cukup luas atau tidak. Sehingga Anda bisa mendapatkan pelayanan perawatan di mana saja tanpa ditolak.

 

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi mengganti biaya klaim Anda. Secara umum, penggantian biaya  asuransi kecelakaan dilakukan dengan metode reimbursement  dan cashless.

1. Reimbursement

Metode penggantian ini dilakukan dengan peserta harus membayarkan tagihan perawatan terlebih dahulu. Kemudian, peserta mengirimkan sejumlah dokumen yang menjadi persyaratan klaim ke pihak asuransi. Selanjutnya, pihak asuransi akan melakukan proses penggantian biaya tersebut.

2. Cashless

Cashless adalah metode penggantian biaya asuransi dengan menggunakan kartu saja. Jadi, peserta asuransi dapat menggesekkan kartu tersebut di rumah sakit atau klinik yang telah menjadi rekanan.

Pada prinsipnya tidak ada perbedaan cara klaim asuransi kecelakaan dari masing-masing perusahaan asuransi. Berikut ini beberapa syarat umum yang wajib dilampirkan jika Anda ingin melakukan klaim atas risiko kecelakaan.

  • Fotokopi polis asuransi kecelakaan.
  • Formulir klaim asuransi kecelakaan.
  • Fotokopi kartu identitas (KTP/KK/SIM).
  • Surat keterangan meninggal dunia dari instansi pemerintah yang berwenang (dari kelurahan atau kecamatan).
  • Surat keterangan dokter dari rumah sakit yang menegaskan bahwa tertanggung.
  • Surat kronologis kecelakaan (disertai dengan foto) dan berita acara dari kepolisian.
  • Kwitansi asli atau fotokopi kwitansi pembayaran rumah sakit yang sudah dilegalisasi oleh pihak Rumah Sakit.
  • Fotokopi surat pembayaran premi.

Anda perlu mengetahui bahwa pengajuan klaim tidak boleh melebihi batas waktu maksimal klaim agar klaim asuransi diterima, diproses, dan pertanggungan diberikan sesuai perjanjian. Rata-rata perusahaan asuransi menetapkan waktu maksimal klaim antara 45 hingga 90 hari setelah kejadian.

Setelah melengkapi dokumen, Anda bisa menghubungi perusahaan asuransi terkait untuk segera memproses klaim yang diajukan.

Perhitungan premi asuransi kecelakaan mengacu pada beberapa faktor.

 1. Pekerjaan atau jabatan

Perhitungan premi asuransi kecelakaan tergantung jenis risiko yang dimiliki. Apabila risiko yang dimiliki lebih tinggi maka beban premi pun akan lebih besar. Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan berdasarkan risiko.

  • Risiko hampir nol: direktur, akuntan, sekretaris, dan karyawan administrasi.
  • Risiko kecil: dokter bedah, dokter gigi, ibu rumah tangga, dan perawat.
  • Risiko sedang: salesman, sopir, kepala proyek pembangunan dan sejenisnya.
  • Risiko tinggi: buruh tambang, buruh bangunan, dan instalator.

2. Usia

Usia tentu memengaruhi premi yang akan diberlakukan oleh perusahaan asuransi. Sebab, semakin tua usia peserta asuransi maka risiko penyakit akan lebih tinggi dan tingkat terjadinya kecelakaan pun akan lebih besar.

3. Jenis kelamin

Jenis kelamin akan memengaruhi premi yang diberlakukan perusahaan asuransi. Namun hal ini masih tetap disesuaikan dengan pekerjaan yang dimiliki. Apabila seorang wanita melakukan pekerjaan yang bagi pria berisiko kecil namun bagi wanita berisiko besar. Maka seorang wanita bisa membayar premi yang lebih tinggi dibanding pria, begitu pun sebaliknya.

4. Riwayat penyakit

Riwayat penyakit seseorang akan dinilai oleh pihak perusahaan asuransi. Calon peserta asuransi dengan riwayat penyakit tertentu biasanya akan dikenakan premi yang lebih tinggi atau pengecualian tertentu.

5. Perbandingan tinggi dan berat badan

Seseorang yang memiliki berat atau tinggi badan yang berada di bawah maupun di atas ideal tentunya akan memiliki risiko yang lebih besar, sehingga akan dikenakan premi yang lebih tinggi.

6. Kegemaran atau hobi

Premi akan lebih tinggi apabila seseorang memiliki kegemaran atau hobi yang memiliki risiko besar, misalnya panjat tebing, berburu, tinju, balapan, dan sebagainya.

Pembayaran premi asuransi kecelakaan dapat dilakukan melalui media berikut ini. Namun, metode yang dipilih bergantung pada perusahaan asuransi yang dipilih. Silakan pilih metode pembayaran yang paling mudah dan aman untuk Anda lakukan.

  • Transfer bank.
  • Pembayaran online.
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi.
  • Autodebet rekening atau kartu kredit.

Sementara itu, adapun frekuensi pembayaran asuransi kecelakaan disesuaikan dengan kesepakatan polis. Berikut eberapa pilihannya:

  • Pembayaran premi tunggal, yaitu peserta asuransi hanya perlu membayarkan premi sekali saja untuk rentang waktu pertanggungan tertentu.
  • Pembayaran premi berkala, yaitu peserta asuransi membayarkan premi secara berkala. Ada yang bulanan ataupun tahunan.

Dasar hukum asuransi kecelakaan mengacu pada undang-undang dan peraturan pemerintah berikut ini:

  • Undang-Undang Nomor 33 Tahun 1977
  • Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014

Berikut ini beberapa poin yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih asuransi kecelakaan terbaik.

1. Pilih jenis asuransi kecelakaan bagus dan tepercaya

Asuransi kecelakaan yang bagus berarti asuransi kecelakaan yang mampu menyediakan perlindungan yang dibutuhkan. Pastikan pula syarat dan ketentuan yang diberlakukan tidak memberatkan.

2. Beli asuransi sesuai kebutuhan

Jika Anda memiliki risiko kecelakaan yang besar maka pilih produk asuransi kecelakaan yang mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi Anda. Pertimbangkan juga premi yang dibebankan.

3. Bandingkan produk antar perusahaan asuransi 

Jangan lupa untuk membandingkan terlebih dahulu produk asuransi kecelakaan dari berbagai perusahaan asuransi  untuk menemukan asuransi kecelakaan yang cocok bagi Anda.

Sementara itu, bagi calon peserta asuransi yang mencari asuransi kecelakaan murah, cobalah untuk membandingkan terlebih dahulu produk asuransi kecelakaan yang berada di pasaran. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan situs agregator seperti Lifepal.

Membeli asuransi kecelakaan secara online memudahkan karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Anda juga juga dapat lebih leluasa memilih asuransi kecelakaan sesuai kebutuhan dengan cara membandingkan satu produk perusahaan asuransi dengan yang lain.

Pembelian produk asuransi dapat dilakukan cukup secara online. Kemudian, lakukan transfer maupun metode pembayaran lain untuk pembayaran premi secara berkala maupun sekaligus.

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi yang khususnya menyediakan produk asuransi kecelakaan. Berbagai pilihan asuransi terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal.

Lifepal sebagai teman andalan Anda, memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim. Termasuk pula memberikan promo asuransi gratis untuk beberapa proteksi, salah satunya adalah proteksi terhadap kecelakaan.

Terdapat perbedaan antara agen asuransi dengan broker asuransi (dalam hal ini asuransi kecelakaan). Agen asuransi kecelakaan adalah orang pribadi yang bekerja sendiri pada perusahaan asuransi kecelakaan.

Sementara itu, broker asuransi kecelakaan merupakan perusahaan yang menjadi pihak perantara antara calon peserta asuransi dengan perusahaan asuransi kecelakaan. Dengan demikian, calon peserta asuransi dapat membandingkan produk asuransi terbaik bagi dirinya sendiri maupun kelompok.

Agen asuransi mewakili perusahaan asuransi. Akan tetapi, broker asuransi memposisikan diri sebagai orang yang mewakili kepentingan pihak calon peserta asuransi. Broker asuransi juga senantiasa membantu peserta asuransi dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi kecelakaan.

Lifepal merupakan broker asuransi kecelakaan terbaik di Indonesia. Anda dapat membandingkan produk asuransi kecelakaan terbaik dan murah melalui situs web Lifepal.co.id. Lifepal bekerja sama dengan PT Mitra Ibisnis Terapan adalah pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-18/NB.1/2016 dan anggota APPARINDO 230-2016.

Berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi kecelakaan:

  • Polis asuransi: perjanjian tertulis antara tertanggung (peserta asuransi) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.
  • Klaim asuransi: permintaan secara resmi dari pihak peserta asuransi untuk mendapatkan kompensasi alias jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.
  • Premi asuransi: jumlah uang yang harus disetorkan kepada perusahaan asuransi sesuai dengan polis yang telah disetujui bersama.
  • Copayment: biaya yang harus dibayarkan saat melakukan klaim tagihan pelayanan medis (pada umumnya 10 persen dari total tagihan pelayanan medis).
  • Rider: manfaat tambahan yang bisa disertakan pada program asuransi dasar.
  • Uang pertanggungan: Sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh perusahaan asuransi apabila terjadi klaim dari pemegang polis atas risiko kecelakaan yang telah dijaminkan.
Informasi Umum

Pengertian Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan adalah jenis asuransi yang mampu memberikan perlindungan atau jaminan proteksi finansial dari berbagai risiko kecelakaan baik itu kecelakaan kerja, kecelakaan berkendara, maupun kecelakaan pada saat perjalanan.

Cakupan pertanggungan yang diberikan pada asuransi kecelakaan di antaranya seperti pemberian santunan terhadap risiko kematian, cacat total, penggantian biaya perawatan maupun pengobatan, dan memberikan rasa aman untuk keluarga apabila terjadi risiko kecelakaan serta meringankan beban finansial.

Untuk bisa mendapatkan asuransi kecelakaan, nasabah harus membayarkan premi yang dibayarkan secara berkala, mulai dari per bulan hingga per tahun. Dengan angka premi bergantung pada perusahaan asuransi maupun produk yang dipilih. Besaran premi yang dibebankan pun bergantung pada riwayat kesehatan, risiko pekerjaan, serta manfaat dan juga ketentuan lain yang diberlakukan oleh perusahaan asuransi.

Kenapa Harus Punya Asuransi Kecelakaan?

Mengapa asuransi dibutuhkan? Karena manfaat asuransi kecelakaan akan sangat membantu menggantikan risiko finansial yang diakibatkan oleh kecelakaan yang dapat terjadi kapan dan di mana saja. Berikut fungsi dan manfaat asuransi kecelakaan secara umum yang bisa menjadi pertimbangan penting bagi calon nasabah:

  • Melindungi dari risiko kecelakaan yang bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Jika Anda memiliki pekerjaan atau aktivitas yang memiliki risiko kecelakaan tinggi, Anda bisa mengantisipasinya dengan membeli asuransi kecelakaan. Dengan demikian, apabila kecelakaan terjadi maka pihak asuransi akan memberikan sejumlah dana yang telah disepakati sebelumnya.
  • Mengurangi risiko kerugian finansial karena biaya pengobatan dan perawatan baik di rumah sakit maupun rawat jalan tidaklah murah. Maka perusahaan asuransi akan menyediakan penggantian biaya untuk mengurangi beban kerugian finansial tersebut.
  • Premi asuransi kecelakaan sebenarnya cukup terjangkau. Jika dibandingkan dengan risiko kecelakaan dan biaya yang harus disiapkan untuk pengobatan maupun perbaikan tentu tidak sebanding dengan harga premi asuransi kecelakaan yang terjangkau.
  • Tidak merepotkan orang lain, baik keluarga maupun orang asing. Sebab, Anda telah memiliki jaminan dari perusahaan asuransi apabila secara tiba-tiba harus dibawa ke rumah sakit.
  • Membantu Anda mengatur keuangan atau cash-flow menjadi lebih teratur Karena pengeluaran bulanan yang sudah diatur tidak akan berantakan akibat biaya rumah sakit atau rawat jalan yang terjadi karena kecelakaan.

Setelah memperhatikan fungsi dan manfaat asuransi kecelakaan yang disebutkan di atas, kini ada baiknya perhatikan jenis produk asuransi kecelakaan terbaik dan berbagai prosedurnya.

Cakupan Pertanggungan dan Pilihan Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan memberikan uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia atau mengalami cacat tetap total yang disebabkan kecelakaan. Uang pertanggungan yang akan diberikan kepada ahli waris ataupun tertanggung memiliki besaran yang cukup beragam mulai dari Rp20 juta, Rp50 juta hingga miliaran rupiah.

Selain pemberian santunan, terdapat juga penggantian biaya perawatan dan pengobatan. Pertanggungan ini biasanya mencakup biaya rawat inap di kamar rumah sakit, tindakan pembedahan, seperti pembedahan reseksi, amputasi, atau rekonstruktif.

Seperti halnya produk asuransi lain seperti asuransi kesehatan dan asuransi pendidikan, terdapat beberapa jenis produk asuransi kecelakaan. Adapun jenis produk asuransi kecelakaan terbagi berdasarkan kriteria tertentu yang akan dijabarkan sebagai berikut:

1. Asuransi kecelakaan diri

Asuransi kecelakaan diri adalah jenis asuransi kecelakaan yang paling banyak memiliki peminat. Asuransi ini memiliki fungsi memberikan perlindungan dari berbagai bahaya yang bisa menimpa Anda dan mengakibatkan kematian, cacat total, cacat sementara, maupun perawatan di rumah sakit.  Jenis asuransi kecelakaan diri terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

  • Asuransi kecelakaan diri individu, asuransi ini hanya akan menanggung satu individu atau satu orang tertanggung saja.
  • Asuransi kecelakaan diri kelompok, asuransi ini ditujukan untuk grup atau sekelompok orang dengan maksimal peserta sebanyak 25 orang atau tergantung kebijakan perusahaan asuransi.
  • Asuransi kecelakaan diri keluarga, asuransi ini ditujukan untuk menanggung seluruh anggota keluarga, mulai dari ayah, ibu, dan anak. Dengan rincian, tertanggung sebesar 100%, pasangan tertanggung 50%, dan anak tertanggung sebesar 10%.
  • Asuransi kecelakaan diri perjalanan, asuransi ini ditujukan bagi Anda yang sering melakukan perjalanan. Biasanya periode jaminan yang diberikan tergantung seberapa lama perjalanan yang dijalankan.

2. Asuransi kecelakaan kerja

Asuransi kecelakaan kerja adalah asuransi yang sangat dibutuhkan jika pekerjaan yang dimiliki memiliki risiko kecelakaan yang tinggi. Pada umumnya setiap pekerjaan memiliki risiko kecelakaan, maka dari itu asuransi kecelakaan kerja diperlukan untuk menangani hal tersebut.

Salah satu contoh asuransi kecelakaan kerja adalah Jaminan Kecelakaan Kerja yang merupakan program pemerintah yang diwajibkan bagi seluruh karyawan suatu perusahaan.Dengan besaran iuran yang ditanggung oleh pemberi kerja atau perusahaan.

3. Asuransi kecelakaan lalu lintas

Asuransi kecelakaan lalu lintas adalah asuransi yang mampu memberikan perlindungan dan jaminan proteksi dari risiko kecelakaan lalu lintas yang bisa terjadi kapan dan di mana saja.

Salah satu bentuk pertanggungan asuransi kecelakaan lalu lintas ialah pemberian santunan. Ada dua jenis pemberian santunan yang dapat diberikan, yaitu:

  • Penumpang angkutan umum, baik itu angkutan darat, sungai, danau, feri, penyeberangan, laut, maupun udara.
  • Mereka yang tertabrak angkutan umum atau kendaraan pribadi.

4. Asuransi kecelakaan pesawat

Asuransi kecelakaan pesawat adalah asuransi yang mampu memberikan perlindungan bagi Anda yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat.

Walaupun pesawat termasuk kendaraan yang aman, namun berbagai faktor bisa menjadi penyebab kecelakaan terjadi, mulai dari faktor internal seperti kelalaian maskapai, hingga faktor eksternal seperti cuaca yang tidak mendukung untuk melanjutkan penerbangan.

Dengan adanya asuransi ini, maka apabila tertanggung menjadi salah satu korban kecelakaan pesawat, maka keluarga korban akan mendapatkan santunan untuk meringankan beban finansialnya.

Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Diperhatikan

Memiliki asuransi kecelakaan menghadirkan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini adalah beberapa kelebihan maupun kekurangan mendaftar asuransi kecelakaan.

Kelebihan memiliki asuransi kecelakaan

  • Memberikan rasa aman kepada tertanggung maupun keluarga.
  • Meringankan biaya perawatan atau pengobatan setelah kecelakaan terjadi, sehingga Anda tidak perlu dipusingkan akan masalah finansial kembali.
  • Bisa dijadikan jaminan hari tua.
  • Memberikan perlindungan terhadap keluarga tertanggung apabila tertanggung mengalami kecelakaan.

Kekurangan memiliki asuransi kecelakaan

Apabila risiko kecelakaan tidak terjadi selama masa pertanggungan, maka premi yang dimiliki akan menjadi hangus dan Anda tidak bisa meminta pengembalian uang pertanggungan. Oleh sebab itu, ketahui terlebih dahulu apa saja yang dapat dijamin dan dikecualikan oleh asuransi kecelakaan yang dimiliki perusahaan asuransi tersebut.

Kriteria yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan yang bagus mengacu pada poin-poin berikut yang bisa menjadi pertimbangan:

1. Terdapat pilihan metode penggantian dan pembayaran yang diinginkan

Untuk mendapatkan asuransi kecelakaan yang bagus, sebaiknya pilih yang menyediakan metode penggantian klaim dan pembayaran yang diinginkan, yaitu reimbursement dan cashless. Kemudian, untuk pembayaran premi, mulai dari transfer, autodebet, sampai pembayaran secara online. Dengan demikian, mempermudah Anda untuk memperpanjang asuransi dan melakukan klaim.

2. Plafon dan premi sebanding dan sesuai dengan kebutuhan

Pastikan pula plafon dan premi yang ditawarkan sebanding. Yaitu pilih asuransi yang memberikan plafon atau benefit yang lengkap dengan premi yang terjangkau.

3. Jaringan rumah sakit luas

Tanyakan apakah jaringan rumah sakit rekanan dari perusahaan asuransi kecelakaan tersebut cukup luas atau tidak. Sehingga Anda bisa mendapatkan pelayanan perawatan di mana saja tanpa ditolak.

 

Pilihan Terbaik
Tips & Pertanyaan

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi mengganti biaya klaim Anda. Secara umum, penggantian biaya  asuransi kecelakaan dilakukan dengan metode reimbursement  dan cashless.

1. Reimbursement

Metode penggantian ini dilakukan dengan peserta harus membayarkan tagihan perawatan terlebih dahulu. Kemudian, peserta mengirimkan sejumlah dokumen yang menjadi persyaratan klaim ke pihak asuransi. Selanjutnya, pihak asuransi akan melakukan proses penggantian biaya tersebut.

2. Cashless

Cashless adalah metode penggantian biaya asuransi dengan menggunakan kartu saja. Jadi, peserta asuransi dapat menggesekkan kartu tersebut di rumah sakit atau klinik yang telah menjadi rekanan.

Pada prinsipnya tidak ada perbedaan cara klaim asuransi kecelakaan dari masing-masing perusahaan asuransi. Berikut ini beberapa syarat umum yang wajib dilampirkan jika Anda ingin melakukan klaim atas risiko kecelakaan.

  • Fotokopi polis asuransi kecelakaan.
  • Formulir klaim asuransi kecelakaan.
  • Fotokopi kartu identitas (KTP/KK/SIM).
  • Surat keterangan meninggal dunia dari instansi pemerintah yang berwenang (dari kelurahan atau kecamatan).
  • Surat keterangan dokter dari rumah sakit yang menegaskan bahwa tertanggung.
  • Surat kronologis kecelakaan (disertai dengan foto) dan berita acara dari kepolisian.
  • Kwitansi asli atau fotokopi kwitansi pembayaran rumah sakit yang sudah dilegalisasi oleh pihak Rumah Sakit.
  • Fotokopi surat pembayaran premi.

Anda perlu mengetahui bahwa pengajuan klaim tidak boleh melebihi batas waktu maksimal klaim agar klaim asuransi diterima, diproses, dan pertanggungan diberikan sesuai perjanjian. Rata-rata perusahaan asuransi menetapkan waktu maksimal klaim antara 45 hingga 90 hari setelah kejadian.

Setelah melengkapi dokumen, Anda bisa menghubungi perusahaan asuransi terkait untuk segera memproses klaim yang diajukan.

Perhitungan premi asuransi kecelakaan mengacu pada beberapa faktor.

 1. Pekerjaan atau jabatan

Perhitungan premi asuransi kecelakaan tergantung jenis risiko yang dimiliki. Apabila risiko yang dimiliki lebih tinggi maka beban premi pun akan lebih besar. Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan berdasarkan risiko.

  • Risiko hampir nol: direktur, akuntan, sekretaris, dan karyawan administrasi.
  • Risiko kecil: dokter bedah, dokter gigi, ibu rumah tangga, dan perawat.
  • Risiko sedang: salesman, sopir, kepala proyek pembangunan dan sejenisnya.
  • Risiko tinggi: buruh tambang, buruh bangunan, dan instalator.

2. Usia

Usia tentu memengaruhi premi yang akan diberlakukan oleh perusahaan asuransi. Sebab, semakin tua usia peserta asuransi maka risiko penyakit akan lebih tinggi dan tingkat terjadinya kecelakaan pun akan lebih besar.

3. Jenis kelamin

Jenis kelamin akan memengaruhi premi yang diberlakukan perusahaan asuransi. Namun hal ini masih tetap disesuaikan dengan pekerjaan yang dimiliki. Apabila seorang wanita melakukan pekerjaan yang bagi pria berisiko kecil namun bagi wanita berisiko besar. Maka seorang wanita bisa membayar premi yang lebih tinggi dibanding pria, begitu pun sebaliknya.

4. Riwayat penyakit

Riwayat penyakit seseorang akan dinilai oleh pihak perusahaan asuransi. Calon peserta asuransi dengan riwayat penyakit tertentu biasanya akan dikenakan premi yang lebih tinggi atau pengecualian tertentu.

5. Perbandingan tinggi dan berat badan

Seseorang yang memiliki berat atau tinggi badan yang berada di bawah maupun di atas ideal tentunya akan memiliki risiko yang lebih besar, sehingga akan dikenakan premi yang lebih tinggi.

6. Kegemaran atau hobi

Premi akan lebih tinggi apabila seseorang memiliki kegemaran atau hobi yang memiliki risiko besar, misalnya panjat tebing, berburu, tinju, balapan, dan sebagainya.

Pembayaran premi asuransi kecelakaan dapat dilakukan melalui media berikut ini. Namun, metode yang dipilih bergantung pada perusahaan asuransi yang dipilih. Silakan pilih metode pembayaran yang paling mudah dan aman untuk Anda lakukan.

  • Transfer bank.
  • Pembayaran online.
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi.
  • Autodebet rekening atau kartu kredit.

Sementara itu, adapun frekuensi pembayaran asuransi kecelakaan disesuaikan dengan kesepakatan polis. Berikut eberapa pilihannya:

  • Pembayaran premi tunggal, yaitu peserta asuransi hanya perlu membayarkan premi sekali saja untuk rentang waktu pertanggungan tertentu.
  • Pembayaran premi berkala, yaitu peserta asuransi membayarkan premi secara berkala. Ada yang bulanan ataupun tahunan.

Dasar hukum asuransi kecelakaan mengacu pada undang-undang dan peraturan pemerintah berikut ini:

  • Undang-Undang Nomor 33 Tahun 1977
  • Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014

Berikut ini beberapa poin yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih asuransi kecelakaan terbaik.

1. Pilih jenis asuransi kecelakaan bagus dan tepercaya

Asuransi kecelakaan yang bagus berarti asuransi kecelakaan yang mampu menyediakan perlindungan yang dibutuhkan. Pastikan pula syarat dan ketentuan yang diberlakukan tidak memberatkan.

2. Beli asuransi sesuai kebutuhan

Jika Anda memiliki risiko kecelakaan yang besar maka pilih produk asuransi kecelakaan yang mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi Anda. Pertimbangkan juga premi yang dibebankan.

3. Bandingkan produk antar perusahaan asuransi 

Jangan lupa untuk membandingkan terlebih dahulu produk asuransi kecelakaan dari berbagai perusahaan asuransi  untuk menemukan asuransi kecelakaan yang cocok bagi Anda.

Sementara itu, bagi calon peserta asuransi yang mencari asuransi kecelakaan murah, cobalah untuk membandingkan terlebih dahulu produk asuransi kecelakaan yang berada di pasaran. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan situs agregator seperti Lifepal.

Membeli asuransi kecelakaan secara online memudahkan karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Anda juga juga dapat lebih leluasa memilih asuransi kecelakaan sesuai kebutuhan dengan cara membandingkan satu produk perusahaan asuransi dengan yang lain.

Pembelian produk asuransi dapat dilakukan cukup secara online. Kemudian, lakukan transfer maupun metode pembayaran lain untuk pembayaran premi secara berkala maupun sekaligus.

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi yang khususnya menyediakan produk asuransi kecelakaan. Berbagai pilihan asuransi terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal.

Lifepal sebagai teman andalan Anda, memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim. Termasuk pula memberikan promo asuransi gratis untuk beberapa proteksi, salah satunya adalah proteksi terhadap kecelakaan.

Terdapat perbedaan antara agen asuransi dengan broker asuransi (dalam hal ini asuransi kecelakaan). Agen asuransi kecelakaan adalah orang pribadi yang bekerja sendiri pada perusahaan asuransi kecelakaan.

Sementara itu, broker asuransi kecelakaan merupakan perusahaan yang menjadi pihak perantara antara calon peserta asuransi dengan perusahaan asuransi kecelakaan. Dengan demikian, calon peserta asuransi dapat membandingkan produk asuransi terbaik bagi dirinya sendiri maupun kelompok.

Agen asuransi mewakili perusahaan asuransi. Akan tetapi, broker asuransi memposisikan diri sebagai orang yang mewakili kepentingan pihak calon peserta asuransi. Broker asuransi juga senantiasa membantu peserta asuransi dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi kecelakaan.

Lifepal merupakan broker asuransi kecelakaan terbaik di Indonesia. Anda dapat membandingkan produk asuransi kecelakaan terbaik dan murah melalui situs web Lifepal.co.id. Lifepal bekerja sama dengan PT Mitra Ibisnis Terapan adalah pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-18/NB.1/2016 dan anggota APPARINDO 230-2016.

Berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi kecelakaan:

  • Polis asuransi: perjanjian tertulis antara tertanggung (peserta asuransi) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.
  • Klaim asuransi: permintaan secara resmi dari pihak peserta asuransi untuk mendapatkan kompensasi alias jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.
  • Premi asuransi: jumlah uang yang harus disetorkan kepada perusahaan asuransi sesuai dengan polis yang telah disetujui bersama.
  • Copayment: biaya yang harus dibayarkan saat melakukan klaim tagihan pelayanan medis (pada umumnya 10 persen dari total tagihan pelayanan medis).
  • Rider: manfaat tambahan yang bisa disertakan pada program asuransi dasar.
  • Uang pertanggungan: Sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh perusahaan asuransi apabila terjadi klaim dari pemegang polis atas risiko kecelakaan yang telah dijaminkan.

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal