• Promo_Page_syariah1 (FIX)
FLASHSALE
Diskon 10%

Asuransi Jiwa Syariah

  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Jiwa Syariah Terbaik 2021

Asuransi jiwa syariah adalah produk asuransi jiwa yang dikelola sesuai syariat Islam. Dalam hal pengelolaan dana asuransi yang nantinya bakal dijadikan uang pertanggungan dipastikan hanya di perusahaan-perusahaan halal saja.

Di Lifepal, Anda bisa membandingkan puluhan asuransi jiwa syariah terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Caranya cukup dengan mengisi formulir di atas, dan Anda juga bisa mendapatkan diskon sebesar 10 persen!

Berikut rekomendasi asuransi jiwa syariah terbaik rekomendasi Lifepal dengan pertimbangan kontribusi terjangkau, uang pertanggungan cukup sepadan, dan beberapa benefit lain.

Pengertian dan Cara Kerja Asuransi Jiwa Syariah

klaim asuransi jiwa syariah

Jika di tengah jalan Tertanggung meninggal dunia dengan sebab yang termasuk atau ditanggung dalam polis, perusahaan asuransi jiwa syariah akan membayarkan uang pertanggungan kepada Ahli Waris. Penerima manfaat asuransi jiwa syariah adalah Ahli Waris yang ditinggalkan oleh Tertanggung.

Hukum Asuransi Jiwa Syariah

Hukum asuransi jiwa syariah di Indonesia berpedoman pada Al Quran, hadits, fatwa MUI, dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Empat pedoman ini mengarahkan operasional bisnis yang tidak boleh keluar dari prinsip Islam.

Dasar hukum di Indonesia mengacu pada empat pedoman yaitu Al Quran, hadits, fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Berikut adalah dasar hukum asuransi jiwa syariah di Indonesia.

Prinsip Asuransi Jiwa Syariah

Dari empat pedoman di atas, operasional asuransi jiwa syariah bagi perusahaan maupun pemegang polis harus sesuai prinsip syariah. Berikut ini prinsip yang wajib diketahui calon tertanggung.

Polis Asuransi Jiwa Syariah

Polis asuransi jiwa syariah terdiri atas beberapa jenis, yaitu jiwa syariah murni, jiwa syariah berjangka (term life), jiwa syariah seumur hidup (whole life), serta asuransi jiwa dwiguna (endowment) dan asuransi jiwa investasi syariah (unit link).

Berikut ulasan singkat masing-masing produk asuransi jiwa syariah!

Jenis polis ini sangat cocok untuk Anda yang khawatir risiko riba namun dapat tetap terproteksi secara finansial dengan asuransi jiwa. Yuk, bandingkan polis terbaiknya dengan premi murah!

Contoh Polis Asuransi Jiwa Syariah

Dari empat jenis asuransi jiwa syariah di atas,berikut contoh polis asuransi jiwa syariah yang tersedia di beberapa perusahaan asuransi syariah dan perusahaan asuransi yang memiliki unit syariah.

Cara Klaim Asuransi Jiwa Syariah

Apakah asuransi jiwa syariah dapat dicairkan? Jawabannya, bisa. Yaitu pada saat tertanggung meninggal dunia atau mengalami cacat tetap total atau memang ingin menutup polis.

Pada prinsipnya tidak ada perbedaan cara klaim asuransi jiwa syariah. Ahli waris yang mengurus klaim asuransi harus menyiapkan beberapa berkas berikut ini:

  • Polis asuransi asli.
  • Fotokopi semua hasil pemeriksaan laboratorium dan radiologi jika meninggal karena sakit.
  • Fotokopi KTP ahli waris yang sah.
  • Surat keterangan kematian dari dokter/rumah sakit yang menjelaskan penyebab kematian tertanggung.
  • Surat keterangan kematian dari pemerintah setempat bisa diurus di catatan sipil secara gratis dengan membawa KTP tertanggung.
  • Surat keterangan kepolisian (BAP) apabila kematian tertanggung disebabkan karena kecelakaan lalu lintas.

Setelah berkas-bekas lengkap, ahli waris dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengurus klaim asuransi jiwa syariah:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menginformasikan kepada perusahaan asuransi jiwa syariah bahwa tertanggung telah meninggal dunia tidak lebih dari 7 hari sejak kejadian. Pada saat yang sama, ahli waris harus menyiapkan dokumen dan persyaratan klaim asuransi jiwa syariah terutama nomor polis asuransi, surat kematian pihak berwenang, dan informasi lain yang dibutuhkan.
  2. Perusahan asuransi akan mengirimkan formulir klaim asuransi jiwa syariah yang harus dilengkapi oleh ahli waris. Formulir harus diisi dengan lengkap dan segera dikembalikan kepada perusahaan asuransi jiwa syariah beserta dengan syarat-syarat dokumen yang diminta.
  3. Setelah berkas diterima oleh perusahaan asuransi jiwa syariah, data tersebut akan diverifikasi untuk menghindari hal-hal yang tidak sesuai dengan perjanjian, sebab kematian, dan bukti-bukti lain yang dapat dipertanggung jawabkan.
  4. Jika kematian sesuai dengan polis asuransi dalam arti sudah memenuhi semua persyaratan klaim tanpa ada rekayasa dan tidak melanggar ketentuan hukum, barulah perusahaan asuransi akan menghitung kewajiban yang harus diberikan kepada penerima manfaat, dalam hal ini adalah ahli waris sah tertanggung.
  5. Setelah perhitungan dan proses administrasi selesai, perusahaan asuransi akan mencairkan uang pertanggungan sesuai dengan perjanjian di dalam polis asuransi. Perusahaan asuransi akan memberikan penjelasan tentang skema pembayaran uang pertanggungan serta nomor rekening ahli waris. Proses verifikasi akan memakan waktu yang cukup lama untuk menghindari kesalahan yang tidak diharapkan.

Ahli waris harus memahami bahwa klaim asuransi jiwa syariah akan secara otomatis ditolak oleh perusahaan asuransi dengan alasan-alasan berikut ini:

  • Tindakan bunuh diri baik dalam kondisi sadar maupun tidak sadar.
  • Data-data yang diserahkan terindikasi tidak benar atau tidak sesuai dengan fakta-fakta yang terjadi.
  • Tertanggung dihukum mati akibat vonis pengadilan, meninggal dunia karena melakukan tindakan kriminal atau melawan hukum baik berperan secara langsung maupun tidak langsung.
  • Tertanggung meninggal dunia karena tindak kejahatan yang dilakukan oleh ahli waris dengan tujuan mendapatkan uang pertanggungan asuransinya.

Hal-hal tersebut akan mengakibatkan klaim asuransi jiwa syariah ditolak oleh perusahaan asuransi jiwa syariah meskipun tertanggung rajin membayarkan kontribusi (premi)nya.

Kriteria Asuransi Jiwa Terbaik Tahun 2021

Memilih asuransi jiwa syariah terbaik tahun 2021 bukan hanya didasarkan pada kontribusi (premi) dan uang pertanggungan yang besar saja, tetapi juga beberapa faktor berikut ini perlu dipertimbangkan sebelum memilih atau membeli asuransi jiwa syariah yang sesuai.

Pertanyaan Seputar Asuransi Jiwa Syariah

Chat Bantuan