Asuransi Perjalanan Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu!

DISKON HINGGA 20% Temukan berbagai pilihan produk terbaik dari brand ternama dengan harga terjangkau!

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang akan memberikan ganti rugi jika terjadi peristiwa tak terduga selama perjalanan, misalnya keterlambatan pesawat atau kecelakaan.

Kejadian tersebut bisa menimbulkan kerugian finansial. Jika jadwal penerbangan bergeser atau batal, biaya hotel yang sudah kita booking kemungkinan akan hangus. Nah, biaya tersebutlah yang akan diganti asuransi perjalanan.

Pada umumnya, asuransi perjalanan di Indonesia juga memberikan perlindungan terhadap risiko lain, seperti kehilangan bagasi, kehilangan paspor, sampai masalah hukum di wilayah tujuan.

Ada cukup banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menyediakan produk ini. Sebut saja, asuransi perjalanan Allianz, asuransi perjalanan ACA, dan asuransi perjalanan Chubb. Ada juga perusahaan yang menyediakan asuransi perjalanan syariah, misalnya Adira Insurance.

Jika sedang merencanakan perjalanan baik ke dalam maupun luar negeri, membeli asuransi perjalanan perlu kita pertimbangkan.  Kami rekomendasikan untuk membelinya secara online karena lebih praktis dan murah.  

Apa Pentingnya Asuransi Perjalanan?

Perjalanan liburan sudah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Liburan dapat menenangkan pikiran sejenak dari rutinitas sehari-hari.  Asuransi perjalanan bisa meminimalisir stress akibat risiko yang mungkin kita temui saat berlibur.

Jika masih dalam pertimbangan untuk membeli asuransi perjalanan, berikut ini alasan pentingnya memiliki produk tersebut.

  • Jaminan kecelakaan – Perjalanan bisa meningkatkan potensi kecelakaan. Pasalnya, kita harus menumpang armada jarak jauh seperti  pesawat atau kapal laut. Asuransi perjalanan menyediakan uang pertanggungan yang akan diberikan pada ahli waris apabila kita mengalami kecelakaan.
  • Hemat biaya perawatan medis – Biaya perawatan medis di beberapa negara, misalnya Amerika Serikat, lebih tinggi dibandingkan di Indonesia. Apabila sewaktu-waktu kita membutuhkannya, asuransi perjalanan akan menanggung biaya tersebut sehingga budget liburan tetap aman.
  • Kondisi medis darurat – Jika kita berlibur ke daerah yang minim fasilitas medis, penyedia asuransi akan mengevakuasi ke daerah dengan fasilitas medis terdekat.
  • Kompensasi perubahan jadwal penerbangan – Seringkali jadwal penerbangan mengalami keterlambatan atau pembatalan. Hal ini bisa menimbulkan kerugian jika kita sudah mereservasi hotel. Asuransi perjalanan akan memberikan ganti rugi terhadap tiket hotel yang hangus.
  • Amankan bagasi – Peristiwa kehilangan bagasi pesawat sering terjadi. Asuransi perjalanan bisa memberikan ganti rugi jika barang di bagasi pesawat hilang atau rusak.
  • Syarat visa – Beberapa negara mewajibkan turis untuk memiliki asuransi perjalanan saat mendaftarkan visa, misalnya Uni Eropa. 
  • Rasa tenang – Perjalanan dengan berbagai risiko tak terduga bisa menimbulkan stress. Namun jika memiliki asuransi perjalanan, liburan akan lebih tenang karena segala risiko akan ditanggung asuransi.
  • Biaya hukumJika kita mendapatkan masalah hukum di negara tujuan, asuransi perjalanan akan menanggung biaya pengadilan.
  • Dana daruratApabila kehilangan uang selama perjalanan, asuransi akan menyediakan dana darurat untuk keperluan perjalanan kita.

Daftar Negara Tujuan yang Mewajibkan Asuransi Perjalanan

Ada beberapa negara tujuan wisata yang mewajibkan turis asing untuk memiliki asuransi perjalanan. Biasanya asuransi menjadi salah satu syarat mendapatkan visa. Berikut adalah daftar negara tersebut:

  • Negara-negara Schengen: Belanda, Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Estonia, Hongaria, Islandia, Italia, Jerman, Liechtenstein, Latvia, Lituania, Luksemburg, Malta, Perancis, Norwegia, Polandia, Portugal, Republik Ceko, Slowakia, Slovenia, Spanyol, Swiss, Yunani, dan Swedia.
  • Uni Emirat Arab
  • Australia
  • Kuba

 

 

 

 

 

Jenis-jenis Asuransi Perjalanan

Polis asuransi perjalanan di Indonesia dibagi menjadi beberapa jenis untuk mengakomodir berbagai keperluan, mulai dari individu hingga keluarga. Berikut ini adalah jenis asuransi perjalanan yang tersedia di Indonesia.

Berdasarkan Tujuan

Berdasarkan Waktu

Berdasarkan Jumlah Orang yang Dijamin

Asuransi Perjalanan Domestik

Asuransi ini dapat digunakan untuk perjalanan domestik. Umumnya, asuransi perjalanan domestik memberikan pertanggungan biaya medis dan kehilangan bagasi.

Asuransi Perjalanan Internasional

Asuransi ini melindungi orang yang bepergian ke luar negeri dan memberikan pertanggungan terhadap biaya medis, keterlambatan pesawat, kehilangan bagasi atau uang, dan kompensasi terhadap kasus sabotase dan terorisme. Beberapa polis asuransi perjalanan  internasional menawarkan perlindungan rumah selama kita melakukan perjalanan.

Asuransi Perjalanan Schengen (ke Eropa)

Asuransi ini melindungi perjalanan ke negara-negara anggota Schengen di Uni Eropa. Negara yang merupakan anggota Schengen di antaranya: Belanda, Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Estonia, Hongaria, Islandia, Italia, Jerman, Liechtenstein, Latvia, Lituania, Luksemburg, Malta, Perancis, Norwegia, Polandia, Portugal, Republik Ceko, Slowakia, Slovenia, Spanyol, Swiss, Yunani, dan Swedia.

Asuransi Perjalanan Tunggal (Single Trip Insurance)

Polis asuransi yang melindungi satu kali perjalanan saja. Asuransi ini mulai berlaku saat perjalanan dimulai hingga perjalanan selesai. 

Asuransi Perjalanan Tahunan (Multi Trip Insurance)

Asuransi ini melindungi beberapa perjalanan dalam satu tahun. Polis asuransi perjalanan tahunan memberikan manfaat yang sama pada setiap perjalanan tanpa perlu membeli polis baru lagi. Produk ini tentu menghemat budget jika kita sering bepergian.

Asuransi Perjalanan Individu (Individual Travel Insurance)

Jenis asuransi perjalanan ini diperuntukkan untuk satu orang dewasa saja, atau bersama keluarga. Asuransi perjalanan individu cocok untuk perjalanan bisnis atau solo travel.

Asuransi Perjalanan Group (Group Travel Insurance)

Jenis asuransi perjalanan ini diperuntukkan untuk beberapa orang dalam satu grup. Biasanya, premi asuransi perjalanan grup lebih murah daripada asuransi perjalanan individu. Asuransi perjalanan grup cocok untuk perjalanan grup bersama teman-teman.

Asuransi Perjalanan Keluarga (Family Travel Insurance)

Jenis asuransi perjalanan ini diperuntukkan untuk perjalanan keluarga. Asuransi perjalanan keluarga menanggung perjalanan suami, istri dan anak yang masih dalam tanggungan (biasanya maksimal usia 21 tahun). Setiap anggota keluarga mendapatkan jaminan biaya medis, kehilangan bagasi, keterlambatan pesawat, hingga kehilangan paspor dalam satu polis. 

Fasilitas Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan menawarkan perlindungan untuk perjalanan domestik maupun luar negeri. Polis asuransi perjalanan yang baik akan memberikan pertanggungan yang luas, mulai dari pembatalan perjalanan, kehilangan bagasi atau paspor, biaya medis darurat, dan biaya darurat lainnya. 

Umumnya, manfaat dan fasilitas yang ditawarkan asuransi perjalanan adalah sebagai berikut:

1. Biaya Medis

Kebanyakan polis asuransi perjalanan memberikan pertanggungan biaya medis selama perjalanan. Hal itu sudah termasuk biaya rawat inap dan pengobatan akibat sakit atau terluka dalam perjalanan.

2. Biaya Evakuasi Medis

Bila membutuhkan evakuasi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan secepatnya, asuransi perjalanan akan mengurus keperluan tersebut.

3. Kompensasi Kehilangan Bagasi

Jika maskapai penerbangan kehilangan bagasi kita, asuransi perjalanan akan memberikan ganti rugi.

4. Santunan Kematian dan Disabilitas

Jika terjadi kematian atau cacat akibat kecelakaan pada orang yang ditanggung, asuransi perjalanan akan memberikan dana santunan kepada keluarganya.

5. Kompensasi Kerusuhan 

Apabila kita bepergian ke suatu wilayah, kita tidak bisa meramalkan kejadian yang akan terjadi. Bisa saja kebetulan terjadi kerusuhan saat kita berada di sana. Asuransi perjalanan menanggung risiko kerugian yang terjadi karena hal tersebut. 

6. Biaya Perjalanan Darurat

Apabila terjadi sesuatu yang mengharuskan kita pulang ke tempat asal, kita bisa mengklaim biaya tersebut kepada penjamin asuransi perjalanan. 

7. Kompensasi Kehilangan Paspor

Kehilangan paspor di negara tujuan bisa menjadi sangat merepotkan. Mau tak mau harus mengajukan kehilangan paspor dan pembuatan paspor baru, yang tentunya tidak gratis. Apabila sudah mendaftar asuransi perjalanan, kita punya hak untuk mengklaim biaya tersebut.

8. Biaya Hukum 

Risiko tuntutan hukum dari pihak lain tetap ada bahkan saat bepergian ke luar negeri. Bisa jadi kita tidak sengaja menyebabkan orang terluka atau merusak properti orang lain. Apabila hal ini terjadi, asuransi perjalanan akan membayar biaya hukum tersebut.

9. Dana Darurat

Bukan tidak mungkin kita kehilangan uang karena dirampok saat melakukan perjalanan. Kita bisa mengklaim dana apabila telah membeli asuransi perjalanan.

10. Kompensasi Penundaan Penerbangan

Pada kondisi tertentu, maskapai seringkali menunda, mengalihkan, atau membatalkan penerbangan. Kondisi ini bisa menimbulkan kerugian pada penumpang, misalnya tiket hotel yang sudah dibeli. Apabila memiliki asuransi perjalanan, kita akan mendapatkan kompensasi.

Pertimbangan Sebelum Membeli Asuransi Perjalanan

Seberapa perlukah kita membeli asuransi perjalanan? Coba cek beberapa hal berikut:

Risiko apa yang akan dihadapi

Sebelum berangkat, tentunya kita akan memperkirakan risiko tertinggi yang bisa kita temui dalam perjalanan. Misalnya, jika hendak pergi ke negara dengan tingkat kriminalitas tinggi, tentu potensi kehilangan uang tinggi pula. 

Cek asuransi yang sudah dimiliki

Cek kembali manfaat yang sudah kita miliki dari produk lain. Jangan-jangan asuransi kesehatan kita sudah memberikan pertanggungan sakit di luar negeri? Pastikan tidak ada pertanggungan yang tumpang tindih dengan asuransi perjalanan.

Perhatikan budget untuk membayar premi

Bukan hanya uang pertanggungan, penting juga memastikan premi asuransi masuk ke dalam budget perjalanan kita.

Pahami polis dengan seksama

Sebelum benar-benar membeli, pahami dulu apa saja manfaat yang ditawarkan asuransi perjalanan, juga pengecualiannya. 

Pertimbangan Memilih Asuransi Perjalanan

Hal yang tidak diinginkan dapat saja terjadi saat melakukan perjalanan. Tentunya kita ingin memilih polis asuransi terbaik untuk melayani klaim. Berikut ini kami sajikan bahan yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih asuransi perjalanan.

Ke mana tujuan perjalanan kita?

Pilihan polis asuransi perjalanan tergantung dari tujuan perjalanan. Misalnya jika bepergian untuk melakukan olahraga ekstrim, kita perlu mendapatkan asuransi dengan perluasan. Pun jika tujuan perjalanan adalah negara yang berisiko tinggi perang.

Pertanggungan dan fasilitas

Bandingkan pertanggungan beberapa polis yang tersedia di Indonesia.  Pilihlah polis yang menanggung risiko-risiko terbesar jika melakukan perjalanan ke lokasi tujuan.

Cek persyaratan di lokasi tujuan

Lokasi tujuan perjalanan jadi salah satu pertimbangan karena ada jenis asuransi perjalanan untuk tujuan spesifik, misalnya Uni Eropa. Untuk mengunjungi negara-negara di wilayah tersebut, kita membutuhkan asuransi perjalanan Schengen.

Berapa lama akan bepergian

Durasi perjalanan sangat mempengaruhi besaran premi yang akan diterima. Semakin lama perjalanannya, tentu premi akan semakin tinggi. Frekuensi kita bepergian juga jadi salah satu faktor penentu produk mana yang cocok. Jika kita hanya pergi satu kali saja, pilihlah asuransi perjalanan tunggal. 

Lain halnya jika kita sering bepergian, pilih asuransi perjalanan tahunan. Karena selain tidak perlu repot bolak balik membeli asuransi, asuransi perjalanan tahunan juga menawarkan premi yang lebih rendah.

Besaran uang pertanggungan

Uang pertanggungan asuransi  juga jadi pertimbangan penting untuk merencanakan perjalanan. Perlu diingat, semakin besar uang pertanggungan, maka semakin besar pula premi yang mesti dibayar.

Klaim yang sudah dibayarkan

Untuk mengecek apakah polis yang akan dibeli memiliki kredibilitas baik, kita dapat mencari informasi tentang nominal klaim yang sudah dibayarkan. Biasanya informasi ini tersedia dengan pencarian di Google atau menanyakan langsung ke agen asuransi.

Cari prosedur klaim yang praktis

Informasi tentang prosedur klaim asuransi perjalanan perlu kita temukan sebelum memilih polis. Jangan sampai ketika hendak mengajukan klaim, prosedurnya panjang dan merepotkan. Pilih polis asuransi yang menawarkan klaim cashless. Jadi, kita tinggal menunjukkan kartu peserta ke rumah sakit rekanan untuk bisa melakukan klaim.

Untuk klaim non-medis, pastikan dokumen persyaratan yang diperlukan tidak begitu banyak. Jadi, kita bisa mengurusnya dalam waktu lebih singkat.

Cek kesehatan keuangan perusahaan asuransi

Untuk memastikan apakah perusahaan asuransi yang akan dibeli mampu membayar klaim dengan baik, penting untuk mengecek kesehatan keuangan perusahaan asuransi penyedia. Kita bisa mencari laporan keuangan perusahaan dan mengecek Risk Based Capital (RBC). Biasanya informasi RBC tertera pada tabel “Tingkat Solvabilitas” dengan nama “Rasio Pencapaian”. Apabila angkanya di atas 120 persen (batas minimal sesuai ketentuan pemerintah), artinya perusahaan mampu membayar klaim dengan baik.

 

Asuransi Perjalanan Terbaik

Satu pertanyaan yang lantas kita pikirkan: Dari sekian banyak asuransi perjalanan, mana yang terbaik? 

Tim Lifepal telah melakukan riset untuk menentukan asuransi terbaik di Indonesia. Untuk kategori perusahaan yang memiliki asuransi perjalanan, berikut lima asuransi terbaik versi Lifepal.

  1. Allianz Umum
  2. Sinar Mas
  3. Adira
  4. Chubb
  5. MSIG

Sistem penilaian yang kami lakukan dihitung berdasarkan empat aspek, yaitu kesehatan keuangan, kepuasan pelanggan, popularitas brand, dan luas pertanggungan.

Berikut ini adalah pertanggungan pilihan Lifepal dari masing-masing perusahaan asuransi di atas*.

Brand Polis Pertanggungan
Allianz  New TravelPRO
  • Berlaku satu kali perjalanan
  • Kendala penerbangan Rp15-70 juta
  • Perubahan jadwal perjalanan
  • Biaya medis Rp350 juta-tak terbatas
  • Kematian, cacat tetap 
  • Evakuasi darurat
  • Kehilangan uang & dokumen Rp1,4-25 juta
  • Jaminan bagasi Rp0,25-35 juta
  • Penyalahgunaan kartu kredit Rp10-20 juta
  • Gangguan perjalanan
  • Kerusakan mobil sewaan
  • Biaya pengambilan jenazah dan pemakaman
New Annual TravelPRO
  • Berlaku satu tahun.
  • Kendala penerbangan Rp15-70 juta
  • Perubahan jadwal perjalanan
  • Biaya medis Rp700 juta-tak terbatas
  • Kematian, cacat tetap Rp100-1.400 juta
  • Evakuasi darurat
  • Kehilangan uang & dokumen Rp1,4-25 juta
  • Jaminan bagasi Rp0,2-35 juta
  • Penyalahgunaan kartu kredit Rp10-20 juta
  • Gangguan perjalanan
  • Kerusakan mobil sewaan
  • Biaya pengambilan jenazah dan pemakaman
Sinar Mas Simas Travel Domestic
  • Kematian & cacat tetap
  • Biaya medis akibat kecelakaan
  • Biaya pengambilan jenazah
  • Keterlambatan bagasi
Simas Travel Overseas
  • Santunan kematian & cacat tetap
  • Jaminan bagasi
  • Kehilangan uang & dokumen
  • Kendala penerbangan
  • Pembajakan pesawat
  • Perubahan jadwal perjalanan
  • Biaya medis
  • Evakuasi medis darurat
  • Biaya pengambilan jenazah
Simas Mudik
  • Kematian & cacat tetap akibat kecelakaan
  • Biaya medis akibat kecelakaan
Adira Travellin Syariah
  • Dikelola dengan prinsip syariah
  • Santunan kematian & cacat tetap sampai Rp650 juta
  • Biaya medis 
  • Jaminan bagasi sampai Rp15 juta
  • Kendala penerbangan sampai Rp4 juta
  • Pembatalan perjalanan hingga Rp15 juta
Chubb Travel International
  • Biaya medis sampai Rp2,6 miliar
  • Kendala penerbangan
  • Kehilangan atau kerusakan bagasi
  • Evakuasi medis
MSIG Domestic Travel Insurance
  • Kematian & cacat tetap akibat kecelakaan
  • Biaya medis akibat kecelakaan dan sakit
  • Evakuasi medis darurat 
  • Jaminan barang berharga
  • Jaminan bagasi
  • Kendala penerbangan
  • Kerusakan mobil sewaan
  • Jaminan rumah dari kebakaran (yang ditinggal selama perjalanan)
Overseas Travel Insurance
  • Jaminan bagasi
  • Kendala penerbangan
  • Perubahan jadwal perjalanan
  • Kehilangan dokumen dan uang
  • Pembajakan pesawat 
  • Biaya medis
  • Evakuasi medis
  • Perlindungan anak

*Berdasarkan situs resmi masing-masing perusahaan per Februari 2020.

Kita bisa mendapatkan asuransi perjalanan di atas (selain Adira) melalui situs broker asuransi Lifepal.co.id. Selain lebih mudah dan praktis, membeli asuransi secara online relatif lebih murah. Kita juga dapat melakukan konsultasi terkait pendaftaran dan proses klaim kepada tim Lifepal. 

Asuransi Perjalanan Mandiri vs Asuransi Perjalanan Maskapai Penerbangan

Ada beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan fasilitas asuransi tambahan ketika kita membeli tiket. Tapi, seringkali kita ragu apakah lebih baik membeli asuransi perjalanan dari maskapai, atau lebih baik membeli asuransi perjalanan secara terpisah?

 

Berikut ini kami sajikan perbandingan kedua jenis asuransi tersebut.

Asuransi Perjalanan Mandiri Asuransi Perjalanan dari Maskapai
Bisa membandingkan berbagai polis yang berbeda. Oleh sebab itu, kita lebih leluasa untuk memilih asuransi  dengan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, ditawarkan dalam bentuk paket manfaat. Jadi, kita hanya bisa membeli asuransi dengan manfaat yang sudah dipilihkan oleh maskapai.
Cocok jika kita ingin pergi ke tujuan dengan risiko terkena penyakit yang tinggi, atau pergi ke berbagai tujuan berbeda.  Cocok jika rencana bepergian tidak menimbulkan risiko yang tinggi. Keuntungannya membeli asuransi ini adalah cenderung lebih praktis karena transaksinya berbarengan dengan tiket pesawat.
Lebih baik pilih asuransi perjalanan dari provider asuransi langsung apabila dalam perjalanan kita menggunakan maskapai penerbangan yang berbeda-beda dari satu tujuan ke tujuan lain. Biasanya, maskapai bekerja sama dengan perusahaan asuransi untuk menyediakan asuransi, misalnya Garuda Indonesia dan Allianz. 

Jadi, meskipun membeli asuransi perjalanan lewat maskapai, sebenarnya yang menjamin kita tetap perusahaan asuransi.

Asuransi perjalanan adalah dokumen yang penting untuk menjaga kita  dari berbagai risiko selama perjalanan. Oleh karena itu, biaya untuk membeli asuransi perjalanan perlu dimasukkan ke dalam budget liburan.

 

Tapi, bagaimana cara mengetahui perhitungan premi asuransi perjalanan? Berikut ini hal yang memengaruhi premi yang harus kita bayar.

1. Usia Tertanggung

Usia seseorang yang melakukan perjalanan memengaruhi berapa besar risiko ia terkena penyakit pada saat perjalanan. Oleh sebab itu, semakin tua usianya, premi yang dikenakan akan semakin tinggi. 

2. Jumlah Peserta Perjalanan

Asuransi perjalanan bisa menjamin beberapa orang yang ikut bepergian. Nah, jumlah orang tersebut mempengaruhi besaran premi. Biasanya harga per satuan menjadi lebih murah apabila mendaftar asuransi perjalanan secara berkelompok. 

3. Durasi Perjalanan

Durasi perjalanan juga berdampak pada premi yang dikenakan. Semakin lama durasi perjalanan, maka semakin tinggi pula risiko yang perlu diantisipasi perusahaan asuransi. Oleh karena itu, jumlah premi juga meningkat. 

4. Jenis Asuransi

Tentu saja jenis asuransi berpengaruh pada besaran premi. Ada asuransi tunggal, ada juga yang tahunan. Asuransi tahunan cenderung lebih murah dibandingkan dengan asuransi tunggal. 

5. Daerah Tujuan Perjalanan

Hal ini bisa memengaruhi premi, karena ada beberapa daerah yang memiliki potensi terjadinya kerusuhan lebih besar dibanding yang lain. Perjalanan menuju ke wilayah tersebut kemungkinan akan dikenakan premi lebih besar.

Setelah membeli polis asuransi perjalanan, kemudian kita berada di situasi tidak menguntungkan (misalnya kecelakaan) dan ingin mengajukan klaim. Bagaimana mengajukan klaimnya?

Jika asuransi perjalanan memiliki fasilitas worldwide provider, kita tinggal menunjukkan kartu atau dokumen asuransi kepada pihak rumah sakit.  Metode ini disebut dengan cashless.

Namun, kalau perusahaan asuransi tidak memiliki fasilitas tersebut, biasanya kita perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya rumah sakit sementara. Setelah sampai di Indonesia, kita bisa mengajukan penggantian biaya yang keluar. Nah, metode ini disebut dengan reimbursement.

Untuk jenis klaim kerugian lain seperti kehilangan bagasi dan keterlambatan pesawat, biasanya metode klaim yang digunakan adalah reimbursement

Mengapa asuransi dibutuhkan? Karena manfaat asuransi perjalanan akan sangat membantu menjamin risiko selama perjalanan. Berikut fungsi dan manfaat asuransi perjalanan secara umum yang bisa menjadi pertimbangan penting bagi calon nasabah:

  • Menjamin nilai ekonomi jiwa selama perjalanan. Kegiatan perjalanan meningkatkan potensi kecelakaan. Pasalnya, Anda harus menumpang armada jarak jauh seperti pesawat atau kapal laut. Asuransi perjalanan biasanya menyediakan jaminan berupa uang pertanggungan yang akan diberikan pada ahli waris apabila terjadi kecelakaan yang menyebabkan meninggal dunia saat perjalanan.
  • Menghemat biaya perawatan medis. Apabila Anda mengalami kecelakaan yang mengakibatkan luka karena kecelakaan selama perjalanan, asuransi perjalanan bisa menanggung biaya perawatan medis.
  • Kompensasi keterlambatan. Dalam perjalanan, seringkali jadwal penerbangan mengalami keterlambatan atau pembatalan. Hal ini bisa menjadi kerugian bila kita melakukan perjalanan bisnis, atau sudah membooking hotel. Asuransi perjalanan akan memberikan kompensasi terhadap kerugian tersebut.
  • Mengamankan bagasi. Kehilangan benda bawaan di bagasi pesawat sering terjadi. Asuransi perjalanan bisa menjamin barang Anda yang diletakkan di bagasi pesawat apabila hilang atau tertinggal. 

Setelah memerhatikan fungsi dan manfaat asuransi perjalanan yang disebutkan di atas, kini ada baiknya perhatikan jenis produk asuransi perjalanan terbaik dan berbagai prosedurnya.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi mengganti biaya klaim Anda. Untuk asuransi perjalanan, metode penggantian dapat dilakukan setelah tertanggung melaporkan bahwa telah terjadi kerugian atas harta benda yang diasuransikan. 

Berikut ini metode klaim berdasarkan kejadian yang menimbulkan klaim:

  • Untuk klaim perawatan medis, Anda perlu melakukan klaim terlebih dahulu ke penyedia layanan kesehatan, lalu mengajukan klaim ke perusahaan asuransi. 
  • Untuk keterlambatan penerbangan dan bagasi, lengkapi data nomor penerbangan, lama penerbangan, dan alasan keterlambatan dari pihak maskapai yang Anda gunakan sebelum melakukan klaim. 
  • Apabila terjadi kerusakan atau kehilangan bagasi, segera laporkan terlebih dahulu kepada pihak maskapai. Biasanya mereka menjamin keamanan barang yang ada di bagasi. 
  • Apabila tidak bisa, mintalah keterangan dari polisi, isi formulir klaim, dan kirimkan ke perusahaan asuransi.

Pada prinsipnya tidak ada perbedaan cara klaim asuransi perjalanan. Apabila tertanggung mengalami kejadian yang menimbulkan klaim, berikut ini yang perlu dilakukan oleh tertanggung:

  1. Pengajuan klaim paling lambat 30 hari sejak tanggal kejadian.
  2. Mengisi dan menandatangani formulir klaim dari perusahaan asuransi.
  3. Melampirkan seluruh dokumen pendukung yang memperkuat kebenaran klaim Anda. Misalnya, surat pernyataan dari maskapai, tiket pesawat, kode bagasi, dan lain-lain.
  4. Mengirimkan formulir klaim dan dokumen pendukung ke perusahaan asuransi. 

Perhitungan premi asuransi perjalanan dihitung berdasarkan faktor berikut:

1. Usia Tertanggung

Usia seseorang yang melakukan perjalanan memengaruhi berapa besar risiko ia terkena penyakit pada saat perjalanan. Oleh sebab itu, semakin tua usianya, premi yang dikenakan akan semakin tinggi. 

2. Jumlah Peserta Perjalanan

Asuransi perjalanan bisa menjamin beberapa orang yang ikut bepergian. Nah, jumlah orang tersebut mempengaruhi besaran premi. Biasanya harga per satuan menjadi lebih murah apabila mendaftar asuransi perjalanan secara berkelompok. 

3. Durasi Perjalanan

Durasi perjalanan juga berdampak pada premi yang dikenakan. Semakin lama durasi perjalanan, maka semakin tinggi pula risiko yang perlu diantisipasi perusahaan asuransi. Oleh karena itu, jumlah premi juga meningkat. 

4. Jenis Asuransi

Tentu saja jenis asuransi berpengaruh pada besaran premi. Ada asuransi tunggal, ada juga yang tahunan. Asuransi tahunan cenderung lebih murah dibandingkan dengan asuransi tunggal. 

5. Daerah Tujuan Perjalanan

Hal ini bisa memengaruhi premi, karena ada beberapa daerah yang memiliki potensi terjadinya kerusuhan lebih besar dibanding yang lain. Apabila Anda menuju ke sana, kemungkinan akan dikenakan premi lebih besar. 

Pembayaran premi asuransi perjalanan dapat dilakukan melalui media berikut ini. Tergantung pada perusahaan asuransi perjalanan yang Anda pilih. Sila pilih yang paling nyaman dan mudah bagi Anda.

  • Transfer bank
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi
  • Autodebet rekening atau kartu kredit

Berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi perjalanan:

  • Aktuaris: Orang profesional yang telah menjalani sekolah atau pelatihan tertentu di bidang asuransi. Sehingga memiliki pengetahuan mengenai asuransi secara detail dan akurat. Pekerjaannya adalah menghitung besaran premi calon peserta asuransi.
  • Benefit/manfaat: Manfaat atau perlindungan adalah hak baik berupa fasilitas ataupun penggantian biaya yang akan diterima oleh pihak tertanggung atau peserta asuransi.
  • Boarding pass: Kartu pengenal bahwa Anda bisa masuk ke dalam pesawat, seperti tiket. 
  • Connecting flight: Penerbangan yang berhenti, lalu dilanjutkan dengan penerbangan lain.
  • Delay: Pesawat terbang mengalami keterlambatan penerbangan.
  • Klaim asuransi: Permintaan secara resmi dari pihak peserta asuransi untuk mendapatkan kompensasi alias jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.
  • Masa tenggang: Periode waktu setelah tanggal jatuh tempo pembayaran premi namun polis asuransi masih berlaku. 
  • Masa tunggu: Periode setelah polis diterbitkan namun benefit belum dapat digunakan oleh peserta asuransi. Atau, periode antara satu benefit telah digunakan dan harus menunggu waktu tertentu hingga benefit yang sama bisa dimanfaatkan.
  • Over baggage: Membawa kelebihan barang bawaan, biasanya dalam transportasi pesawat terbang.
  • Overbooked: Kondisi ketika maskapai menjual tiket lebih banyak dari kapasitas pesawat, sehingga ada penumpang yang tidak bisa mengikuti penerbangan tersebut. 
  • Paspor: Dokumen resmi yang dikeluarkan oleh negara asal yang berisi identitas seseorang, digunakan untuk bepergian ke negara lain.
  • Penanggung: Pihak yang sah tertulis di polis asuransi sebagai orang yang membayarkan premi atas polis tersebut.
  • Premi asuransi: Premi asuransi adalah jumlah uang yang harus disetorkan 
  • Polis asuransi: Perjanjian tertulis antara Tertanggung (peserta asuransi) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.
  • Risiko: Kerugian yang dialami oleh pihak yang dipertanggungkan oleh asuransi.
  • Secondary Benefit: Manfaat tambahan dari manfaat utama yang bisa didapatkan oleh peserta asuransi. Akan tetapi, peserta asuransi biasanya harus menambahkan nominal premi.
  • Tertanggung: Pihak yang sah tertulis di polis asuransi sebagai orang yang menerima manfaat atau benefit atas suatu produk asuransi.
  • Visa: Dokumen yang membuktikan bahwa seseorang boleh berkunjung ke negara tertentu.

 

 

Informasi Umum

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang akan memberikan ganti rugi jika terjadi peristiwa tak terduga selama perjalanan, misalnya keterlambatan pesawat atau kecelakaan.

Kejadian tersebut bisa menimbulkan kerugian finansial. Jika jadwal penerbangan bergeser atau batal, biaya hotel yang sudah kita booking kemungkinan akan hangus. Nah, biaya tersebutlah yang akan diganti asuransi perjalanan.

Pada umumnya, asuransi perjalanan di Indonesia juga memberikan perlindungan terhadap risiko lain, seperti kehilangan bagasi, kehilangan paspor, sampai masalah hukum di wilayah tujuan.

Ada cukup banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menyediakan produk ini. Sebut saja, asuransi perjalanan Allianz, asuransi perjalanan ACA, dan asuransi perjalanan Chubb. Ada juga perusahaan yang menyediakan asuransi perjalanan syariah, misalnya Adira Insurance.

Jika sedang merencanakan perjalanan baik ke dalam maupun luar negeri, membeli asuransi perjalanan perlu kita pertimbangkan.  Kami rekomendasikan untuk membelinya secara online karena lebih praktis dan murah.  

Apa Pentingnya Asuransi Perjalanan?

Perjalanan liburan sudah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Liburan dapat menenangkan pikiran sejenak dari rutinitas sehari-hari.  Asuransi perjalanan bisa meminimalisir stress akibat risiko yang mungkin kita temui saat berlibur.

Jika masih dalam pertimbangan untuk membeli asuransi perjalanan, berikut ini alasan pentingnya memiliki produk tersebut.

  • Jaminan kecelakaan – Perjalanan bisa meningkatkan potensi kecelakaan. Pasalnya, kita harus menumpang armada jarak jauh seperti  pesawat atau kapal laut. Asuransi perjalanan menyediakan uang pertanggungan yang akan diberikan pada ahli waris apabila kita mengalami kecelakaan.
  • Hemat biaya perawatan medis – Biaya perawatan medis di beberapa negara, misalnya Amerika Serikat, lebih tinggi dibandingkan di Indonesia. Apabila sewaktu-waktu kita membutuhkannya, asuransi perjalanan akan menanggung biaya tersebut sehingga budget liburan tetap aman.
  • Kondisi medis darurat – Jika kita berlibur ke daerah yang minim fasilitas medis, penyedia asuransi akan mengevakuasi ke daerah dengan fasilitas medis terdekat.
  • Kompensasi perubahan jadwal penerbangan – Seringkali jadwal penerbangan mengalami keterlambatan atau pembatalan. Hal ini bisa menimbulkan kerugian jika kita sudah mereservasi hotel. Asuransi perjalanan akan memberikan ganti rugi terhadap tiket hotel yang hangus.
  • Amankan bagasi – Peristiwa kehilangan bagasi pesawat sering terjadi. Asuransi perjalanan bisa memberikan ganti rugi jika barang di bagasi pesawat hilang atau rusak.
  • Syarat visa – Beberapa negara mewajibkan turis untuk memiliki asuransi perjalanan saat mendaftarkan visa, misalnya Uni Eropa. 
  • Rasa tenang – Perjalanan dengan berbagai risiko tak terduga bisa menimbulkan stress. Namun jika memiliki asuransi perjalanan, liburan akan lebih tenang karena segala risiko akan ditanggung asuransi.
  • Biaya hukumJika kita mendapatkan masalah hukum di negara tujuan, asuransi perjalanan akan menanggung biaya pengadilan.
  • Dana daruratApabila kehilangan uang selama perjalanan, asuransi akan menyediakan dana darurat untuk keperluan perjalanan kita.

Daftar Negara Tujuan yang Mewajibkan Asuransi Perjalanan

Ada beberapa negara tujuan wisata yang mewajibkan turis asing untuk memiliki asuransi perjalanan. Biasanya asuransi menjadi salah satu syarat mendapatkan visa. Berikut adalah daftar negara tersebut:

  • Negara-negara Schengen: Belanda, Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Estonia, Hongaria, Islandia, Italia, Jerman, Liechtenstein, Latvia, Lituania, Luksemburg, Malta, Perancis, Norwegia, Polandia, Portugal, Republik Ceko, Slowakia, Slovenia, Spanyol, Swiss, Yunani, dan Swedia.
  • Uni Emirat Arab
  • Australia
  • Kuba

 

 

 

 

 

Jenis-jenis Asuransi Perjalanan

Polis asuransi perjalanan di Indonesia dibagi menjadi beberapa jenis untuk mengakomodir berbagai keperluan, mulai dari individu hingga keluarga. Berikut ini adalah jenis asuransi perjalanan yang tersedia di Indonesia.

Berdasarkan Tujuan

Berdasarkan Waktu

Berdasarkan Jumlah Orang yang Dijamin

Asuransi Perjalanan Domestik

Asuransi ini dapat digunakan untuk perjalanan domestik. Umumnya, asuransi perjalanan domestik memberikan pertanggungan biaya medis dan kehilangan bagasi.

Asuransi Perjalanan Internasional

Asuransi ini melindungi orang yang bepergian ke luar negeri dan memberikan pertanggungan terhadap biaya medis, keterlambatan pesawat, kehilangan bagasi atau uang, dan kompensasi terhadap kasus sabotase dan terorisme. Beberapa polis asuransi perjalanan  internasional menawarkan perlindungan rumah selama kita melakukan perjalanan.

Asuransi Perjalanan Schengen (ke Eropa)

Asuransi ini melindungi perjalanan ke negara-negara anggota Schengen di Uni Eropa. Negara yang merupakan anggota Schengen di antaranya: Belanda, Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Estonia, Hongaria, Islandia, Italia, Jerman, Liechtenstein, Latvia, Lituania, Luksemburg, Malta, Perancis, Norwegia, Polandia, Portugal, Republik Ceko, Slowakia, Slovenia, Spanyol, Swiss, Yunani, dan Swedia.

Asuransi Perjalanan Tunggal (Single Trip Insurance)

Polis asuransi yang melindungi satu kali perjalanan saja. Asuransi ini mulai berlaku saat perjalanan dimulai hingga perjalanan selesai. 

Asuransi Perjalanan Tahunan (Multi Trip Insurance)

Asuransi ini melindungi beberapa perjalanan dalam satu tahun. Polis asuransi perjalanan tahunan memberikan manfaat yang sama pada setiap perjalanan tanpa perlu membeli polis baru lagi. Produk ini tentu menghemat budget jika kita sering bepergian.

Asuransi Perjalanan Individu (Individual Travel Insurance)

Jenis asuransi perjalanan ini diperuntukkan untuk satu orang dewasa saja, atau bersama keluarga. Asuransi perjalanan individu cocok untuk perjalanan bisnis atau solo travel.

Asuransi Perjalanan Group (Group Travel Insurance)

Jenis asuransi perjalanan ini diperuntukkan untuk beberapa orang dalam satu grup. Biasanya, premi asuransi perjalanan grup lebih murah daripada asuransi perjalanan individu. Asuransi perjalanan grup cocok untuk perjalanan grup bersama teman-teman.

Asuransi Perjalanan Keluarga (Family Travel Insurance)

Jenis asuransi perjalanan ini diperuntukkan untuk perjalanan keluarga. Asuransi perjalanan keluarga menanggung perjalanan suami, istri dan anak yang masih dalam tanggungan (biasanya maksimal usia 21 tahun). Setiap anggota keluarga mendapatkan jaminan biaya medis, kehilangan bagasi, keterlambatan pesawat, hingga kehilangan paspor dalam satu polis. 

Fasilitas Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan menawarkan perlindungan untuk perjalanan domestik maupun luar negeri. Polis asuransi perjalanan yang baik akan memberikan pertanggungan yang luas, mulai dari pembatalan perjalanan, kehilangan bagasi atau paspor, biaya medis darurat, dan biaya darurat lainnya. 

Umumnya, manfaat dan fasilitas yang ditawarkan asuransi perjalanan adalah sebagai berikut:

1. Biaya Medis

Kebanyakan polis asuransi perjalanan memberikan pertanggungan biaya medis selama perjalanan. Hal itu sudah termasuk biaya rawat inap dan pengobatan akibat sakit atau terluka dalam perjalanan.

2. Biaya Evakuasi Medis

Bila membutuhkan evakuasi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan secepatnya, asuransi perjalanan akan mengurus keperluan tersebut.

3. Kompensasi Kehilangan Bagasi

Jika maskapai penerbangan kehilangan bagasi kita, asuransi perjalanan akan memberikan ganti rugi.

4. Santunan Kematian dan Disabilitas

Jika terjadi kematian atau cacat akibat kecelakaan pada orang yang ditanggung, asuransi perjalanan akan memberikan dana santunan kepada keluarganya.

5. Kompensasi Kerusuhan 

Apabila kita bepergian ke suatu wilayah, kita tidak bisa meramalkan kejadian yang akan terjadi. Bisa saja kebetulan terjadi kerusuhan saat kita berada di sana. Asuransi perjalanan menanggung risiko kerugian yang terjadi karena hal tersebut. 

6. Biaya Perjalanan Darurat

Apabila terjadi sesuatu yang mengharuskan kita pulang ke tempat asal, kita bisa mengklaim biaya tersebut kepada penjamin asuransi perjalanan. 

7. Kompensasi Kehilangan Paspor

Kehilangan paspor di negara tujuan bisa menjadi sangat merepotkan. Mau tak mau harus mengajukan kehilangan paspor dan pembuatan paspor baru, yang tentunya tidak gratis. Apabila sudah mendaftar asuransi perjalanan, kita punya hak untuk mengklaim biaya tersebut.

8. Biaya Hukum 

Risiko tuntutan hukum dari pihak lain tetap ada bahkan saat bepergian ke luar negeri. Bisa jadi kita tidak sengaja menyebabkan orang terluka atau merusak properti orang lain. Apabila hal ini terjadi, asuransi perjalanan akan membayar biaya hukum tersebut.

9. Dana Darurat

Bukan tidak mungkin kita kehilangan uang karena dirampok saat melakukan perjalanan. Kita bisa mengklaim dana apabila telah membeli asuransi perjalanan.

10. Kompensasi Penundaan Penerbangan

Pada kondisi tertentu, maskapai seringkali menunda, mengalihkan, atau membatalkan penerbangan. Kondisi ini bisa menimbulkan kerugian pada penumpang, misalnya tiket hotel yang sudah dibeli. Apabila memiliki asuransi perjalanan, kita akan mendapatkan kompensasi.

Pertimbangan Sebelum Membeli Asuransi Perjalanan

Seberapa perlukah kita membeli asuransi perjalanan? Coba cek beberapa hal berikut:

Risiko apa yang akan dihadapi

Sebelum berangkat, tentunya kita akan memperkirakan risiko tertinggi yang bisa kita temui dalam perjalanan. Misalnya, jika hendak pergi ke negara dengan tingkat kriminalitas tinggi, tentu potensi kehilangan uang tinggi pula. 

Cek asuransi yang sudah dimiliki

Cek kembali manfaat yang sudah kita miliki dari produk lain. Jangan-jangan asuransi kesehatan kita sudah memberikan pertanggungan sakit di luar negeri? Pastikan tidak ada pertanggungan yang tumpang tindih dengan asuransi perjalanan.

Perhatikan budget untuk membayar premi

Bukan hanya uang pertanggungan, penting juga memastikan premi asuransi masuk ke dalam budget perjalanan kita.

Pahami polis dengan seksama

Sebelum benar-benar membeli, pahami dulu apa saja manfaat yang ditawarkan asuransi perjalanan, juga pengecualiannya. 

Pertimbangan Memilih Asuransi Perjalanan

Hal yang tidak diinginkan dapat saja terjadi saat melakukan perjalanan. Tentunya kita ingin memilih polis asuransi terbaik untuk melayani klaim. Berikut ini kami sajikan bahan yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih asuransi perjalanan.

Ke mana tujuan perjalanan kita?

Pilihan polis asuransi perjalanan tergantung dari tujuan perjalanan. Misalnya jika bepergian untuk melakukan olahraga ekstrim, kita perlu mendapatkan asuransi dengan perluasan. Pun jika tujuan perjalanan adalah negara yang berisiko tinggi perang.

Pertanggungan dan fasilitas

Bandingkan pertanggungan beberapa polis yang tersedia di Indonesia.  Pilihlah polis yang menanggung risiko-risiko terbesar jika melakukan perjalanan ke lokasi tujuan.

Cek persyaratan di lokasi tujuan

Lokasi tujuan perjalanan jadi salah satu pertimbangan karena ada jenis asuransi perjalanan untuk tujuan spesifik, misalnya Uni Eropa. Untuk mengunjungi negara-negara di wilayah tersebut, kita membutuhkan asuransi perjalanan Schengen.

Berapa lama akan bepergian

Durasi perjalanan sangat mempengaruhi besaran premi yang akan diterima. Semakin lama perjalanannya, tentu premi akan semakin tinggi. Frekuensi kita bepergian juga jadi salah satu faktor penentu produk mana yang cocok. Jika kita hanya pergi satu kali saja, pilihlah asuransi perjalanan tunggal. 

Lain halnya jika kita sering bepergian, pilih asuransi perjalanan tahunan. Karena selain tidak perlu repot bolak balik membeli asuransi, asuransi perjalanan tahunan juga menawarkan premi yang lebih rendah.

Besaran uang pertanggungan

Uang pertanggungan asuransi  juga jadi pertimbangan penting untuk merencanakan perjalanan. Perlu diingat, semakin besar uang pertanggungan, maka semakin besar pula premi yang mesti dibayar.

Klaim yang sudah dibayarkan

Untuk mengecek apakah polis yang akan dibeli memiliki kredibilitas baik, kita dapat mencari informasi tentang nominal klaim yang sudah dibayarkan. Biasanya informasi ini tersedia dengan pencarian di Google atau menanyakan langsung ke agen asuransi.

Cari prosedur klaim yang praktis

Informasi tentang prosedur klaim asuransi perjalanan perlu kita temukan sebelum memilih polis. Jangan sampai ketika hendak mengajukan klaim, prosedurnya panjang dan merepotkan. Pilih polis asuransi yang menawarkan klaim cashless. Jadi, kita tinggal menunjukkan kartu peserta ke rumah sakit rekanan untuk bisa melakukan klaim.

Untuk klaim non-medis, pastikan dokumen persyaratan yang diperlukan tidak begitu banyak. Jadi, kita bisa mengurusnya dalam waktu lebih singkat.

Cek kesehatan keuangan perusahaan asuransi

Untuk memastikan apakah perusahaan asuransi yang akan dibeli mampu membayar klaim dengan baik, penting untuk mengecek kesehatan keuangan perusahaan asuransi penyedia. Kita bisa mencari laporan keuangan perusahaan dan mengecek Risk Based Capital (RBC). Biasanya informasi RBC tertera pada tabel “Tingkat Solvabilitas” dengan nama “Rasio Pencapaian”. Apabila angkanya di atas 120 persen (batas minimal sesuai ketentuan pemerintah), artinya perusahaan mampu membayar klaim dengan baik.

 

Pilihan Terbaik

Asuransi Perjalanan Terbaik

Satu pertanyaan yang lantas kita pikirkan: Dari sekian banyak asuransi perjalanan, mana yang terbaik? 

Tim Lifepal telah melakukan riset untuk menentukan asuransi terbaik di Indonesia. Untuk kategori perusahaan yang memiliki asuransi perjalanan, berikut lima asuransi terbaik versi Lifepal.

  1. Allianz Umum
  2. Sinar Mas
  3. Adira
  4. Chubb
  5. MSIG

Sistem penilaian yang kami lakukan dihitung berdasarkan empat aspek, yaitu kesehatan keuangan, kepuasan pelanggan, popularitas brand, dan luas pertanggungan.

Berikut ini adalah pertanggungan pilihan Lifepal dari masing-masing perusahaan asuransi di atas*.

Brand Polis Pertanggungan
Allianz  New TravelPRO
  • Berlaku satu kali perjalanan
  • Kendala penerbangan Rp15-70 juta
  • Perubahan jadwal perjalanan
  • Biaya medis Rp350 juta-tak terbatas
  • Kematian, cacat tetap 
  • Evakuasi darurat
  • Kehilangan uang & dokumen Rp1,4-25 juta
  • Jaminan bagasi Rp0,25-35 juta
  • Penyalahgunaan kartu kredit Rp10-20 juta
  • Gangguan perjalanan
  • Kerusakan mobil sewaan
  • Biaya pengambilan jenazah dan pemakaman
New Annual TravelPRO
  • Berlaku satu tahun.
  • Kendala penerbangan Rp15-70 juta
  • Perubahan jadwal perjalanan
  • Biaya medis Rp700 juta-tak terbatas
  • Kematian, cacat tetap Rp100-1.400 juta
  • Evakuasi darurat
  • Kehilangan uang & dokumen Rp1,4-25 juta
  • Jaminan bagasi Rp0,2-35 juta
  • Penyalahgunaan kartu kredit Rp10-20 juta
  • Gangguan perjalanan
  • Kerusakan mobil sewaan
  • Biaya pengambilan jenazah dan pemakaman
Sinar Mas Simas Travel Domestic
  • Kematian & cacat tetap
  • Biaya medis akibat kecelakaan
  • Biaya pengambilan jenazah
  • Keterlambatan bagasi
Simas Travel Overseas
  • Santunan kematian & cacat tetap
  • Jaminan bagasi
  • Kehilangan uang & dokumen
  • Kendala penerbangan
  • Pembajakan pesawat
  • Perubahan jadwal perjalanan
  • Biaya medis
  • Evakuasi medis darurat
  • Biaya pengambilan jenazah
Simas Mudik
  • Kematian & cacat tetap akibat kecelakaan
  • Biaya medis akibat kecelakaan
Adira Travellin Syariah
  • Dikelola dengan prinsip syariah
  • Santunan kematian & cacat tetap sampai Rp650 juta
  • Biaya medis 
  • Jaminan bagasi sampai Rp15 juta
  • Kendala penerbangan sampai Rp4 juta
  • Pembatalan perjalanan hingga Rp15 juta
Chubb Travel International
  • Biaya medis sampai Rp2,6 miliar
  • Kendala penerbangan
  • Kehilangan atau kerusakan bagasi
  • Evakuasi medis
MSIG Domestic Travel Insurance
  • Kematian & cacat tetap akibat kecelakaan
  • Biaya medis akibat kecelakaan dan sakit
  • Evakuasi medis darurat 
  • Jaminan barang berharga
  • Jaminan bagasi
  • Kendala penerbangan
  • Kerusakan mobil sewaan
  • Jaminan rumah dari kebakaran (yang ditinggal selama perjalanan)
Overseas Travel Insurance
  • Jaminan bagasi
  • Kendala penerbangan
  • Perubahan jadwal perjalanan
  • Kehilangan dokumen dan uang
  • Pembajakan pesawat 
  • Biaya medis
  • Evakuasi medis
  • Perlindungan anak

*Berdasarkan situs resmi masing-masing perusahaan per Februari 2020.

Kita bisa mendapatkan asuransi perjalanan di atas (selain Adira) melalui situs broker asuransi Lifepal.co.id. Selain lebih mudah dan praktis, membeli asuransi secara online relatif lebih murah. Kita juga dapat melakukan konsultasi terkait pendaftaran dan proses klaim kepada tim Lifepal. 

Asuransi Perjalanan Mandiri vs Asuransi Perjalanan Maskapai Penerbangan

Ada beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan fasilitas asuransi tambahan ketika kita membeli tiket. Tapi, seringkali kita ragu apakah lebih baik membeli asuransi perjalanan dari maskapai, atau lebih baik membeli asuransi perjalanan secara terpisah?

 

Berikut ini kami sajikan perbandingan kedua jenis asuransi tersebut.

Asuransi Perjalanan Mandiri Asuransi Perjalanan dari Maskapai
Bisa membandingkan berbagai polis yang berbeda. Oleh sebab itu, kita lebih leluasa untuk memilih asuransi  dengan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, ditawarkan dalam bentuk paket manfaat. Jadi, kita hanya bisa membeli asuransi dengan manfaat yang sudah dipilihkan oleh maskapai.
Cocok jika kita ingin pergi ke tujuan dengan risiko terkena penyakit yang tinggi, atau pergi ke berbagai tujuan berbeda.  Cocok jika rencana bepergian tidak menimbulkan risiko yang tinggi. Keuntungannya membeli asuransi ini adalah cenderung lebih praktis karena transaksinya berbarengan dengan tiket pesawat.
Lebih baik pilih asuransi perjalanan dari provider asuransi langsung apabila dalam perjalanan kita menggunakan maskapai penerbangan yang berbeda-beda dari satu tujuan ke tujuan lain. Biasanya, maskapai bekerja sama dengan perusahaan asuransi untuk menyediakan asuransi, misalnya Garuda Indonesia dan Allianz. 

Jadi, meskipun membeli asuransi perjalanan lewat maskapai, sebenarnya yang menjamin kita tetap perusahaan asuransi.

Tips & Pertanyaan

Asuransi perjalanan adalah dokumen yang penting untuk menjaga kita  dari berbagai risiko selama perjalanan. Oleh karena itu, biaya untuk membeli asuransi perjalanan perlu dimasukkan ke dalam budget liburan.

 

Tapi, bagaimana cara mengetahui perhitungan premi asuransi perjalanan? Berikut ini hal yang memengaruhi premi yang harus kita bayar.

1. Usia Tertanggung

Usia seseorang yang melakukan perjalanan memengaruhi berapa besar risiko ia terkena penyakit pada saat perjalanan. Oleh sebab itu, semakin tua usianya, premi yang dikenakan akan semakin tinggi. 

2. Jumlah Peserta Perjalanan

Asuransi perjalanan bisa menjamin beberapa orang yang ikut bepergian. Nah, jumlah orang tersebut mempengaruhi besaran premi. Biasanya harga per satuan menjadi lebih murah apabila mendaftar asuransi perjalanan secara berkelompok. 

3. Durasi Perjalanan

Durasi perjalanan juga berdampak pada premi yang dikenakan. Semakin lama durasi perjalanan, maka semakin tinggi pula risiko yang perlu diantisipasi perusahaan asuransi. Oleh karena itu, jumlah premi juga meningkat. 

4. Jenis Asuransi

Tentu saja jenis asuransi berpengaruh pada besaran premi. Ada asuransi tunggal, ada juga yang tahunan. Asuransi tahunan cenderung lebih murah dibandingkan dengan asuransi tunggal. 

5. Daerah Tujuan Perjalanan

Hal ini bisa memengaruhi premi, karena ada beberapa daerah yang memiliki potensi terjadinya kerusuhan lebih besar dibanding yang lain. Perjalanan menuju ke wilayah tersebut kemungkinan akan dikenakan premi lebih besar.

Setelah membeli polis asuransi perjalanan, kemudian kita berada di situasi tidak menguntungkan (misalnya kecelakaan) dan ingin mengajukan klaim. Bagaimana mengajukan klaimnya?

Jika asuransi perjalanan memiliki fasilitas worldwide provider, kita tinggal menunjukkan kartu atau dokumen asuransi kepada pihak rumah sakit.  Metode ini disebut dengan cashless.

Namun, kalau perusahaan asuransi tidak memiliki fasilitas tersebut, biasanya kita perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya rumah sakit sementara. Setelah sampai di Indonesia, kita bisa mengajukan penggantian biaya yang keluar. Nah, metode ini disebut dengan reimbursement.

Untuk jenis klaim kerugian lain seperti kehilangan bagasi dan keterlambatan pesawat, biasanya metode klaim yang digunakan adalah reimbursement

Mengapa asuransi dibutuhkan? Karena manfaat asuransi perjalanan akan sangat membantu menjamin risiko selama perjalanan. Berikut fungsi dan manfaat asuransi perjalanan secara umum yang bisa menjadi pertimbangan penting bagi calon nasabah:

  • Menjamin nilai ekonomi jiwa selama perjalanan. Kegiatan perjalanan meningkatkan potensi kecelakaan. Pasalnya, Anda harus menumpang armada jarak jauh seperti pesawat atau kapal laut. Asuransi perjalanan biasanya menyediakan jaminan berupa uang pertanggungan yang akan diberikan pada ahli waris apabila terjadi kecelakaan yang menyebabkan meninggal dunia saat perjalanan.
  • Menghemat biaya perawatan medis. Apabila Anda mengalami kecelakaan yang mengakibatkan luka karena kecelakaan selama perjalanan, asuransi perjalanan bisa menanggung biaya perawatan medis.
  • Kompensasi keterlambatan. Dalam perjalanan, seringkali jadwal penerbangan mengalami keterlambatan atau pembatalan. Hal ini bisa menjadi kerugian bila kita melakukan perjalanan bisnis, atau sudah membooking hotel. Asuransi perjalanan akan memberikan kompensasi terhadap kerugian tersebut.
  • Mengamankan bagasi. Kehilangan benda bawaan di bagasi pesawat sering terjadi. Asuransi perjalanan bisa menjamin barang Anda yang diletakkan di bagasi pesawat apabila hilang atau tertinggal. 

Setelah memerhatikan fungsi dan manfaat asuransi perjalanan yang disebutkan di atas, kini ada baiknya perhatikan jenis produk asuransi perjalanan terbaik dan berbagai prosedurnya.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi mengganti biaya klaim Anda. Untuk asuransi perjalanan, metode penggantian dapat dilakukan setelah tertanggung melaporkan bahwa telah terjadi kerugian atas harta benda yang diasuransikan. 

Berikut ini metode klaim berdasarkan kejadian yang menimbulkan klaim:

  • Untuk klaim perawatan medis, Anda perlu melakukan klaim terlebih dahulu ke penyedia layanan kesehatan, lalu mengajukan klaim ke perusahaan asuransi. 
  • Untuk keterlambatan penerbangan dan bagasi, lengkapi data nomor penerbangan, lama penerbangan, dan alasan keterlambatan dari pihak maskapai yang Anda gunakan sebelum melakukan klaim. 
  • Apabila terjadi kerusakan atau kehilangan bagasi, segera laporkan terlebih dahulu kepada pihak maskapai. Biasanya mereka menjamin keamanan barang yang ada di bagasi. 
  • Apabila tidak bisa, mintalah keterangan dari polisi, isi formulir klaim, dan kirimkan ke perusahaan asuransi.

Pada prinsipnya tidak ada perbedaan cara klaim asuransi perjalanan. Apabila tertanggung mengalami kejadian yang menimbulkan klaim, berikut ini yang perlu dilakukan oleh tertanggung:

  1. Pengajuan klaim paling lambat 30 hari sejak tanggal kejadian.
  2. Mengisi dan menandatangani formulir klaim dari perusahaan asuransi.
  3. Melampirkan seluruh dokumen pendukung yang memperkuat kebenaran klaim Anda. Misalnya, surat pernyataan dari maskapai, tiket pesawat, kode bagasi, dan lain-lain.
  4. Mengirimkan formulir klaim dan dokumen pendukung ke perusahaan asuransi. 

Perhitungan premi asuransi perjalanan dihitung berdasarkan faktor berikut:

1. Usia Tertanggung

Usia seseorang yang melakukan perjalanan memengaruhi berapa besar risiko ia terkena penyakit pada saat perjalanan. Oleh sebab itu, semakin tua usianya, premi yang dikenakan akan semakin tinggi. 

2. Jumlah Peserta Perjalanan

Asuransi perjalanan bisa menjamin beberapa orang yang ikut bepergian. Nah, jumlah orang tersebut mempengaruhi besaran premi. Biasanya harga per satuan menjadi lebih murah apabila mendaftar asuransi perjalanan secara berkelompok. 

3. Durasi Perjalanan

Durasi perjalanan juga berdampak pada premi yang dikenakan. Semakin lama durasi perjalanan, maka semakin tinggi pula risiko yang perlu diantisipasi perusahaan asuransi. Oleh karena itu, jumlah premi juga meningkat. 

4. Jenis Asuransi

Tentu saja jenis asuransi berpengaruh pada besaran premi. Ada asuransi tunggal, ada juga yang tahunan. Asuransi tahunan cenderung lebih murah dibandingkan dengan asuransi tunggal. 

5. Daerah Tujuan Perjalanan

Hal ini bisa memengaruhi premi, karena ada beberapa daerah yang memiliki potensi terjadinya kerusuhan lebih besar dibanding yang lain. Apabila Anda menuju ke sana, kemungkinan akan dikenakan premi lebih besar. 

Pembayaran premi asuransi perjalanan dapat dilakukan melalui media berikut ini. Tergantung pada perusahaan asuransi perjalanan yang Anda pilih. Sila pilih yang paling nyaman dan mudah bagi Anda.

  • Transfer bank
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi
  • Autodebet rekening atau kartu kredit

Berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi perjalanan:

  • Aktuaris: Orang profesional yang telah menjalani sekolah atau pelatihan tertentu di bidang asuransi. Sehingga memiliki pengetahuan mengenai asuransi secara detail dan akurat. Pekerjaannya adalah menghitung besaran premi calon peserta asuransi.
  • Benefit/manfaat: Manfaat atau perlindungan adalah hak baik berupa fasilitas ataupun penggantian biaya yang akan diterima oleh pihak tertanggung atau peserta asuransi.
  • Boarding pass: Kartu pengenal bahwa Anda bisa masuk ke dalam pesawat, seperti tiket. 
  • Connecting flight: Penerbangan yang berhenti, lalu dilanjutkan dengan penerbangan lain.
  • Delay: Pesawat terbang mengalami keterlambatan penerbangan.
  • Klaim asuransi: Permintaan secara resmi dari pihak peserta asuransi untuk mendapatkan kompensasi alias jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.
  • Masa tenggang: Periode waktu setelah tanggal jatuh tempo pembayaran premi namun polis asuransi masih berlaku. 
  • Masa tunggu: Periode setelah polis diterbitkan namun benefit belum dapat digunakan oleh peserta asuransi. Atau, periode antara satu benefit telah digunakan dan harus menunggu waktu tertentu hingga benefit yang sama bisa dimanfaatkan.
  • Over baggage: Membawa kelebihan barang bawaan, biasanya dalam transportasi pesawat terbang.
  • Overbooked: Kondisi ketika maskapai menjual tiket lebih banyak dari kapasitas pesawat, sehingga ada penumpang yang tidak bisa mengikuti penerbangan tersebut. 
  • Paspor: Dokumen resmi yang dikeluarkan oleh negara asal yang berisi identitas seseorang, digunakan untuk bepergian ke negara lain.
  • Penanggung: Pihak yang sah tertulis di polis asuransi sebagai orang yang membayarkan premi atas polis tersebut.
  • Premi asuransi: Premi asuransi adalah jumlah uang yang harus disetorkan 
  • Polis asuransi: Perjanjian tertulis antara Tertanggung (peserta asuransi) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.
  • Risiko: Kerugian yang dialami oleh pihak yang dipertanggungkan oleh asuransi.
  • Secondary Benefit: Manfaat tambahan dari manfaat utama yang bisa didapatkan oleh peserta asuransi. Akan tetapi, peserta asuransi biasanya harus menambahkan nominal premi.
  • Tertanggung: Pihak yang sah tertulis di polis asuransi sebagai orang yang menerima manfaat atau benefit atas suatu produk asuransi.
  • Visa: Dokumen yang membuktikan bahwa seseorang boleh berkunjung ke negara tertentu.

 

 

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal